Makna Sebenarnya di Balik Lagu Melawan Restu - Mahalini Raharja


Arti Lagu Mahalini Melawan Restu - Lagu ini menceritakan tentang seseorang yang kecewa akibat tidak mendapat restu dari orang tuanya untuk melanjutkan hubungannya ke jenjang yang lebih serius, yaitu ke jenjang pernikahan. Sudah melakukan usaha semaksimal mungkin, dengan berdiskusi maupun bernegosiasi dengan segala cara, namun tetap tidak mendapat restu karena alasan tertentu.

Lagu Melawan Restu ini cukup mendapat antusias yang tinggi di beberapa platfrom musik, seperti Youtube dan Spotify, terbukti dengan adanya berjuta-juta pendengar maupun viewers di rincian lagunya. Setelah mimin dengarkan, memang sangat menarik, karena selain alunan musik yang lembut, suara dari Mahalini Raharja juga terdengar sangat merdu.

Setelah menyimak lagunya dengan saksama, mimin merasa ada yang perlu dikaji secara serius, yakno di bagian lirik lagunya yang sepertinya menyimpan pesan yang sangat penting. Maka dari itu, anaksenja.com ingin menemukan keindahan lain selain dari visual dan audionya dengan cara mengkaji makna dari lirik lagunya. Penasaran? Mari kita bahas lengkap dari bait pertama!

Analisis Lirik Lagu Melawan Restu dari Mahalini

Indah semua cerita
Yang telah terlewati
Dalam satu cinta
Kita yang pernah bermimpi
Jalani semua
Hanya ada kita

Namanya juga cinta, pasti akan merasa sangat indah saat menjalaninya bersama seseorang yang mencintainya juga. Normalnya sepasang kekasih, pasti pernah membayangkan bahwa “dunia terasa milik berdua” saat jatuh di dalam perasaan cinta yang sangat dalam. Saling mencintai dan dicintai membuat diri terbuai indahnya cinta dan merasa tak ingin berpisah walau hanya sebentar saja.

Namun ternyata
Pada akhirnya
Tak mungkin bisa kupaksa
Restunya tak berpihak
Pada kita

Namun, terkadang kenyataan tak seindah impian. Sebagai manusia, pastinya kita hidup terikat dengan orang lain, salah satunya adalah orang tua. Setiap orang tua terkadang memiliki pemikiran yang berbeda, sudut pandang yang berbeda, dengan alasan yang kadang tak terpikirkan oleh anaknya. Pada hakekatnya, tak ada orang tua yang menginginkan hal buruk terjadi kepada buah hatinya. Maka dari itu, bisa saja orang tua tidak merestui hubungan anaknya karena memikirkan masa depannya yang tidak terpikirkan oleh anaknya karena dibutakan dengan cinta.

Memang benar, yang namanya masa depan tidak ada yang tau kecuali Tuhan. Namun, yang namanya orang tua pasti akan selalu memikirkan anaknya walau bagaimanapun keadaannya. Bagaimana tidak memikirkan, dari kecil sudah dirawat dan dididik dengan penuh kasih, pastinya saat ingin ngelepas anaknya untuk menikah akan berusaha ikut memilihkancalon yang tepat. Jika dirasa kurang tepat, pasti kadar restunya tidak akan maksimal. Jika dirasa tepat, sudah pasti akan disuport dengan restu yang full tank.

Mungkinkah aku meminta
Kisah kita selamanya
Tak terlintas dalam benakku
Bila hariku tanpamu

Jika benar-benar mencinta pasti akan merasa ingin selalu bersama tanpa terpisahkan oleh apa dan siapapun. Karena sudah terbiasa bersama-sama, jika pada akhirnya harus berpisah pasti akan terasa begitu berat. Membayangkan tanpanya saja sudah sangat berat, apalagi benar-benar mengalami saat-saat berpisah dengannya (pasangan yang sangat dicintai), pasti akan terasa sangat berat dan mungkin akan sangat sulit untuk move on. Jika diijinkan mengajukan permintaan, sudah pasti yang akan diminta adalah restu, baik itu dari orang tua, keluarga maupun Tuhan, demi “hidup bahagia bersama seseorang yang tersayang”.

Segala cara telah ku coba
Pertahankan cinta kita
Selalu kutitipkan dalam doaku
Tapi ku tak mampu
Melawan restu

Usaha untuk mempertahankan hubungan memang pasti dilakukan. Seperti dengan menjelaskan kepada orang tua bahwa yang dicintainya adalah orang baik, tidak nakal, selalu perhatian dan tulus, atau dengan mengupayakan hal-hal lain yang sekiranya bisa meluluhkan hati orang tua agar mau memberikan restu. Tapi, kembali lagi, ada beberapa orang tua yang cukup keras kepala sehingga jika ia mengatakan tidak ya tetap tidak.

Memang cukup sulit untuk mendapat restu jika pasangan kita tak sesuai dengan kriteria mereka (orang tua kita). Hal ini terjadi karena mereka sebenarnya hanya menginginkan kita (sebagai anaknya) bahagia di masa depan, tidak menyesal karena salah pilih, dan kemungkinan-kemungkinan lain dengan landasan cinta kepada anaknya. Sebagai anak yang berbakti, pastinya akan lebih memilih mendengarkan orang tua walau sebenarnya dalam hati menangis air mata darah. Memperjuangkan cinta itu memang penting, namun restu orang tua itu jauh lebih penting, seperti yang kita ketahui bahwa restu Tuhan juga diantaranya terselip di restu orang tua.

Ooooo
Mengapa kita
Terlanjur mencinta

Ya, pada akhirnya menyesal akan melanda di dalam perasaan yang sudah terlanjur mencinta.

Dari lagu Melawan Restu milik wanita cantik yang bernama langkap Ni Luh Ketut Mahalini Ayu Raharja ini kita dapat mengambil pelajaran, bahwa sekeras apapun kita mencintai seseorang, restu dari orang tua tetaplah yang utama. Mau bagaimanapun juga, yang namanya orang tua tetaplah orang tua. Merekalah yang telah merawat dan membesarkan kita. Salah satu bentuk bakti dari seorang anak adalah dengan mendengarkan petuah dan saran darinya.

Apabila memang mencintai, alangkah lebih baiknya jika dibicarakan baik-baik, bukan malah asal bertindak dan nikah tanpa restu darinya. Jika salah satu restu Tuhan adalah melalui restu dari orang tua, jika sudah terlanjur membuatnya (orang tua) kecewa, lalu mau bagaimana? Jika sampai Tuhan turun tangan, apa yang bisa diperbuat? Daripada menyesal, lebih baik dipikirkan lagi secara matang-matang. Jika memintanya dengan sungguh-sungguh, dengan janji yang serius, dengan bukti yang kuat, tidak menutup kemungkinan akan bisa mendapatkan restu darinya juga. Jadi, bernegosiasilah dengan sehat, bukan malah bertindak sendiri tanpa memikirkan orang-orang yang menyayangimu sepenuh hati.

Demikian kajian makna dari lirik lagu Melawan Restu milik Mahalini Raharja. Apabila kamu tidak setuju dan memiliki tafsir yang berbeda, jangan ragu untuk mengungkapkannya di kolom komentar yak! Jika ingin mencurahkan kisah juga diperkenankan, mungkin saja mimin atau teman yang lain bisa memberikan soluisi untukmu. Terimakasih sudah berkunjung, sampai jumpa di analisis lirik lagu lainnya! :)

0 Comments

Posting Komentar