Makna Sebenarnya di Balik Lagu Di Belakangku - Peterpan (Noah)


Arti Lagu Noah Di Belakangku - Lagu ini menceritakan tentang seseorang yang marah karena merasa dibohongi oleh kekasihnya, dan ia menjadi sangat marah hingga mengutuk kekasihnya tersebut. Selain itu, sempat beredar tentang adanya misteri di balik lagu Noah - Di Belakangku ini. Jika kamu mengetahuinya, beritahu mimin di kolom komentar anaksenja.com ini ya!

Lagu Di Belakangku milik Noah ini sebenarnya sudah rilis di tahun 2000-an oleh band Peterpan, yang waktu itu cukup booming. Tak hanya lagu ini saja, menurut mimin sih semua lagu di album Bintang Di Surga juga moncer semua. Terbukti saat dulu mimin main di pasar (deket rumah), banyak toko-toko yang membunyikan lagu Peterpen ini, satu album dan diulang-ulang terus tanpa henti. Tampaknya daya magis dari lagu Peterpan masih berasa sampai saat ini, tercatat sudah ada jutaan bahkan puluihan juta pendengar di beberapa platform digital band Noah ini.

Kembali ke topik awal, mungkin kamu penasaran tentang lagu Noah - Di Belakangku ini menceritakan tentang apa? Sebelum kita mulai pembahasannya, mari kita simak dulu lirik lagu lengkapnya!

Lirik Lagu Di Belakangku dari Noah (Peterpan)


Kau peluk aku
Sebelum membunuhku
Tersenyum melihatku
Merenung melihatmu

Kau menungguku
Menunggu kuterjatuh
Setiap langkah tertuju
Setia dalam renungku

Aku...
Menunggumu...
Menunggumu...
Menunggumu...

Mati...
Di depanku...
Di depanku...
Di depanku...
Ho...oo...

Kau peluk aku
Sebelum membunuhku
Tersenyum melihatku
Merenung melihatmu

Aku
Menunggumu
Menunggumu
Menunggumu

Mati
Di depanku
Di depanku
Di depanku
Oh...wa...

Apa yang kau lakukan di belakangku
Mengapa tak kau tunjukkan
Dihadapanku

Apa yang kau lakukan di belakangku
Di belakangku wo...oo...
Di belakangku wo...oo...
Di belakangku wo...oo...
Di belakangku wo...oo...

Aku...
Menunggumu...
Menunggumu...
Menunggumu...

Mati...
Di depanku...
Di depanku...
Di depanku...
Ho...oo...

Aa-aa-aa-aa
Aa-aa-aa-aa

Arti dan Makna Lirik Lagu Di Belakangku dari Noah (Peterpan)


Lagu ini sebenarnya hanya menggunakan beberapa kata saja yang diulang-ulang. Namun bukan berarti membosankan, karena di tiap bagiannya memiliki arti sendiri-sendiri. Salah satu hal yang membedakan makna dari setiap bagian walau berlirik sama adalah "nada", dari yang awalnya halus (lirih) menjadi semakin keras (berteriak). Bagaikan orang yang dari sabar menjadi kesal, dari yang berkata halus terlebih dahulu, namun karena tidak digagas lantas kehilangan kesabaran dan marah (dengan berteriak).

Selain itu, lagu ini juga memiliki lirik yang unik. Seperti di bagian awal lagu ini, yang berbunyi "kau peluk aku sebelum membunuhku". Pada kalimat itu menceritakan tentang keadaan seseorang yang menggunakan topeng, jadi dia tampak menyenangkan padahal sebenarnya menyembunyikan kebohongan. Gerak-gerik seorang pembohong itu terkadang tampak dengan sendirinya, membuat diri menjadi curiga, yang mewakili di bagian "merenung melihatmu".

Lantas keluar statemen "kau menungguku, menunggu kuterjatuh". Jika dia menyembunyikan kebohongan, misalnya "kekasih gelap" (selingkuhan), itu tandanya dia sedang menyimpan sebuah dosa yang nantinya dapat menyebabkan sebuah kehancuran yang menjatuhkan seorang korban, yaitu kekasihnya sendiri. Padahal sudah selalu mengupayakan untuk menjaga hati (setia), tapi kalau pasangannya memang kurang ajar ya yang namanya selingkuh bisa saja terjadi.


Dari semua yang telah terjadi, yang dirasakan seseorang pada umumnya adalah "kekecewaan". Biasanya, seseorang yang merasa kecewa akan mengucap kata pisuh (kata kasar) sebagai bentuk luapan dari emosinya. Ada juga yang mengutuk, seperti mendoakan agar dia (yang selingkuh) "aku menunggumu mati di depanku!".

Kemudian menanyakan, "apa sih sebenarnya yang kamu lakukan di belakangku? Kenapa tak kau lakukan di hadapanku saja biar semuanya jelas?". Yap, bagian ini merupakan sebuah pertanyaan klise tentang meminta kejujuran dari si pasangan. Tak perlu ada yang disembunyikan, toh yang namanya bangkai pasti lama-kelamaan baunya akan tercium juga? Tapi jika karakternya memang seorang "pembohong", ya mau bagaimanapun juga ia tetap akan menjadi pembohong, yang tanpa disadari menjadi seseorang yang paling kejam karena melukai seseorang yang mencintainya tanpa ia sadari.

Dari lagu Di Belakangmu ini kita bisa mengambil pelajaran bahwa jangan pernah sekali-kali main gila (bermain cinta) dan menyia-nyiakan seseorang yang mencintai kita. Tak ada yang tau tentang kapan dan dari mana datangnya karma, maka dari itu tetaplah berhati-hati dalam bersikap kepada siapapun, kapanpun dan dimanapun.

Demikian kajian makna yang tersembunyi di balik lirik lagu Noah - Di Belakangku. Apabila kamu memiliki tafsir yang berbeda, jangan ragu untuk mengungkapkannya di kolom komentar ya? Mungkin saja pendapatmu jauh lebih benar dan dapat bermanfaat bagi banyak orang! Terimakasih :)

0 Comments

Posting Komentar