Gunakan fitur Bookmark untuk menyimpan bacaanmu di lain waktu Info!

Makna Lirik Lagu Aguna dari Soegi Bornean yang Sebenarnya

Artikel ini mengungkap arti dan makna asli yang tersembunyi di dalam lirik lagu Aguna dari Soegi Bornean, simak artikel lengkapnya.
Makna Sebenarnya di Balik Lagu Aguna dari Soegi Bornean

Arti Lagu Aguna - Lagu Aguna diciptakan oleh Fanny Soegi dan Erick, dan vidio musiknya dirilis pada tanggal 1 Januari tahun 2023 di kanal Youtube Soegi Bornean. Lagu ini sudah ditonton sebanyak 60 ribu-an di hari ke-3 setelah dipublikasikan.

LAgu ini juga sering disebut sebagai "lagu merdu terbaik untuk pembuka tahun 2023". Apakah kamu setuju dengan sebutan itu? Kalau mimin sih setuju banget! Apakah lagu Aguna akan sebooming lagu Asmalibrasi? Kita nantikan saja yak!

Mungkin kamu sudah sangat penasaran tentang lagu Aguna artinya apa? Tak perlu galau, karena pada kesempatan kali ini anaksenja.com akan menemanimu mencari tahu maksud lagu Aguna dari Soegi Bornean. Tanpa berlama-lama lagi, mari kita mulai pembahasannya!


Makna Lagu Aguna dari Soegi Bornean

Dalam KBBI, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Aguna artinya tidak ditemukan (tidak ada di dalam KBBI). Tak patah arang, masih sangat penasaran! Setelah riset dari berbagai sumber, ternyata ketemu juga.

Ternyata, kata Aguna berasal dari bahasa Sansekerta. Arti kata Aguna adalah berguna atau bermanfaat. Hal ini sangat singkron dengan apa yang sudah dituliskan Soegi Bornean di dalam diskripsi vidio klipnya, yang berbunyi sebagai berikut.

Hal baik yang kita perbuat, semoga berbalik baik dan berlipat-lipat. Menjadi binar terang untuk semua. Pada semesta dan segala yang ada di dalamnya. Mendulang kebaikan, bekal sebelum berpulang. 

Mamayu hayuning pribadi, mamayu hayuning sasama, mamayu hayuning bawana.

Rahayu, rahayu, rahayu.

Doa baik untuk kita semua.


Setelah dipahami, lagu Aguna menceritakan tentang sebuah situasi, di mana yang namanya kebaikan pasti akan berakhir (kembali) dengan kebaikan pula. Seperti halnya seseorang yang hidup di dunia, jika selalu berbuat baik pasti di akhirat nanti akan dibalas dengan surga.

Tidak ada kebaikan yang menghianati, selain dari tipu daya setan yang sering kali menghasyut untuk menganggap sesuatu hal menjadi buruk. Jika benar-benar baik, pasti akan memiliki hati yang ikhlas. Dan jika sudah ikhlas (hanya berpasrah kepadaNya), pasti apapun itu akan terasa "baik" walau orang lain menganggapnya sebagai musibah. 

Percayalah, semua dari Tuhan itu adalah kebaikan, walau terkadang tidak sesuai dengan apa yang kita inginkan. Terima saja, mungkin saja memang itu rejeki dan takdirmu? Tak perlu banyak menuntut, teruslah berbuat baik dan berdoa yang baik-baik agar suatu saat nanti (apapun itu) akan berkahir dengan kebaikan juga untuk kita semuanya. :)

Setelah mengetahui makna lagu Aguna, mungkin kamu ingin segera menyanyikan lagunya? Tenang saja, karena anaksenja.com sudah menyediakan Soegi Bornean - Aguna lirik lengkapnya. Tak lupa juga beserta musik dan vidio klipnya. Selamat menyimak!


Lirik Lagu Soegi Bornean - Aguna

Setiap lisannya mengandung tresna
Bagai mantra berwujud asih
Telapak jiwanya bijaksana
Semua yang ranum diubahnya

Baik... Baik...
Tak mengubah sehelai pasti
Aamin
Pantas diri, Aguna

Mendayung menjauh angkara renta
Berlabuh tresnaku pada legawa
Berpijak-pijakku pada atma
Saling mendoa-doa sentosa

Aamin
Tak mengubah sehelai pasti
Aamin
Pantas diri, Aguna

Semua empunya
Kunci diri
Sejuta kebaikan
Salah banyaknya
Tujuanku
Tujuanmu
Berpendar menuju yang mega

Memayu hayuning pribadi
Mamayu hayuning sasama
Mamayu hayuning bawana

Semua empunya
Kunci diri
Sejuta kebaikan
Salah banyaknya
Tujuanku
Tujuanmu
Berpendar menuju yang mega

Aamin
Tak mengubah sehelai pasti
Aamin
Pantas diri, Aguna

Aamin... Aamin...
Aamin... Aamin...
Aamin


Musik dan Vidio Klip Soegi Bornean - Aguna


Tentang

Artis: Soegi Bornean
Album: Aguna
Dirilis: 2023
Genre: Alternatif/Indie


Review Lagu Aguna dari Netizen

Ada beberapa komentar netizen di kolom vidio klipnya yang cukup menyita perhatian. Mungkin komentar ini bisa menambah referensi kita semua untuk lebih memahami makna lirik Aguna milik Soegi Bornean. Berikut ini beberapa kutipan yang menjadi sorotan mimin.

