Makna Sebenarnya di Balik Lagu Runtuh - Feby Putri Feat. Fiersa Besari


Arti Lagu Feby Putri Feat. Fiersa Besari Runtuh - Secara garis besar, lagu ini menceritakan tentang seseorang yang sedang terpuruk dan belum menemukan solusi untuk masalahnya, namun malah dipaksa untuk bisa "rela" oleh lingkungan sekitar yang sejatinya tak memahami tentang bagaimana keadaan yang sebenarnya.

Pada kajian makna dari anaksenja.com kali ini kita akan membahas satu lagu yang mungkin kita sendiri pernah mengalaminya, yaitu ketika dihadapkan dengan sebuah masalah yang cukup rumit namun lingkungan tak bersedia menjadi tampungan dari segala cerita kita. Ya, pada akhirnya malah masalah menjadi lebih runyam dan pikiran stres semakin merajarela. Semoga dengan kita memahami makna dari lagu Runtuh ini dapat menjadikan kita bisa lebih mengerti tentang orang lain, terutama tentang diri sendiri.

Analisis Lirik Lagu Runtuh dari Feby Putri Feat. Fiersa Besari

Ku terbangun lagi
Diantara sepi hanya pikiran yang ramai
Mengutuki diri
Tak bisa kembali tuk mengubah alur kisah

Pada bait pertama lagu Runtuh ini menceritakan tentang seseorang yang mungkin bisa dibilang sedang stres berat, merasa bahwa sedang sendirian namun di dalam kepalanya terdapat banyak pikiran yang membebaninya. Lantas merasa sangat kecewa karena tidak berguna, merasa gagal dalam mengupayakan untuk sembuh dari keadaan tersebut. Intinya, seseorang itu sedang sangat terpuruk.

Ketika mereka meminta tawa
Ternyata rela tak semudah kata

Walau di dalam diri terdapat masalah yang sangat besar, terkadang lingkungan selalu memaksa kita untuk terus terlihat bahagia. Mungkin di dalam sebuah pertemanan sering muncul kalimat penyemangat, "udah dong, gak usah sedih. Ayo lupain semuanya dan bahagia bersama-sama!". Benar niat mereka baik, namun kan tak semua manusia memiliki sifat "ringan rela", ada juga yang tipikalnya pemikir, pendendam, pecinta mati, dan lain sebagainya. Maka dari itu, merelakan tidak selalu menjadi hal yang mudah bagi setiap manusia.

Ketika kau lelah
Berhentilah dulu, beri ruang, beri waktu
Mereka bilang syukurilah saja
Padahal rela tak semudah kata

Dan ada lagi yang menyarankan untuk "ikhlasin aja". Apakah benar dengan merelakan sesuatu dapat menyelesaikan sebuah masalah? Belum tentu, karena merelakan sesuatu yang sebelumnya sangat berharga atau berarti itu bukanlah hal ringan, tak semudah kata-kata, yang artinya untuk melepaskan sesuatu hal besar pasti memerlukan usaha yang besar juga. Jadi, jangan menyepelekan atau memukul sama rata semua masalah, karena setiap masalah memiliki tekanan yang berbeda dan memerlukan solusi yang berbeda pula.

Tak perlu khawatir ku hanya terluka
Terbiasa tuk pura pura tertawa
Namun bolehkan sekali saja ku menangis
Sebelum kembali membohongi diri

Pada bagian reff lagu Runtuh ini bercerita tentang jawaban kepada kepedulian orang lain yang sebelumnya memiliki beraneka macam saran, bahwa "aku (diri yang sedang terjangkit masalah) tidak apa-apa, tak usah khawatir karena rasa khawatirmu malah menambah beban untukku. Dan, apakah aku boleh meminta sedikit waktu? Aku ingin menangis sebentar saja, mungkin dengan menangis dapat sedikit meringankan bebanku, sebelum aku kembali menjadi pembohong ahli dengan topeng bahagia palsuku lagi."

Kita hanyalah manusia yang terluka
Terbiasa tuk pura pura tertawa
Namun bolehkah sekali saja ku menangis
Ku tak ingin lagi membohongi diri
Ku ingin belajar menerima diri

Dan, pada akhirnya kita semua adalah sama. Masing-masing dari kita pasti memiliki suatu masalah, dan setiap manusia yang memiliki masalah pasti ada kalanya berusaha untuk menutupi masalahnya dengan senyum palsunya. Setiap orang pasti ingin bisa terbebas dari masalahnya masing-masing, namun setiap orang tersebut terkadang sulit untuk menemukan solusi yang tepat dan lebih memilih menangis (menyendiri) untuk meringankan lukanya dan berharap rasa itu bisa sembuh sendiri seiring berjalannya waktu.

Kebutuhan orang itu berbeda-beda, terkadang ada seseorang yang hanya membutuhkan untuk didengar saja, dilihat saja, dipuk-puk saja, disenyumin saja, maupun di diamkan saja. Tidak semua orang membutuhkan solusi atau kata-kata bijak, malah bisa saja kata-kata bijakmu itu bisa lebih melukai dan membebani seseorang tersebut.

Intinya, jangan pernah patah semangat saat menghadapi suatu masalah. Ada dari beberapa orang yang berpikir "lebih baik mati" daripada menghadapi dan menyelesaikan masalahnya, semoga kita semua dijauhkan dari pemikiran tersebut dan dihindarkan dari tindakan bunuh diri karena kita semua tau bahwa hal tersebut sebenarnya tidak bisa menyelesaikan masalah sama sekali. Ingatlah, masih ada akhirat. Jadi, kita harus selalu percaya bahwa masih ada Tuhan, Dialah yang akan menyelamatkan kita dan hanya kepadaNyalah semuanya akan kembali.

