Makna Sebenarnya di Balik Lagu Hitamku - Andra and the BackBone


Arti Lagu Andra and the BackBone Hitamku - Lagu Hitamku ini menceritakan tentang seseorang yang menyesal karena telah menyia-nyiakan waktu di masa lalu hinga pada akhirnya menyebabkan seseorang yang paling istimewa menghilang (pergi). Penyesalan ini berujung harapan, "apa aku bisa kembali ke masa lalu dan memperbaiki semuanya?".

Lagu Hitamku dari Andra and the BackBone ini rilis pada tanggal 6 Juni 2012 di channel Youtube GP Records, yang hingga saat ini telah mendapatkan puluhan juta viewers. Hal ini membuktikan bahwa walaupun lagu Hitamku ini bisa kita kategorikan sebagai lagu lama, masih tetap eksis hingga saat ini.

Mungkin kamu penasaran tentang lagu Andra and the BackBone yang berjudul Hitamku ini sebenarnya menceritakan tentang apa? Tak perlu gelisah, karena pada kesempatan kali ini anaksenja.com akan menemanimu mengulik makna di balik lirik lagunya. Tanpa berlama-lama lagi, mari kita mulai pembahasannya dari bait pertama!

Analisis Lirik Lagu Hitamku dari Andra and the BackBone


Masih adakah separuh hatiku
Yang kuberikan hanya untukmu
Ku harap engkau masih menyimpannya
Jangan kau pernah melupakannya

Pada bagian awal lagu Andra and the BackBone - Hitamku ini berisi tentang sebuah pertanyaan kepada seseorang yang terkasih, bahwa “apakah kamu masih menyimpan cinta yang pernah ku berikan padamu?”. Dan berharap ia (seseorang yang dicintai) masih menyimpan dan tak pernah melupakan perasaan tersebut.

Pertanyaan seperti ini biasanya ditanyakan setelah melakukan kesalahan, untuk memastikan apakah kadar cintanya (dari seseorang yang dikecewakan) berkurang atau tidak. Semua orang pasti takut apabila dibenci setelah melakukan kesalahan, padahal sebenarnya itu memanglah resiko dari kelalaian maupun kecerobohan.

Masih adakah separuh janjiku
Yang kubisikkan hanya padamu
Kuharap engkau masih mengingatnya
Jangan kau pernah melupakannya

Lantas kembali bertanya, apakah masih mengingat semua janji (mimpi) yang pernah di udapkan kepadanya (seseorang yang dicintai). Jika masih, ia meminta untuk tetap menyimpan, karena semuanya akan kembali di usahakan lagi demi cita-cita yang pernah dipikirkan bersama-sama.

Janji terhebat dalam sebuah hubungan percintaan adalah sebuah pernikahan, di mana akan terucap janji sehidup semati dan saling melengkapi. Janji untuk hidup bersama selamanya seringkali diucap oleh beberapa orang. Selain untuk meningkatkan kepercayaan, juga bisa untuk menambah semangat untuk terus berjuang bersama-sama hingga saatnya tiba.

Tapi jika pernah berbuat salah (khilaf), seperti telah menghianati janji untuk setia, mimpi yang pernah dibangun bersama-sama akan meredup karena kemungkinan besar dia (pasangan yang dikecewakan)


Maafkan kata yang t'lah terucap
Akan kuhapus jika kumampu
Andai kudapat meyakinkanmu
Kuhapus hitamku

Pada bagian reff lagu Hitamku ini menceritakan tentang seseorang yang menyesal akibat kesalahan yang pernah ia lakukan terhadap pasangannya (kekasihnya). Lantas ia meminta maaf atas segala kesalahan yang pernah diperbuat dan ingin mendapatkan kepercayaan lagi untuk memperbaki segala kesalahan.

Hitam merupakan sebuah warna yang biasanya dikategorikan atau dikait-kaitkan dengan hal buruk. Seperti ilmu hitam, hitam lebam, atau pribahasa “hitam bagai pantat belanga” yang berarti sangat buruk (tentang tabiat seseorang), dan hal-hal lain.

Sedangkan dalam lagu ini difokuskan kepada hal-hal buruk yang dilakukan sewaktu menjalani sebuah hubungan percintaan, seperti berkata kasar, berselingkuh, berbuat nakal, ringan tangan, dsb. namun lebih condong ke “berkata-kata kasar” (entah galak atau sering misuh).

Andai ku dapat memutar waktu
Semuanya takkan terjadi

Ia berharap bisa mengulang waktu dan memperbaiki semua keburukan yang pernah dilakukan kepadanya (seseorang yang dicinta). Entah itu karena berkata-kata kasar, atau hal-hal buruk lain. Dan, jika ia tau bahwa yang dilakukan adalah hal buruk dan berdampak parah, pasti tak akan di lakukan karena tidak ingin menyesal.

Namanya juga khilaf, pasti tidak sadar ketika waktu lalu melakukan kesalahan. Namun jika menyesal karena pernah dengan sengaja melakukan hal buruk, itu namanya kurang ajar.

Kuhapus hitamku untukmu
(Simpan separuh hatiku)

Yap. Keinginan terbesar seseorang yang memiliki dosa adalah memperbaiki segala kesalahan (sifat hitam dari dalam diri), karena tidak ingin ditinggalkan dan berpisah oleh seseorang yang tercinta.


Kita bisa mengambil hikmah dari lagu Andra and the BackBone yang berjudul Hitamku, bahwa kita harus memanfaatkan segala waktu yang ada untuk memberikan yang terbaik untuk seseorang yang tersayang. Jangan sampai menyesal di kemudian hari karena ketidak seriusan kita di masa sekarang. Semoga apa yang diupayakan akan berbuah baik di masa depan dan tidak menciptakan sesal. Aamiin...

Demikian kajian makna yang tersembunyi di balik lirik lagu Andra and the BackBone - Hitamku dari anaksenja.com. Apabila kamu memiliki tafsir yang berbeda, jangan ragu untuk mengungkapkannya di kolom komentar ya? Mungkin saja pendapatmu mengenai lagu Hitamku jauh lebih tepat dan dapat bermanfaat bagi yang lainnya. Terimakasih :)

0 Comments

Posting Komentar