Makna di Balik Lagu Kanyaah - Nadin Amizah


Arti Lagu Nadin Amizah Kanyaah - Apa itu Kanyah? Kanyah adalah salah satu kata dari bahasa Sunda yang memiliki arti "mengungkapkan cinta". Lagu ini Nadin tujukkan kepada ibunya, yang selalu menemaninya di kala suka maupun duka.

Lagu Kanyaah ini merupakan salah satu judul lagu yang masuk di dalam album bertamanya, yang bertajuk 'Selamat Ulang Tahun'. Dan pada kesempatan kali ini, Anaksenja akan mengajakmu mengulik makna atau arti lagu Kanyaah dari Nadin Amizah ini secara lengkap di setiap penggalan liriknya. Tanpa berlama-lama, mari langsung saja kita mulai pengkajiannya!

" Makna Lirik Lagu Nadin Amizah - Kanyaah "

Bunga merah
Menjemput yang lelah
Dibuainya basah

Bunga memiliki keistimewaan sendiri di dalam keindahannya, yakni mampu merefleksi diri yang dilanda lelah akibat kerasnya dunia. Namun, bunga di sini hanyalah sebuah metafora. Kita bisa mengartikannya bahwa bunga itu adalah sosok dari ibu, yang selalu datang kapan saja saat kita (selaku anak) membutuhkannya.

Seperti lembut yang mengizinkanku lebih kuat dan tak lemah
Seperti lembut yang memperbolehkanku lebih lemah dan tak gagah

Seorang ibu yang benar mengerti anaknya, ia akan membebaskan anaknya mau menjadi apa. Mengingat bahwa bakat dan kemampuan setiap orang (anak) berbeda-beda. Sejatinya ibu (orang tua), tak pernah memaksa anaknya menjadi apa yang ia inginkan, melainkan menyuport anaknya menjadi apa yang anaknya mau.

Bunga merah memanggil yang lelah dibuatnya rekah

Kembali lagi ibu (diibaratkan bunga) hadir untuk anaknya. Saat anaknya terpuruk atau gagal, digambarkan pada frasa 'yang lelah', untuk didibuatnya bangkit kembali (rekah). Seperti bunga merekah yang tampak begitu indah, menggugah gairah untuk tersenyum karena keindahannya.

Seperti peluk yang mengizinkanku lebih luas dan tak gundah
Seperti peluk yang memperbolehkanku lebih gundah dan tak luas
Luas ...

Seperti pelukan Ibu, yang hangatnya bisa menentramkan hati dan segala pikiran buruk tentang kejamnya duniawi. Ketika pikiran tentram, maka hal-hal atau ide positif pasti secara perlahan akan bermunculan untuk memperbaiki segala masalah yang pernah terjadi. Kembali lagi, ia membebaskan buah hatinya untuk menentukan berbagai cara dalam menghadapi masalahnya. Ia tau, setiap anak (orang) punya cara sendiri-sendiri untuk menyelesaikan masalahnya.

Seperti doa yang menjagaku dari rusak dan tak cukup

Walaupun sering membebaskan pilihan buah hatinya, namun ia (ibu) sesungguhnya tak pernah berhenti berdoa untuk kebaikan anaknya. Nama buah hatinya pasti selalu ia sisipkan disetiap doa yang juga menjadi napasnya, agar selalu dilindungi dan diberikan petunjuk supaya keselamatan selalu menyertainya (anaknya).

Begitu besar cinta ibu. Entah apapun itu, pasti akan ia perjuangkan demi kebahagiaan dan kenyamanan hidup anaknya. Walau terkadang kita sebagai anak sering menyalah artikan segala keputusannya, ketahuilah, tak ada niatan buruk sedikitpun karena pilihannya selalu dipertimbangkan sedemikian rupa.

Demikianlah makna atau arti lagu Kanyaah dari Nadin Amizah. Jika kamu memiliki makna lain atau  yang bersangkutan dengan cerita 'Ibu', mungkin kamu bisa membagikan dan menulisnya di kolom komentar. Karena mungkin pemikiranmu tentang arti lagu Kanyaah ini atau ceritamu tentang 'ibu' bisa bermanfaat untuk orang lain. Terimakasih :)

0 Comments

Post a Comment