Makna Sebenarnya di Balik Lagu Kenangan Manis - Pamungkas


Arti Lagu Pamungkas Kenangan Manis - Lagu ini berisikan tentang suasana bahagia ketika menghadapi sebuah perpisahan, karena merasa bahwa semuanya adalah kenangan indah yang akan abadi, dan akan menjadi bumerang kebaikan di suatu saat sebagai alasan tuk bertemu kembali.

Seperti yang kita tau, Pamungkas adalah seorang cowok yang memiliki suara sangat merdu. Warna suaranya begitu indah dan mudah mengiang di pikiran kita. Terbukti, Ahmad Dani pun sampai mau mengadopsi lagunya bersama Dewa19nya. Walau sebenarnya tak hanya suara sih, tapi bait demi bait liriknya juga sangat ramah untuk bersemayam di benak kita. Namun, apa hanya audionya saja yang menarik? Tentu tidak, karena makna dari lirik lagunya juga asik untuk kita kulik.

Pada kesempatan kali ini anaksenja.com akan menemanimu mengkaji makna tersembunyi di balik lirik lagu Pamungkas yang berjudul Kenangan Manis. Sudah gak sabar? Mari langsung saja kita bahas dari bait pertama!

Analisis Lirik Lagu Kenangan Manis dari Pamungkas

Tawa yang terlepas tanpa ada makna
Cerita lama yang selalu dibawa
Diam-diam hati ini mengerti
Teringat dan jadi ciri
Tentangmu
Tentangmu

Terkadang memang tak butuh alasan untuk tertawa lepas. Seperti saat kita memiliki teman yang asik, dengan segala tingkah maupun omongan konyolnya yang mampu membuat tawa muncul di setiap saat. Menimbulkan rasa bahagia dan kenyamanan tersendiri. Dan saat rasa nyaman itu muncul, jika dibiarkan lama-lama bisa saja menjadi cinta. Tau sendiri kan, cinta itu membuat seseorang yang merasakannya menjadi mabuk, sehingga terbayang-bayang dan terus teringat tentang yang dicintainya itu.

Semua mimpi tinggi dan segala drama
Dijadikan canda, dikeluh bersama
Terkadang-kadang mata bicara
Seakan-akan semua rahasia
Oh, kebodohan antara kita
Jadi kenangan manis

Dengan menjadikan mimpi sebagai candaan, membuktikan bahwa tidak ada paksaan atau suasana tegang di sana. Banyak orang yang pada akhirnya malah jadi stres karena terlalu mematok mimpinya dan memaksa mimpi tersebut harus terwujud. Ia melakukan segala cara sehingga lupa bahwa dirinya juga memiliki batas. Dan saat mimpi tak terwujud, akhirnya hanya menyisakan depresi dan penyesalan.

Berbeda jika seseorang tak mematok mati mimpinya, mungkin jadi lebih slow dan lebih menikmati segala prosesnya. Saat mimpi terwujud, ya pasti bersyukur. Namun saat mimpi gagal, kemungkinannya tak akan sedepresi seperti seseorang yang mewajibkan mimpinya harus terwujud. Yah, mungkin kesimpulannya adalah saat semuanya tak 'diharuskan' maka beban akan berkurang, sehingga menciptakankan perasaan rileks dan kenyamanan. Bukankah perasaan nyaman itu juga salah satu sumber dari kebahagiaan?

Lalu, saat mengalami saling bertatap mata tanpa sengaja, pasti akan tertawa karena memendam rasa malu yang menyenangkan. Dan, hal-hal sepele seperti itulah yang menciptakan sebuah kenangan bahagia dapat abadi di dalam ingatan. 

'Tuk sementara sampai berjumpa
Bersama-sama bercanda lagi
Kenangan manis di hari ini
Jadi alasan untuk kembali

Dan, akhirnya dipertemukan dengan perpisahan. Entah berpisah karena ikut orang tua yang pindah rumah, entah karena menempuh pendidikan di luar negeri, entah karena menggapai mimpi di luar kota, atau entah apalah itu, pokoknya akhirnya berpisah dengan cara yang baik-baik saja, kemudian berkomitmen untuk bertemu kembali di masa depan. Bertemu untuk mengikat hubungan yang lebih serius, dan menjadi satu dalam ikatan cinta bersama janji suci untuk selamanya.

Oh-oh, oh-oh-oh
Oh-oh, oh-oh
Oh-oh, oh-oh-oh
Oh, oh-oh

Bahas gak nih? Gak usah kali ya? Cuma oh oh doang juga. Mimin yakin kamu juga tau apa fungsinya oh di bagian ini. Tepat sekali! Sebagai “OH” doang.

Menurut anaksenja.com, lagu ini juga cocok dinyanyikan di acara perpisahan, misalnya di acara perpisahan sekolah, karena maknanya juga masuk jika diselaraskan dengan suasananya. Seperti karena sudah bersama-sama selama bertahun-tahun, berteman dengan menjalani susah senang bersama-sama, dan akhirnya berpisah karena memang sudah waktunya untuk meneruskan ke jenjang selanjutnya. Jika menurutmu, maknanya lebih cocok ke arah mana nih? Tulis di kolom komentar yak!

Demikian kajian makna dari lirik lagu Pamungkas yang berjudul Kenangan Manis. Semoga dapat bermanfaat setelah kita bedah lirik lagunya. Marilah kita selalu menciptakan kenangan indah, di manapun, kapanpun dan dengan siapapun. Berbagilah cinta untuk sesama karena kita manusia, dan jagalah cinta agar tak menyakiti orang-orang yang mencintai kita. Semoga kita selalu dipertemukan dengan segala keindahan. :)

0 Comments

Posting Komentar