Makna Sebenarnya di Balik Lagu Puisi - Jikustik


Arti Lagu Jikustik Puisi - Lagu ini memiliki nilai religius yang sangat tinggi, yang menceritakan tentang kerinduan seorang hamba kepada Tuhannya. Bukan mengkisahkan tentang puisi cinta kepada pacar atau seorang idaman, namun berisikan tentang alunan-alunan harapan agar bisa lebih dekat dan meningkatkan cinta kepada Sang Khalik.

Lagu yang berjudul Puisi ini sebenarnya bisa dibilang cukup lawas, yang dibawakan oleh band legend Jikustik dengan alunan pop. Pada kesempatan kali ini anaksenja.com sangat tertarik mengkaji lagu Puisi ini karena menyimpan makna yang sangat dalam, walau sebenarnya sering diartikan banyak orang bahwa lagu ini menceritakan cinta-cintaan seperti pada umumnya lagu cinta yang banyak beredar sekarang ini.

Untuk lebih lengkapnya, mari kita bahas lengkap mulai dari bait pertama!

Analisis Lirik Lagu Puisi dari Jikustik

Aku yang pernah Engkau kuatkan
Aku yang pernah Kau bangkitkan
Aku yang pernah Kau beri rasa

Pada bagian awal lagu ini menceritakan tentang kesadaran seseorang atas dirinya sendiri yang berasal dan selalu terikat kepadaNya (Tuhan). Bagi orang beragama pasti percaya bahwa dirinya merupakan makhluk ciptaan Tuhan, yang mana pernah di bangkitkan (dihidupkan) dan nantinya akan ditidurkan (dipulangkan ke alam baka). Manusia dilahirkan di dunia seperti sedang menjalankan misi, di mana ia dibebaskan untuk melakukan apapun namun sejatinya tak pernah lepas dari pertanggungjawaban yang akan ditagih di akhirat nanti.

Tuhan menciptakan rasa (perasaan) kepada masing-masing hambanya tidak lain dan tidak bukan hanya untuk bekal kehidupan, agar bisa membedakan mana yang baik dan mana yang buruk. Sejahat-jahaatnya orang, pasti dia pernah meraskan bahwa dirinya sebenarnya sedang melakukan kesalahan. Namun kembali ke diri sendiri, mau merubah atau tetap bertahan dalam keburukan adalah pilihan bagi setiap indivdu, dan itu merupakan salah satu kuasa Tuhan yang berwujud kebebasan yang bersifat sementara.

Saat ku terjaga
Hingga ku terlelap nanti
Selama itu aku akan selalu mengingat-Mu

Pada bagian ini merupakan sebuah komitmen dari seorang hamba kepada Tuhannya, yang ingin mengupayakan untuk selalu beriman di segala kondisi. Walau terkadang lupa, namun tidak apa-apa karena namanya saja juga manusia, pasti bisa lupa dan berbuat salah. Namun istimewanya, Tuhan selalu membuka pintu taubat kepada siapapun yang bersungguh-sungguh (ingin bertaubat).

Kapan lagi kutulis untuk-Mu
Tulisan-tulisan indahku yang dulu
Pernah warnai dunia
Puisi terindahku hanya untuk-Mu

Puisi pada lagu ini sebenarnya bukan berartikan puisi-puisi cinta yang ditujukan kepada pacar atau seseorang yang diidam-idamkan. Puisi pada lagu ini merupakan metafora dari “doa”, yang selalu dituturkan (baik dari mulut atau batin) untuk berkomunikasi kepada Tuhannya. Salah satu macam dari doa adalah dengan memuji Tuhannya, atau dalam Islam disebut dengan berdzikir.

Tempat bersyukur dari segala nikmat akan selalu berpuncak kepada Sang Khalik (Sang Pencita), karena semuanya berasal dariNya dan pasti akan kembali lagi kepadanNya. Maka dari itu, seorang hamba yang senantiasa bersyukur pasti akan selalu melakukan puji-pujian kepada Tuhannya.

Namun pada bagian ini terdapat kata ‘kapan’ dan ‘yang dulu’, yang bisa kita artikan bahwa hal itu merupakan kebiasaan lama yang dirindukan untuk dilakukan kembali. Dari sini bisa kita ambil kesimpulan bahwa pada bagian reff ini menceritakan tentang seseorang yang ingin bertaubat, yang sempat melupakanNya (atas segala nikmat yang ada) dan ingin kembali untuk beribadah dan lebih dekat kepadaNya.

Mungkinkah Kau kan kembali lagi
Menemaniku menulis lagi
Kita arungi bersama
Puisi terindahku hanya untuk-Mu

Untuk seseroang yang ingin bertaubat, pasti akan khawatir dan berpikiran ‘apakah taubatku diterma dan akan dimaafkan setelah melakukan semua dosa-dosa?’. Rasa khawatir itu wajar dan harus, karena seseorang yang sungguh-sungguh bertaubat pasti akan sepenuhnya berserah diri dan melakukan apapun demi mendapatkan ampunan dariNya, walau sebenarnya kita tau bahwa Tuhan maha pemaaf.

Mimin pertama kali dengar lagu ini sebenarnya juga menganggap bahwa lagu ini ditujukan kepada kekasih atau pujaan hati (berwujud manusia). Namun setelah menonton vidio di youtube saat Dadi, gitaris Jikustik, yang sedang mengikuti kajian Maiyah bersama Emha Ainun Najib, atau yang kerap dipanggil Cak Nun di Mocopat Syafaat, Bantul, Yogyakarta, ia menceritakan tentang latar belakang lagu Puisi ini sebenarnya bukan berisi tentang cinta-cintaan belaka, melainkan tentang rasa cinta kepada Tuhan.

