Makna Sebenarnya di Balik Lagu Pesan Terakhir - Lyodra


Arti Lagu Lyodra Pesan Terakhir - Lagu ini menceritakan tentang seseorang yang jatuh cinta sendirian, mencintai tapi tidak dicintai, dan akhirnya berada disituasi harus berpisah demi kebahagiaannya. Melepas seseorang yang sangat di cinta memang bukanlah hal mudah, namun jika memang harus, ya mau bagaimana lagi?

Lyodra, si penyanyi cantik bernama lengkap Lyodra Margareta Ginting ini merupakan juara satu Indonesian Idol 2020. Lagu yang berjudul Pesan Terakhir ini merupakan salah satu lagu andalannya yang sudah mendapatkan juta-jutaan pendengar di berbagai situs ternama. Lagu dengan alunan lembut yang sangat menusuk ini mungkin membuat beberapa dari kita penasaran tentang makna apa yang tersembunyi di baliknya. Maka dari itu, anaksenja.com dengan senang hati akan menemanimu bersama-sama untuk mengulik makna dibalik lirik lagunya.

Analisis Lirik Lagu Pesan Terakhir dari Lyodra

Telah ku coba terus bertahan
Tentang cinta yang ku rasa
Ku mencinta kau tak cinta
Tak sanggup ku terus bertahan

Bertahan di posisi “cinta sendirian” itu tidaklah mudah, pasti berat. Apalagi jika tau bahwa yang dicintainya tidak mencintainya, pasti saat menjalani hari-harinya akan terasa begitu menyiksa. Selalu tulus tersenyum kepada seseorang yang sering memaksakan senyumannya bahkan tidak senyum balik kepada kita pun juga pasti sangat menyakitkan. Maka dari itu, terkadang jatuh cinta sendirian memiliki titik akhir berwujud “ketidakkuatan”, dan lebih memilih untuk merelakan karena merasa ia (yang dicintai) selalu ada di dalam situasi keterpaksaan mencinta. Atau mungkin memilih melepaskannya karena merasa tidak kuat akibat hatinya yang selalu merasa terluka setiap waktu.

Sadarku tak berhak untuk terus memaksamu
Memaksamu mencintaiku sepenuh hati
Aku kan berusaha untuk melupakanmu
Tapi terimalah permintaan terakhirku

Ya, memaksa seseorang untuk mencintai kita itu memang bukanlah pilihan yang tepat, karena kita sadar bahwa setiap orang berhak bahagia. Jika dia tidak bahagia bersama kita, ya tidak usah dipaksa, karena kebahagiaan itu lahir dari keikhlasan, bukan keterpaksaan. Namun, jika “terus berusaha” untuk memperjuangkan cinta juga bukan hal salah, hanya saja mungkin caranya yang harus diperbaiki.

Setiap orang pasti menginginkan kenangan yang indah, maka dari itu di dalam sebuah perpisahan pun ada kalanya dilakukan dengan cara yang indah. Seperti apa yang digambarkan di dalam bagian reff lagu Pesan Terakhir ini. Mari kita menuju ke bagian reff!

Genggam tanganku sayang
Dekat denganku peluk diriku
Berdiri tegak di depan aku
Cium keningku tuk yang terakhir

Sangat romantis bukan? Namun jika hal ini benar-benar terjadi dengan kondisi “jatuh cinta sendirian” pasti akan berlumuran air mata. Bagaimana tidak, melepas seseorang yang benar-benar dicintai itu bukanlah hal yang mudah loh. Pasti membutuhkan usaha yang sangat besar mengingat rasa cintanya juga sangatlah begitu besar.

Ku kan menghilang jauh darimu
Tak terlihat sehelai rambut pun
Tapi di mana nanti kau terluka
Cari aku, ku ada untukmu

Ya, memberitahu bahwa nantinya ia akan pergi jauh karena sudah tidak bersamanya. Namun, ia menitipkan pesan, apabila suatu saat nanti seseorang yang dicintainya itu terluka (kecewa, atau merasa putus asa perihal cintanya), kembalilah, karena mungkin ia masih setia menunggunya karena begitu mencintainya.

Gila sih, mungkin sebenarnya akan merasa sangat merugi jika kehilangan seseorang yang benar-benar tulus mencintainya, karena belum tentu akan menemukan cinta yang lebih besar dari itu di diri orang lain. Tapi ya mau bagaimana lagi, cinta gak bisa dipaksa?

Ku tak membencimu
Ku harap kau pun begitu
Tak ingin kau jauh
Tapi takdir menginginkan kita tuk berpisah

Dan, setelah melakukan segala bentuk usaha, akhirnya menyerah dengan keadaan. Tidak saling membenci memang menjadi pilihan yang tepat, karena memang seharusnya sebagai sesama manusia itu tidaklah saling membenci. Bisa saja untuk saat itu mereka merasa ada ketidak cocokan, namun jika memang jodoh, mungkin suatu saat nanti akan dipertemukan kembali dengan orang yang sama namun dengan situasi yang berbeda, yakni saling bisa menghargai dan mencintai.

Buat kamu yang merasakan hal yang sama, mungkin solusi terbaik saat menghadapi situasi seperti ini adalah dengan lebih mendekatkan diri kepadaNya. Memohon untuk diberikan rasa damai, dan jika memang dia bukan jodohnya, semoga dapat segera dipertemukan dengan seseorang yang jauh lebih baik.

Jika kamu memiliki cerita atau tafsir yang berbeda mengenai makna dari lagu Pesan Terakhir milik Lyodra ini, jangan ragu untuk menuliskannya di kolom komentar yak! Di sana mungkin kamu mendapatkan bantuan dari sahabat-sahabat yang baik dan kita bisa menemukan makna sebenarnya yang tersembunyi di balik lirik lagu Lyodra yang berjudul Pesan Terakhir ini. Terimakasih!

0 Comments

Posting Komentar