Semoga analisis lirik lagu Runtuh milik Feby Putri Feat. Fiersa Besari ini dapat bermanfaat untuk kita semua. Apabila kamu memiliki tafsir yang berbeda, jangan ragu untuk mengungkapkannya di kolom komentar anaksenja.com ya! Mari kita bersama-sama menemukan makna yang sebenarnya di balik lirik lagu Runtuh dari Feby Putri Feat. Fiersa Besari ini!

Makna Sebenarnya di Balik Lagu Mendung Tanpo Udan - Ndarboy Genk dan Terjemahannya


Arti Lagu Ndarboy Genk Mendung Tanpo Udan - Lagu ini menceritakan tentang seseorang yang bersedih karena teringat masalalu indahnya bersama mantan yang kini hanya menjadi kenangan saja karena sudah berpisah. Bagaikan istilah mendung tanpa hujan, yang tak lengkap seperti pada umumnya sebuah mendung dengan hujannya.

Yap, pada kesempatan kali ini anaksenja.com akan menemanimu mengulik makna dari lagu berbahasa Jawa yang berjudul Mendung Tanpo Udan dari Ndarboy Genk! Akhir-akhir ini lagu berbahasa Jawa memang lagi hits, entah di kalangan Youtube, Tiktok maupun di dunia pertelevisian. Lagu ini juga ada versi duetnya loh, yakni dengan penyanyi Jawa yang tak kalah terkenalnya, yakni Denny Caknan, yang terkenal dengan Kartonyono Medot Janjinya.

Mungkin kamu masih bingung dengan bahasanya karena bukan orang Jawa? Tenang aja, mimin sudah menyediakan terjemahan berbahasa indonesia kok. Hal ini mimin lakukan supaya kita semua bisa lebih mudah memahami makna dari lirik lagunya. Daripada berlama-lama, yuk langsung saja kita mulai pembahasannya!

Analisis Lirik Lagu Mendung Tanpo Udan dari Ndarboy Genk

Mendung tanpo udan
(Mendung tanpa hujan)
Ketemu lan kelangan
(Bertemu dan kehilangan)
Kabeh kui sing diarani perjalanan
(Semua itu yang disebut perjalanan)

Bait pertama ini terdapat rima yang menarik beserta sampiran yang unik. Mendung tanpa hujan bisa diartikan dengan suatu keadaan yang tidak jelas (tidak pasti), karena pada saat itu adalah waktu di mana cerah dan hujan berjarak dan selalu memiliki dua kemungkinan, jika tidak terjadi hujan ya akan kembali ke keadaan cerah. Dan dijelaskan kembali di larik selanjutnya, yang memaparkan bahwa yang namanya pertemuan pasti akan ada perpisahan. Semua itulah yang disebut dengan perjalanan, seperti perjalanan manusia, ada hidup pasti ada mati.

Awak dewe tau duwe bayangan
(Kita pernah mempunyai impian)
Besok yen wes wayah omah-omahan
(Kelak jika telah berumah tangga)
Aku moco koran sarungan
(Aku membaca koran pakai sarung)
Kowe belonjo dasteran
(Kamu belanja pakai daster)

Setiap hubungan (percintaan) pasti akan berpikir tentang masa depan, dan puncak dari suatu hubungan tersebut adalah sebuah pernikahan. Semua perencanaan dan bayangan pastinya akan terjadi tatkala menjalani hubungan, bercita-cita akan seperti apa dan bagaimana setelah menikah. Seperti halnya sebuah hal indah saat berada di lingkungan pedesaan, yakni saat si suami bersantai ria di teras memakai sarung, ngopi dan membaca koran, sembari melihat istrinya berdaster yang sedang berbelanja di tukang sayur keliling.

Nanging saiki wes dadi kenangan
(Namun kini tinggal kenangan)
Aku karo koe wes pisahan
(Aku dan kamu sudah berpisah)
Aku kiri kowe kanan, wes bedo dalan
(Aku ke kiri, kamu ke kanan, jalan kita berbeda)

Namun, semua impian atau bayangan itu hanya terasa sia-sia karena semuanya sudah berubah menjadi kenangan, setelah kata "putus" atau sebuah perpisahan terjadi. Saat semuanya sudah tidak sejalan lagi, hanya kenangan yang menjadi saksi tentang indahnya masa lalu yang sudah tak berarti lagi.

Mlaku bebarengan
(Jalan bersama)
Ben dino sayang-sayangan
(Tiap hari saling menyayangi)
Sedih lan kebahagiaan
(Kesedihan dan kebahagiaan)
Dilewati tahun-tahunan
(Telah dilewati bertahun-tahun)

Sebelum perpisahan terjadi, padahal dulu selalu main (berjalan-jalan) bersama. Mendatangi setiap lokasi indah, tempat hits, nongkrong bareng, dan kebiasaan-kebiasaan indah lain dengan kebersamaan selama bertahun-tahun. Setiap hari selalu menyayangi dengan menjaga diri dan hati, susah senang bersama-sama, ah, sayangnya semuanya sudah menjadi masa lalu.

Padu meneng-menengan
(Saling marah dan saling mendiamkan)
Bar kui kangen-kangenan
(Setelah itu memadu kerinduan)
Kadang bedo pilihan
(Terkadang berbeda pilihan)
Nganti pedot balikan
(Hingga kandas dan kembali bersama)

Kembali lagi mengingat bahwa dulu pernah ngambek bersama-sama, saling mendiamkan entah karena masalah apa, yang setelahnya akan saling merindu dengan penuh kasih. Mungkin dasar dari "ngambek" tersebut adalah karena berbeda pilihan, saling egois dengan pemikirannya masing-masing, sampai pernah putus (berpisah) dan akhirnya balikan (kembali) lagi. Yah, walau pada akhirnya jadi putus beneran karena merasa sudah tidak ada yang bisa dipertahankan lagi.

