Makna Sebenarnya di Balik Lagu Ego - Andmesh Kamaleng


Arti Lagu Andmesh Ego - Lagu ini menceritakan tentang perasaan lelah seseorang akibat kekasihnya terus-terusan egois dan tak mau mengerti akan dirinya. Lantas ia merasa capek dan ingin mengusaikan hubungan, karena berharap bisa mendapatkan kebahagiaan di lain tempat. Wajar saja, karena saat selalu berusaha mengerti namun tidak pernah dimengerti pasti akan menimbulkan perasaan sakit, kecewa dan asudahlah....

Pada kesempatan kali ini anaksenja.com akan menemanimu mengulik arti dan makna di balik lirik lagu Andmesh Kamaleng yang berjudul Ego. Lagu ini rilis di akhir tahun 2021 dan sudah mendapatkan jutaan pendengar di berbagai platform digital. Mungkin kamu sedang penasaran mengenai makna apa yang terkandung di dalam lirik lagu Ego milik Andmesh? Yuk langsung saja kita mulai pembahasannya dari bait pertama!

Analisis Lirik Lagu Ego dari Andmesh Kamaleng

Entah sampai kapan
Ku harus bertahan
Mencoba tuk selalu mengerti... dirimu...

Pada bagian awal lagu ini berisi tentang pertanyaan akan sebuah pertanyaan tentang “apakah akan selamanya keadaan tak nyaman ini kujalani?” Karena merasa bahwa selalu berusaha mengerti namun dirinya tak pernah mengerti sama sekali. Hal ini menunjukkan bahwa dia (si pasangan) memiliki sifat egois. 

Sedangkan hatiku
Telah lama mengeluh
Seakan memaksa tuk berhenti... denganmu...

Saat mengalami situasi di mana dia (sang kekasih) selalu bebas dengan dirinya karena selalu ingin dimengerti namun tak pernah mau mengerti, pasti lama-lama hati akan merasa lelah ketika selalu mengalah disetiap harinya. Otak pun dengan logikanya memaksa hati untuk berpikir, bahwa berhenti dengan dirinya itu sebuah keputusan yang terbaik, karena memang tidak merasakan bahagia sama sekali.

Selama hubungan ini
Kau yang selalu bahagia
Kau mencintai egomu lebih dariku

Kembali lagi diperjelas dengan pernyataan bahwa dia (sang kekasih) sangatlah egois, bahkan dia lebih mencintai keegoisannya daripada mencintai kekasihnya sendiri. Jika sudah merasakan seperti ini pasti hatinya sudah sangat lelah, dan ingin segera mengusaikan hubungan karena ia  juga berhak untuk bahagia. Jika Dia tidak memberikan kebahagiaan, mungkin Dia memang bukan pasangan yang baik, dan mungkin Tuhan juga sudah menyiapkan cinta sejati di lain tempat kan?

Biarkan kurasakan bahagia
Sama seperti dulu
Sebelum kita bertemu

Pada bagian reff lagu Ego dari Andmesh Kamaleng ini menceritakan tentang sebuah rasa penyesalan karena dipertemukan dengannya (kekasih), yang ternyata sangatlah egois (hanya memikirkan dirinya sendiri). Hal ini memunculkan pernyataan bahwa sebelum mengenalnya ternyata jauh lebih menyenangkan. 

Selama ini aku yang sakit sendiri
Bila kau terus paksakan hubungan ini
Jika aku bisa, sebenarnya itu terpaksa

Mengalah memang tindakan yang baik, agar dia (yang dikalahi) tetap terjaga perasaannya dan tidak menciptakan pertengkaran di dalam suatu hubungan. Namun jika selalu mengalah ya bukan hal baik, ada kalanya sabar itu mencapai titik kejenuhan karena otak memaksa untuk menuntut keadilan.

Saat merasa selalu tersiksa akan membuat diri bertanya-tanya, “apa selamanya aku akan seperti ini ya? Apa selamanya aku tak berhak bahagia? Apa selamanya hanya Dia yang berhak berbahagia?”. Dan, jika disuruh jujur pasti ada keinginan untuk ngomong, “aslinya aku juga ingin bahagia, karena selama ini sebenarnya aku terpaka dalam menjalani hubungan ini. Maaf, aku sudah lelah.”

Mungkin sangatlah disayangkan jika kehilangan seseorang yang mau mengerti. Maka dari itu, teruntuk kamu, jika kamu memiliki pasangan yang pengertian janganlah kamu manfaatkan pengertian itu dengan semaksimal mungkin hanya demi kebahagiaanmu sendiri. Pasti ada kalanya ia lelah. Dan saat hal itu benar-benar tiba, bisa saja kamu menjadi seseorang yang sangat merugi di dunia ini karena belum tentu kamu bisa mendapatkan pengganti yang lebih baik darinya. Jika ingin dibahagiakan, jangan malas untuk membahagiakan.

Demikianlah kajian makna di dalam lagu Ego milik Admesh Kamaleng. Apabila kamu memiliki tafsir yang berbeda, jangan ragu untuk mengungkapkannya di kolom komentar ya? Mungkin saja pendapatmu jauh lebih benar dan mampu bermanfaat untuk orang lain? Terimakasih, sampai jumpa di postingan menarik lainnya!

0 Comments

Posting Komentar