Makna Sebenarnya di Balik Lagu Ada yang Hilang - Ipang


Arti Lagu Ipang Ada yang Hilang - Lagu ini menceritakan tentang rasa kehilangan yang teramat dalam karena terlalu mencintai seseorang, sehingga belum siap untuk menghadapi kenyataan dan kebiasaan baru tanpa adanya dirinya yang biasanya selalu ada.

Seperti biasanya, anaksenja.com akan kembali menemanimu mengulik makna lagu, untuk kali ini berasal dari salah satu cowok yang sangat cowok banget, yakni Ipang, dengan salah satu lagu andalannya yang berjudul Ada yang Hilang. Lagu ini sebenarnya bukan lagu baru, namun sampai sekarang masih terdengar enak dan jika dihayati bisa saja membuatmu menangis (saat teringat kenangan tentang mantan). Untuk lebih lengkapnya, mari langsung saja kita ulas dari bait pertama!

Analisis Lirik Lagu Ada yang Hilang dari Ipang

Aku hanya bisa terdiam melihat kau pergi
Dari sisiku
Dari Sampingku

Ketika hendak ditinggalkan oleh seseorang yang tersayang memang terasa sangat berat, karena harus merelakan segala kenangan dan impian indah yang telah dilalui bersama-sama. Terkadang untuk menahan agar ia tidak pergi juga sulit, karena merasa bahwa diri sendiri memiliki banyak kekurangan dan kesalahan sehingga menciptakan rasa ketidaknyamanan untuknya, hingga akhirnya ia pun mencari kenyamanan baru.

Tinggalkan aku seakan semuanya
Yang pernah terjadi
Tak lagi kau rasa

Saat galau berada di tingkat maksimal pasti akan merasaan parno, atau kepikiran yang aneh-aneh. Seperti halnya memikirkan bahwa dia (seseorang yang dicintai) seperti melupakan dan menganggap remeh semua kenangan yang pernah terjadi.

Masih adakah tentang aku di hatimu
Yang kau rasakan
Coba kau rasakan

Kemudian menanyakan, apa benar jika semuanya sudah dilupakan? Masa gak ada sih sebercak kenangan yang masih tersimpan sehingga meninggalkan suatu perasaan? Walau sebenarnya kita juga tahu, dia (yang akan pergi) sebenarnya masih menyimpan rasa namun jaim untuk mengakuinya karena sudah bosan disakiti terus-terusan. Terkadang kita tidak sadar bahwa tindakan atau kebiasaan kita yang kita anggap biasa saja bisa melukai perasaan seseorang, termasuk dia yang paling tersayang.

Mudahkah bagimu untuk hapuskan
Semua kenangan
Bersama denganku

Masih basa-basi menanyakan hal yang sebenarnya sudah diketahui jawabannya. Yah, namanya juga merayu agar dia gak jadi pergi, jadi wajar aja jika akan melakukan segala cara untuk mempertahankannya demi hubungan yang sudah dibangun sejak lama.

Tak pernah sedikitpun aku bayangkan
Betapa hebatnya cinta yang kau tanamkan
Hingga waktu beranjak pergi
Kau mampu hancurkan hatiku

Seperti kata Bang Haji Roma Irama, kalau sudah tiada baru terasa. Ya, saat seseorang yang tersayang pergi pasti rasa kepekaan kita akan muncul secara maksimal. Rasa cinta tiba-tiba membeludak sehingga menciptakan perasaan takut kehilangan. Hal ini menciptakan luka dan perasaan bahwa hatinya seakan-akan telah hancur berkeping-keping.

Ada yang hilang dari perasaanku
Yang terlanjur sudah kuberikan padamu
Ternyata aku tak berarti tanpamu

Saat semuanya benar-benar hilang, baik semua kenangan indah maupun dirinya yang memilih untuk merelakan semuanya, seorang diri yang benar-benar mencinta akan merasa bahwa dirinya tak berguna karena sudah kehilangan belahan jiwanya, yang biasanya menjadi penyemangat maupun pelengkap dari segala suasana. 

Berharap
Kau tetap di sini
Berharap
Dan berharap lagi

Dan, dikarenakan saking mencintainya, ya bisanya cuma berharap agar seseorang yang sangat dicintainya tersebut tetap tinggal dan mengurungkan niat untuk pergi. Makannya, jangan pernah sia-siakan seseorang yang sekarang masih ada di sampingmu, karena kita gak tau kapan perpisahan akan datang.

Demikian kajian makna dari lirik lagu Ipang - Ada yang Hilang. Apabila kamu memiliki tafsir yang berbeda, jangan ragu untuk menuliskannya di kolom komentar yak! Kamu juga bisa mengungkapkan pengalamanmu terkait dengan lagu ini. Mungkin saja nanti mimin atau parasenja bisa membantu masalahmu dan mendapatkan pengalaman yang berarti? Okey, sekian dan terimakasih!

0 Comments

Posting Komentar