Makna Sebenarnya di Balik Lagu Terpikat Senyummu - Idgitaf


Arti Lagu Idgitaf Terpikat Senyummu - Lagu ini menceritakan tentang seseorang yang merasa kecewa akibat diberi harapan palsu oleh seseorang yang dikagumi. Ia mengira bahwa dia (seseorang yang dikagumi) suka kepadanya, namun ternyata dia memang selalu seperti itu kepada siapa saja. Mungkin memang bukan salahnya (seseorang yang dikagumi), melainkan salah diri sendiri yang terlalu percaya diri dan berharap mendapatkannya sepenuhnya.

Lagu Idgitaf - Terpikat Senyummu  ini rilis pada tanggal 12 Februari 2021, dan sudah mendapatkan jutaan pendengar dan penonton di berbagai platfrom online. Mimin sendiri mengakui bahwa lagu ini sangat enak didengar, karena mimin mengulang-ulanginya beberapa kali juga tak bosan. Musik dan suara Idgitaf atau yang memiliki nama asli Brigitta Sriulina Beru Meliala ini sangatlah balance dengan musik yang ditampilkan, membuat telinga terasa nyaman dan kepala terkadang ikut mengangguk-angguk sendiri mengikuti irama.

Selain dari keindahan audio yang disodorkan, mungkin kamu penasaran dengan lagu Idgitaf - Terpikat Senyummu ini sebenarnya menceritakan tentang apa? Tenang saja, anaksenja.com akan menemanimu mengulik makna yang tersirat di dalam lirik lagunya. Tanpa berlama-lama lagi, mari kita mulai pembahasannya dari bait pertama!

Analisis Lirik Lagu Terpikat Senyummu dari Idgitaf

Tak perlu rasa simpati
Kau yang memilih pergi
Tinggalkanku sendiri

Pernahkah kamu mengagumi seseorang? Merasa suka dengan seseorang karena tampangnya sangat menawan? Pasti pernah dong. Dan ketika seseorang yang dikagumi itu tidak menanggapi, pasti akan muncul perasaan kecewa di dalam hati. “Kenapa dia tidak menganggapku ada? Padahal aku mencintainya?” Dan terkadang hal tersebut menciptakan kesan, “kenapa kau malah lebih memilih yang lain? Kau meninggalkanku sendiri di sini dengan rasa ini.” 

Menyesal pun belum pasti
Yang kurindu memori
Bukan dirimu lagi

Kemudian merenungi, “apakah aku menyesal karena dia pergi?”. Jawabannya adalah “tidak, karena dianya aja gak peka, kenapa harus menyesalinya?” Yang patut disesali adalah ingatan, karena hal tersebut jika sudah terlukis indah di memori (ingatan) bakal susah untuk dihilangkan.

Tak perlu engkau kembali
Sudah sampai di sini
Bahagiaku menanti

Mungin dia (seseorang yang dikagumi) khawatir, ketika melihat aku (tokoh utama di dalam lagu ini) menjadi pemurung, pendiam, dan perlahan menjauhinya. Lantas ia menjadi semakin dekat dan seakan-akan peduli, “kamu kenapa? Apa ada masalalah?” Dikarenakan sudah merasa terlalu kecewa, pasti akan menolak kehadirannya lagi karena menganggap tak ada lagi yang perlu diperjuangkan. “Cukup sampai di sini saja, jangan diulangi rasa sakit yang sama. Aku ingin bahagia.”

Kan kupendam sendiri
Kuredam teriakanku sendiri
Bersumpah tak ingin lagi

“Biar saja kupendam rasa sakit ini sendiri, dengan segala teriakan penolakanku terhadap kehadiranmu lagi.” Mungkin seperti itulah jika digambarkan dengan ucapan. Jadi, pada bagian sebelum reff lagu Idgitaf - Terpikat Senyummu ini meggambarkan sebuah tekat yang sudah bulat untuk tidak mengulangi kesalahan yang sama, yakni ketika terlena kepada seseorang yang bukan miliknya, karena itu sangat menyesakkan dada.

Tak mau lagi aku terpikat senyummu yang memabukkanku
Memberi harapan yang entah terlalu jauh
Tak ingin ingat lagi kau yang berhasil curi
Hatiku yang dingin tapi kau hempaskan, tak sempat kau hangati
Harusnya kutahu memang kau bukan milikku

Bagian reff lagu Idgitaf - Terpikat Senyummu ini menceritakan tentang sebuah rasa kecewa akibat diabaikan oleh seseorang yang diidam-idamkan, sehingga memunculkan benteng pertahanan untuk menolak kehadirannya lagi di dalam hati. Walaupun senyumannya manis, bisa membuat diri menjadi tegila-gila, tapi karena rasa kecewa pernah dirasakan sebelumnya menjadikan diri untuk lebih memilih jauh-jauh (pergi jauh) agar tidak mengulangi kesalahan yang sama.

Semua ingatan tentangnya, seperti senyuman manisnya (wajah cakepnya) atau saat-saat hati berhasil dicuri olehnya, ingin segera dimusnahkan karena hanya akan menjadi beban dan ketidakbebasan tat kala menjalani hidup. Sebuah tekad yang ditanamkan dalam hati adalah “aku tau, dia bukan milikku. Harusnya aku tak berharap lebih jika tidak ingin merasa kecewa.”

Sebagai pelengkap, berikut ini mimin tampilkan lirik lagu Idgitaf - Terpikat Senyummu secara lengkap.

