Gunakan fitur Bookmark untuk menyimpan bacaanmu di lain waktu Info!

Makna Sebenarnya di Balik Lagu Sahabat Dulu - Prinsa Mandagie | OST. Layangan Putus


Arti Lagu Prinsa Sahabat Dulu - Lagu ini menceritakan tentang seseorang yang tetap tegar ketika menghadapi seorang kekasih yang kurang ajar. Ia tetap berusaha memberikan yang terbaik walau tak ada timbal balik. Walau tersakiti, namun karena sudah terlanjur cinta ke dasar hati yang terdalam ya hanya bisa berusaha sebisanya.

Lagu Prinsa Mandagie - Sahabat Dulu ini rilis pada tanggal 1 Desember 2021 di kanal Youtube MD Music, yang hingga saat ini sudah mendapatkan jutaan viewers. Lagu ini menjadi viral atau hits karena munculnya serial Layangan Putus di WeTV, yang dibintangi oleh beberapa artis papan atas, seperti Reza Rahardian (sebagai Mas Aris), Putri Marino (sebagai Kinan), dan Anya Geraldine (sebagai pelakor).

Mungkin kamu sudah sangat penasaran dan segera ingin tau lagu Prinsa Mandagie yang berjudul Sahabat Dulu ini sebenarnya menceritakan tentang apa? Tak perlu gelisah, karena pada kesempatan kali ini anaksenja.com akan menemanimu mengulik makna di balik lirik lagunya. Tanpa berlama-lama lagi, mari kita mulai pembahasannya dari bait pertama!


Analisis Lirik Lagu Sahabat Dulu dari Prinsa Mandagie

Aku salah apa
Ku tak paham cinta
Bolehkah kau jelaskan dulu

Bagi sebagian orang, terkadang cinta memang membingungkan. Cinta memang mampu membuat seseorang menjadi tegar, kuat maupun merasa sempurna (hidupnya terasa lengkap). Namun cinta juga bisa membuat seseorang manjadi lemah, bodoh dan memunculkan perasaan “aku bodoh banget!”

Mengapa ku rasa
Kau jauh berbeda
Bukan seperti saat pertama

Seseorang memang dapat berubah-ubah, ada banyak faktor yang bisa merubah karakter serta tingkah laku seseorang. Kita kerucutkan menjadi seorang “kekasih”, yang mungkin seiring berjalannya waktu rasa cintanya menjadi berkurang dan bahkan malah hilang.

Salah satu faktor seorang kekasih bisa berubah adalah karena telah menemukan pujaan hati baru yang dirasa jauh lebih sempurna. Lantas ia pun fokus kepada yang dianggap sempurna walau dengan mengorbankan yang lama dengan segala cerita dan cinta yang pernah diperjuangkan bersama-sama.

Atau mungkin hanya menggunakan yang tampak sempurna itu sebagai selingan saja karena sedang memiliki masalah dengan yang lama? Apapun itu alasannya tetap tidak bisa dibenarkan, karena perselingkuhan adalah salah satu bentuk dari penghianatan.

Apa ada dia?
Hingga kau melupa
Akulah yang selalu setia

Lantas keluar tebakan, “apa karena ada orang ketiga sehingga kamu melupakan janji dan impian kita?” Sebuah tebakan seperti ini bisa muncul karena kasus perselingkuhan di lingkungan kita tidaklah sedikit.

Salah satu contohnya adalah di dalam film, yang sering menampilkan cerita serta adegan perselingkuhan sehingga terekam di ingatan bahwa “perselingkuhan itu ada di sekitar kita,”. Hal ini menyebabkan banyak orang berhati-hati dan bercuriga, ketika muncul tanda-tanda perselingkuhan, yang salah satunya adalah “perubahan sikap”.


Ku rindu seperti sedia kala kita
Berjalan penuh cinta
Kuingin cinta kita bahagia

Pada bagian tengah-tengah lagu Sahabat Dulu ini berisikan sebuah pernyataan, bahwa suasana di masa lalu terasa lebih indah jika dibandingkan dengan masa kini, yang penuh dengan pertikaian, kecurigaan, serta air mata karena sakit hati.

Kerinduan akan masa lalu ini sagatlah wajar bagi seseorang yang memang benar-benar mencintai. Kalau sudah tidak mencintai ya pasti akan bodo amat. “Masa lalu ya masa lalu, sudah terlewati dan tak akan kembali,”. Pemikiran seperti inilah yang sering membuat seseorang menjadi tidak bisa menghargai pasangan.

Bila salah beri maaf untuku
Jangan lantas pergi tinggalakan ku
Ku masih ingin cintamu

Pada bagian reff lagu Sahabat Dulu ini menceritakan tentang sebuah usaha untuk mempertahankan hubungan, yakni dengan cara meminta maaf walau tak tau apa kesalahannya. Lantas memohon kepada kekasihnya tersebut untuk jangan meninggalkannya, karena merasa masih mencintainya (kekasih) dan masih membutuhkan cinta darinya.

