Makna di Balik Lagu Seperti Tulang - Nadin Amizah


Arti Lagu Nadin Amizah Seperti Tulang - Secara singkat, lagu ini mengkisahkan tentang perasaan seorang yang jika sudah dipatahkan (dikecewakan) tidak akan bisa tumbuh (pulih) sempurna seperti sedia kala. Pasti akan berbekas, walaupun itu sekecil biji sawi.

Lagu yang rilis pada tanggal 27 September tahun 2019 ini memiliki makna yang unik di tiao bagiannya. Agar tak menciptakan rasa penasaran yang amat dalam, mari langsung saja kita bahas secara rinci di tiap bagiannya!

"Makna Lirik Lagu Nadin Amizah - Seperti Tulang "

Kecil, wajahmu meraut sedih
Siapa yang berlayar pergi
Melatihmu sendiri
Menertawakan sunyi
Sampai hatimu lupa
Terbiasa perih

Kecil di sini merupakan sebutan nama panggilan. Mungkin dari hati kecil? Pada bagian awal lagu ini menceritakan tentang si Kecil (hati) yang sedang bersedih akibat ditinggalkan oleh seseorang tercintanya. Ia terus menjalani hari demi hari dengan sendirian hingga rasa perih (kecewa) itu hilang. Bukan karena lupa, tapi karena sudah terbiasa hingga mati rasa.

Kecil, seorang penipu mahir
Sehingga tak ada lagi tanya
Apakah kau tak apa
Menertawakan rintih
Sampai ragamu lupa
Terbiasa letih

Akibat sudah bersahabat baik dengan rasa perih, ia menjadi mahir dengan selalu memperlihatkan dirinya seperti sedang dalam keadaan baik-baik saja. Simpelnya gini, dia menjadi terlihat kuat walau sebenarnya hatinya hancur. Sehingga orang lain yang melihatnya pun tak merasa curiga atau mengira yang aneh-aneh karena tampangnya tidak mencerminkan sebuah penderitaan. Ia terus berusaha terlihat baik-baik saja walau sebenarnya menimbun letih yang terlarut letih.

Tawa harusnya minta maaf
Padamu yang lama ia tinggalkan

Tawa di sini menggambarkan sebuah kebahagiaan yang tak pernah asli, akibat telah kalah dari sang perih.

Kecil, aku pun meraut sedih
Semua karena tak lagi bisa
Memelukmu sempurna
Menertawakan hari
Sampai dirimu lupa

Meraut sedih di sini memiliki makna 'iba' dari seseorang (pengamat) yang tau keadaan sebenarnya dari si "Kecil" ini. Ia merasa kasihan karena semuanya tak bisa kembali utuh seperti sedia kala. Tak bisa melihatnya tertawa lepas tanpa beban seperti dulu lagi (sebelum hancur).

Tak sepenuhnya pernah sembuh
Dari luka
Dari luka
Dari luka
Dari luka

Pada bagian reff ini menceritakan tentang keadaan sesungguhnya yang di alami si "Kecil", bahwa ia sebenarnya tak sepenuhnya sembuh dari segala luka yang pernah terjadi. Hal ini terjadi karena sebenarnya luka itu abadi, selalu bersemayam (tinggal) di relung hati dan bisa muncul kapan saja tanpa prediksi. Dan kita tau, bahwa ketika ingatan (sedih) itu muncul pasti akan memicu kembalinya rasa sakit yang berasal dari luka lama.

Seperti tulang yang patah
Dan tumbuh tidak sempurna

Semua ini seperti sebuah tulang, yang jika sudah patah tidak akan sepenuhnya sembuh secara sempurna seperti sedia kala. Pasti akan meninggalkan titik rapuh di sebagian tempat. Perumpamaan yang sangat epic dari Nadin bukan? Mimin aja kagum bukan kepayang.

Seperti yang kita tau, Nadin memang sangat ahli dalam merangkai kata. Entah itu bisa membuat maknaya ambigu atau tidak terdeteksi sama sekali. Tapi tenang saja, mimin Anaksenja akan selalu setia menemanimu mencari makna dari segala lagu yang membingungkanmu!

Demikian makna atau arti lagu Seperti Tulang dari Nadin Amizah. Jika kamu memiliki makna lain dari lagu ini, jangan sungkan untuk menuliskannya di kolom komentar ya? Sampai jumpa di interpretasi lirik lagu selanjutnya!

0 Comments

Posting Komentar