Lirik Lagu Idgitaf - Terpikat Senyummu

Tak perlu rasa simpati
Kau yang memilih pergi
Tinggalkanku sendiri

Menyesal pun belum pasti
Yang kurindu memori
Bukan dirimu lagi

'Kan kupendam sendiri
Kuredam teriakanku sendiri
Bersumpah tak ingin lagi

Tak mau lagi aku terpikat senyummu yang memabukkanku
Memberi harapan yang entah terlalu jauh
Tak ingin ingat lagi kau yang berhasil curi
Hatiku yang dingin tapi kau hempaskan, tak sempat kau hangati
Harusnya kutahu memang kau bukan milikku

Tak perlu engkau kembali
Sudah sampai di sini
Bahagiaku menanti

Kan kupendam sendiri
Kuredam teriakanku sendiri
Bersumpah tak ingin lagi

Tak mau lagi aku terpikat senyummu yang memabukkanku
Memberi harapan yang entah terlalu jauh
Tak ingin ingat lagi kau yang berhasil curi
Hatiku yang dingin tapi kau hempaskan, tak sempat kau hangati
Harusnya kutahu memang kau bukan milikku

Tak mau lagi aku terpikat senyummu yang memabukkanku
Memberi harapan yang entah terlalu jauh
Tak ingin ingat lagi kau yang berhasil curi
Hatiku yang dingin tapi kau hempaskan, tak sempat kau hangati
Harusnya kutahu memang kau bukan milikku

Tak perlu rasa simpati
Kau yang memilih pergi
Tinggalkanku sendiri

Demikian kajian arti dan makna yang tersembunyi di balik lirik lagu Idgitaf - Terpikat Senyummu. Apabila kamu memiliki tafsir yang berbeda, jangan ragu untuk mengungkapkannya di kolom komentar ya?  Mungkin saja interpretasimu mengenai lagu Idgitaf - Terpikat Senyummu jauh lebih benar dan dapat bermanfaat untuk yang lainnya? Terimakasih atas antusiasnya, sampai jumpa di kajian karya sastra selanjutnya!

Makna Sebenarnya di Balik Lagu Lumpuhkan Ingatanku - Geisha


Arti Lagu Geisha Lumpuhkan Ingatanku - Lagu ini menceritakan tentang seseorang yang tersakiti karena kekasihnya hilang tanpa pamit, lalu berharap bisa melupakan kekasihnya tersebut karena ingin move on dan tidak terus-terusan tersakiti di sepanjang hari.

Lagu Geisha yang berjudul Lumpuhkan Ingatanku ini rilis pada tanggal 7 Juni 2013 di kanal Youtube Musica Studios, dengan masih menggunakan formasi lawas, yakni ketika Momo masih menjadi vokalis. Lagu Lumpuhkan Ingatanku ini bisa dibilang salah satu lagu Geisha yang terbaik, karena terbukti sudah mendapatkan penonton 100juta lebih hingga saat ini.

Wajar saja sih, karena lagu ini memang sangat keren! Musik dan suara khas dari Momo membuat lagu Lumpuhkanlah Ingatanku ini menjadi sangat istimewa. Selain keindahan audionya, mungkin kamu penasaran tentang lagu Geisha - Lumpuhkan Ingatanku ini sebenarnya menceritakan tentang apa? Tenang saja, karena anaksenja.com akan menemanimu mengulik makna di balik lirik lagunya. Yuk langsung saja kita mulai pembahasannya dari bait pertama!

Analisis Lirik Lagu Lumpuhkan Ingatanku dari Geisha

Jangan sembunyi
Ku mohon padamu jangan sembunyi
Sembunyi dari apa yang terjadi
Tak seharusnya hatimu kau kunci

Pada bagian pertama lagu Lumpuhkan Ingatanku dari Geisha ini mengkisahkan tentang seseorang yang mengingatkan kekasihnya untuk jangan menghilang saat dibutuhkan, atau jangan menghindar ketika sedang ada masalah. Hal ini terjadi karena merasa tidak kuat jika harus menghadapi semua masalah sendirian.

Bertanya, cobalah bertanya pada semua
Di sini ku coba untuk bertahan
Ungkapkan semua yang ku rasakan

Selain menghilang, dia (sang kekasih) juga meninggalkan beban berupa “diam”, atau menghilang tanpa alasan. Mungkin di jaman sekarang bisa disebut dengan “meng-ghosting”. Hal ini bisa terjadi karena mungkin si kekasih cemburu buta, sudah tidak cinta lagi, atau sudah mendapatkan yang baru dan melupakan yang lama begitu saja.

Atau mungkin karena dia (sang kekasih) sudah kehilangan rasa percaya? Lantas mendapat jawaban, “coba bertanya pada semua, bahwa aku di sini sudah berusaha sebisaku untuk mempertahankan hubungan ini sendirian”. Yaampun, kasihan :(

Kau acuhkan aku, kau diamkan aku
Kau tinggalkan aku

Tidak peduli, diam, dan hilang. Semua itu dilakukannya (oleh kekasih yang kurang ajar). Padahal sebenarnya semua masalah bisa dibicarakan terlebih dahulu, tapi mengapa dia memilih untuk pergi tanpa kata? Entahlah, mungkin dia kesurupan.

Lumpuhkanlah ingatanku, hapuskan tentang dia
Hapuskan memoriku tentang dia
Hilangkanlah ingatanku jika itu tentang dia
Ku ingin ku lupakannya

Pada bagian reff lagu Geisha - Lumpuhkan Ingatanku ini menceritakan seseorang yang sudah benar-benar lelah diperlakukan oleh kekasihnya. Padahal sedang sayang-sayangnya, tapi sang kekasih malah dengan mudahnya pergi tanpa pamit. Jika sudah terjadi seperti ini, yang diinginkan pastinya bisa melupakannya (kekasih jahat) tanpa mengingatnya sedikitpun. Maka dari itu, ia berdoa kepada Tuhan untuk bisa dihilangkan segala hal tentang dia (kekasih edan).

Daripada membenci seseorang seumur hidup, lebih baik melupakannya seutuhnya bukan? Karena rasa benci adalah beban, bisa membuang-buang waktu dengan percumah. Dari yang biasanya bisa bekerja dengan maksimal, malah menjadi malas dan kerjaannya gak selesai-selesai. Dari yang sebelumnya doyan makan, jadi kehilangan napsu makan dan menjadi sakit. Pokoknya menjadi rugi deh. Makannya itu, daripada tersiksa karenanya (kekasih edan), mendingan berharap bisa melupakannya seutuhnya.