Ia juga bercerita bahwa ia sempat menghilang beberapa hari saat teman-temannya sedang sibuk rekaman. Hanya membawa bekal yang terbatas, ia memberanikan diri untuk menyendiri di salah satu makam wali songo dan mematikan ponselnya agar tidak diganggu. Ia merasa lelah dengan segala rutinitasnya di Jakarta, maka dari itu ia mengasingkan diri demi mencari arti.

Dadi juga menceritakan pengalaman menyendirinya, seperti saat ia sedang kelaparan dan diberi pisang oleh penjual warung di sekitar makam, maupun saat berjumpa dengan berbagai musafir dan sering dibangunkan untuk menjalankan sholat subuh berjamaah. Setelah selesai melakukan penyendirian, ia tak langsung kembali ke Jakarta untuk menemui teman-temannya, namun pulang dulu ke kampung halamannya. Setibanya dirumah, ia langsung mengambil gitar dan alunan lagu Puisi ini tercipta sekali jadi.

Mungkin dari latar belakang lagu Puisi dari Jikustik yang sangat kental dengan pendekatan religius ini dapat meningkatkan ketakwaan kita kepada Tuhan, bahwasanya sebenarnya kita ini bukanlah siapa-siapa dan sudah seharusnya mencintai dan senantiasa berserah diri kepadaNya.

Jika kamu memiliki tafsir lain mengenai lagu ini, jangan ragu untuk mengungkapkannya di kolom komentar ya! Tak masalah, setiap orang pasti punya pengalaman yang berbeda-beda dan memiliki hak untuk menginterpretasi suatu karya sastra sesuai dengan pengalamannya masing-masing. Maka dari itu, mari kita temukan bersama-sama makna tersembunyi yang sebenarnya dibalik lirik lagu Puisi milik Jikustik ini!

Makna Sebenarnya di Balik Lagu Semua Tentang Kita - Peterpan (Noah)


Arti Lagu Peterpan Semua Tentang Kita - Lagu ini menceritakan tentang rasa rindu kepada seseorang yang sangat dicintai, sehingga dapat memunculkan ingatan tentang kenangan-kenangan indah maupun sedih yang pernah diciptakan bersama seseorang yang dicintainya tersebut. Namun ada satu hal yang mengerikan. Apakah itu? Mari kita bedah lirik lagunya bersama-sama.

Lagu ini bisa dibilang lagu lawas, karena lagu ini muncul saat mimin masih SD, masih sangat gak ngerti apa itu cinta maupun maksud yang disampaikan di dalam lagu-lagu pop dewasa seperti ini. Namun mimin sangat hafal lagu ini, entah karena saking boomingnya lagu ini sehingga diputar di semua tempat umum atau mememang lagu ini memiliki daya magis tersendiri sehingga dapat nemplok dengan mudah di ingatan semua orang segala usia.

Jika mau cerita tentang lagu ini sih pasti bakalan panjang lebar, maka dari itu mimin sudah siapkan ruang diskusi di bawah postingan ini jika ingin curhat atau bahas lagu ini lebih jauh. Untuk mempersingkat waktu, langsung saja kita bahas dari bait pertama yuk!

Analisis Lirik Lagu Semua Tentang Kita dari Peterpan

Waktu terasa semakin berlalu
Tinggalkan cerita tentang kita
Akan tiada lagi kini tawamu
Tuk hapuskan semua sepi di hati

Pada bagian awal ini berisikan suasana sedih, bercerita tentang kesendirian seseorang yang selalu merindukan orang tersayangnya. Ia merasa bahwa waktu bergulir terlalu cepat, sehingga tak terasa ternyata waktu bersamanya sudah habis dan tak bisa kembali lagi, hanya menyisakan cerita atau kenangan yang tersimpan di dalam ingatan. Senyuman, candaan, tawa, dan hal-hal menyenangkan lain yang pernah dilakukan bersama hanya tersisa cerita saja. Walau begitu, ingatan tentang kenangan bahagia itu dapat mengobati perasaan sepi di dalam hati.

Teringat di saat kita tertawa bersama
Ceritakan semua tentang kita

Ketika sudah lama berpisah dengan seseorang yang sangat dicintai, pasti akan ada waktu dimana rasa rindu akan sangat menggebu. Memaksa pikiran untuk mengingat semua kenangan yang pernah dilakukan bersama, baik itu kenangan bahagia atau kenangan duka. Dan, untuk seseorang yang benar-benar merindu tidak menutup kemungkinan saat tiba waktu seperti ini air matanya akan otomatis menetes karena tak kuasa menahan kerinduan.

Ada cerita tentang aku dan dia
Dan kita bersama saat dulu kala
Ada cerita tentang masa yang indah
Saat kita berduka, saat kita tertawa

Kita memang tak abadi, karena sebagai makhluk hidup memang sudah sewajarnya pasti akan mati. Namun berbeda dengan kenangan, yang memiliki sifat mutlak dan abadi, tak dapat berubah dan akan selalu ada diingatan maupun catatan seseorang yang berkaitan dengannya.

