Makna Sebenarnya di Balik Lagu Garis Terdepan - Fiersa Besari


Arti Lagu Fiersa Besari Garis Terdepan - Secara garis besar, lagu ini menceritakan tentang perjuangan cinta seseorang dengan metode ikhlas. Ia selalu berusaha memberikan yang terbaik demi kebaikan seseorang yang dicintainya, dengan tulus, tanpa mengharap imbalan walau sebenarna selalu berharap karena sangat begitu mencinta.

Lagu ini berada di album Konspirasi Alam Semesta yang rilis pada di tahun 2015-an, yang juga merupakan salah satu lagu yang paling sering didengar di kanal Spotify Fiersa Besari. Lagu ini dibawakannya dengan alunan musik santai yang khas, namun memiliki makna tersirat yang sangat menakjubkan. Maka dari itu, anaksenja.com sangat tertarik untuk mengungkap makna di balik lagu Fiersa Besari yang berjudul Garis terdepan ini.

Fiersa Besari cukup terkenal dengan manusia yang kaya akan pembendaharaan kata. Maka dari itu, mungkin pembahasan makna lagu dari karya-karyanya akan memburuhkan waktu yang lebih lama daripada lagu pada umumnya, karena banyak kosakata tak umum yang perlu dibahas satu persatu agar makna dapat terungkap dengan jelas. Mari kita mulai pembahasannya mulai dari bait pertama!

Analisis Lirik Lagu Garis Terdepan dari Fiersa Besari

Bilur makin terhampar dalam rangkuman asa
Kalimat hilang makna logika tak berdaya

Bilur dalam KBBI berarti luka panjang pada kulit, seperti bekas kena cambuk atau pukulan. Namun, pada lagu ini bilurnya bukanlah makna asli, melainkan hanya perumpamaan untuk menggambarkan luka pada perasaan. Ketika harapan yang diimpi-impikan sirna, pasti semuanya akan terasa seperti tak ada artinya, tak masuk akal, membuat malas untuk ngapa-ngapain. Siapapun akan kesulitan untuk menyemangati, termasuk diri sendiri. 

Di tepian nestapa hasrat terbungkam sunyi
Entah aku pengecut entah kau tidak peka

Nestapa dalam KBBI memiliki arti sedih sekali atau bersusah hati. Jadi, di tepi kesusahan hati ada keinginan yang terpenjara, atau tidak bisa di realisasikan. Entah karena kurang berusaha ataupun tidak sadar kalau sebenarnya memang hal itu tidak akan bisa terjadi. Seperti cinta, yang selalu terikat bersama takdir, yang bisa diusahakan tapi tak selalu menjamin berakhir sesuai dengan keinginan.

Kau membuatku yakin malaikat tak selalu bersayap
Biar saja menanti tanpa batas tanpa balas

Banyak orang yang merasa bahwa orang yang dicintainya itu seperti malaikat yang tak bersayap, karena merasa bahwa ada seseorang yang telah menyelamatkannya dari kesepian atau dari luka yang disebabkan oleh orang lain yang tak bertanggung jawab. Lantas, cinta juga hakikatnya terikat dengan ketulusan atau keikhlasan. Jika sudah ikhlas pasti akan terus mencintai tanpa mengharap dicintai (balasan).

Tetap menjelma cahaya di angkasa
Yang sulit tertampik dan sukar tergapai

Membiarkan yang dicintainya menjadi sosok indah di angkasa, seperti bintang yang bercahaya terang, agar dapat di lihat setiap saat walau tak bisa digapai karena terlalu tinggi dan jauh.

Kumendambakanmu mendambakanku

Walaupun sudah ikhlas, jika digali sedalam-dalamnya pasti ada juga perasaan ingin memilikinya, menjadikan yang dicintainya sebagai pasangan dan teman hidup selama-lamanya.

Bila kau butuh telinga tuk mendengar
Bahu tuk bersandar raga tuk berlindung
Akulah orang yang selalu ada untukmu
Meski hanya sebatas teman
Yakin kau temukanku di garis terdepan
Bertepuk dengan sebelah tangan

Pada bagian reff ini merupakan bagian inti. Seperti pada judulnya, Garis Terdepan, yang berarti akan ada di barisan pertama untuk selalu ada untuknya (yang dicintai). Apapun yang dibutuhkan olehnya, pasti akan selalu diusahakan demi melengkapi segala kebutuhannya. Butuh teman curhat? Bisa. Butuh tumpangan nyender saat sedih? Lebih bisa pastinya. Intinya, dia (tokoh utama pada lagu ini) akan selalu berusaha menjadi pelengkap dan sosok yang sealu bisa diandalkan. Demi dia, yang tak mencinta walau selalu dicinta.

Menarik sekali bukan? Lagu yang didengarkan enak, dikaji maknanya juga lebih enak. Membuat kita belajar untuk bisa menghargai seseorang dan memperjuangkan seseorang yang mencintai atau kita cintai. Jika kamu memiliki tafsir lain dari lagu Garis Terdepan ini, jangan sungkan untuk mengungkapkannya di kolom komentar ya! Mari kita ungkap makna sebenarnya di balik lagu Fiersa Besari yang berjudul Garis Terdepan!

0 Comments

Posting Komentar