Apabila kamu sedang mengalami hal yang serupa, semoga kamu bisa segera sembuh dan kembali semangat seperti biasanya ya? Jangan biarkan orang jahat membuatmu tidak produktif, rugi! Mending mengikhlaskannya, dan berdoa agar diberikan pengganti yang jauh lebih baik darinya. Semangat!

Dan untuk kamu yang mengghosting kekasihmu, sebaiknya segera tobat deh! Karma masih ada bos, sebelum terlambat lebih baik segera bertaubat. Selesaikan dulu masalahnya, jika memang tidak bisa dilanjutkan ya dibicarakan dengan baik-baik. Jangan asal pergi, karena rasanya sangat menyakitkan!

Demikian kajian makna yang tersembunyi di balik lirik lagu Geisha - Lumpuhkan Ingatanku dari anaksenja.com. Apabila kamu memiliki tafsir yang berbeda, mungkin kamu berkenan untuk mengungkapkannya di kolom komentar? Karena mungkin pendapatmu jauh lebih benar dan dapat bermanfaat untuk yang lainnya. Terimakasih :)

Makna Sebenarnya di Balik Lagu Rantau - Feby Putri


Arti Lagu Feby Putri Rantau - Lagu ini menceritakan tentang seseorang yang sedang perpikir positif ketika berada di lingkunga baru, lebih tepatnya dilingkungan baru tempatnya merantau, di kota, entah itu untuk mengenyam bangku pendidikan ataupun untuk bekerja.

Dalam KBBI, kata rantau memiliki arti daerah di luar daerah sendiri, atau daerah di luar kampung halaman. Walaupun kata dasarnya memang rantau, namun yang mungkin familiar di telinga kita adalah ketika kata tersebut mendapatkan imbuhan me-, yakni menjadi merantau, yang memiliki makna pergi ke negeri (daerah lain) lain untuk mencari penghidupan, ilmu dan sebagainya.

Lagu Feby Putri - Rantau ini rilis pada tanggal 21 Januari 2022, beserta sembilan lagu lainnya di album Riuh. Selain lagu dengan lantunan suara lembut Feby Putri ini cukup enak didengar, mungkin kamu penasaran tentang lagu Feby Putri - Rantau ini sebenarnya menceritakan tentang apa? Tak perlu risau, karena anaksenja.com akan menemanimu mengulik makna lagu Rantau dari Feby Putri ini. Yuk langsung saja kita mulai pembahasannya dari bait pertama!

Analisis Lirik Lagu Rantau dari Feby Putri

Beranjak tuk melihat apa kabarnya dunia
Memulai lembaran baru
Amat jauh berbedanya dari nyaman yang slalu ku banggakan

Seperti yang sering terjadi di film-film, yakni seseorang yang berasal dari kampung halaman pergi ke kota-kota besar atau ke sebrang negeri dengan harap bisa memperbaiki taraf hidupnya, entah untuk mengenyam pendidikan atau bekerja.

Beberapa orang yang mungkin belum benar-benar mengerti tentang hidup di kota itu sebenarnya seperti apa, mungkin pernah memiliki bayangan bahwa hidup di kota itu menyenangkan. Banyak hiburan dan fasilitas keren, orangnya gaul-gaul, dan hal-hal yang dianggap menyenangkan lainnya. 

Namun pada kenyataannya, ternyata hidup di kota itu tidak semudah yang dibayangkan. Macet dimana-mana, lapangan pekerjaan sedikit, orangnya terlalu gaul sampai banyak yang pikirannya hanya ingin menggauli, dan keseraman-keseraman lain yang tidak sesuai dengan ekspetasi. Kewaspadaan harus ditingkatkan karena suasana berbeda jauh dengan suasana di kampung halaman.

Berjejak di kota yang ramai jua slama ini
Beberapa tlah kupahami
Masih ada turut serta kesemogaan dari yang berarti

Namun lama-lama pasti akan belajar, tentang sebuah kenyataan bahwa hidup di kota ya seperti itu. Paham tentang keadaan memang sangat penting agar bisa bertahan dan hidup di kota dengan tentram.

Sebelum berangkat merantau pasti memiliki rencana terlebih dahulu. Seperti berangan-angan jika di kota nanti akan ngapain aja, lalu rencana terbesar mau jadi apa, intinya semua kesemogaan (mpian) itu akan selalu ada (menjadi tekad) karena memang itulah tujuan awal tentang mengapa dia ada di kota.

Bernyanyilah, Seirama
Syalalalala lalalala
Syalalalala lalalala

Pada bagian ini mengibaratkan seperti “santai saja, semua pasti akan baik-baik saja”. Walau sudah disadari bahwa hidup di kota itu tidaklah mudah, namun ia ingin menenangkan dirinya dengan cara bernyanyi. Hal ini dilakukan supaya bisa rileks dan tetap tenang menghadapi kenyataan.

Berpadu
Banyak jiwa yang awal tak saling tahu
Memulai cerita baru
Kerap kali hilang risau
Dalam lingkup yang menurutku utuh

Pastinya saat di tempat baru (kota tempat merantau) akan menghadapi suasana baru, seperti beradaptasi dengan lingkungan baru atau bertemu dengan orang baru yang belum dikenal. Semua hal baru tersebut akan menciptakan cerita baru di dalam hidup. Walau terkadang banyak cobaan, namun jika ingin dipahami dan disadari secara dalam seharusnya semua itu wajar-wajar saja. Namanya juga hidup, pasti ada senang dan susah, dan semua itu menjadi sebuah keutuhan dari “perjalanan hidup”.

Bernyanyilah, Menarilah
Syalalalala lalalala
Syalalalala lalalala

Daripada pusing dan stres, mending dibikin asik saja. Seperti dengan menyanyi dan menari, yang bisa membuat diri menjadi tenang dan tentram.

