Makna Sebenarnya di Balik Lagu Teman Hidup - Tulus


Arti Lagu Tulus Teman Hidup - Lagu ini menceritakan tentang seseorang yang sangat mencintai pasangannya dan mengajaknya untuk masuk ke jenjang yang lebih serius, yaitu pernikahan. Teman hidup adalah sebuah istilah dari sebutan suami maupun istri, karena hanya dengannya(pasangan sah)lah yang nantinya akan bersama-sama di semua situasi dan kondisi, seperti halnya seorang teman yang selalu ada di setiap waktu.

Pada kesempatan kali ini anaksenja.com akan menemanimu mengulik makna di balik lirik lagu Teman Hidup dari Tulus. Pria yang bernama lengkap Muhammad Tulus Rusydi ini merupakan seorang pencipta lagu sekaligus penyayi yang lahir di Bukittinggi pada tanggal 20 Agustus 1987. Mimin sendiri pertama kali kenal Tulus dari salah satu lagunya yang berjudul Gajah. Dan ternyata, lagu-lagunya selain itu juga tak kalah bagusnya. Isi lagunya juga keren-keren pula!

Tanpa berlama-lama lagi, mari langsung saja kita mulai pembahasan makna lagu Teman Hidup dari bait pertama!

Analisis Lirik Lagu Tulus - Teman Hidup

Dia indah meretas gundah
Dia yang selama ini ku nanti
Membawa sejuk memanja rasa
Dia yang selalu ada untukku

Pada bagian awal lagu Teman Hidup dari Tulus ini berisi tentang sebuah perasaan kagum kepada seseorang yang mampu memberikan kenyamanan di dalam hidup. Ia mampu meretas, atau membedah perasaan gundah menjadi perasaan yang menyenangkan. Ia juga dapat memberikan kesejukan disetiap saat, dan pastinya menjadi seseorang yang selalu ada dalam suka maupun duka (seorang pasangan idaman).

Di dekatnya aku lebih tenang
Bersamanya jalan lebih terang

Saat bersama seseorang yang dicintai tersebut rasanya sangatlah nyaman. Dia (yang dicintai) mampu meredam emosi, menentramkan hati, menemani tat kala sepi, memberi tau mana yang baik dan mana yang buruk. Intinya Dia sangatlah spesial.

Bila di depan nanti
Banyak cobaan untuk kisah cinta kita
Jangan cepat menyerah
Kau punya aku ku punya kamu
Selamanya akan begitu

Sebenarnya setelah bagian dari sebelumnya adalah bagian reff, namun biar analisisnya runtut kita letakkan di bagian selanjutnya ya? Hehe. Pada bagian ini menyuratkan sebuah pesan bahwa jika kelak ada banyak masalah, sabarlah, jangan mudah putus asa sehingga muncul keputusan yang tidak dipikirkan matang-matang. Kemudian terucap kalimat pamungkas, "aku milikmu selamanya, dan kamu milikku selamanya."

Tetaplah bersamaku jadi teman hidupku
Berdua kita hadapi dunia
Kau milikku ku milikmu kita satukan tuju
Bersama arungi derasnya waktu

Pada bagian reff lagu Tulus berjudul Teman Hidup ini menceritakan tentang sebuah permohonan kepada seseorang yang tersayang agar tetap menjadi teman hidup (pasangan), dan menghadapi kerasnya dunia  hingga akhir hayat nanti dengan menyatukan harapan dan tujuan bersama-sama. So sweet...

Kau milikku ku milikmu
Kau jiwa yang selalu aku puja

Pada bagian akhir (penutup) lagu ini berisikan pernyataan bahwa dia (seseorang yang tersayang) adalah jiwa yang selalu dipuja. Kata dipuja di sini bukan berartikan disembah loh ya, namun berartikan dambaan. Jadi, Dia adalah seorang kekasih yang selalu di damba setiap waktu dan menjadi seseorang yang paling penting di dalam kehidupan seseorang tersebut.

Lagu ini memang berisi sebuah doa (harapan) dan pujian teruntuk kekasih. Lagu ini sangat cocok dinyanyikan ketika ingin mengungkapkan perasaan lewat sebuah lagu kepada seseorang yang dicinta agar dia mau menjadi pacar atau pasangan hidup. Selain itu, lagi ini juga sangat cocok dinyanyikan di acara pernikahan karena suasananya sangatlah pas. Mungkin kamu ingin menyumbangkan suara emasmu dimantenan mantanmu dengan lagu ini? (Eh)

Yap, demikian kajian makna lagu Tulus - Teman Hidup. Apabila kamu memiliki tafsir yang berbeda, jangan ragu untuk mengungkapkannya di kolom komentar ya? Mungkin saja pendapatmu jauh lebih tepat dan dapat bermanfaat bagi orang lain. Terimakasih! :)

0 Comments

Posting Komentar