Siapapun itu, yang sudah menjalani sebuah hubungan dengan ikatan waktu yang lama pasti akan merasa sangat kehilangan, sangat merasa sedih karena kehilangan kebiasaan, dan mungkin saja sangat membutuhkan waktu yang lama untuk bisa merelakan semua kenangan indah yang pernah diukir bersama-sama. Pesan mimin sih, buat kamu yang sudah menjalani hubungan bertahun-tahun ya rawatlah terus hubungan itu, jangan sampai menyesal karena memilih mengusaikan hubungan akibat masalah kecil yang sebenarnya tidak penting. Belajarlah "menghargai" agar "dihargai", begitujuga belajarlah "menjaga kepercayaan" jika ingin kepercayaannya juga dijaga.

Demikianlah kajian makna dari lirik lagu Mendung Tanpo Udan milik Ndarboy Genk dan terjemahannya ke dalam bahasa Indonesia. Apabila ada salah di terjemahannya, mohon maaf dan mohon diingatkan ya? Supaya anaksenja.com dapat memperbaikinya dan menyempurnakan analisisnya. Jika kamu memiliki tafsir yang berbeda mengenai lagu Mendung Tanpa Hujan ini, jangan ragu untuk mengungkapkannya di kolom komentar yak! Mari kita temukan bersama-sama tentang makna sebenarnya yang tersembunyi di balik lirik lagu Ndarboy Genk - Mendung Tanpo Udan.

Apakah Kebahagiaan Layak untuk Dipamerkan? - RenunganMalamKamis#6


Apa bahagia itu? Bahagia adalah sebuauh situasi di mana seseorang merasakan tentram atau sedang dalam keadaan (perasaan) senang. Namun, apakah bahagia itu benar-benar ada? Atau hanya sebuah penampilan saja? Untuk siapa bahagia itu ditujukan? Dan untuk apa fungsi dari kebahagiaan? Mari kita bedah satu persatu.

Pernahkah kau melihat kebahagiaan orang lain? Ya, yang terlihat di story Whatsapp, status Facebook, maupun di postingan Instagram. Orang-orang tampak tersenyum, tertawa, bergaya, dan beraneka dengan segala tingkahnya. Apakah mereka benar-benar sedang bahagia? Atau hanya sedang berpura-pura bahagia? Lantas, untuk apa jika mereka hanya berpura-pura bahagia? Apakah dengan dianggap bahagia oleh orang lain akan menciptakan kebahagiaan yang sejati?

Jika seseorang memang benar-benar bahagia, untuk apa ia memamerkan kebahagiaannya tersebut dan menunjukkan kesemua orang? Apakah kebahagiaan membutkan pengakuan dari semua orang? Jika tidak, lantas bagaimana? Apa hasil dari sebuah postingan atau pertunjukan sebuah kebahagiaan jika bukan pengakuan? Jika iya, apakah ketika tidak diakui oleh orang lain maka kebahagiaan tersebut akan sirna begitu saja? Lantas, kebahagiaannya itu terletak di situasi yang dipamerkan atau di situasi pamernya?

Misal, katakanlah ada seseorang yang bernama X. Si X sedang berjalan-jalan di pantai. Kemudian ia mengambil foto dengan polesan senyum bersama background laut yang ombaknya merambati kaki-kakinya. Ia posting di Instagram. Setelah satu jam hanya mendapat sedikit love. Kemudian ia langsung hapus dan mencoba menguploadnya kembali sampai mendapat love yang berjibun. Pertanyaannya, di mana letak kebahagiaan si X? Apakah saat ia berada di pantai? Bisa jadi. Atau di saat ia mendapatkan banyak love di postingannya? Bisa jadi juga.  Atau kedua-keduanya? Atau malah sebenarnya si X sama sekali tidak bahagia karena pantainya tidak terasa dan postingannya tidak mencapai target love yang diharapkan?

Jika kebahagiaan bertitik tumpu di “merasa senang dan tentram”, maka seharusnya kita tak perlu memaksakan sebuah situasi yang kita anggap bisa menciptakan sebuah kebahagiaan. Kita tau, kebahagiaan setiap orang itu berbeda-beda. Maka dari itu, tak seharusnya kita mencontoh kebahagiaan yang dirasakan orang lain. Jika hanya pengakuan yang dicari, bukankah pengakuan dari diri sendiri itu jauh lebih penting? Yang tak perlu repot-repot untuk mencarinya, yang tak perlu membutuhkan usaha lebih untuk mendapatkannya. Namun, apakah berkenan jika tidak mendapatkan pengakuan kebahagiaan oleh orang lain?

Sebenarnya, beban nggak sih saat mendapat banyak pengakuan? Saat orang lain berekspetasi tinggi terhadap apa yang kita miliki, padahal kita tau, bahwa semua yang kita tampilkan adalah sisi lain dari kenyataan yang kita rasakan. Memang benar jika saat kita memosting sesuatu yang kita harapkan adalah antusias dari beberapa followers atau daftar kontak kita. Namun, apakah sudah benar jika puncak dari sebuah kebahagiaan itu terletak di sebuah pengakuan orang lain?

Seringkali kita teringat anjuran para leluhur untuk selalu menyukuri setiap kebahagiaan yang sedang dialami. Jika tujuan bersyukur adalah berterimakasih kepada Tuhan, apakah masih perlu mendapatkan pengakuan dari orang-orang sekitar? Bukankah saat kita beromantis ria bersama Tuhan itu bersifat personal? Apakah Tuhan juga akan ikut senang saat mengetahui bahwa hamba yang sedang bermesraan bersamanya itu malah mengumbar kegiatan bercintanya tersebut kemana-mana? Apa fungsi dari bersyukur jika tujuannya bukan untuk bersyukur?

Apa makna bahagia menurutmu? Silakan ungkapkan pendapatmu di kolom komentar. Mungkin sudut pandangmu mengenai bahagia mampu membantu teman-teman yang lain. Terimakasih. :)

Joe Azkha

Makna Sebenarnya di Balik Lagu Putus atau Terus - Judika


Arti Lagu Judika Putus atau Terus - Lagu ini menceritakan tentang perasaan dilema antara ingin memperbaiki atau menyudahi hubungan karena merasa sudah tidak nyaman dan terasa aneh di setiap harinya. Bersama, namun terasa sendiri-sendiri. Seperti saling jaim, entah menyembunyikan masalah apa, intinya tercipta jarak di antara mereka.