Yap! Teruntuk kamu, para perantau, tetap semangat ya! Jika masih berlum menemui hasil, semoga Tuhan segera menunjukkan jalan agar segala impian bisa segera terwujud. Tak lupa juga, semoga juga selain impiannya terwujud juga diiringi dengan lingkungan yang nyaman, dengan selalu dikelilingi orang-orang baik, dan selalu diberikan kesehatan serta perlindungan. Semoga yang disemogakan segera terwujud. Aamiin...

Demikian kajian arti dan makna yang tersembunyi di balik lirik lagu Feby Putri - Rantau dari anaksenja.com. Apabila kamu memiliki tafsir yang berbeda, jangan ragu untuk menungkapkannya di kolom komentar ya? Mungkin saja pendapatmu jauh lebih benar dan interpretasimu bisa bermanfaat untuk yang lainnya. Terimakasih, sampai jumpa di kajian karya sastra selanjutnya!

Makna Sebenarnya di Balik Lagu Melepas Lajang - Arvian Dwi Ft. Tri Suaka


Arti Lagu Arvian Dwi Melepas Lajang - Lagu ini menceritakan tentang seorang cowok yang hendak melamar kekasihnya untuk menjadi istrinya. Dari judulnya saja kita sudah mengetahui, Melepas Lajang, yakni merelakan masa lajangnya (bujang) untuk berubah status menjadi “tidak lajang” atau menikah.

Lagu Melepas Lajang ini rilis di kanal Youtube Trisna Music pada tanggal 6 Januari 2022. Tercatat pada hari ini, setelah dua minggu rilis masih nangkring di #2 di Tranding untuk Musik Youtube dengan perolehan 7 juta viewers lebih. Lagu ini juga viral di Tiktok, Instagram, dan beberapa sosmed lainnya. Sungguh mengesankan!

Setelah mendengarkan lagunya berulang kali, mungkin kamu penasaran tentang lagu Arvian Dwi Ft. Tri Suaka - Melepas Lajang ini sebenarnya menceritakan tentang apa? Tenang saja, karena anaksenja.com akan menemanimu mengulik makna di balik lirik lagunya. Tanpa berlama-lamla lagi, mari langsung saja kita mulai pembahasannya dari bait pertama!

Analisis Lirik Lagu Melepas Lajang dari Arvian Dwi Ft. Tri Suaka

Mungkin sudah saatnya
Kan ku akhiri masa kesendirian
Mempersiapkan hati tuk melamarmu
Terimalah diriku 

Seperti pada umumnya sebuah hubungan percintaan, yang puncaknya adalah “pernikahan”. Semua orang pasti memiliki impian untuk menikah bersama seseorang yang dicintai (kekasih). Maka dari itu, ketika semuanya sudah siap, seorang cowok pasti akan memberanikan diri untuk melamar kekasihnya untuk menjadi pasangan hidupnya yang sah secara agama dan negara.

Dari yang sebelumnya tercatat “belum menikah”, akan berganti status di dalam KTP dan Kknya menjadi “menikah”. Semua cowok pasti menginginkan hal itu, tentunya ketika dia sudah benar-benar siap untuk bertanggung jawab sepenuhnya atas kelansungan hidup calonnya tersebut, baik di dunia dan di akhirat juga pastinya. Memang sebenarnya berat, namun memang anjuran dari agama adalah “segeralah menikah”, agar terlepas dari berbagai dosa dan demi kelengkapan ibadah yang masanya seumur hidup.

Bisa dibilang bagian awal dari lagu Arvian Dwi Ft. Tri Suaka - Melepas Lajang ini juga merupakan bagian reffrain dari lagu ini, yang nanti pada bagian akhirnya ada sedikit perubahan lirik, dari yang terimalah diriku menjadi terimalah cintaku. Yuk langsung lanjut ke bagian selanjutnya!

Mungkin saat ini
Ku akan melepas masa lajangku
Kan ku persunting dirimu 
Jadilah pasanganku
Dan hidup menua bersamaku
Terimalah cintaku

Ketika memang merasa “sudah waktunya”, melamar pun akan dilakukan untuk syarat awal menuju ke jenjang yang lebih serius (pernikahan). Melamar (perihal cinta) memiliki arti meminta wanita untuk dijadikan istri. Jadi, yang bisa melamar hanyalah seorang pria. Jika ada seorang wanita yang melamar pria, itu tandanya dia sudah melenceng dari KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia). Hihihi...

Mengajak dia (kekasih) untuk berkenan menerima cintanya dan menjadi istrinya, dengan harap bisa menua bersama di dalam keharmonisan rumah tangga. Saling melengkapi dan menjadi teman hidup di segala kondisi. Dan, berharap dia mau menerima lamarannya, lalu segera merencanakan tanggal untuk melaksanakan pernikahan. Uwu...

Mungkin sudah saatnya
Kan ku akhiri masa kesendirian
Mempersiapkan hati tuk melamarmu
Terimalah cintaku

Yap! Ini sama seperti pada bagian di awal lagu, hanya berbeda di bagian akhirnya saja, dari yang sebelumnya terucap “terimalah diriku” menjadi “terimalah cintaku”. Sebenarnya ini sama saja sih, tidak merubah makna, karena intinya adalah memohon ke pihak wanita untuk bersedia dipersunting (dinikahi).

Sebuah lamaran tentunya akan diucapkan ke seseorang yang sangat dicintai. Saran mimin sih sebaiknya ditujukan ke seseorang yang benar-benar mau, karena jika ditolak rasanya pasti gak karuan. Apalagi jika melamarnya ke istri orang, bisa-bisa bonyok tuh muka. Jadi, perlu digaris bawahi, melamar memang ditujukan ke seseorang yang dicintai, tapi harus dilihat-lihat dulu, seseorang yang dicintai itu pantas dijadikan istri atau tidak, karena jika salah sasaran bisa fatal akibatnya.