Kehilangan seseorang yang sangat tercinta memang menyakitkan, karena kita hanya bisa mengenang tanpa bisa mengulang. Seseorang ini bisa siapapun, seperti ibu, ayah, keluarga, teman, sahabat, maupun kekasih (pacar). Jadi menurut mimin lagu ini bersifat universal, dapat diarahkan ke mana saja dan siapa saja, tidak terikat hanya dengan satu objek saja.

Lagu ini dapat membuat kita kembali mengenang seorang yang sangat kita cinta namun sudah tiada. Mengembalikan ingatan lama yang mungkin sudah usang untuk kembali kita munculkan di dalam doa agar seseorang yang tercinta itu selalu terjaga dan baik-baik saja di luar sana. Kalau menurutmu, lagu ini cocoknya ditujukan kepada siapa? Tulis di kolom komentar ya!

Untuk penerapannya, biasanya lagu ini selalu menjadi andalan untuk dinyanyikan di acara perpisahan sekolah, perpisahan acara yang dibuat suatu organisasi, maupun di acara reunian karena memang sangat klop dengan suasananya. Apa kamu juga pernah membawakan lagu ini di suatu acara? Jika iya, berarti kita sama. :)

Demikian kajian makna dari lirik lagu Semua Tentang Kita miliki Peterpan atau yang kini berubah nama menjadi Noah. Apabila kamu memiliki tafsir yang berbeda mengenai lagu ini, jangan ragu untuk mengungkapkannya dikolom komentar ya? Agar kita bisa menemukan makna tersembunyi yang sebenarnya di balik lirik lagu Semua Tentang Kita milik Peterpan ini!

Makna Sebenarnya di Balik Lagu Kenangan Manis - Pamungkas


Arti Lagu Pamungkas Kenangan Manis - Lagu ini berisikan tentang suasana bahagia ketika menghadapi sebuah perpisahan, karena merasa bahwa semuanya adalah kenangan indah yang akan abadi, dan akan menjadi bumerang kebaikan di suatu saat sebagai alasan tuk bertemu kembali.

Seperti yang kita tau, Pamungkas adalah seorang cowok yang memiliki suara sangat merdu. Warna suaranya begitu indah dan mudah mengiang di pikiran kita. Terbukti, Ahmad Dani pun sampai mau mengadopsi lagunya bersama Dewa19nya. Walau sebenarnya tak hanya suara sih, tapi bait demi bait liriknya juga sangat ramah untuk bersemayam di benak kita. Namun, apa hanya audionya saja yang menarik? Tentu tidak, karena makna dari lirik lagunya juga asik untuk kita kulik.

Pada kesempatan kali ini anaksenja.com akan menemanimu mengkaji makna tersembunyi di balik lirik lagu Pamungkas yang berjudul Kenangan Manis. Sudah gak sabar? Mari langsung saja kita bahas dari bait pertama!

Analisis Lirik Lagu Kenangan Manis dari Pamungkas

Tawa yang terlepas tanpa ada makna
Cerita lama yang selalu dibawa
Diam-diam hati ini mengerti
Teringat dan jadi ciri
Tentangmu
Tentangmu

Terkadang memang tak butuh alasan untuk tertawa lepas. Seperti saat kita memiliki teman yang asik, dengan segala tingkah maupun omongan konyolnya yang mampu membuat tawa muncul di setiap saat. Menimbulkan rasa bahagia dan kenyamanan tersendiri. Dan saat rasa nyaman itu muncul, jika dibiarkan lama-lama bisa saja menjadi cinta. Tau sendiri kan, cinta itu membuat seseorang yang merasakannya menjadi mabuk, sehingga terbayang-bayang dan terus teringat tentang yang dicintainya itu.

Semua mimpi tinggi dan segala drama
Dijadikan canda, dikeluh bersama
Terkadang-kadang mata bicara
Seakan-akan semua rahasia
Oh, kebodohan antara kita
Jadi kenangan manis

Dengan menjadikan mimpi sebagai candaan, membuktikan bahwa tidak ada paksaan atau suasana tegang di sana. Banyak orang yang pada akhirnya malah jadi stres karena terlalu mematok mimpinya dan memaksa mimpi tersebut harus terwujud. Ia melakukan segala cara sehingga lupa bahwa dirinya juga memiliki batas. Dan saat mimpi tak terwujud, akhirnya hanya menyisakan depresi dan penyesalan.

Berbeda jika seseorang tak mematok mati mimpinya, mungkin jadi lebih slow dan lebih menikmati segala prosesnya. Saat mimpi terwujud, ya pasti bersyukur. Namun saat mimpi gagal, kemungkinannya tak akan sedepresi seperti seseorang yang mewajibkan mimpinya harus terwujud. Yah, mungkin kesimpulannya adalah saat semuanya tak 'diharuskan' maka beban akan berkurang, sehingga menciptakankan perasaan rileks dan kenyamanan. Bukankah perasaan nyaman itu juga salah satu sumber dari kebahagiaan?

Lalu, saat mengalami saling bertatap mata tanpa sengaja, pasti akan tertawa karena memendam rasa malu yang menyenangkan. Dan, hal-hal sepele seperti itulah yang menciptakan sebuah kenangan bahagia dapat abadi di dalam ingatan. 

