Makna di Balik Lagu Beranjak Dewasa - Nadin Amizah


Arti Lagu Nadin Amizah Beranjak Dewasa - Secara ringkas, lagu Beranjak Dewasa ini menceritakan tentang sebuah proses pendewasaan dari segala pengalaman pahit yang pernah dialami. Pendewasaan  yang dimaksud pada lagu ini adalah yang berkaitan dengan dunia percintaan. Entah itu pacaran, suami istri, atau hanya sebatas adhek-kakakan saja. Eh!

Lagu yang diiringi dengan musik unik ala-ala Nadin ini memang sangat mengundang hasrat, baik itu untuk ikut menyanyikannya maupun mengetahui makna sebenarnya. Tanpa berlama-lama, mari langsung saja kita ungkap semuanya!

"Makna Lirik Lagu Nadin Amizah - Beranjak Dewasa "

Pada akhirnya ini semua
Hanyalah permulaan

Pada bagian ini juga terletak di akhir lagu, yang merupakan dasar dari lagu Beranjak Dewasa milik Nadin ini. Kok bisa? Mari kita bahas!

Dewasa adalah kondisi di mana seseorang bisa menyeimbangkan antara pikiran dan hatinya. Misalnya, tidak ambisius, tidak mudah emosi, atau selalu berpikir sebelum melakukan sesuatu. Tak mengenal usia, dewasa bisa datang kapan saja tergantung perkembangan diri.

Semua hal yang sudah terjadi merupakan sebuah permulaan atau bekal untuk mendewasakan diri. Ya, intinya seperti itu saja sih makna pada bagian ini. Hehe, yuk lanjut ke bagian selanjutnya!

Pada akhirnya kami semua
Berkawan dengan sebentar

Waktu yang telah terlewati memang terkadang terasa singkat. Beerlalu begitu saja, hanya membekas di ingatan. Sepertihalnya di dalam sebuah hubungan. Saat tiba suatu perpisahan, entah perpisahan satu dunia maupun perpisahan beda dunia (meningggal), pasti akan terasa 'sepertinya kemarin baru seneng-seneng deh? Kok sekarang udah hilang begitu aja?'

Pada akhirnya tirai tertutup
Pemeran harus menunduk
Pada akhirnya aku berdoa
Namaku akan kau bawa

Dalam teater, saat tirai di atas panggung tertutup berarti sebuah pentas atau cerita sudah usai (berakhir). Jika dalam sebuah hubungan percintaan, hal ini diibaratkan dengan perpisahan (putus / cerai). Sedangkan pemeran adalah tokoh utama di dalam sebuah cerita. Pada lagu ini, tokoh utamanya adalah seseorang yang sedang merasa kehilangan. Dia (tokoh utama) masih saja mengharapkannya yang sudah pergi. Berharap agar dia (mantan) tak pernah melupakannya meskipun perpisahan telah tiba. Hal ini dimaksudkan agar bisa menjadi pembelajaran untuk kedepannya agar kesalahan yang sama (yang mengakibatkan pisah) tidak terulang lagi. Sebut saja sebagai sebagai proses pendewasaan.

Berbaring tersentak tertawa
Tertawa dengan air mata
Mengingat bodohnya dunia
Dan kita yang masih saja
Berusaha ...

Pada bagian ini menceritakan tentang keadaan gangguan jiwa, dampak dari sebuah kecelakaan di dalam hubungan. Jiwanya terguncang, masih merasa tak percaya bahwa dia (mantan) sudah tak di sampingnya lagi. Merasa bodoh, mungkin karena melakukan kesalahan yang mengakibatkan sebuah perpisahan terjadi? Atau mungkin merasa buang-buang waktu karena merasa dibohongi? Atau mungkin kamu punya kemungkinan lain? Silakan tulis di kolom komentar yak!

Kita beranjak dewasa
Jauh terburu seharusnya
Bagai bintang yang jatuh
Jauh terburu waktu
Mati lebih cepat
Mati lebih cepat

Sekarang kita masuk ke bagian reff lagu Beranjak dewasa. Pada bagian ini menceritakan tentang sebuah kondisi yang dirasa terlalu dini (terlalu cepat). Kondisi yang sangat tak diinginkan, seperti saat menghadapi sebuah perpisahan dan harus menyikapinya dengan kedewasaan.

Siapa coba yang menginginkan sebuah perpisahan dengan orang yang paling di sayang? Pasti akan terasa berat banget. Walau sebenarnya dengan berpikir dewasa bisa mengurangi damage (dalam arti tekanan rasa sakit akibat perpisahan) yang terjadi, tapi kan itu merupakan situasi di mana tak ada satu orang pun yang mau berada di posisi itu.

Jadi, tokoh utama pada lagu ini merasa kaget atau tak siap dalam menghadapi kenyataan. Terasa seperti mati lebih cepat ... mati lebih cepat ...

Pada akhirnya ini semua
Hanyalah permulaan

Dan pada akhirnya sadar, bahwa semua hal yang telah terjadi hanyalah proses dari pendewasaan.

Demikian makna atau arti yang terkandung di dalam syair lagu Beranjak Dewasa dari Nadin Amizah. Sangat berkesan bukan? Nadin memang sangat jago untuk membungkus cerita dengan sajak-sajak sastranya. Jika kamu gak setuju dengan pemaparan mimin di atas karena pemaknaanmu berbeda, kamu bisa ungkapkan semuanya di kolom komentar. Mari kita ungkap makna sebenarnya dari lirik lagu Nadin Amizah yang berjudul Beranjak Dewasa ini!

0 Comments

Post a Comment