Makna Sebenarnya di Balik Lagu Miniatur - Suara Kayu


Arti Lagu Suara Kayu Miniatur - Jika kita ingin mengambil arti, maka secara garis besar lagu Miniatur dari Suara Kayu ini menceritakan tentang seorang cewek yang insecure atau minder tentang sesuatu yang berasal dari luar dirinya. Seperti tinggi badan, tubuh langsing, dan hal-hal lain yang dimiliki orang lain.

Dalam KBBI, miniatur memiliki arti tiruan sesuatu dalam skala yang diperkecil. Jika di ucapkan kepada manusia, berarti kata miniatur ini ditujukan untuk sebuah olokan, yakni menghina orang lain yang memiiki tubuh lebih kecil dari pada kebanyakan orang. Untuk lebih jelasnya, mendingan kita langsung saja bahas yuk, mulai dari bait pertama!

Analisis Lirik Lagu Miniatur dari Suara Kayu

Suka minder liat dia yang tinggi
Kaki jenjang, badan langsing, nggak kayak aku
Yang kecil, kakinya pendek

Pada bait pertama ini berisikan rasa insecure, yang iri kepada orang yang badannya lebih tinggi. Tak hanya tinggi, namun semua hal fisik yang dimiliki oleh orang lain. Banyak orang yang iri dengan apa yang dimiliki oleh orang lain, padahal aslinya semua sudah disesuaikan Tuhan lewat takdirnya masing-masing.

Makan dikit takut aku jadi bantet
Kamu maunya aku makan biar gendut
Kata kamu aku terunyu

Hal biasa yang sering ditakutkan cewek, takut gedut. Maka dari itu, banyak cewek yang selalu menjaga pola makannya demi kecantikan tubuh yang ia dambakan. Namun, cowoknya malah ingin ceweknya tak usah memikirkan perihal makan. Katanya, “kamu lucu kok seperti itu”. Ini tandanya, si cowok sebenarnya sudah bisa menerima apa adanya dari keadaan si cewek. Tapi, si  cewek masih saja keras kepala, merasa bahwa gendut itu tidak cantik, dan ingin terus menjaga penampilannya agar bisa selalu cantik setiap saat (menurutnya).

Biar 'ku pendek tapi nyaman dipeluk
Langkahku kecil mau digandeng terus
Biar 'ku pendek tapi paling sayang kamu
Walau mirip miniatur tapi cintaku tak terukur

Pada bagian reff ini berisi tentang pernyataan seorang cewek kepada cowoknya, yang intinya mengatakan bahwa, “bagaimanapun bentuk dan keadaanku, aku adalah yang ternyaman dan terbaik untukmu”. Ingin menyadarkan kepada cowoknya bahwa dia itu yang terbaik, dengan harap tak ditinggalkan dan tak tergantikan.

Kata orang badan kecil, tangan mungil
Miniatur

Walaupun begitu, setiap orang memiliki hak berpendapat masing-masing. Bagi mereka yang tak bisa mengontrol mulutnya, pasti akan mudah berkomentar tentang fisik seseorang yang dianggapnya kurang atau tidak normal. Mereka akan menghina atau mencaci demi kepuasan hati busuknya sendiri. Seperti halnya mengatai seseorang yang memilki postur tubuh kecil dengan sebutan miniatur, seperti mainan anak-anak yang berukuran kecil.

Sikap terbaik ketika bertemu dengan seseorang yang sukanya mengusik hidup orang lain sih dengan bersikap ‘bodoamat’. Dengan membiarkan seseorang bertingkah sesukanya, maka lama kelamaan pasti dia akan capek sendiri dan akhirnya akan berhenti melakukan hal bodoh tersebut.

Dan, semoga pasanganmu selalu bisa menerima kekuranganmu yak! Bagaimanapun juga, seharusnya kita sadar bahwa Tuhan itu maha mengetahui, tentang apa yang terbaik dam tepat unruk ciptaannya. Kitalah yang seharusnya menemukan arti dari maksud Tuhan yang disembunyikan di dalam setiap hal yang menurut kita adalah sebuah kekurangan. Jangan menyalahkan siapapun, salahkanlah dirimu sendiri yang kurang mengeksplor bakat terpendam yang sudah disipakan Tuhan untukmu.

Demikian kajian makna dari lagu Miniatur milik Suara Kayu oleh anaksenja.com. Lagu yang sangat enak di dengar ini memiliki makna yang mungkin sudah bisa kamu tebak dengan sangat mudah. Walau sebenarnya ada hal unik yang disisipkan oleh pencipta lagunya, yakni tentang pentingnya menanamkan rasa percaya diri. Jika kamu punya pendapat lain tentang arti dari lagu ini, jangan sungkan untuk menuliskannya di dalam kolom komentar ya!

0 Comments

Posting Komentar