Demikian kajian makna yang tersembunyi di balik lirik lagu Arvian Dwi Ft. Tri Suaka - Melepas Lajang dari anaksenja.com. Apabila kamu memiliki tafsir yang berbeda, jangan sungkan untuk mengatakannya di kolom komentar ya? Mari kita bahas bersama-sama hingga menemukan makna yang sebenar-benarnya dari lagu Arvian Dwi Ft. Tri Suaka - Melepas Lajang ini. Terimakasih :)

Makna Sebenarnya di Balik Lagu Menghapus Jejakmu - Noah (Peterpan)


Arti Lagu Noah Menghapus Jejakmu - Lagu ini menceritakan tentang seseorang yang telah jenuh (lelah) dan merasa bahwa pasangannya adalah beban, sehingga membuatnya meninggalkan pasangannya karna ingin bebas sebebas-bebasnya. Pasangan yang dimaksud adalah pasangan yang egois, yang inginnya dimengerti namun tidak mau mengerti. Semoga kita dan pasangan masing-masing tidak termasuk pada golongan yang seperti itu ya, karena saling mengerti dan memahami itu sebenarnya kunci dari kedamaian suatu hubungan. :)

Lagu Noah - Menghapus Jejakmu ini sebenarnya rilis pada tahun 2007, pada saat itu masih dengan nama lamanya, yakni Peterpan. Namun lagu ini diremake ulang oleh Noah di tahun 2022 dan mendapat antusias yang mungkin bisa dibilang jauh lebih hebat, karena di hari pertamanya saja sudah mendapatkan jutaan viewers di Youtube.

Lagu ini juga merupakan salah satu lagu wajib untuk anak tongkrongan di masa-masa itu, mengingat chord atau kunci gitarnya mudah dan lirik lagunya simpel. Mungkin kamu juga sering menyanyikan lagu ini di masa lalu? Jika iya, mungkin kamu seumuran dengan mimin. Hihihi...

Selain kesederhanaan lagunya yang membuat enak didengar dan mudah diingat, mungkin kamu juga penasaran tentang lagu Noah - Menghapus Jejakmu ini sebenarnya menceritakan tentang apa? Baiklah, untuk melegakan rasa penasaranmu anaksenja.com akan mencoba membahasnya. Mari kita kaji bersama-sama mulai dari bait pertama!

Analisis Lirik Lagu Menghapus Jejakmu dari Noah

Ku terus melangkah melupakanmu
Lelah hati perhatikan sikapmu
Jalan pikiranmu buatku ragu
Tak mungkin ini tetap bertahan

Mungkin kamu pernah memiliki atau mendengar ada pasangan yang sukanya bergantung secara berlebihan? Misal apa-apa harus pamit, harus ada di setiap waktu, kalau menghilang sebentar walau sebenarnya sedang ada acara penting langsung dimarahi, intinya sangat posesif dan egois. 

Jika mendapati pasangan yang seperti itu dan tidak berubah malah semakin menjadi-jadi, pasti kebanyakan orang yang semulanya sabar akan menjadi sebal dan jenuh. Pada titik itulah seseorang bisa menjadi marah dan memilih untuk pergi karena merasa sudah tidak ada lagi yang bisa diperjuangkan.

Perlahan mimpi terasa mengganggu
Ku coba untuk terus menjauh
Perlahan hati ku terbelenggu
Ku coba untuk lanjutkan hidup

Semua mimpi yang semulanya menjadi landasan untuk semangat hidup, seperti bermimpi untuk hidup selamanya (menikah) bersamanya (pasangan yang egois), malah akhirnya hanya menjadi beban saja karena dihantui rasa takut. Rasa takut itu mungkin seperti ini, “kalau besok menikah dan dia masih seperti itu, apakah hidupku akan tenang? Apakah aku masih bisa menikmati hidup?”.

Pada akhirnya sebagian orang memilih untuk mundur, merelakan mimpinya karena ketakutan, takut tidak bisa bahagia tat kala menjalani hidup. Jadi, yang dilakukan ya berusaha menjauh. Walau sebenarnya masih cinta, karena terlalu takut jadi harus memaksa diri untuk pergi, demi masa depan yang cerah (menurutnya).

Engkau bukanlah segalaku
Bukan tempat tuk hentikan langkahku
Usai sudah semua berlalu
Biar hujan menghapus jejakmu

Pada bagian reff lagu Noah - Menghapus Jejakmu ini berisi tentang sebuah komitmen untuk diri sendiri agar bisa pergi darinya, yang dianggap sebagai beban hidup. Perkataan mimin memang sedikit kejam sih, karena menganggap seseorang menjadi beban. Tapi mimin ingin menjurus langsung ke titik masalahnya, agar jelas dan tegas tanpa bertele-tele. Hehehe...

Kesadaran bahwa dia (kekasih yang egois) bukanlah tempat terbaik untuk memberhentikan langkah dalam pencarian jodoh, pergi (meninggalkan) akan menjadi satu-satunya opsi untuk menyelamatkan diri dari mimpi buruk yang kemungkinan akan terjadi. Merelakan semua kenangan dan cerita indah demi masa depan yang cerah.

Biar hujan yang menghapus jejakmu. Kalimat di baris terakhir reff lagu Noah - Menghapus Jejakmu ini mungkin menyita sedikit perhatian. Apa maksudnya hujan? Hujan sering kita artikan dengan kesedihan atau kepiluan. Jadi, membiarkan diri tersakiti bisa menjadi salah satu cara untuk bisa melupakan seseorang. Bagaimana bisa? Terkadang dengan membenci (dengan fokus melihat keburukan orang) kita bisa lebih mudah untuk melupakan seseorang.

Lepaskan segalanya
Lepaskan segalanya

Ya, lepaskanlah semuanya... Ikhlaskan saja semuanya untuk masa depan yang mungkin bisa menjadi jau lebih indah (harapannya sih gitu).