'Tuk sementara sampai berjumpa
Bersama-sama bercanda lagi
Kenangan manis di hari ini
Jadi alasan untuk kembali

Dan, akhirnya dipertemukan dengan perpisahan. Entah berpisah karena ikut orang tua yang pindah rumah, entah karena menempuh pendidikan di luar negeri, entah karena menggapai mimpi di luar kota, atau entah apalah itu, pokoknya akhirnya berpisah dengan cara yang baik-baik saja, kemudian berkomitmen untuk bertemu kembali di masa depan. Bertemu untuk mengikat hubungan yang lebih serius, dan menjadi satu dalam ikatan cinta bersama janji suci untuk selamanya.

Oh-oh, oh-oh-oh
Oh-oh, oh-oh
Oh-oh, oh-oh-oh
Oh, oh-oh

Bahas gak nih? Gak usah kali ya? Cuma oh oh doang juga. Mimin yakin kamu juga tau apa fungsinya oh di bagian ini. Tepat sekali! Sebagai “OH” doang.

Menurut anaksenja.com, lagu ini juga cocok dinyanyikan di acara perpisahan, misalnya di acara perpisahan sekolah, karena maknanya juga masuk jika diselaraskan dengan suasananya. Seperti karena sudah bersama-sama selama bertahun-tahun, berteman dengan menjalani susah senang bersama-sama, dan akhirnya berpisah karena memang sudah waktunya untuk meneruskan ke jenjang selanjutnya. Jika menurutmu, maknanya lebih cocok ke arah mana nih? Tulis di kolom komentar yak!

Demikian kajian makna dari lirik lagu Pamungkas yang berjudul Kenangan Manis. Semoga dapat bermanfaat setelah kita bedah lirik lagunya. Marilah kita selalu menciptakan kenangan indah, di manapun, kapanpun dan dengan siapapun. Berbagilah cinta untuk sesama karena kita manusia, dan jagalah cinta agar tak menyakiti orang-orang yang mencintai kita. Semoga kita selalu dipertemukan dengan segala keindahan. :)

Makna Sebenarnya di Balik Lagu Kita Pasti Tua - Fourtwnty


Arti Lagu Fourtwnty Kita Pasti Tua - Lagu ini menceritakan tentang seseorang yang sedang membayangkan bahwa dirinya suatu saat nanti pasti akan tua. Menjadi manusia yang lemah dan tak berdaya, fisik menjadi jelek dan tak berguna, maupun hal-hal mengerikan lain. Selain itu, sebenarnya lagu ini mengandung pesan yang sangat dalam, yang sangat berguna untuk bekal hidup kita agar menjadi manusia yang selalu berbenah untuk lebih baik dan terus lebih baik lagi setiap saat.

Pada kesempatan kali ini anaksenja.com akan kembali menemanimu mengulik makna di balik lirik lagu Fourtwnty yang berjudul Kita Pasti Tua. Hal ini mimin lakukan karena saat menikmati lagu yang sangat enak disimak di tempat hening, liriknya seperti menyimpan makna tersembunyi yang menakjubkan. Seperti yang kita ketahui bahwa lagu-lagu indie selalu unik dan menyimpan berbagai pesan asik yang perlu kita renungi. Tanpa panjang lebar lagi, mari kita mulai pembahasannya dari bait pertama!

Analisis Lirik Lagu Kita Pasti Tua dari Fourtwnty

Ini cerita ketika tulang mulai menua
Masih mungkin ada hasrat
Yang menggebu-gebu
Berkumpul dan bernyanyi seperti dulu

Pada bagian awal lagu ini menceritakan tentang seseorang yang sedang membayangkan bahwa dirinya suatu saat nanti pasti akan tua. Mengimajinasikan bahwa suatu saat nanti tenaganya akan berkurang, tak kuat seperti sekarang, saat masih muda.

Walaupun begitu, cita-cita untuk tetap semangat harus tetap ada agar hidup akan terus merasa bahagia, seperti saat mudanya, yang digambarkan melalui berkumpul dan bernyanyi bersama. Kita bisa membayangkan bahwa keadaan ini seperti kita sedang tongkrong dengan teman sepermainan. Berkumpul dan bernyanyi (bermain gitar) bersama-sama, yang pasti akan menciptakan rasa kebahagiaan, dan itu diharapkan tak akan putus walau terpaut usia.

Wajah tampanku keriput
Dan badanku membungkuk
Rasa ingin tak percaya kini ku menua
Tak menggoda layaknya saat muda

Sebagai seorang lelaki, pastinya ketampanannya saat muda dengan kulit kencangnya akan pudar seiring berjalannya waktu. Seperti halnya perempuan, yang kecantikannya akan mulai pudar saat proses pengeriputan tiba. Hal ini disebabkan karena keelastisan kulit wajah ada batasannya. Semakin seseorang tua, secara alami maka kulit akan mengeriput.

Jadi buat apa menyombongkan sesuatu yang hanya sementara? Perawatan ini itu, kulit putih kulit hitam, mata belo mata sipit, gigi rapi gigi gingsul, rambut lurus rambut keriting, dan lain sebagainya, buat apa disombongkan? Apa jika merasa lebih baik dari yang lainnya harus didemo-demokan demi sebuah pengakuan yang bersifat sementara?

Sejatinya kan semua itu tak abadi, jadi alangkah lebih baiknya rendah hati dan menerima segala kondisi yang sudah diberikan olehNya. Jika mampu membiasakan diri untuk tidak menyombongkan fisik dari sekarang, mimin jamin pasti sampai tua nanti hidupnya akan terasa damai-damai aja deh. Kalau gak percaya buktikan aja, karena tak ada beban dan memang sudah bisa menerima segala keadaan seiring waktu yang terus berjalan. Jika tidak, ya, pasti saat tiba masa tua nanti akan merasa tak terima dan ingin kembali menjadi muda, walau semua itu gak akan bisa.