Putus atau Terus? Sebenarnya judul dari lagu ini sudah mewakili lengkap tentang isi dari lagu Bang Judika yang sudah didengar puluhan juta kali di beberapa platfrom musik online. Mimin anaksenja.com pun sering mengulang-ulang lagunya karena memang enak didengar. Pada kesempatan kali ini kita akan memedah lirik lagu Putus atau Terus ini untuk mencari makna yang tersembunyi di baliknya.

Apakah mungkin kita akan mendapat pelajaran yang berarti setelah mengkaji lirik lagu Putus atau Terus? Ya pasti dong! Kita akan menemukan poin-poin penting dan mengartikan secara rinci agar dapat mencari solusi yang dapat bermanfaat untuk bekal kita nanti. Mari langsung saja kita mulai pembahasannya dari bait pertama!

Analisis Lirik Lagu Putus Atau Terus dari Judika

Aku sedang bertanya-tanya
Tentang perasaan kita
Benarkah kita saling mencinta
Atau hanya pernah saling cinta

Saat merasakan ada yang janggal di dalam hubungannya, seperti sebuah kecanggungan yang padahal biasanya penuh keakraban, atau seperti ketika merasakan ketidaknyamanan padahal biasanya selalu terasa nyaman, pasti akan muncul pertanyaan di benak pikiran. Mau dibawa ke mana hubungan yang sudah penuh rasa canggung dan tidak nyaman tersebut? Apakah masih saling mencinta? Ataukah sebenarnya rasa cinta tersebut sudah sirna dan tinggal kehampaan saja?

Bukankah kamu juga merasa
Dingin mulai menjalari percakapan kita
Pertanyaan kamu sedang apa
Terkesan hanya sebuah formalitas saja

Kualitas suatu hubungan biasanya dapat dirasakan ketika berkomunikasi. Apabila komunikasinya lancar bisa dibilang kualitas hubungan tersebut sangatlah baik, namun jika terdapat masalah, seperti merasa ada yang kurang, banyak yang disembunyikan, berbicara hanya yang penting-penting saja namun terlihat memaksakan (seperti mengucapkan selamat pagi namun tidak dibarengi dengan senyuman), dapat dipastikan kualitas hubungannya sedang tidak dalam kondisi baik. Sekakan-akan semuanya hanya formalitas saja ketika menanyakan “kamu sedang apa?” namun tidak diikuti dengan rasa penasaran yang serius, hanya bertanya sebagai basa-basi dan kemudian “yaudah” saja, terasa tidak asik.

Coba tanyakan lagi pada hatimu
Apakah sebaiknya kita putus atau terus
Kita sedang mempertahankan hubungan
Atau hanya sekedar menunda perpisahan

Pada bagian reff lagu putus atau terus ini merupakan inti dari lagu ini, yang maknanya sangat dalam dan sangat tegas, yakni ketika mempertanyakan sebuah hubungannya yang dirasa sudah nggak jelas dengan ketajaman kalimat yang sangat tepat. Keputusan untuk melanjutkan hubungan atau berhenti memang terkesan sangat riskan, karena hal tersebut merupakan titik penting di dalam suatu hubungan percintaan di mana kesatuan dipertaruhkan.

Apabila memang tak bisa dilanjut, ya mungkin perpisahan menjadi jalan yang tepat. Saat semua hal sudah dicoba dan endingnya hanya kembali ketitik yang sama ya buat apa? Pasti pilihan terbaik dalah dengan menconongkan ke arah perpisahan. Namun, terkadang memilih berpisah adalah pilihan yang sangat sulit apabila menggunakan alasan “hubungannya sudah berjalan lama” dan merasa sayang apabila mengakhiri hubungan yang sudah berjalan bertahun-tahun lamanya.

Jika merasa masih bisa dilanjutkan, ya harus benar-benar komitmen. Cari sumber masalah dan selesaikan segera. Jangan menunda-nunda untuk menyelesaikan masalah atau malah menjauhi masalah, karena tindakan tersebut hanya akan menimbulkan keretakan yang bisa saja suatu hati nanti menjadi sumber dari perpecahan di dalam suatu hubungan.

Bila kamu tanya, aku maunya apa
Aku mau kita terus bersama

Karena masih mencinta, ya ketika saat ditanya maunya apa pastinya akan menjawab “ingin terus bersama-sama”.

Ada beberapa masalah yang terkadang terasa sulit untuk diselesaikan. Namun, jika belum atau tidak mau mencobanya ya sampai kapanpun gak akan tau hasilnya bagaimana. Jika ingin memperbaiki atau mempertahankan hubungan ya seharusnya jangan terlalu meninggikan diri, karena tidak akan ada penyelesaian jika masing-masing darinya saling egois atau merasa paling benar sendiri.

Demikianlah bedah lirik lagu Putus atau Terus milik Judika. Apabila kamu memiliki tafsir atau pendapat yang berbeda mengenai makna dari lirik lagu Putus atau Terus ini, jangan ragu untuk menuliskannya di kolom komentar ya! Mari kita berdiskusi bersama-sama hingga menemukan makna sebenarnya yang tersembunyi di balik lirik lagu Judika - Putus atau Terus!

Makna Sebenarnya di Balik Lagu Lantas - Juicy Luicy


Arti Lagu Juicy Luicy Lantas - Lagu Lantas ini menceritakan tentang rasa resah dan gelisah karena seseorang yang dicintainya sudah lama tidak memberi kabar akibat terlalu sibuk dengan pasangan aslinya, dengan kata lain lagu ini menceritakan tentang kesedihan seorang selingkuhan (simpanan) karena dicuekin oleh pujaannya yang sudah berpasangan tersebut.

