Makna Sebenarnya di Balik Lagu Topeng - Noah (Peterpan)


Arti Lagu Noah Topeng - Lagu ini menceritakan tentang seseorang yang curiga terhadap pasangannya, sehingga meminta pasangannya tersebut untuk jujur mengatakan apa yang ia sembunyikan agar tidak ada lagi kebohongan di dalam hubungan mereka.

Lagu Topeng ini rilis pada tahun 2003 dalam album pertama mereka yang kala itu masih menggunakan nama Peterpan dengan tajuk Taman Langit. Mungkin kamu penasaran tentang lagu Topeng dari Noah (Peterpan) ini sebenarnya menceritakan tentang apa? Tenang saja, anaksenja.com akan menemanimu mengulik arti dan makna di balik lirik lagu Topeng dari Noah (Peterpan). Yuk langsung saja kita mulai pembahasannya dari bait pertama!

Analisis Lirik Lagu Topeng dari Noah


Kudapat melintas bumi
Kudapat merajai hari
Kudapat melukis langit
Kudapat buatmu berseri
Tapi kudapat melangkah pergi
Bila kau tipu aku disini
Kudapat melangkah pergi
Ku dapat itu

Pada bagian awal lagu Noah - Topeng ini menceritakan tentang seseorang yang mampu dalam segala hal, atau bisa di bilang sudah memiliki segalanya. Sepertihalnya memiliki harta, kreatif, pekerja keras, memiliki sifat baik, dan hal-hal baik lainnya.

Namun, selain dari keahliannya dalam berbagai hal ia juga bisa menjadi seseorang yang tak ramah, yakni bisa pergi meninggalakan seseorang yang ia sayangi (pasangan) jika ditipu atau dikhianati. Jadi, ia memperingati kepada pasangannya untuk berhati-hati jika ingin nakal karena apapun itu bisa terjadi, termasuk hal buruk, seperti perpisahan atau perceraian.

Tapi buka dulu topengmu
Buka dulu topengmu
Biar ku lihat warnamu
Kan kulihat warnamu

Pada bagian reff lagu Noah – Topeng ini menceritakan tetang seseorang yang meminta kepada pasangannya untuk jujur sejujur-jujurnya, tak ada lagi yang disembunyi-sembunyikan lagi. Mungkin semua ini terjadi karena si pasangan mencurigakan, seperti sering pergi tanpa pamit, sering menyangkal saat ditanyai sesuatu hal penting, dan berbagai hal mencurigakan lain. 

Topeng dalam KBBI memiliki beberapa arti, yang salah satunya adalah kepura-puraan untuk menutupi maksud sebenarnya (kedok). Sedangkan warna memiliki arti corak, atau bisa kita ambil persamaannya adalah motif. Jadi, ia (orang pertama dalam lagu ini) menginginkan pasangannya untuk membuka topeng (kedok) agar bisa melihat motif dari segala hal yang ditutup-tutupinya selama ini.


Kau dapat cerahkan aku
Kau dapat buatku berseri
Kau dapat buatku mati
Kau dapat hitamkan pelangi
Tapi kudapat melangkah pergi
Bila kau tipu aku disini
Kudapat melangkah pergi
Ku dapat itu

Sekarang kebalikannya bagian pertama, yang sebelumnya meninggikan diri sendiri sekarang berubah menjadi memuji diri lain atau pasangannya sendiri. Bahwasanya si pasangan juga memiliki banyak keterampilan, seperti bisa membuat hati senang, bisa memberi hiburan, bisa membahagiakan, dan banyak hal keren lainnya.

Tapi kembali mengingatkan, walaupun sehebat apapun itu, jika dia seorang penipu (mungkin berselingkuh) bisa saja akan ditinggal pergi. Tak ada artinya jika sepanjang waktu hanya memberikan kebahagiaan yang fana (palsu). Intinya, kembali mengingatkan kepada kekasihnya bahwa tak ada posisi aman untuk seorang pembohong.

Buka dulu topengmu
Buka dulu topengmu
Biar ku lihat warnamu
Kan kulihat warnamu

Dan kembali meminta kekasihnya untuk jujur. "Sebenarnya apa yang sedang kau sembunyikan di belakangku?” Karena untuk menciptakan hubungan yang baik harus dimulai dari “kejujuran”. Jika di dasari dengan ketidakjujuran, tandanya harus siap jika suatu saat nanti akan ada kehancuran. Perlu diingat bahwa tidak akan ada kebahagiaan yang di dalamnya terdapat kebohongan, penhianatan, maupun kemunafikan.


Amanat yang bisa kita ambil dari lagu Noah – Topeng ini adalah sebaiknya kita membiasakan diri untuk jujur, karena dengan jujur kita bisa memperoleh kebenaran yang berujung kebahagiaan. Memang terkadang jujur itu pahit, namun akan jauh lebih pahit jika yang ditunjukkan manis padahal sejatinya busuk.

Demikian kajian makna yang tersembunyi di balik lirik lagu Noah - Topeng dari anaksenja.com. Apabila kamu memiliki tafsir yang berbeda, jangan sungkan untuk menuliskannya di kolom komentar ya? Mungkin saja interpretasimu mengenai lagu Noah (Peterpan) yang berjudul Topeng jauh lebih benar, dan yang paling penting adalah dapat bermanfaat bagi yang lainnya. Sampai jumpa di kajian karya sastra selanjutnya!

0 Comments

Posting Komentar