Ajari aku apapun kau mau
Asal jangan tentang bagaimana
Ku harus hidup tanpa kamu

Demi mempertahankan hubungan, ia rela melakukan apapun itu. Apapun yang dikatakan kekasihnya akan didengarkan dan dilakukan. Asalkan bukan keinginan untuk “berpisah”, karena itu adalah hal yang paling ditakutkan dan dianggap sebagai hal yang paling memberatkan.

Seperti pada bagian awal lagu ini, yang berisi tentang kebingungan mengenai definisi cinta. “Cinta itu apa?”. Tak seperti kata orang, yang mengatakan bahwa cinta itu indah, cinta itu membahagiakan, dan lain-lain. Karena kenyataannya berbeda, yang dirasakan adalah kesakitan, penderitaan, serta keputusasaan.

Tak akan kusakiti kamu

Cinta sejati memang mengerikan, karena yang dipikirkan hanya kebahagiaannya dia, hingga mengenyampingkan kebahagiaan dirinya sendiri. Walau disakiti seperti apapun tak akan membuatnya berpaling ataupun balas dendam. Hanya orang bodoh yang gampang tertipu godaan sosok baru hingga mengabaikan sosok sempurna yang benar-benar tulus mencintainya. 

Dari lagu Sahabat Dulu milik Prinsa Mandagie ini mengajarkan kepada kita bahwa cinta sejati itu ada. Seseorang yang benar-benar tulus itu ada, dan mungkin seseorang itu adalah pasanganmu yang sekarang ini sedang kamu cintai. Maka dari itu, jangan pernah menyia-nyiakan seseorang yang nyata-nyata masih ada disampingmu. Karena kamu belum tentu dapat yang lebih baik darinya perihal mencintai dirimu.

Dan buat kamu yang sedang melakukan perselingkuhan dan belum ketahuan, jangan merasa aman dan baik-baik saja. Alangkah baiknya sadar mulai sekarang dan berlajarlah memperbaiki diri dengan taubat yang sebenar-benarnya. Diselingkuhi itu gak enak loh, sumpah, rasanya gak enak banget. Makannya, kalau gak mau diselingkuhi ya jangan menyelingkuhi. 


Lirik Lagu Prinsa Mandagie - Sahabat Dulu

Aku salah apa
Ku tak paham cinta
Bolehkah kau jelaskan dulu

Mengapa ku rasa
Kau jauh berbeda
Bukan seperti saat pertama

[Reff]
Bila salah beri maaf untuku
Jangan lantas pergi tinggalakan ku
Ku masih ingin cintamu

Ajari aku apapun kau mau
Asal jangan tentang bagaimana
Ku harus hidup tanpa kamu

[Verse 2]
Apa ada dia?
Hingga kau melupa
Akulah yang selalu setia

[Reff]
Bila salah beri maaf untuku
Jangan lantas pergi tinggalakan ku
Ku masih ingin cintamu

Ajari aku apapun kau mau
Asal jangan tentang bagaimana
Ku harus hidup tanpa kamu

[Bridge]
Ku rindu seperti sedia kala kita
Berjalan penuh cinta
Kuingin cinta kita bahagia

[Reff]
Bila salah beri maaf untuku
Jangan lantas pergi tinggalakan ku
Ku masih ingin cintamu

Ajari aku apapun kau mau
Asal jangan tentang bagaimana
Ku harus hidup tanpa kamu

Tak akan kusakiti kamu


Vidio Klip Prinsa Mandagie -Sahabat Dulu : OST. Layangan Putus


Mungkin kamu tak setuju dengan apa yang anaksenja.com utarakan, karena mimin percaya pendapat serta pengetahuan setiap orang itu berbeda-beda. Maka dari itu, mimin persilakan kamu untuk megungkapkan pendapatmu di kolom komentar. Mungkin saja interpretasimu mengenai lagu Sahabat Dulu ini jauh lebih baik dan dapat bermanfaat bagi yang lainnya. Mari kita bahas bersama-sama hingga menemukan makna sebenar-benarnya yang tersembunyi di balik lirik lagu Prinsa Mandagie - Sahabat Dulu : OST. Layangan Putus!

Posting Komentar

Silakan berkomentar dengan sopan. Centang Beri Tahu Saya untuk mendapatkan notifikasi dari komentarmu. :)
Oops!
Sepertinya ada yang salah dengan koneksi internetmu. Harap sambungkan ke internet dan mulai menjelajah lagi.
AdBlock Detected!
Kamu menggunakan plugin "AdBlock" ya? Yuk matikan dulu fitur Ad-Blocknya dan masukkan anaksenja.com ke dalam whitelist plugin pemblokiran iklanmu!
⋯⋯⋯
Pendapatan yang kami peroleh dari iklan digunakan untuk mengelola situs web ini. Terimakasih sudah berkunjung. :)
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.