Secara garis besar, sebenarnya lagu ini tidak mengajarkan kebaikan kepada pendengarnya. Bagaimana tidak, yang namanya selingkuh itu memang salah bukan? Namun tak apa, tak ada salahnya untuk kita kaji maknanya. Kali saja kita dapat mendapatkan manfaat dengan bisa membedakan mana yang baik dan mana yang buruk, sehingga bisa menjadi bekal untuk kedepannya nanti tat kala menjalin cinta.

Pada kesempatan kali ini anaksenja.com akan menemanimu mengulik makna di balik lirik lagu Juicy Luicy yang berjudul Lantas. Lagu ini cukup enak didengar, dengan alunan lembut dan suara yang khas dari sang vokalisnya. Namun, mungkin sebagian dari kamu belum tau jika sebenarnya lagu ini mengandung unsur negatif? Maka dari itu, yuk langsung saja kita mulai pembedahan lirik lagu Lantasnya!

Analisis Lirik Lagu Lantas dari Juicy Luicy

Lima hari sudah kurindu
Tak bisa kumenghubungimu
Kau sedang dengan dirinya
Sedang kita rahasia
Kapankah kau ada waktu
Sembunyi untuk bertemu

Pada bagian awal lagu Lantas ini menceritakan tentang seorang selingkuhan yang tidak sabar ingin bertemu dengan cintanya. Ia merasa gelisah karna pujaannya yang ia ketahui sudah memiliki kekasih tak mengabarinya selama beberapa hari. Ia tau bahwa ia hanyalah selingkuhan, namun ia tetap menanti kabar demi bisa ketemuan. Yaampun, kok ya malah gak cari kekasih yang jelas statusnya aja sih!

Baru kau sapa ku tersipu
Kau puji lupa amarahku
Karena kau paling tahu
Cara lemahkan hatiku
Walau tak ada yang pasti
Yang kau beri hanya mimpi

Ada yang senang saat dipuji, ada yang marah saat dipuji, ada yang tertawa saat dihina, ada yang menangis saat dihina, ya, karena setiap orang memiliki kriteria diperlakuan yang berbeda-beda. Pada bagian ini dijelaskan bahwa dia (seseorang yang dicintai namun sudah diketahui memiliki pasangan) dapat mengerti apa yang menjadi titik lemah diri, sehingga dapat menentramkan emosi dan memanjakan hati.

Padahal sebenarnya tidak ada yang pasti, namanya juga hanya menjadi orang yang ketiga. Namun walau hanya baru diberikan mimpi-mimpi saja, entah janji-janji atau bayangan-bayangan tentang kebersamaan masa depan, seseorang yang telah pasrah menyikapi buaian cinta pasti akan tetap luluh dan tunduk kepada cintanya tersebut. Disuruh nunggu ya pastinya akan nunggu (nunggu dia putus dengan pasangannya), tapi untuk kejelasan kapannya nggak tau. Yang pasti, akan selalu ada peluang untuk kecewa dan terluka bagi orang-orang yang suka main belakang. Sebel banget mimin ama orang yang beginian!

Lantas mengapa ku masih menaruh hati
Padahal ku tau kau telah terikat janji
Keliru ataukah bukan tak tau
Lupakanmu tapi aku tak mau

Namanya juga cinta buta, pasti akan memasabodohkan semua hal, yang penting apa yang diinginkan bisa terwujud. Seperti halnya ketika sedang menginginkan seseorang, merasa bahwa dia yang paling sempurna, pastinya akan berupaya untuk mendapatkannya walau ia tau yang dicintainya itu sudah memiliki pasangan.

Entah sudah menikah atau masih berpacaran, yang namanya perselingkuhan sampai kapanpun tetap bukanlah tindakan yang bisa dibenarkan. Jika memang tidak betah dengan pasangan bukannya bisa dibicarakan terlebih dahulu? Berdiskusi untuk menyelesaikan masalah, jika memang tidak bisa ya berpisahlah terlebih dahulu baru menjalin hubungan baru bersama orang lain. Tapi ya mau bagaimana, yang namanya manusia memang memiliki nafsu dan emosi, dan beberapa diantaranya tidak ahli dalam mengendalikanya.

Pantaskah aku menyimpan rasa cemburu
Padahal bukan aku yang memilikimu
Sanggup sampai kapankah ku tak tau
Akankah akal sehat menyadarkanku

Ya nggak pantas lah. Yakin, mimin malah jadi emosi saat menganalisis lagu Lantas dari Juicy Luicy ini. Wkwk. Intinya, yang namanya selingkuh itu nggak pernah pantas, apalagi ketika merasa memiliki dengan mencemburui? Yaelah, pasti jika ditanya mengapa selalu pakai alasan “cinta tak bisa dipaksa” dan “cinta tak bisa memilih”. Ya kalau patokannya itu untuk kebaikan sih gak masalah. Yang salah itu ketika menggunakan landasan itu untuk berbuat dosa, seperti dengan berbuat selingkuh. Ya sampai kapan pun tetap akan salah.

Untuk yang sedang berselingkuh, emangnya kamu rela jika suatu saat nanti pasanganmu itu selingkuh lagi dengan orang lain? Jika rela sih gak masalah, jika gak ya berarti kamu munafik, hanya mau enaknya doang tapi gak mau nanggung dosanya. Intinya, jika gak mau diselingkuhi ya gak usah menyelingkuhi. Agama dan ilmu pengetahuan sudah menjelaskan banyak hal mengenai hal-hal beginian. Manfaatkanlah hal-hal tersebut dengan maksimal supaya hidup menjadi tenang dan bermanfaat.

