Gunakan fitur Bookmark untuk menyimpan bacaanmu di lain waktu Info!

Makna Sebenarnya di Balik Lagu Widodari - Denny Caknan feat. Guyon Waton dan Terjemahannya


Arti Lagu Denny Caknan Widodari - Lagu ini menceritakan tentang seorang lelaki yang sangat bahagia dan bersyukur karena telah dipertemukan dengan wanita yang sangat spesial. Kehadiran wanita tersebut dapat mengobati semua luka yang pernah ia dapat. Maka dari itu, lelaki tersebut sangat bersyukur dan suasana pada lagu Widodari ini sangatlah berbahagia.

Lagu Widodari ini sendiri sangat populer walau di dalam lirik lagunya di antaranya menggunakan bahasa daerah, yakni Bahasa Jawa. Mungkin sebagian dari kamu ada yang enggak ngerti arti dari setiap kata di bagian Bahasa Jawanya? Tenang saja, anaksenja.com sudah menyiapkan lirik beserta terjemahan lagu Widodarinya kok! Malahan ditambah dengan kajian maknanya.

Udah gak sabar ingin mengerti makna apa yang tersembunyi di balik lirik lagu Widodari? Yuk langsung saja kita mulai pembahasannya dari bait pertama!

Analisis Lirik Lagu Widodari dari Denny Caknan X Guyon Waton dengan Terjemahan Bahasa Indonesia


Tembangan sepele ku
(Nyanyian sederhanaku)
Tondo seneng marangmu
(Tanda cinta kepadamu)
Karna ku terpuruk sendiri dalam hampa
Dan kau datang merubah cerita

Lagu ini diceritakan sebagai sebuah nyanyian sederhana untuk mengungkapkan sebuah rasa cinta kepada sang kekasih. Lagu ini juga sebagai tanda syukur karena merasa pernah diselamatkan dari situasi kesepian atau kehampaan. 

Aku nemu widodari
(Aku menemukan bidadari)
Motomu kebak pelangi
(Matamu penuh pelangi)
Hadirmu dalam hidupku beriku warna
Dari kisah masa lalu yang pernah terluka

Merasa bahwa dia (seseorang yang merubah perasaan duka menjadi suka) adalah seseorang yang sangatlah spesial. Sampai-sampai menganggapnya seperti bidadari karena melihat pelangi di mata(kekasih)nya, yang berarti sebuah keindahan atau pencerahan yang sangat menakjubkan, karena dengan kehadirannya mampu menyembuhkan luka di dalam hati (dari mantannya mungkin?).

Pada bagian "motomu" di sini mungkin dalam konotasi orang jawa kurang pantas, karena dianggap kurang sopan (ucapan kasar). Namun, Denny Caknan sendiri menjelaskan bahwa ia tidak menggunakan kata yang lebih halus seperti mripat sampeyan, soca njenengan, dsb. karena ingin terlihat seumuran (akrab), jadi tidak ada jarak atau tingkatan yang membatasinya.


Ku pernah terjatuh
Ku pernah ditinggalkan
Pupus cerita tinggallah impian

Teringat kenangan lama, tentang sebuah kisah luka ketika terputuk akibat dikecewakan dan ditinggalkan oleh seseorang yang pernah dicinta (mantan kekasih). Semuanya terasa seperti tidak berarti, sampai ia (sang bidadari) datang dan merubah suasana menjadi penuh cinta. 

Maha sempurna Tuhan
Kirimkan kau untukku kekasih yang tulus
Dan kisah kelam ku kini hilang terhapus

Tempat berterimakasih terbaik adalah kepada Tuhan, karena Dialah yang mengatur cerita dan maha atas segala cinta. Merasa bersyukur bawha telah dipertemukan dengannya, yang saat ini berada di sisi, yang mampu menghapus luka lama dengan kebahagiaan baru.


Sayang, gondelono atiku
(Sayang, peganglah hatiku)
Yen takdire gandeng, yo bakale gandeng
(Jika takdirnya bersama pasti akan bersama)
Tuhan terima kasih hadirkan penjaga hatiku
Yang selalu setia menemaniku

Pada bagian reff lagu Widodari dari Caknan ft. Guyon Waton ini masih menceritakan tentang rasa syukur karena merasa telah dijodohkan dengannya (seseorang yang tercinta). Percaya jika jodoh pasti tak akan ke mana, mau ke mana saja jika jodohnya dia ya pasti pada akhirnya akan tetap bersamanya.

Lagu ini mengajarkan kita untuk berusnudzon (berprasangka baik) kepada siapapun. Tuhan, kekasih, bahkan kenangan pahit pun harus tetap disyukuri karena karma baik atau buruk pasti selalu ada. Jadi, jangan pernah berputus asa walau nyatanya rasanya sangat memilukan, percayalah, Tuhan selalu punya cerita indah di balik pahitnya sebuah kisah.

Demikian kajian makna lagu di balik lirik Lagu Denny Caknan feat. Guyon Waton - Widodari dari anaksenja.com. Apabila kamu memiliki pendapat atau tafsir yang berbeda mengenai lagu Widodari ini, jangan ragu untuk mengungkapkannya di kolom komentar ya? Siapa tau pendapatmu lebih benar dan dapat mencerahkan mimin maupun yang lainnya. Terimakasih! :)

Posting Komentar

Silakan berkomentar dengan sopan. Centang Beri Tahu Saya untuk mendapatkan notifikasi dari komentarmu. :)
Oops!
Sepertinya ada yang salah dengan koneksi internetmu. Harap sambungkan ke internet dan mulai menjelajah lagi.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.