@dap1433
"Lagu pertama yang aku dengarkan di tahun 2023. Dibuka dengan alunan gitar Mas Ilyas dan Mas Bagas, serta ditambah dengan lembutnya suara Mba Fanny Soegi. Semoga segala kebaikan menyertai kita semua  🤍"

@fannysoegi936
"Sejuta kebaikan tidak akan pernah sia-sia.
Sejuta badai, ketulusanku akan selalu berlubuk paling dalam.
Kerendahan hati dan mawas diri menjunjungku.
Selalu ada ruang untuk Tresna & Asih untukmu.
Bermaknaku untuk sesama dan alam semesta, bekal untuk berpulang."

@luddico5633
"Aguna berarti bermanfaat bagi sesama dan alam semesta, yang mana untuk memayu hayuning bawana harus berawal dari memayu hayuning diri baik dengan segala kebaikan ataupun keburukan diri. 

Menjadi pribadi yang selalu menebar sifat welas asih, berpegang teguh pada kerendahan hati dan penuh dengan ketulusan hati."


@takseberapa6875
"Menjadi baik itu tidak sulit. Yang sulit adalah mau atau tidaknya menjadi baik".

@zhahwaumita7048
"Saking indahnya, nontonnya bisa sambil nangis. Musiknya, liriknya, suara merdunya Mba Fanny, gitarannya Mas Iyas dan Mas Bagas, serta video klipnya yang sangat sangat indaaaah! Adeknya yang main petak umpet pada gemesin! Sukses selalu buat Soegi Bornean. Semoga bisa segera bersua kembali. Terimakasih atas karya yang indah, lope sakpole"

@bakpao_basi6882
"Aguna adalah lagu pertama yang aku dengarkan di tahun 2023. Waktu digitalnya sudah keluar, langsung saja aku dengerin. Adem, hangat, dan lembut sekali rasanya. Setiap lagu kalian merupakan karya yang luar biasa, karya yang mengandung banyak pesan yang baik. Terima kasih banyak Soegi Bornean sudah menemani dari tahun 2019 sampai sekarang. Sukses terus buat kalian. Raihlah asa nan tinggi bak mentari! Doa terbaik untuk kita semua 🧡🙏"

Pepatah jepang pernah mengatakan bahwa "membaca kolom komentar adalah jalan ninjaku". Terimakasih yang sudah berkomentar di kolom vidio klipnya, dan mohon untuk kesediaannya mimin kutip dan sedikit edit. Semoga dari beberapa komentar di atas bisa bermanfaat untuk kita semua. :)


Penutup

Untuk link download lagu Soegi Bornean - Aguna mp3, tidak perlu ya? Karena lagunya sudah bisa dinikmati secara gratis di mana-mana, seperti Youtube, Spotify, Resso, Joox, SoundCloud, Deezer, iTunes, Apple Music dan pemutar media online lainnya. Begitu juga untuk kunci gitar Aguna chord, kamu bisa menemukannya dengan mudah di web sebelah.

Perlu diketahui bahwa lirik lagu Aguna yang mimin sediakan sepenuhnya menjadi hak cipta atau hak milik dari penulis, artis, band dan label musik yang bersangkutan. Semua materi yang dipaparkan hanya bertujuan untuk informasi dan edukasi.

Mungkin kamu tidak setuju dengan apa yang sudah anaksenja.com jabarkan, karena mimin percaya pendapat serta pengetahuan setiap orang itu berbeda-beda. Maka dari itu, mimin persilakan kamu untuk megungkapkan pendapatmu di kolom komentar. Mungkin saja interpretasi lagu Aguna darimu jauh lebih baik dan dapat bermanfaat bagi yang lainnya. Mari kita bahas bersama-sama hingga menemukan makna sebenarnya yang tersembunyi di balik lirik lagu Aguna dari Soegi Bornean!

Posting Komentar

Silakan berkomentar dengan sopan. Centang Beri Tahu Saya untuk mendapatkan notifikasi dari komentarmu. :)
Oops!
Sepertinya ada yang salah dengan koneksi internetmu. Harap sambungkan ke internet dan mulai menjelajah lagi.
AdBlock Detected!
Kamu menggunakan plugin "AdBlock" ya? Yuk matikan dulu fitur Ad-Blocknya dan masukkan anaksenja.com ke dalam whitelist plugin pemblokiran iklanmu!
⋯⋯⋯
Pendapatan yang kami peroleh dari iklan digunakan untuk mengelola situs web ini. Terimakasih sudah berkunjung. :)
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.