Awas nanti tua

Gak usah banyak tingkah yang aneh-aneh, awas jika nanti saat tua malah menyesal karena tidak memanfaatkan masa mudanya dengan hal-hal yang lebih baik dan positif.

Kita pasti tua

Ya, pastinya semuanya akan menua.

Lemah dan tak bertenaga
Mulai rentan berkelana
Dibalik rambut putihku
Kita pasti tua

Pada bagian reff ini berisikan tentang gambaran keadaan seseorang yang sudah berumur, atau sudah tua. Badan akan menjadi lemah, menjadi malas untuk ngapa-ngapain, rambut ubanan, kulit keriput, gigi rontok, dan lain sebagainya.

Mulai pelan dan pelupa
Rabun sudah bola mata
Ada yang tak berubah
Jiwa masih muda

Masih menggambarkan keadaan masa tua. Pikun adalah penyakit yang umum diderita oleh seseorang yang sudah berumur, walau sebenarnya ada tips-tips untuk mencegahnya sih. Hal ini udah mimin buktikan sendiri, bahwa nenek mimin yang udah berusia banyak masih aja ingat dengan segala hal, diajak ngomong masih nyambung, bercanda dan tertawa seperti layaknya orang muda. Ya, mungkin selain menjalankan pola hidup yang baik juga pastinya merupakan karunia dari Tuhan yang patut disyukuri. Maka dari itu, kita boleh tua, tapi jiwa harus tetap muda. Tetap semangat dan tetap ceria!

Jika nanti sudah tua
Mulai jarang bersenggama
Tunggu saja waktunya

Dan, saat terus menua pasti akan menjadi tak berdaya. Bersenggama memiliki arti bersetubuh, atau berhubungan suami istri. Hal yang pasti untuk manusia sebagai makhluk hidup adalah ‘kematian’, dan jika salah satu pasangan sudah tiba ajalnya pasti yang satunya akan ditinggalkan dan akan tidak ngapa-ngapain. Lha mau ngapa-ngapain ama siapa? Kecuali yang melakukan pernikahan lagi. Tapi ya, kalau udah tua mau gitu-gitu pasti kesusahan juga, makannya banyak orang yang lebih memilih untuk mendekatkan diri kepada Tuhan karena berpikir semakin dekat dengan kematian.

Apakah pemikiran tersebut benar? Apakah harus menjadi tua dulu agar menjadi lebih baik? Bukankah jika kita sadar mulai sekarang juga bisa berbenah demi menjadi lebih baik sebelum usia tua? Mungkin penyakit yang terberat adalah ‘rasa malas’, dan sudah sepantasnya kita menghancurkan penyakit itu demi kebaikan kita sendiri. Mari kita berubah lebih baik, karena sebenarnya tak semua orang bisa sampai ke fase tua, karena kematian itu bisa datang kapan saja. Selalulah mempersiapkan diri dengan menyiapkan bekal dari sekarang!

Kita pasti tua

Lagu ini mengandung pesan agar kita selalu mengingat bahwa kita tak selamanja akan menjadi muda, mejadi peribadi yang manja dan terus-terusan membebani orang lain. Ada kalanya kita menjadi dewasa dan tua, yang berarti kita akan menanggung beban diri kita sendiri dan keturunan kita nanti. Maka dari itu, persiapkanlah sekarang sebelum terlambat, sebelum saat tua nanti malah menyesal karena kita yang sekarang selalu menyepelekan apapun.

Bagaimana, apa kamus setuju dengan apa yang sudah anaksenja.com paparkan? Jika kamu memiliki tafsir lain mengenai lagu ini, jangan ragu untuk mengungkapkannya di kolom komentar yak! Mari kita bahas tuntas hingga kita menemukan makna sebenarnya yang tersembunyi di balik lirik lagu Fourtwnty - Kita Pasti Tua ini! Semoga bermanfaat. :)

Makna Sebenarnya di Balik Lagu Orang Yang Sama - Virgoun


Arti Lagu Virgoun Orang Yang Sama - Lagu ini menceritakan tentang rasa bersyukur karena merasa telah dipertemukan dengan pasangan yang sangat baik, pasangan yang selalu ada dan mampu mengerti disegala kondisi, pasangan yang selalu disemogakan menjadi jodoh sejatinya.

Pada kesempatan kali ini anaksenja.com akan kembali menemanimu mengulik makna lagu dari Virgoun yang berjudul Orang yang Sama, yang juga merupakan OST. Aku Dan Mesin Waktu. Lagu yang rilis pada tanggal 15 April 2021 di Youtube ini sangatlah terdengar nyaman, dengan instrumen unik ala-ala Virgoun yang selalu menggunakan ASMR benda-benda umum yang sering kita abaikan.

Namun, selain dari audionya yang keren ternyata lirik lagunya juga memiliki makna yang jauh lebih keren loh. Penasaran? Mari langsung saja kita mulai pembahasannya dari bait pertama!

Analisis Lirik Lagu Orang Yang Sama dari Virgoun

Teringat lagi hal yang buat hatiku
Jatuh cinta dengan hebatnya padamu
Hingga kini ku belum mampu percaya
Kau milikku selamanya

Pada bagian pertama ini berisikan perasaan bahagia karena telah memilikinya, seseorang yang tersayang. Ia bersyukur dengan mengingat-ingat masa lalu, tentang bagaimana pertama kali berjumpa hingga akhirnya bisa jatuh cinta dan bersama-sama seterusnya.

