Makna Sebenarnya di Balik Lagu Putus atau Terus - Judika


Arti Lagu Judika Putus atau Terus - Lagu ini menceritakan tentang perasaan dilema antara ingin memperbaiki atau menyudahi hubungan karena merasa sudah tidak nyaman dan terasa aneh di setiap harinya. Bersama, namun terasa sendiri-sendiri. Seperti saling jaim, entah menyembunyikan masalah apa, intinya tercipta jarak di antara mereka.

Putus atau Terus? Sebenarnya judul dari lagu ini sudah mewakili lengkap tentang isi dari lagu Bang Judika yang sudah didengar puluhan juta kali di beberapa platfrom musik online. Mimin anaksenja.com pun sering mengulang-ulang lagunya karena memang enak didengar. Pada kesempatan kali ini kita akan memedah lirik lagu Putus atau Terus ini untuk mencari makna yang tersembunyi di baliknya.

Apakah mungkin kita akan mendapat pelajaran yang berarti setelah mengkaji lirik lagu Putus atau Terus? Ya pasti dong! Kita akan menemukan poin-poin penting dan mengartikan secara rinci agar dapat mencari solusi yang dapat bermanfaat untuk bekal kita nanti. Mari langsung saja kita mulai pembahasannya dari bait pertama!

Analisis Lirik Lagu Putus Atau Terus dari Judika

Aku sedang bertanya-tanya
Tentang perasaan kita
Benarkah kita saling mencinta
Atau hanya pernah saling cinta

Saat merasakan ada yang janggal di dalam hubungannya, seperti sebuah kecanggungan yang padahal biasanya penuh keakraban, atau seperti ketika merasakan ketidaknyamanan padahal biasanya selalu terasa nyaman, pasti akan muncul pertanyaan di benak pikiran. Mau dibawa ke mana hubungan yang sudah penuh rasa canggung dan tidak nyaman tersebut? Apakah masih saling mencinta? Ataukah sebenarnya rasa cinta tersebut sudah sirna dan tinggal kehampaan saja?

Bukankah kamu juga merasa
Dingin mulai menjalari percakapan kita
Pertanyaan kamu sedang apa
Terkesan hanya sebuah formalitas saja

Kualitas suatu hubungan biasanya dapat dirasakan ketika berkomunikasi. Apabila komunikasinya lancar bisa dibilang kualitas hubungan tersebut sangatlah baik, namun jika terdapat masalah, seperti merasa ada yang kurang, banyak yang disembunyikan, berbicara hanya yang penting-penting saja namun terlihat memaksakan (seperti mengucapkan selamat pagi namun tidak dibarengi dengan senyuman), dapat dipastikan kualitas hubungannya sedang tidak dalam kondisi baik. Sekakan-akan semuanya hanya formalitas saja ketika menanyakan “kamu sedang apa?” namun tidak diikuti dengan rasa penasaran yang serius, hanya bertanya sebagai basa-basi dan kemudian “yaudah” saja, terasa tidak asik.

Coba tanyakan lagi pada hatimu
Apakah sebaiknya kita putus atau terus
Kita sedang mempertahankan hubungan
Atau hanya sekedar menunda perpisahan

Pada bagian reff lagu putus atau terus ini merupakan inti dari lagu ini, yang maknanya sangat dalam dan sangat tegas, yakni ketika mempertanyakan sebuah hubungannya yang dirasa sudah nggak jelas dengan ketajaman kalimat yang sangat tepat. Keputusan untuk melanjutkan hubungan atau berhenti memang terkesan sangat riskan, karena hal tersebut merupakan titik penting di dalam suatu hubungan percintaan di mana kesatuan dipertaruhkan.

Apabila memang tak bisa dilanjut, ya mungkin perpisahan menjadi jalan yang tepat. Saat semua hal sudah dicoba dan endingnya hanya kembali ketitik yang sama ya buat apa? Pasti pilihan terbaik dalah dengan menconongkan ke arah perpisahan. Namun, terkadang memilih berpisah adalah pilihan yang sangat sulit apabila menggunakan alasan “hubungannya sudah berjalan lama” dan merasa sayang apabila mengakhiri hubungan yang sudah berjalan bertahun-tahun lamanya.

Jika merasa masih bisa dilanjutkan, ya harus benar-benar komitmen. Cari sumber masalah dan selesaikan segera. Jangan menunda-nunda untuk menyelesaikan masalah atau malah menjauhi masalah, karena tindakan tersebut hanya akan menimbulkan keretakan yang bisa saja suatu hati nanti menjadi sumber dari perpecahan di dalam suatu hubungan.

Bila kamu tanya, aku maunya apa
Aku mau kita terus bersama

Karena masih mencinta, ya ketika saat ditanya maunya apa pastinya akan menjawab “ingin terus bersama-sama”.

Ada beberapa masalah yang terkadang terasa sulit untuk diselesaikan. Namun, jika belum atau tidak mau mencobanya ya sampai kapanpun gak akan tau hasilnya bagaimana. Jika ingin memperbaiki atau mempertahankan hubungan ya seharusnya jangan terlalu meninggikan diri, karena tidak akan ada penyelesaian jika masing-masing darinya saling egois atau merasa paling benar sendiri.

Demikianlah bedah lirik lagu Putus atau Terus milik Judika. Apabila kamu memiliki tafsir atau pendapat yang berbeda mengenai makna dari lirik lagu Putus atau Terus ini, jangan ragu untuk menuliskannya di kolom komentar ya! Mari kita berdiskusi bersama-sama hingga menemukan makna sebenarnya yang tersembunyi di balik lirik lagu Judika - Putus atau Terus!

0 Comments

Posting Komentar