Makna Sebenarnya di Balik Lagu Pulang ke Pamulang - Endah N Rhesa


Makna Lagu Endah N Rhesa Pulang ke Pamulang - Seusai wawancara, Rhesa yang merupakan suami dari Endah mengatakan bahwa makna lagu ini bukan semata-mata menceritakan tentang tempat atau lokasi, melainkan tentang doa yang dikirim untuk Pamulang. Nama "Pamulang" ini pun hanya sebagai gambaran umum saja, yang bisa diubah-ubah lokasi (objeknya) tergantung ke mana doa itu akan ditujukan.

Pada kesempatan kali ini, Anaksenja akan menemanimu mengulik makna dari setiap bagian lagu Pulang ke Pamulang dari Endah N Rhesa. Daripada berlama-lama, mari langsung saja kita mulai pembahasannya mulai dari awal lagunya!

" Makna Lirik Lagu Endah N Rhesa - Pulang ke Pamulang "

Jauh di tepian selatan
Bagaikan tanah tak bertuan
Terasingkan tak tertentu arah
Mungkin kau akan ke sini kapan-kapan

Pada bagian awal lagu ini mengkisahkan tentang kerinduan seseorang terhadap suatu tempat, yang terlihat sangat sepi karena sudah lama tak dikunjungi. Seperti seseorang yang sedang merantau, meninggalkan tanah kelahirannya untuk bekerja di luar kota. Setelah sekian lama jauh, pasti akan tercipta rasa rindu akan kampung halaman. Rindu kepada ibu, bapak, adik, kakak, maupun teman semasa kecilnya. Yah, seperti itulah derita umum anak rantau.

Lebih laju sepedaku kencang
Sore sebelum malam datang
Tak lupa indahkan rambu saat aku akan pulang ke Pamulang

Ketika diserang rasa rindu, pasti akan muncul keinginan untuk segera pulang ke Pamulang. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya Pamulang di sini hanyalah gambaran umum dari tempat yang dirindukan saja. Bisa dimaknai dengan rumah, kampung halaman, maupun hati dari seseorang yang tersayang.

Walaupun sangat ingin segera pulang untuk berjumpa dengan seseorang yang dirindukan, "mengindahkan rambu" tetap menjadi hal utama agar tidak terciptanya suatu kecelakaan. Rambn di sini juga bisa diartikan berbagai hal. Jika dilihat dalam situasi pandemi seperti sekarang ini, rambu di sini bisa digambarkan dengan anjuran pemerintah untuk tidak mudik (pulang ke kampung halaman).

Selalu...
Beri arti pulang
Kawanku...
Telah tumbuh seribu
Doaku...
Akan selalu pulang ke Pamulang

Kampung halaman memang sangat membuat kita rindu bila mengingatnya. Tentang suasananya, orang-orangnya, cerita-ceritanya, maupun cara-cara mereka (keluarga maupun sahabat) memperlakukan kita. Namun ketika keadaan memaksa diri untuk menunda waktu pulang, pilihan satu-satunya hanya bisa dilakukan dengan berdoa. Mengingat bahwa hanya doa yang bisa terbang menuju tempat tujuan tanpa halangan dari orang sekitar.

Merayap dijalan layang
Danau yang tenang
Rindang pepohonan
Terlihat kuda berkawan
Langit berawan
Tiba di bundaran

Pada bagian ini menggambarkan tentang suasana Pamulang. Kalau yang ini Pamulang asli ya, bukan pengibaratan. Namun bisa juga dibuat sebagai pengibaratan, yang maknanya adalah sebuah keadaan di mana rasa senang bisa muncul dan membuat diri menjadi rindu apabila mengingatnya. Jika kamu belum tau Pamulang itu di mana, maka Google Maps adalah jawaban yang tepat untukmu. Hehe, setau mimin sih ada di Tangerang Selatan (mohon koreksi bila salah).
 
Malam tak takut kelaparan
Warung tenda yang bertebaran
Luapan air hujan datang
Ular sesekali ke permukaan

Pada bagian ini menceritakan tentang kondisi diri yang bertahan hidup di masa pandemi. Mengabarkan bahwa keadaannya baik-baik saja. Walau sesekali ancaman datang, pihak kampung halaman tak perlu cemas karena "lingkungan" masih mendukung dan mampu melindungi diri untuk tetap bertahan.

Ku dirikan sebuah ruang
Di ruko cantik ala sekarang
Ku tampil untuk senang-senang
Ku nyanyikan lagu untuk dikenang

Dan, masih bisa tersenyum dengan hiburan-hiburan kecil yang diciptakan untuk mengobati rasa rindu akan kampung halaman.

Selalu...
Beri arti pulang
Kawanku...
T'lah tumbuh seribu
Doaku...
Akan selalu pulang
Selalu...
Beri arti pulang
Kawanku...
T'lah tumbuh seribu
Doaku...
Akan selalu pulang ke Pamulang

Kembali lagi berdoa untuk kampung halaman. Semoga yang ada di sana juga baik-baik saja, entah itu untuk keluarga maupun sahabat lama.

Akan selalu pulang ke Pamulang
Akan selalu pulang ke Pamulang
Akan selalu pulang (Ke Pamulang)
(Ke Pamulang)Akan selalu pulang ke Pamulang (Ke Pamulang)
Akan selalu pulang (ke Pamulang)
Akan selalu pulang ke Pamulang

Biasanya, seseorang yang benar-benar serius menginginkan sesuatu akan melakukan sesuatu dan berdoa dengan terus menerus sampai keinginannya terwujud. Seperti juga pada bagian ini, pengulangan kata yang terjadi di sini merupakan bentuk dari keseriusan doa, yang selalu tertuju ke keselamatan dan kebaikan semuanya yang ada di kampung halaman (yang tercinta).

Perlu juga diketahui, lagu ini tercipta ditengah pandemi covid-19. Maka dari itu, mimin menghubung-hubungkan semuanya dengan keadaan yang serupa. Namun, tidak menutup kemungkinan ada makna lain yang tersembunyi dibalik lirik lagu Pulang ke Pamulang ini. Apakah kamu punya makna lain dari lagu milik Endah N Rhesa ini? Silakan tulis di kolom komentar yak!

0 Comments

Post a Comment