Makna Sebenarnya di Balik Lagu Ingkar - Tulus


Arti Lagu Tulus Ingkar - Lagu Ingkar ini menceritakan tentang seseorang yang sangat terpukul akibat perpisahan, kemudian masih terbayang-bayang (sosok si mantan) walau sudah dengan yang baru. Segala cara sudah dilakukan untuk melupakan dan mengobati rasa sakitnya, namun apa daya, karena sudah cinta mati ya mau mati-matian melupakan pasti akan kesusahan.

Yak, pada kesempatan kali ini anaksenja.com akan menemanimu mengulik makna lagu lagi. Materi pada kali ini mengarah kepada Bang Tulus, seorang solois yang selalu memukau dengan karya-karya dan suara merdunya. Tanpa panjang lebar, yuk kita mulai bahas dari bait pertama!

Analisis Lirik Lagu Ingkar dari Tulus

Seiya menyudahi
Sekata pisah tak sama lagi

Imbuhan se- dalam KBBI memiliki arti satu, yang berarti jika seiya memiliki arti satu iya atau persetujuan, suatu persetujuan untuk menyudahi sebuah hubungan. Dan berpisah sudah pasti tidak bersama-sama lagi.

Bersama dihadapi
Engkau pun seperti
Tak enggan mengakhiri

Sewaktu bersama (ketika masih dalam satu ikatan cinta) merasakan bahwa dia (yang dicintai) seperti tak enggan mengakhiri. Enggan berarti tidak mau, jika tak enggan berarti memiliki arti mau. Jadi, dia (yang dicintai) terasa ingin mengakhiri hubungan ketika masih bersama-sama.

Ku dengan bunga baru
Jiwa sepimu diobatinya

Kemudian perpisahan terjadi, dan aku (tokoh utama dalam lagu ini) sudah menemukan pasangan baru, yang digambarkan dengan bunga, yang memiliki sifat cantic, seperti seorang wanita. Pasangan barunya itu mampu mengobati suasana sepi (sendiri) seusai ditinggalkannya (mantan kekasih).

Terus mencari celah
Berdua bicara topik mengada-ada

Walau begitu, rasanya tetap berbeda. Cinta tak akan hilang begitu saja, pasti akan tersisa, dan sisa dari cinta itu pasti akan mengganjal pikiran, merayu diri agar berkeinginan untuk kembali ke masa lalu, masa-masa bersama yang pernah di lalui dengan sangat bahagia. Jadinya, ketika bertemu dengan yang baru rasa canggung atau malas datang karena masih mengharapkan yang lalu (mantan kekasih) kembali lagi.

Ingkarkah kita?

Mungkin pernah berjanji “kita akan selamanya”? Biasanya sih mayoritas pasangan akan mengucapkan janji tersebut ketika di awal-awal pertemuannya. Apa kamu juga salah satunya? Kalau mimin sih iya. Hihihi

Aku coba dengan yang baru
Kukira hilang bayangmu
Namun tiap dengan yang baru
Rasanya seperti ku berbohong dan curangimu

Dikarenakan janji “selalu bersama”, “tak akan berpaling”, “bersama-sama selamanya”, dan lain sebagainya masih terngiang dan sudah kokoh di ingatan, ketika bersama dengan seseorang yang baru rasanya seperti sedang menghianatinya (si mantan kekasih). Pikiran inilah yang membuat kecanggungan.

Detik-detik terus menitik
Garis rindu menuju kamu
Jam demi jam terus menggeram
Rona rindumu pun kepadaku

Seiring berjalannya waktu, karena masih memiliki perasaan cinta ya pastinya yang selalu ada dipikirannya hanyalah dia (mantan kekasih). Dan karena saking cintanya, sampai-sampai dia (tokoh utama di dalam lagu ini) berhayal atau menebak bahwa sang mantan juga sedang merasakan hal yang sama, yakni merindukannya.

Mungkin kita butuhkan waktu
Atau berdua
Mengingkari hati
Detik-detik terus menitik
Kisah kita tidak bertitik

Berharap waktu bisa menemukan mereka kembali, dengan segala pemikiran baru dan pemaafan yang dapat menyatukan mereka lagi. Tapi waktu menyadarkan, bahwa sepertinya semua itu hanya sia-sia, dan tidak bertitik atau tidak ada kepastiannya.

Nyesek gak? Bang Tulus emang mahir merangkai kata sih, maka dari itu bisa membaperkan para khalayak umum yang benar-benar menyimak karya-karya hebatnya. Mungkin jika kamu sedang mengalami masalah yang sama, ketika mendengar lagu ini di kamar sepi sendirian akan meneteskan air mata. Terlintas bayang-bayangnya yang sedang tersenyum manis dan... ah... sudahlah...

Demikian kajian makna dari lirik lagu Tulus yang berjudul Ingkar. Apabila kamu memiliki cerita yang berkaitan atau sudut pandang lain mengenai arti dari lagu ini, jangan sungkan untuk mengungkapkannya di dalam komentar! Mari kita bersedih ria dan menemukan makna yang sebenar-benarnya di balik lirik lagu Ingkar milik Tulus ini.

0 Comments

Posting Komentar