Ku temukan arti cinta
Di waktu hidup denganmu yang tak terduga
Seperti nadimu yang selalu denyutkan setia
Aku bahagia menjadi pemiliknya

Masih seputar rasa bersyukur, namun pada bagian ini berisi tentang bersyukur karena dapat mengerti apa itu cinta. Banyak orang yang di dalam suatu hubungan hanya memprioritaskan rasa bahagia, saat merasakan kesedihan, duka maupun kesengsaraan akan langsung tidak terima, dan terkadang malah melakukan hal-hal bodoh, entah itu dengan mencari kebahagiaan lain secara sembunyi-sembunyi atau hal-hal lain yang dapat merugikan kedua belah pihak.

Jika benar-benar cinta, seharusnya dalam segala kondisi ya harus selalu ada. Jangan ada hanya pas senangnya saja, tapi saat berada di titik terbawah juga harus selalu bersama-sama. Bukannya saat awal membentuk hubungan pernah berjanji akan setia dan selalu ada? Tapi ya terkadang hal ini tidak berlaku untuk hubungan asal-asalan atau yang biasa disebut dengan hubungan gelap.

Bagaimana bisa aku jatuh cinta
Berulang kali, berulang kali pada orang yang sama?

Saking cintanya, maka setiap hari akan meraskan jatuh cinta. Kepikiran setiap saat, gak mau berpisah walau hanya sekejap, dan hal-hal lain yang merupakan efek dari tergila-gila karena cinta. Sehingga muncul statemen merasa berulang-ulang jatuh cinta kepada orang yang sama. Bagaimana bisa? Ya karena saking cintanya.

Mungkin pernah terjadi sebuah masalah, perbedaan pendapat atau kesalahpahaman, sehingga menciptakan sebuah perpisahan. Namun, jika memang benar-benar cinta ya pastinya akan kepikiran terus, akan kembali jatuh cinta dengan orang yang sama di setiap waktu. 

Terima kasih kau tetap di sampingku
Di tengah kencang badai hidup menerpa
Saat dunia memaksamu tuk pergi
Kau tetap setia

Masih merasa seputar perasaan bersyukur, sehingga muncul sikap berterimakasih yang ditujukan kepada seseorang yang tersayang. Merasa sangat nyaman ketika sadar bahwa ia yang dicintai mampu selalu ada disegala situasi dan kondisi. Padahal ada kesempatan untuk berpaling atau mencari orang lain yang lebih baik, namun karena saking cintanya dia maka tetap bertahan dan setia menemani. 

Ku temukan arti cinta
Di waktu hidup denganmu yang tak terduga
Bila waktu izinkan kita menua bersama
Di mataku indahmu tetaplah sama

Cinta tak kenal waktu”. Mungkin kata-kata ini yang dapat dengan tepat menggambarkan singgat pada bagian ini. Walau kadang banyak yang beranggapan jika semakin tua semakin tak cakep lagi, akan menjadi tidak berlaku kepada orang yang benar-benar mencintai. Walaupun semakin tua, sudut melihat orang yang benar-benar mencintai itu bukanlah ke arah fisik, namun melihat semua perjuangan yang pernah dilakukan sampai mencapai ke titik itu dan melilhat masa depan yang indah yang masih bisa diusahakan. Yang terpenting adalah saling menyuport dalam segala kondisi, bukan saling menang sendiri dengan ego masing-masing.

Bagaimana bisa aku jatuh cinta
Berulang kali, berulang kali
Berulang kali pada orang yang sama?

Kembali lagi merasa heran kenapa bisa jatuh cinta berkali-kali. Ya jawabannya masih sama, karena terlalu cinta dan benar-benar tau cara mencinta.

Apa kamu juga sedang merasakan suasana yang sama dengan apa yang diceritakan dalam lagu Orang yang Sama ini? Jika iya, maka selamat untukmu. Semoga orang yang kamu perjuangkan selama ini adalah benar jodohmu. Dan jika kamu malah teringat dengan mantan, atau kekasih yang sudah tiada, maka bersabarlah. Mimin tau, kamu adalah orang yang kuat. Dan percayalah, Tuhan selalu tau apa yang terbaik untuk hambanya. Tetaplah tersenyum :)

Demikian kajian lirik lagu dari Virgoun, seorang bapak-bapak bersuara merdu yang juga menjadi vokalis dari drup band Last Child, dengan salah satu lagu terbaiknya yang berjudul Orang yang Sama. Semoga kajian lirik lagu kali ini dapat bermanfaat. Apabila kamu memiliki tafsir lain mengenai lagu ini, jangan sungkan untuk mengungkapkannya di dalam kolom komentar. Mari kita temukan makna tersembunyi di balik lirik lagu Orang yang Sama dari Virgon.

Puisi - Selalu Ada Jeda


Tak selamanya mata ini mengawasimu
Selalu ada jeda

Tak selamanya mulut ini menyapamu
Selalu ada jeda

Tak selamanya telinga ini mendengarmu
Selalu ada jeda

Tak selamanya tangan ini memelukmu
Selalu ada jeda

Tak selamanya kaki ini membersamaimu
Selalu ada jeda

Tak selamanya bibir ini menyenyumimu
Selalu ada jeda

Tak selamanya otak ini memikirkanmu
Selalu ada jeda

2021, Joe Azkha

Makna Sebenarnya di Balik Lagu Momen - Daun Jatuh


Arti Lagu Daun Jatuh Momen - Lagu ini berisi tentang harapan kepada pasangan yang menyebalkan. Berharap agar masalah bisa segera selesai dan dapat mengukir cerita indah kembali, tak hanya diam dan tak mau ditemui. Entah masalah apa yang sudah terjadi, intinya ini pasangan seperti batu yang keras kepala dan sulit untuk mengerti.

