Makna Sebenarnya di Balik Lagu Sisa Rasa - Mahalini


Arti Lagu Mahalini Sisa Rasa - Lagu ini menceritakan tentang kenangan bahagia yang masih membekas kuat di dalam ingatan dan perasaan sehingga melahirkan luka batin yang cukup parah. Seperti yang kita ketahui, pasti sangatlah berat ketika merelakan seseorang yang paling dicintai untuk pergi meninggalkan diri yang masih dalam keadaan mencintai. Namun, kita harus sadar bahwa yang namanya pertemuan pasti ada perpisahan.

Pada kali ini anaksenja.com akan menemanimu mengulik makna dari lirik lagu Mahalini yang berjudul Sisa Rasa. “Sisa” memiliki arti sesuatu yang tertinggal dan “rasa” berarti kata pelengkap dari kata sebelumnya. Rasa yang tertinggal, ya, seperti judul lagu St 12 yang populer di tahun 2010-an. Namun kita tidak akan membandingkan kedua lagu tersebut karena fokus pada saat ini hanyalah lagu Sisa Rasa dari Mahalini.

Daripada banyak cing-cong, yuk langsung saja kita mulai pembedahan makna dari lirik lagu Mahalini Raharja yang berjudul Sisa Rasa!

Analisis Lirik Lagu Sisa Rasa dari Mahalini

Melihatmu bahagia, satu hal yang terindah
Anugerah cinta yang pernah kupunya
Kau buatku percaya, ketulusan cinta
Seakan kisah sempurna kan tiba

Cinta yang benar-benar cinta adalah ketika yang tujuannya hanya untuk kebaikan yang dicintainya, bukan kebaikannya sendiri, yang ketika merasa tidak mendapatkan apa-apa akan langsung meninggalkan dan mencari seseorang lain utuk dapat dimanfaatkan. Sepertihalnya ketika melihat seseorang yang dicintainya bahagia, jika itu memang tujuannya ya pastinya akan melakukan apa saja demi yang dicintainya itu bahagia. Seperti cinta orang tua kepada anaknya, yang akan banting tulang dengan giat demi kebahagiaan buah hatinya, walau terkadang tak banyak anak yang bisa mengerti perjuangan dan pengorbanan orang tuanya.

Namun lagu ini bukan menceritakan tentang cinta orang tua kepada anaknya, melainkan cinta seseorang kepada pasangannya yang sebenarnya sudah bukan kekasihnya lagi (mantan). Segala hal yang pernah dilakukan bersama bersama doi (kekasih) yang melahirkan rasa kebahagiaan pasti akan menempel erat di ingatan, sehingga saat tiba saatnya berpisah akan sangat terasa berat dan menyakitkan karena belum siap untuk merelakan semua kebiasaan dan kenangan indah.

Masih jelas teringat, pelukanmu yang hangat
Seakan semua tak mungkin menghilang
Kini hanya kenangan, yang telah kau tinggalkan
Tak tersisa lagi waktu bersama

Potongan kisah demi kisah muncul satu per satu yang menciptakan sebuah rasa sesak di dalam dada. Merasa tak percaya bahwa semua kenangan indah sudah berakhir begitu saja tanpa ada lanjutannya lagi. Namanya juga sudah berpisah, pastinya tak akan ada waktu untuk bersama-sama lagi seperti dulu saat masih menjadi kekasih.

Mengapa masih ada?
Sisa rasa di dada
Disaat kau pergi begitu saja
Mampukah ku bertahan?
Tanpa hadirmu sayang
Tuhan sampaikan rindu untuknya

Rasa sesak di dalam dada menandakan bahwa perasaannya sedang terluka. Merasa tidak terima dengan kenyataan yang dianggap terlalu memilukan dan menyakitkan. Rasa percaya diri juga sirna, tentang apakah bisa bertahan tanpa dirinya saat dirasa baru ditinggal sebentar saja rasanya sudah sesedih itu? Rasa sedih itu ada karena pada dasarnya rasa untuk mencintainya masih ada di dalam hati. Ia sadar bahwa ia tak bisa apa-apa karena keterbatasannya, sehingga mengadu kepada Tuhan untuk titip salam kepada mantannya tersebut, dengan harapan “mungkin bisa kembali berbahagia bersama lagi seperti dulu kala?”

Masih tersimpan
Setiap kеnangan
Semua cinta yang kau beri
Kau takkan terganti

Ya, karena sudah terlanjur mencintai sedalam-dalamnya pasti akan merasa berat hati ketika melepaskan seseorang yang sangat dicintainya. Setiap kenangan indah membekas tanpa bisa lepas. Dan merasa bahwa cinta yang diberikannya dulu akan selalu disimpan untuk dikenangnya. 

Lagu Sisa Rasa ini sebenarnya sangat cocok jika disandingkan dengan lagu Mahalini lainnya yang berjudul Melawan Restu. Makna dari lagu Melawan Restu seakan-akan menjadi landasan yang kuat untuk mendasari lagu Sisa Rasa ini. Seakan-akan lagu ini seperti lanjutannya, atau bisa disebut dengan part duanya Melawan Restu. Apa kamu setuju? Jika tidak, silakan tulis dikolom komentar yak tentang alasanmu! Mari kita kaji bersama-sama hingga menemukan makna yang sebenar-benarnya di balik lirik lagu Mahalini - Sisa Rasa ini!

0 Comments

Posting Komentar