Makna Sebenarnya di Balik Lagu Dan - Sheila On 7


Arti Lagu Sheila On 7 Dan... - Lagu Dan menceritakan tentang sebuah rasa bersalah dari seorang pria yang telah melakukan kesalahan sehingga membuat kekasihnya terluka. Lantas ia rela melakukan segala hal demi mengembalikan kebahagiaannya, salah satunya adalah dengan dilupakannya (berpisah). 

Pada kesempatan kali ini anaksenja.com akan menemanimu mengulik makna di balik lirik lagu Dan milik Sheila On 7, atau yang sering kita singkat dengan So7. Mungkin kamu sering penasaran dengan kalimat "kembali bersinar dan berpijar" yak? Santai saja, kita akan bahas bersama-sama secara detail dari bait pertama. Tanpa berlama-lama, yuk langsung saja kita mulai!

Analisis Lirik Lagu Dan dari Sheila On 7

Dan...
Dan bila esok datang kembali
Seperti sedia kala
Di mana kau bisa bercanda

Dalam KBBI, dan merupakan sebuah penghubung satuan bahasa yang setara. Namun pada lagu ini berbeda, "dan" di sini menjadi sebuah penghubung ketidaksetaraan. Tidak setara yang mimin maksud adalah antara harapan dan kenyataan, di mana harapannya dia (sang kekasih) dapat kembali ceria seperti dulu lagi walau kenyataan berkata tidak bisa karena mungkin sudah terlalu merasa kecewa.

Dan...
Perlahan kau pun lupakan aku
Mimpi burukmu
Di mana telah kutancapkan duri tajam
Kau pun menangis, menangis sedih
Maafkan aku

Merasa sadar diri setelah melakukan kesalahan, sehingga berpikir rasional bahwa sudah sepantasnya dirinya dibenci karena telah bertindak bodoh sampai bisa melukainya (sang kekasih) yang selalu mencintainya.

Dan...
Bukan maksudku, bukan inginku
Melukaimu
Sadarkah kau di sini ku pun terluka
Melupakanmu, menepikanmu
Maafkan aku

Walau mungkin sebenarnya bisa mendapatkan maaf, namun ia (yang melakukan kesalahan) merasa bahwa sesuatu yang sudah gagal akan tidak baik jika terus dilanjutkan. Maka dari itu, pilihan "berpisah" diambil karena hanya itu dirasa adil. Ia yang melakukan kesalahan juga terluka, dan yang dilukai akan menjadi lebih terluka lagi.

Sebenarnya mimin gak setuju dengan pemikiran yang seperti ini, karena mimin percaya bahwa semua masalah selalu ada jalan keluarnya. Begitu pula saat bertemu dengan seseorang yang mau memaafkan kita saat kita berbuat salah, kalau mimin mah pasti akan berusaha terus memperjuangkannya, bukan malah meninggalkannya. Belum tentu jika nanti dapat yang baru akan mendapat cinta yang lebuih besar darinya bukan? Tapi ya mau bagaimana lagi, karena lagu ini tidak lahir dari pemikiran mimin, lebih baik kita fokus mengkaji lagunya saja deh. Hehe

Lupakanlah saja diriku
Bila itu bisa membuatmu
Kembali bersinar dan berpijar
Seperti dulu kala
Caci-maki saja diriku
Bila itu bisa membuatmu
Kembali bersinar dan berpijar
Seperti dulu kala

Merendahkan diri serendah-rendahnya, semua ini dilakukan untuk menebus segala dosa, dengan menyilakan dia (sang kekasih) pergi, mencaci-maki, dan apapun semaunya, yang terpenting adalah dia bisa kembali ceria dan bahagia seperti dulu kala saat sebelum merasakan luka. Arti dari lirik kembali bersinar dan berpijar adalah sebuah pengibaratan tentang sebuah cahaya, yang mana jika terang berarti menggambarkan tentang sesuatu yang lebih baik, tak seperti saat cahaya itu redup, yang berarti tentang suatu keadaan yang sutam atau buruk.

Demikian pembedahan makna lirik lagu Dan.. dari SO 7. Apabila menurutmu ada yang salah dan kamu tau kebenarannya seperti apa, jangan ragu untuk mengungkapkannya di kolom komentar yak. Atau mungkin kamu memiliki tafsir yang berbeda? Mari kita diskusikan bersama-sama di bawah hingga kita menemukan makna tersembunyi yang sebenarnya di balik lirik lagu Sheila On 7 - Dan!

1 komentar


EmoticonEmoticon