Memang sih, seseorang sangat sulit untuk merubah watak aslinya. Tapi yang namanya “sulit” itu bukan berarti “tidak bisa” loh ya. Ada juga yang rela dan berani memaksa dirinya untuk berubah demi sebuah impian “agar bisa menjadi lebih baik lagi”.

Pesan atau amanat yang bisa kita ambil dari lagu Noah - Menghapus Jejakmu ini adalah janganlah menjadi seseorang yang menyebalkan, jika tak ingin dibenci dan dijauhi orang-orang yang sayang dan mencintai kita. Belajarlah untuk menahan diri agar bisa lebih mengerti perasaan orang lain. Jika ingin dimengerti, seharusnya mau untuk mengerti juga dong? Biar adil, jangan menang sendiri. Hehehe...

Mungkin segini dulu aja pembahasan mengenai makna tersembunyi di balik lirik lagu Noah - Menghapus Jejakmu dari anaksenja.com. Apabila kamu memiliki tafsir yang berbeda, jangan ragu untuk mengungkapkannya di kolom komentar ya? Karena mungkin saja pendapatmu jauh lebih benar, dan yang terpenting bisa bermanfaat untuk yang lainnya. Terimakasih, sampai jumpa dikajian makna karya sastra selanjutnya!

Makna Sebenarnya di Balik Lagu Tak Kan Pernah Ada - Geisha


Arti Lagu Geisha Tak Kan Pernah Ada - Lagu ini menceritakan tentang seseorang yang sedang dimabuk cinta, sehingga hanya memikirkan dan merindukan pasangannya di setiap saat. Merasa bahwa dia adalah seorang pasangan yang terbaik, sehingga tak lagi menginginkan yang lain karena memang tak kan pernah ada yang bisa menggantikannya.

Lagu Geisha - Tak Kan Pernah Ada ini rilis pada tahun 2009, dan sempat booming di kala itu. Bahkan hingga saat saat ini lagu Geisha yang berjudul Tak Kan Pernah Ada ini masih mengiang di kepala mimin, dengan suara Momo sangat khas. Walau sekarang sudah ganti vokalis, menurut mimin tetap Momo yang terbaik! Sekali lagi, ini menurut mimin loh ya. Hihihi...

Selain keindahan yang kita dapat dari audio lagunya, mungkin kamu penasaran tentang sebenarnya lagu Geisha - Tak Kan Pernah Ada ini mencetitakan tentang apa? Tenang saja, anaksenja.com akan menemanimu mengulik makna di balik lirik lagu Geisha yang berjudul Tak Kan Pernah Ada. Mari langsung saja kita mulai pembahasannya dari bait pertama!

Analisis Lirik Lagu Tak Kan Pernah Ada dari Geisha

Dia memang hanya dia
Ku s'lalu memikirkannya
Tak pernah ada habisnya

Cinta dapat membuat seseorang menjadi kecanduan, sehingga terus memikirkan dan menginginkan untuk bertemu maupun memilikinya (seseorang yang dicintai). Setiap saat dan di mana saja, jika sedang terbuai akan indahnya jatuh cinta ya akan dimabuk cinta.

Benar dia benar hanya dia
Ku s'lalu menginginkannya
Belaian dari tangannya

Selain memikirkannya, hal selanjutnya adalah ingin bertemu dengannya (seseorang yang dicintai). Mendapat belaian dari seseorang yang dicintai memanglah menyenangkan. Bermain bersama, nongkrong, hingga bermanja-manja dengannya merupakan beberapa hal yang selalu muncul di pikiran ketika sedang terbuai indahnya cinta.

Mungkin hanya dia
Harta yang paling terindah
Di perjalanan hidupku
Sejak derap denyut nadiku

Pikiran tentang “cuma kamu” pasti akan muncul ketika merasa benar-benar cinta. Apalagi ketika merasa benar-benar dicintai, pasti akan merasa menjadi manusia yang paling bahagia dan menempatkan dia (seseorang yang dicintai) menjadi harta yang paling terindah, karena mampu membahagiakan dan menentramkan hati.

Mungkin hanya dia
Indahnya sangat berbeda
Ku haus merindukannya

Mungkin pernah dikecewakan oleh orang lain, atau mungkin memang belum pernah merasakan sebahagianya itu ketika bersanding dengan seseorang, sehingga muncul statement bahwa keindahan saat bersama dia (seseorang yang dicintai) sangatlah hebat, mampu membuat diri menjadi terbuai dan kecanduan akannya.

Ku ingin kau tahu isi hatiku
Kaulah yang terakhir dalam hidupku
Tak ada yang lain hanya kamu
Tak pernah ada
Takkan pernah ada

Pada bagian reff lagu Geisha - Tak Kan Pernah Ada ini menceritakan tentang seseorang yang ingin mengungkapkan perasaannya dengan sungguh-sungguh, dia (seseorang yang dicintai) adalah seseorang yang akan menjadi pasangan terakhir, tak ada yang lain, tak akan pernah ada. Mungkin kejadian seperti ini bisa kita sebut dengan “telah merasa menemukan cinta sejati”, sehingga sudah merasa cukup, tak menginginkan yang lain, karena sudah menemukan apa yang selama ini dicari.

Ku ingin kau selalu di pikiranku
Kau yang selalu larut dalam darahku
Tak ada yang lain hanya kamu
Tak pernah ada
Takkan pernah ada

Karena saking cintanya, hingga muncul ungkapan mendarah, yakni ketika sesuatu menjadi bagian terpenting di dalam hidup, seperti aliran darah yang tak akan pernah berhenti sepanjang usia. Kembali lagi, saat seseorang terebut merasa telah menemukan cinta sejati pasti akan mengatakan baha “kamu adalah yang terbaik, aku ingin bersamamu selamanya.”