Demikian pembedahan makna lirik lagu Lantas dari Juicy Luicy. Apabila kamu tidak setuju dengan apa yang sudah mimin paparkan, silakan tulis tafsirmu sendiri di kolom komentar. Mari kita berdiskusi bersama-sama hingga menemukan makna sebenarnya yang tersembunyi di balik lirik lagunya! Sekali lagi mimin berpesan, menjalani hubungan gelap dengan sembunyi-sembunyi di balik pasangan itu sampai kapanpun tetap menjadi sebuah tindakan yang tidak perrnah bisa dibenarkan. Sampai jumpa di analisis makna lagu lainnya!

Makna Sebenarnya di Balik Lagu Sisa Rasa - Mahalini


Arti Lagu Mahalini Sisa Rasa - Lagu ini menceritakan tentang kenangan bahagia yang masih membekas kuat di dalam ingatan dan perasaan sehingga melahirkan luka batin yang cukup parah. Seperti yang kita ketahui, pasti sangatlah berat ketika merelakan seseorang yang paling dicintai untuk pergi meninggalkan diri yang masih dalam keadaan mencintai. Namun, kita harus sadar bahwa yang namanya pertemuan pasti ada perpisahan.

Pada kali ini anaksenja.com akan menemanimu mengulik makna dari lirik lagu Mahalini yang berjudul Sisa Rasa. “Sisa” memiliki arti sesuatu yang tertinggal dan “rasa” berarti kata pelengkap dari kata sebelumnya. Rasa yang tertinggal, ya, seperti judul lagu St 12 yang populer di tahun 2010-an. Namun kita tidak akan membandingkan kedua lagu tersebut karena fokus pada saat ini hanyalah lagu Sisa Rasa dari Mahalini.

Daripada banyak cing-cong, yuk langsung saja kita mulai pembedahan makna dari lirik lagu Mahalini Raharja yang berjudul Sisa Rasa!

Analisis Lirik Lagu Sisa Rasa dari Mahalini

Melihatmu bahagia, satu hal yang terindah
Anugerah cinta yang pernah kupunya
Kau buatku percaya, ketulusan cinta
Seakan kisah sempurna kan tiba

Cinta yang benar-benar cinta adalah ketika yang tujuannya hanya untuk kebaikan yang dicintainya, bukan kebaikannya sendiri, yang ketika merasa tidak mendapatkan apa-apa akan langsung meninggalkan dan mencari seseorang lain utuk dapat dimanfaatkan. Sepertihalnya ketika melihat seseorang yang dicintainya bahagia, jika itu memang tujuannya ya pastinya akan melakukan apa saja demi yang dicintainya itu bahagia. Seperti cinta orang tua kepada anaknya, yang akan banting tulang dengan giat demi kebahagiaan buah hatinya, walau terkadang tak banyak anak yang bisa mengerti perjuangan dan pengorbanan orang tuanya.

Namun lagu ini bukan menceritakan tentang cinta orang tua kepada anaknya, melainkan cinta seseorang kepada pasangannya yang sebenarnya sudah bukan kekasihnya lagi (mantan). Segala hal yang pernah dilakukan bersama bersama doi (kekasih) yang melahirkan rasa kebahagiaan pasti akan menempel erat di ingatan, sehingga saat tiba saatnya berpisah akan sangat terasa berat dan menyakitkan karena belum siap untuk merelakan semua kebiasaan dan kenangan indah.

Masih jelas teringat, pelukanmu yang hangat
Seakan semua tak mungkin menghilang
Kini hanya kenangan, yang telah kau tinggalkan
Tak tersisa lagi waktu bersama

Potongan kisah demi kisah muncul satu per satu yang menciptakan sebuah rasa sesak di dalam dada. Merasa tak percaya bahwa semua kenangan indah sudah berakhir begitu saja tanpa ada lanjutannya lagi. Namanya juga sudah berpisah, pastinya tak akan ada waktu untuk bersama-sama lagi seperti dulu saat masih menjadi kekasih.

Mengapa masih ada?
Sisa rasa di dada
Disaat kau pergi begitu saja
Mampukah ku bertahan?
Tanpa hadirmu sayang
Tuhan sampaikan rindu untuknya

Rasa sesak di dalam dada menandakan bahwa perasaannya sedang terluka. Merasa tidak terima dengan kenyataan yang dianggap terlalu memilukan dan menyakitkan. Rasa percaya diri juga sirna, tentang apakah bisa bertahan tanpa dirinya saat dirasa baru ditinggal sebentar saja rasanya sudah sesedih itu? Rasa sedih itu ada karena pada dasarnya rasa untuk mencintainya masih ada di dalam hati. Ia sadar bahwa ia tak bisa apa-apa karena keterbatasannya, sehingga mengadu kepada Tuhan untuk titip salam kepada mantannya tersebut, dengan harapan “mungkin bisa kembali berbahagia bersama lagi seperti dulu kala?”

Masih tersimpan
Setiap kŠµnangan
Semua cinta yang kau beri
Kau takkan terganti

Ya, karena sudah terlanjur mencintai sedalam-dalamnya pasti akan merasa berat hati ketika melepaskan seseorang yang sangat dicintainya. Setiap kenangan indah membekas tanpa bisa lepas. Dan merasa bahwa cinta yang diberikannya dulu akan selalu disimpan untuk dikenangnya. 

Lagu Sisa Rasa ini sebenarnya sangat cocok jika disandingkan dengan lagu Mahalini lainnya yang berjudul Melawan Restu. Makna dari lagu Melawan Restu seakan-akan menjadi landasan yang kuat untuk mendasari lagu Sisa Rasa ini. Seakan-akan lagu ini seperti lanjutannya, atau bisa disebut dengan part duanya Melawan Restu. Apa kamu setuju? Jika tidak, silakan tulis dikolom komentar yak tentang alasanmu! Mari kita kaji bersama-sama hingga menemukan makna yang sebenar-benarnya di balik lirik lagu Mahalini - Sisa Rasa ini!