Pada kesempatan kali ini anaksenja.com akan kembali mengulas makna dari lirik lagu, yang pada kali ini berasal dari Daun Jatuh dengan judul Momen. Seperti yang kita ketahui, momen itu tak selamanya indah, ada juga momen yang buruk. Lha, dalam lagu ini suasananya adalah momen yang buruk. Untuk lebih jelasnya, mari kita mulai saja pembahasannya mulai dari bait pertama!

Analisis Lirik Lagu Momen dari Daun Jatuh

Berada di dalam satu rumah
Tak slalu ku lihat wajah dan senyummu
Masalah yang melanda kita
Jadi pembatas untuk kita saling menyapa

Pada bagian awal ini menceritakan tentang suatu hubungan yang sedang renggang karena suatu masalah, entah itu karena masalah ekonomi, perbedaan pendapat ataupun perselingkuhan. Masalah tersebut menciptakan rasa sebal sehingga menjaga jarak menjadi pilihan akhir. 

Sedikit makna yang kau ucapkan

Emosi terkadang membuat manusia menjadi malas untuk ngapa-ngapain. Salah satu hal yang malas dilakukan ketika emosi adalah berbicara. Mungkin kamu pernah lihat pasanganmu ngambek kan? Ya seperti itu. Diam, cemberut, dan kadang marah saat diajak bicara. Karena tak banyak bicara, ya hanya sedikit makna yang tercipta.

Kita hanya sementara
Tapi kenangan akan terus ada
Belum cukup hanya seperti ini
Masih ingin lagi ku ukir denganmu

Manusia memang tak bisa hidup selamanya di dunia ini. Maka dari itu , kita lebih baik melakukan hal-hal yang baik saja daripada melakukan hal-hal yang dirasa kurang bermanfaat. Seperti beramal, berbicara seperlunya, jangan bertindak bodoh kelewatan, intinya jangan merugikan orang lain dah. Dan untuk sepasang kekasih, jika setiap momen hanya diam-diaman, lantas, hal indah apa lagi yang bisa mereka ciptakan? Pastinya jika masih cinta ya harapannya ingin segera baikan dan melakukan hal-hal positif bersama-sama lagi untuk menciptakan kenangan indah di masa depan.

Aku ingin mengenal
Sebelum semuanya terbang melayang
Pergi dengan kehidupan lain mu
Ukirlah bagianmu dalam hidupmu

Sebagai pasangan yang kepingin hubungan buruknya menjadi lebih baik, pastinya ia ingin mengenal sisi lain selain dari sisi buruknya. Misalnya, seperti sisi ceria, akrab, bertutur lembut, manja, atau hal-hal lain selain marah dan diam. Hal ini menjadi impian terbesar demi hidup bersama-sama dengan orang yang dicinta. 

Tak banyak yang harus dilakukan
Hal kecil terkadang bermakna besar
Sesuatu yang jarang kerap membekas
Isilah itu bersama denganku

Tak perlu melakukan hal yang super wow, karena terkadang hal-hal kecil yang ‘diselalukan’ akan jauh lebih berharga. Seperti selalu menyapa, selalu tersenyum, selalu bertukar kabar, selalu mencintai, maupun selalu ada saat di butuhkan akan jauh lebih berharga daripada satu hal yang mungkin teranggap wow tapi hanya sekali saja.

Uuuuuu

Uuuuudah. Udah sampai sini lagunya.

Demikian kajian lirik lagu dari Daun Jatuh yang berjudul Momen. Apabila kamu memiliki tafsir yang berbeda, jangan sungkan untuk mengungkapkannya di kolom komentar ya. Nanti kita akan bahas di bawah bersama-sama sampai kita menemukan makna tersembunyi di balik lirik lagu Momen ini!

Makna Sebenarnya di Balik Lagu Celengan Rindu - Fiersa Besari


Arti Lagu Fiersa Besari Celengan Rindu - Lagu ini menceritakan tentang cinta jarak jauh (LDR), sehingga menciptakan perasaan rindu yang tak terhingga, sehingga memaksa diri untuk menciptakan sebuah pertemuan. Hal ini dikarenakan perasaan rindu yang ada di dalam hati (diibaratkan celengan) sudah penuh dan tak tertahankan.

Pada kesempatan kali ini anaksenja.com akan kembali menemanimu mengulik makna tersembunyi di balik lirik lagu Fiersa Besari, yang berjudul Celengan Rindu. Tentu saja kalian tak asing dengan lagu ini bukan? Lagu ini sering dijadikan lagu andalan di beberapa cafe, tempat makan, radio, playlist spotify, maupun di ajang perlombaan tarik suara. Tanpa berlama-lama, mari kita langsung saja bahas mulai dari bait pertama!