Apakah kamu pernah merasakan cinta kepada seseorang hingga seperti yang diceritakan di dalam lagu ini? Pasti pernah dong, dalam tanda kutip “sebelum menemukan yang baru dan lebih baik darinya”. Hahaha... Bercanda. Intinya, mimin doain semoga kita semua dapat segera dipertemukan dengan cinta sejati, yang memang benar jodohnya, agar hati menjadi tentram dan tak perlu pusing beradaptasi. Namun perlu diingat, kalau sudah menemukan ya jangan malah mencari-cari lagi, fokus saja ke satu orang dan segeralah menikah (jika mampu dan sudah mendapat restu).

Demikian kajian makna di balik lirik lagu Geisha - Takkan Pernah Ada dari anaksenja.com. Apabila kamu memiliki tafsir yang berbeda, jangan sungkan untuk mengungkapkan di kolom komentar yak! Mungkin saja pendapatmu jauh lebih benar dan dapat bermanfaat untuk yang lainnya. Terimakasih, sampai jumpa di analisis makna lagu selanjutnya!

Makna Sebenarnya di Balik Lagu 2DSD (Tetap Berdiri) - Peterpan (Noah)


Arti Lagu Noah 2DSD - Lagu ini menceritakan tetang seseorang yang tetap berdiri (semangat) setelah mengalami fase keterpurukan. Ada yang bilang kalau arti judul 2DSD dari Noah (Peterpan) adalah singkatan dari Dua Dalam Satu Dunia. Namun Ariel sendiri, sebagai punggawa dari band Noah pernah mengatakan bahwa sebenarnya judul lagu ini berawal dari lagu yang belum dinamai, yakni 2 dsd.

Mungkin kamu bisa browsing bahwa format file.dsd memanglah ada, dan itu memanglah format dari sebuah file audio. Jadi, masuk akal juga jika memang berawal dari lagu yang belum dinamai, mungkin karena lagu ini merupakan lagu yang selesai direkam pada urutan nomor dua, dan lagunya sudah jadi sebelum judulnya ditentukan. Namun, untuk sekarang (tahun 2022) lagu ini sudah memiliki judul, bisa kita temui di Spotifynya Noah, yakni dengan judul Tetap Berdiri (2DSD).

Sebenarnya lirik pada lagu Noah - Tetap Berdiri (2DSD) ini hanya beberapa baris saja. Namun reffnya diulang-ulang dan uniknya tidak merusak fill dari lagu ini. Selain keindahan lagunya, mungkin kamu juga penasaran tentang lagu Noah - Tetap Berdiri (2DSD) ini sebenarnya menceritakan tentang apa? Tanpa basa-basi lagi, mari kita eksekusi dari bait pertama!

Lirik Lagu 2DSD (Tetap Berdiri) dari Noah (Peterpan)

Ku menatap langit yang tenang
Dan takkan menangisi malam
Tuk tetap berdiri ku melawan hari
Ku akan berarti ku takkan mati

Apakah kamu pernah merasakan kecewa? Entah itu dikarenakan orang lain atau dirimu sendiri. Seseorang yang merasa gagal (kecewa) biasanya akan frustasi atau stres, kehilangan rasa semangat untuk berjuang, dan hal-hal negatif lainnya sebagai dampak dari kekecewaan. Namun, ada juga orang yang tetap optimis walau sudah dikecewakan.

Sepertihalnya di dalam urusan percintaan. Setelah mengalami kegagalan tidak menunduk (menyerah), namun tetap menatap langit (semangat) untuk menerima kenyataan dan memulai semuanya lagi tanpa harus menangisi yang sudah berlalu.

Walau kenyataanya memang berat, namun jika kehilangan semangat ya tidak akan merubah apapun. Satu-satunya tindakan yang bisa dilakukan untuk mendapatkan perubahan dari keadaan buruk (terpuruk) untuk menuju ke keadaan yang lebih baik ya hanya dengan tidak menyerah dan tetap semangat menjalani hidup. Percaya bahwa Tuhan tidak pernah tidur, selalu mengerti apa yang dibutuhkan dan kapan waktu yang pas untuk diterima hambaNya. 

Mungkin masaku tlah berlalu
Mungkin hatiku tak berbentuk lagi
Rasa ini takkan terobati
Tetapi mati takkan mengobati

Setelah mencintai seseorang dengan sungguh-sungguh namun dikecewakan, entah itu ditinggalkan karena adanya orang ketiga atau alasan lain, pasti hatinya akan hancur (tak berbentuk lagi). Hingga tak ada obat yang mujarab untuk menyembuhkan rasa sakit itu, bahkan sampai mati pun tidak mengobati. Lantas bagaimana jika apapun itu tidak bisa menyembuhkan? Ya hanya dengan ikhlas atau menerima keadaan, beserta tetap semangat untuk membuka lembaran baru dan hidup baru.

Sepertinya judul baru yang dipilih Noah untuk menggantikan 2DSD menjadi Tetap Berdiri ini cukup masuk, di mana memang disebutkan di dalam liriknya dan mewakili perasaan “tetap semangat” walau mengalami masa suram. Tapi, menurut mimin pribadi sih tetap bagus 2DSD, karena cukup unik dan sudah melekat di ingatan mimin sejak tahun 2000-an ketika album Bintang di Surga rilis. Kalau menurutmu bagaimana? Tetap dengan nama lama atau berganti dengan judul baru? Tulis di kolom komentar ya!

Demikian kajikan makna yang tersembunyi di balik lirik lagu Noah (Peterpan) - Tetap Berdiri ( 2DSD ). Apabila kamu memiliki tafsir yang tak sama, jangan ragu untuk mengungkapkannya di komentar yuk! Mungkin saja pendapatmu jauh lebih benar dan yang terpenting bisa bermanfaat bagi orang lain. Terimakasih :)

Makna Sebenarnya di Balik Lagu Diatas Normal - Noah (Peterpan)


Arti Lagu Noah Diatas Normal - Lagu ini menceritakan tentang seseorang yang kehilangan akal sehatnya karena cinta. Ia menjadi bingung dan linglung karena ditinggalkan oleh seseorang yang dicintai. Padahal sebenarnya ia sadar bahwa sebenarnya hal tersebut tidaklah baik, yakni ketika mengharapkan dia yang sudah pergi untuk kembali lagi. Dikarenakan sudah terlanjur cinta, kejadian seperti itu sepert mengalir dengan sendirinya tanpa direncanakan.