Makna Sebenarnya di Balik Lagu Dan - Sheila On 7


Arti Lagu Sheila On 7 Dan... - Lagu Dan menceritakan tentang sebuah rasa bersalah dari seorang pria yang telah melakukan kesalahan sehingga membuat kekasihnya terluka. Lantas ia rela melakukan segala hal demi mengembalikan kebahagiaannya, salah satunya adalah dengan dilupakannya (berpisah). 

Pada kesempatan kali ini anaksenja.com akan menemanimu mengulik makna di balik lirik lagu Dan milik Sheila On 7, atau yang sering kita singkat dengan So7. Mungkin kamu sering penasaran dengan kalimat "kembali bersinar dan berpijar" yak? Santai saja, kita akan bahas bersama-sama secara detail dari bait pertama. Tanpa berlama-lama, yuk langsung saja kita mulai!

Analisis Lirik Lagu Dan dari Sheila On 7

Dan...
Dan bila esok datang kembali
Seperti sedia kala
Di mana kau bisa bercanda

Dalam KBBI, dan merupakan sebuah penghubung satuan bahasa yang setara. Namun pada lagu ini berbeda, "dan" di sini menjadi sebuah penghubung ketidaksetaraan. Tidak setara yang mimin maksud adalah antara harapan dan kenyataan, di mana harapannya dia (sang kekasih) dapat kembali ceria seperti dulu lagi walau kenyataan berkata tidak bisa karena mungkin sudah terlalu merasa kecewa.

Dan...
Perlahan kau pun lupakan aku
Mimpi burukmu
Di mana telah kutancapkan duri tajam
Kau pun menangis, menangis sedih
Maafkan aku

Merasa sadar diri setelah melakukan kesalahan, sehingga berpikir rasional bahwa sudah sepantasnya dirinya dibenci karena telah bertindak bodoh sampai bisa melukainya (sang kekasih) yang selalu mencintainya.

Dan...
Bukan maksudku, bukan inginku
Melukaimu
Sadarkah kau di sini ku pun terluka
Melupakanmu, menepikanmu
Maafkan aku

Walau mungkin sebenarnya bisa mendapatkan maaf, namun ia (yang melakukan kesalahan) merasa bahwa sesuatu yang sudah gagal akan tidak baik jika terus dilanjutkan. Maka dari itu, pilihan "berpisah" diambil karena hanya itu dirasa adil. Ia yang melakukan kesalahan juga terluka, dan yang dilukai akan menjadi lebih terluka lagi.

Sebenarnya mimin gak setuju dengan pemikiran yang seperti ini, karena mimin percaya bahwa semua masalah selalu ada jalan keluarnya. Begitu pula saat bertemu dengan seseorang yang mau memaafkan kita saat kita berbuat salah, kalau mimin mah pasti akan berusaha terus memperjuangkannya, bukan malah meninggalkannya. Belum tentu jika nanti dapat yang baru akan mendapat cinta yang lebuih besar darinya bukan? Tapi ya mau bagaimana lagi, karena lagu ini tidak lahir dari pemikiran mimin, lebih baik kita fokus mengkaji lagunya saja deh. Hehe

Lupakanlah saja diriku
Bila itu bisa membuatmu
Kembali bersinar dan berpijar
Seperti dulu kala
Caci-maki saja diriku
Bila itu bisa membuatmu
Kembali bersinar dan berpijar
Seperti dulu kala

Merendahkan diri serendah-rendahnya, semua ini dilakukan untuk menebus segala dosa, dengan menyilakan dia (sang kekasih) pergi, mencaci-maki, dan apapun semaunya, yang terpenting adalah dia bisa kembali ceria dan bahagia seperti dulu kala saat sebelum merasakan luka. Arti dari lirik kembali bersinar dan berpijar adalah sebuah pengibaratan tentang sebuah cahaya, yang mana jika terang berarti menggambarkan tentang sesuatu yang lebih baik, tak seperti saat cahaya itu redup, yang berarti tentang suatu keadaan yang sutam atau buruk.

Demikian pembedahan makna lirik lagu Dan.. dari SO 7. Apabila menurutmu ada yang salah dan kamu tau kebenarannya seperti apa, jangan ragu untuk mengungkapkannya di kolom komentar yak. Atau mungkin kamu memiliki tafsir yang berbeda? Mari kita diskusikan bersama-sama di bawah hingga kita menemukan makna tersembunyi yang sebenarnya di balik lirik lagu Sheila On 7 - Dan!

Makna Sebenarnya di Balik Lagu Melawan Restu - Mahalini Raharja


Arti Lagu Mahalini Melawan Restu - Lagu ini menceritakan tentang seseorang yang kecewa akibat tidak mendapat restu dari orang tuanya untuk melanjutkan hubungannya ke jenjang yang lebih serius, yaitu ke jenjang pernikahan. Sudah melakukan usaha semaksimal mungkin, dengan berdiskusi maupun bernegosiasi dengan segala cara, namun tetap tidak mendapat restu karena alasan tertentu.

Lagu Melawan Restu ini cukup mendapat antusias yang tinggi di beberapa platfrom musik, seperti Youtube dan Spotify, terbukti dengan adanya berjuta-juta pendengar maupun viewers di rincian lagunya. Setelah mimin dengarkan, memang sangat menarik, karena selain alunan musik yang lembut, suara dari Mahalini Raharja juga terdengar sangat merdu.

Setelah menyimak lagunya dengan saksama, mimin merasa ada yang perlu dikaji secara serius, yakno di bagian lirik lagunya yang sepertinya menyimpan pesan yang sangat penting. Maka dari itu, anaksenja.com ingin menemukan keindahan lain selain dari visual dan audionya dengan cara mengkaji makna dari lirik lagunya. Penasaran? Mari kita bahas lengkap dari bait pertama!