Analisis Lirik Lagu Celengan Rindu dari Fiersa Besari

Aku kesal dengan jarak
Yang sering memisahkan kita
Hingga aku hanya bisa
Berbincang denganmu di whatsapp

Mungkin kamu juga tau bagaimana rasanya LDR? Ya, cinta-cintaan secara jarak jauh. Kenapa bisa jarak jauh? Ya mungkin karena masih bocil jadi belum boleh tinggal serumah, selain itu juga karena belum halal. Atau mungkin karena memang sedari awal kenalnya lewat online, tau-tau ternyata rumahnya diluar kota, atau bahkan di luar negeri. Mungkin juga karena pekerjaan, yang mengharuskan pindah di kuar kota sehingga menciptakan jarak diantaranya.

Walaupun begitu, di era modern ini dunia percintaan lumayan dimanjakan dengan adanya teknologi. Salah satunya adalah dengan adanya whatsapp, yang memudahkan siapapun untuk berkomunikasi walaupun sebenarnya berjarak sangat jauh. Rindu ingin bertemu langsung dengan orang yang dicinta memang terkadang hadir di setiap waktu. Apalagi saat merasa sedih dan butuh teman curhat, satu-satunya orang yang dapat dipercaya hanya pasangan yang ada di jauh sana. Pasti rasanya nyesek banget deh. Walau ada juga pasangan yang bisa menikmati jarak.

Aku kesal dengan waktu
Yang tak pernah berhenti bergerak
Barang sejenak agar ku bisa
Menikmati tawamu

Banyak orang yang merasa kekurangan waktu karena adanya banyak hal yang ingin dilakukan bersama pasangan. Maka dari itu, untuk sebagian orang pasti menginginkan “andai waktu dapat berhenti sejenak”, supaya bisa menikmati waktu tanpa kehabisan waktu.

Ingin ku berdiri di sebelahmu
Menggenggam erat jari-jarimu
Mendengarkan lagu sheila on 7
Seperti waktu itu saat kau di sisiku

Lagu SO7 memang penuh dengan kenangan. Lagu-lagu yang sangat enak didengar dan mewakili banyak perasaan orang-orang perihal cinta, mampu menciptakan suasana romantis di dalam suatu pertemuan. Hal seperti inilah yang diharapkan oleh si pencipta lagu, suasana-suasana romantis yang ingin selalu dirasakan bersama dengan orang yang tersayang.

Jangan matikan hapemu
Kau tahu aku benci khawatir
Saat kau tak mengabari
Aku tak suka bertanya tanya

Untuk sebagian orang yang posesif, selalu ingin dikabari setiap waktu, pasti akan sangat merasa sebal saat pasangannya malah hilang tak ada kabar. Walaupun terkadang mematikan ponsel hanya untuk mengisi daya (ngecas), namun akan terasa sangat menyebalkan karena akan tak ada kabar walau hanya selama satu jam. Intinya ingin selalu berkabar di setiap waktu deh, ya karena alasan rindu yang menggebu itu.

Ingin ku bakar dia yang sering
Mention mentionan denganmu di twitter
Namun kau selalu menyakinkanku
Ku tumbukan rasa percaya
Bukan rasa curiga

Saat mengecek twitter si pasangan, terkadang ada hal-hal yang cukup  menyebalkan. Yakni saat pasangan kita di mention/ditag oleh orang lain, apa lagi kalau yang mention itu lebih cakep daripada kita. Rawa khawatir dan cemburu pasti akan datang, entah karena takut jika dia selingkuh atau takut jika dia dianeh-anehin oleh orang lain. Dan, akhirnya si pasangan selalu bisa meredakan emosi maupun rasa cemburu dengan kata-katanya yang menyejukkan sehingga mampu menumbuhkan rasa percaya dan mengenyampingkan rasa curiga.

Dan tunggulah ku di sana
Memecahkan celengan rinduku
Berboncengan denganmu mengelilingi kota
Menikmati surya perlahan menghilang

Celengan adalah sebuah wadah yang digunakan seseorang untuk menyimpan uang. Lama kelamaan celengan itu akan penuh jika terus diisi setiap hari. Seperti rindu, yang selalu ditabung (dikumpulkan) di dalam hati karena terpisah oleh jarak. Rasanya ingin segera memecah celengan (perasaan rindu) itu dengan bertemu dan menghabiskan waktu bersama-sama dengan orang yang tercinta.

Hingga kejamnya waktu
Menarik paksa kau dari pelukku
Lalu kita kembali menabung rasa rindu
Saling mengirim doa sampai nanti sayangku

Dan, waktu terasa sangat cepat berlalu, membuat diri merasa sebal karena waktu bersama-sama sudah habis dan akan kembali ke keadaan yang biasanya, yakni berLDRan lagi. Batasan waktu seperti hari libur, cuti, dsb, terkadang hanyalah sementara saja karena memang waktu tersebut lebih sedikit dibandingkan dengan waktu menuntut ilmu atau bekerja. Dan, saat semuanya kembali di dalam jarak, akhirnya kembali menabung rindu dan berharap secepatnya bisa bertemu kembali tuk bersenang-senang bersama lagi.

Paparapa paparapa paparapaparapapa
Paparapa pararararararara hingga kita bertemu

Sampai pertemuan selanjutnya datang kembali.

Demikian kajian lirik lagu Celelngan RIndu milik Fiersa Besari. Apakah kamu sependapat dengan apa yang anaksenja.com paparkan? Atau kamu malah punya tafsir lain tentang lagu ini? Jangan sungkan untuk menuliskan pendapatmu di kolom komentar yak! Mari kita temukan makna tersembunyi di balik lirik lagu Fiersa Besari yang berjudul Celengan Rindu.