Makna Sebenarnya di Balik Lagu Bagaimana Kalau Aku Tidak Baik Baik Saja - Judika


Arti Lagu Judika Bagaimana Kalau Aku Tidak Baik Baik Saja - Lagu ini menceritakan tentang kejujuran seseorang setelah mengalami fase "putus atau terus" (single Judika sebelumnya), yang membuatnya menjadi merasa serba salah dan takut tidak bisa hidup tanpanya (seseorang yang dicintai.

Lagu ini sebenarnya lanjutan dari lagu Judika sebelumnya, yang berjudul Putus atau Terus. Judika juga sempat bercerita bahwa lagu ini terinspirasi dari drama Korea yang berjudul CLOY (Crash Landing On You). Mungkin kamu pernah menonton filmnya? Kalau mimin sih belum pernah. Hihihi... 

Mungkin kamu penasaran tentang lagu Judika - Bagaimana Kalau Aku Tidak Baik Baik Saja ini sebenarnya menceritakan tentang apa? Tenang saja, karena anaksenja.com akan menemanimu mengulik makna di balik lirik lagunya. Tanpa berlama-lama lagi, mari langsung saja kita mulai pembahasannya dari bait pertama!

Analisis Lirik Lagu Bagaimana Kalau Aku Tidak Baik-baik Saja dari Judika


Andai aku bisa memutar waktu
Aku tak ingin mengenalmu
Mengapa ada pertemuan itu
Yang membuat aku mencintaimu

Penyesalan memang selalu ada di belakang. Setelah dikecewakan seseorang, pasti sebagian orang akan menyesal dan berharap jika dapat kembali ke masa lalu akan menjauhi dan tidak mau mengenalnya (mantan yang menyebalkan). Kalau tidak bertemu atau mengenalnya pasti tak akan mencintainya, dan pastinya tak akan dikecewakan olehnya.

Mungkin kini kau bersama yang lain
Walau hatimu untukku
Adakah kesempatan untuk cintaku
Bahagia walau kita berbeda

Saat melihatnya (mantan) bersama orang lain namun masih peduli, pasti akan menimbulkan presepsi bahwa "dia masih menyimpan cinta untukku". Tapi mau bagaimana lagi, jika dia sudah dengan yang lain ya pastinya ogah kalau harus juga mencintainya. Pertanyaan "apakah aku masih bisa bahagia lagi?" akan mengiang, dan jika masih menyimpan rasa untuknya pasti akan masih mengharapkannya untuk bisa bersama-sama seperti dulu lagi.

Mungkin kamu bukan untukku
Tapi kau selalu di hatiku
Oo-uu-oo
Bagaimana

Yap, ternyata memang benar, masih menyimpan rasa cinta untuknya (mantan). Walau dia sudah bersama dengan yang lain, jika pernah cinta secara sungguh-sungguh pastinya akan sulit untuk melupakannya dengn waktu yang singkat. Akan ada saatnya di mana hati belum mampu untuk beradaptasi dengan suasana baru akibat kehilangan pasangannya.


Bagaimana kalau aku tidak baik-baik saja
Terus mengingatmu
Memikirkanmu
Semua tentang dirimu

Pada bagian reff di lirik lagu Judika - Bagaimana Kalau Aku Tidak Baik Baik Saja ini menceritakan tentang seseorang yang bertanya atau sedang kepikiran tentang "bagaimana jika nanti aku tidak bahagia karena terus mengingatmu (mantan)?". Pertanyaan tersebut muncul akibat masih adanya sisa rasa dari hubungan yang sudah sirna. Hati masih belum bisa terbiasa sendirian, sehingga rasa khawatir akan muncul untuk menekan diri agar berduka dan kecewa. Memang, selain dapat membahagiakan cinta juga bisa membunuh diri sendiri (jika berlebihan).

Bagaimana kalau aku tidak baik-baik saja
Tak seperti kamu
Yang mampu tanpaku
Tak seperti kamu
Bagaimana? 

Lagu ini ditutup dengan pertanyaan "bagaimana?", karena merasa iri akibat dia (mantan) tampak baik-baik saja setelah fase perpisahan. Sedangkan diri masih saja sulit melupakan dan terus bergelut dengan pikiran, "aku takut, aku tak bisa bahagia jika tidak dengan dirinya".

Dari lagu Judika - Bagaimana Kalau Aku Tidak Baik Baik Saja ini, kita bisa mengambil hikmah bahwa sudah selayaknya senantiasa membiasakan berhati-hati saat hendak menggunakan hati. Jangan sampai menaruh hati ke tempat yang salah, karena bisa saja menciptakan luka yang bekasnya tak bisa hilang walau sudah terguyur waktu (yang lama). Memang sulit, karena cinta tak bisa ditebak, datang dan munculnya bisa kapan dan di mana saja. Namun, apakah salah jika ingin meningkatkan kewaspadaan ketika hendak mencintai seseorang? Tentu tidak dong, karena itu dapat mencegah penyakit yang nantinya bisa saja muncul dari seseorang yang paling dicintai.

Demikian kajian makna yang tersembunyi di balik lirik lagu Bagaimana Kalau Aku Tidak Baik Baik Saja milik Judika oleh anaksenja.com. Apabila kamu memili tafsir yang berbeda, jangan ragu untuk menuliskannya di kolom komentar ya? Mungkin saja pendapatmu bisa jauh lebih benar dan dapat bermanfaat untuk orang banyak. Terimakasih!

0 Comments

Posting Komentar