Analisis Lirik Lagu Melawan Restu dari Mahalini

Indah semua cerita
Yang telah terlewati
Dalam satu cinta
Kita yang pernah bermimpi
Jalani semua
Hanya ada kita

Namanya juga cinta, pasti akan merasa sangat indah saat menjalaninya bersama seseorang yang mencintainya juga. Normalnya sepasang kekasih, pasti pernah membayangkan bahwa “dunia terasa milik berdua” saat jatuh di dalam perasaan cinta yang sangat dalam. Saling mencintai dan dicintai membuat diri terbuai indahnya cinta dan merasa tak ingin berpisah walau hanya sebentar saja.

Namun ternyata
Pada akhirnya
Tak mungkin bisa kupaksa
Restunya tak berpihak
Pada kita

Namun, terkadang kenyataan tak seindah impian. Sebagai manusia, pastinya kita hidup terikat dengan orang lain, salah satunya adalah orang tua. Setiap orang tua terkadang memiliki pemikiran yang berbeda, sudut pandang yang berbeda, dengan alasan yang kadang tak terpikirkan oleh anaknya. Pada hakekatnya, tak ada orang tua yang menginginkan hal buruk terjadi kepada buah hatinya. Maka dari itu, bisa saja orang tua tidak merestui hubungan anaknya karena memikirkan masa depannya yang tidak terpikirkan oleh anaknya karena dibutakan dengan cinta.

Memang benar, yang namanya masa depan tidak ada yang tau kecuali Tuhan. Namun, yang namanya orang tua pasti akan selalu memikirkan anaknya walau bagaimanapun keadaannya. Bagaimana tidak memikirkan, dari kecil sudah dirawat dan dididik dengan penuh kasih, pastinya saat ingin ngelepas anaknya untuk menikah akan berusaha ikut memilihkancalon yang tepat. Jika dirasa kurang tepat, pasti kadar restunya tidak akan maksimal. Jika dirasa tepat, sudah pasti akan disuport dengan restu yang full tank.

Mungkinkah aku meminta
Kisah kita selamanya
Tak terlintas dalam benakku
Bila hariku tanpamu

Jika benar-benar mencinta pasti akan merasa ingin selalu bersama tanpa terpisahkan oleh apa dan siapapun. Karena sudah terbiasa bersama-sama, jika pada akhirnya harus berpisah pasti akan terasa begitu berat. Membayangkan tanpanya saja sudah sangat berat, apalagi benar-benar mengalami saat-saat berpisah dengannya (pasangan yang sangat dicintai), pasti akan terasa sangat berat dan mungkin akan sangat sulit untuk move on. Jika diijinkan mengajukan permintaan, sudah pasti yang akan diminta adalah restu, baik itu dari orang tua, keluarga maupun Tuhan, demi “hidup bahagia bersama seseorang yang tersayang”.

Segala cara telah ku coba
Pertahankan cinta kita
Selalu kutitipkan dalam doaku
Tapi ku tak mampu
Melawan restu

Usaha untuk mempertahankan hubungan memang pasti dilakukan. Seperti dengan menjelaskan kepada orang tua bahwa yang dicintainya adalah orang baik, tidak nakal, selalu perhatian dan tulus, atau dengan mengupayakan hal-hal lain yang sekiranya bisa meluluhkan hati orang tua agar mau memberikan restu. Tapi, kembali lagi, ada beberapa orang tua yang cukup keras kepala sehingga jika ia mengatakan tidak ya tetap tidak.

Memang cukup sulit untuk mendapat restu jika pasangan kita tak sesuai dengan kriteria mereka (orang tua kita). Hal ini terjadi karena mereka sebenarnya hanya menginginkan kita (sebagai anaknya) bahagia di masa depan, tidak menyesal karena salah pilih, dan kemungkinan-kemungkinan lain dengan landasan cinta kepada anaknya. Sebagai anak yang berbakti, pastinya akan lebih memilih mendengarkan orang tua walau sebenarnya dalam hati menangis air mata darah. Memperjuangkan cinta itu memang penting, namun restu orang tua itu jauh lebih penting, seperti yang kita ketahui bahwa restu Tuhan juga diantaranya terselip di restu orang tua.

Ooooo
Mengapa kita
Terlanjur mencinta

Ya, pada akhirnya menyesal akan melanda di dalam perasaan yang sudah terlanjur mencinta.

Dari lagu Melawan Restu milik wanita cantik yang bernama langkap Ni Luh Ketut Mahalini Ayu Raharja ini kita dapat mengambil pelajaran, bahwa sekeras apapun kita mencintai seseorang, restu dari orang tua tetaplah yang utama. Mau bagaimanapun juga, yang namanya orang tua tetaplah orang tua. Merekalah yang telah merawat dan membesarkan kita. Salah satu bentuk bakti dari seorang anak adalah dengan mendengarkan petuah dan saran darinya.

Apabila memang mencintai, alangkah lebih baiknya jika dibicarakan baik-baik, bukan malah asal bertindak dan nikah tanpa restu darinya. Jika salah satu restu Tuhan adalah melalui restu dari orang tua, jika sudah terlanjur membuatnya (orang tua) kecewa, lalu mau bagaimana? Jika sampai Tuhan turun tangan, apa yang bisa diperbuat? Daripada menyesal, lebih baik dipikirkan lagi secara matang-matang. Jika memintanya dengan sungguh-sungguh, dengan janji yang serius, dengan bukti yang kuat, tidak menutup kemungkinan akan bisa mendapatkan restu darinya juga. Jadi, bernegosiasilah dengan sehat, bukan malah bertindak sendiri tanpa memikirkan orang-orang yang menyayangimu sepenuh hati.

Demikian kajian makna dari lirik lagu Melawan Restu milik Mahalini Raharja. Apabila kamu tidak setuju dan memiliki tafsir yang berbeda, jangan ragu untuk mengungkapkannya di kolom komentar yak! Jika ingin mencurahkan kisah juga diperkenankan, mungkin saja mimin atau teman yang lain bisa memberikan soluisi untukmu. Terimakasih sudah berkunjung, sampai jumpa di analisis lirik lagu lainnya! :)