Pada kesempatan kali ini anaksenja.com akan menemanimu mengulik makna di balik lirik lagu Diatas Normal dari band Noah, yang dulu memiliki nama Peterpan. Lagu ini cukup booming di tahun 2000-an, dan diremake ulang diawal tahun 2022 dengan hasil yang cukup memuaskan, yakni juga mendapatkan banyak pendengar di beberapa platform digital. Mungkin kamu salah satu orang yang menikmati lagu ini di dua periode yang berbeda? Jika iya, mungkin kita seumuran. Hihihi...

Setelah mendengarkan lagunya berulang-ulang kali, mungkin pernah terbesit dipikiranmu tentang sebenarnya lagu Noah - Diatas Normal ini menceritakan tentang apa? Tak perlu risau, karena di sini mimin akan menemanimu mengkaji arti dari lagu Noah yang berjudul Di Atas Normal ini. Tanpa perlu panjang lebar lagi, mari kita mulai pembahasannya dari bait pertama!

Analisis Lirik Lagu Diatas Normal dari Peterpan

Pikiranku tak dapat kumengerti
Kaki di kepala, kepala di kaki
Pikiranku patutnya menyadari
Siapa yang harus dan tak harus kucari

Cinta memang terkadang membuat sesorang menjadi gila (tidak waras), dapat bertindak yang tak masuk akal. Seperti karena saking cintanya, walau sudah disakiti atau dikecewakan berulang-ulang kali tidak akan kapok untuk tetap mencintai. Padahal jika dilogika, masih banyak manusia di luar sana yang mungkin lebih baik darinya (seseorrang yang menyakiti). Tapi ya bagaimana lagi, kalau sudah terlanjur cinta pasti akan sulit untuk berpaling.

Pada bagian awal lagu Diatas Normal ini menjelaskan bahwa “pikiran” seharusnya mampu membedakan mana yang baik dan buruk, sehingga bisa memberikan keadaan yang lebih baik. Seperti ibarat “kaki di kepala, kepala di kaki”, yang menggambarkan sebuah kondisi tak masuk akal karena tidak bisa mengatur pikirannya sendiri, karena sudah terbuai dan terdekte karena cinta.

Tetapi tak dapat kumengerti

Ya, tidak mengerti tentang apa yang terjadi karena semuanya seperti berjalan sendiri, tak sesuai seperti apa yang telah direncanakan.

Sesuatu yang baru kusadari
Kau tinggalkanku tanpa sebab yang pasti
Sesuatu yang harusnya terjadi
Kau sakiti aku
Kau yang harus kubenci

Padahal sudah mendapati kenyataan bahwa dia (kekasih) sudah pergi meninggalkan tanpa alasan, tapi tetap saja tak bisa membencinya. Mungkin karena sudah terlalu cinta, hingga tak bisa menerima kenyataan bahwa dia sudah pergi. Mungkin karena semua kenangan masih melekat di pikiran dan masih menyisakan banyak rasa (cinta) di dalam hati, sehingga sangat sulit untuk dihapus maupun direlakan begitu saja.

Tetapi tak dapat kumengerti
Tak dapat kumengerti
Tak dapat kumengerti

Tak habis pikir, kenapa semua bisa terjadi. Padahal sangat menyiksa diri, tapi tak mampu untuk move on. Intinya, masih bingung mencari jalan keluar dari masalah yang sedang dihadapi.

Ku mencari sesuatu yang telah pergi
Ku mencari hati yang kubenci
Ku mencari sesuatu yang tak kembali
Ku mencari hati yang kubenci

Pada bagian reff lagu Noah – Di Atas Normal ini menceritakan tentang seseorang yang kebingungan mencari jalan keluar dari masalah yang terjadi. Walau sebenarnya berbeda, namun kejadian ini hampir serpa dengan judul lagu Naif, “Benci untuk Mencinta”, merasa benci namun tetap cinta. Sebenarnya pikiran sudah memaksa untuk sadar bahwa dia (kekasih) telah pergi, namun hati masih tetap berharap dan mencintai. Kejadian seperti ini biasanya terjadi karena sudah terlalu cinta, sehingga menciptakan statement “tak bisa hidup tanpamu”.

Ku mencari tetap tak dapat kutemui
Ku mencari hati yang kubenci

Walau kenyataannya juga sama saja, yakni tetap tidak bisa menemukan dia (seseorang yang telah pergi) walau sudah mencari kemana-mana. Tapi, walaupun benci namun tetap menaruh hati dan terus mencari walau tak mendapat hasil yang pasti.

Cinta memang dapat memabukkan (menciptakan candu), sehingga dapat membuat seseorang menjadi kehilangan akal sadarnya. Cinta tak bisa membedakan mana yang baik dan mana yang buruk. Saat terlanjur cinta, bahkan sudah sampai ke tahap “cinta mati”, mau bagaimana saja prilaku dan keadaannya ya tetap bakalan cinta. Maka dari itu, mimin berpesan untuk berhati-hati dalam perihal cinta, karena selain dapat membahagiakan cinta juga dapat membunuh secara perlahan.

Demikian kajian makna lagu yang tersembunyi di balik lirik Noah - Diatas Normal dari anaksenja.com. Apabila kamu memiliki tafsir yang berbeda,  jangan ragu untuk mengungkapkannya di kolom komentar ya? Karena bisa saja pendapatmu jauh lebih benar dan dapat bermanfaat untuk teman-teman yang lain. Mari kita berdiskusi bersama hingga benar-benar menemukan makna yang sebenarnya di balik lirik lagu Noah - Diatas Normal!