Makna Sebenarnya di Balik Lagu Asmalibrasi - Soegi Bornean


Arti Lagu Soegi Bornean Asmalibrasi - Lagu ini menceritakan tentang sebuah hubungan percintaan sepasang kekasih yang hendak menuju ke jenjang yang lebih serius, karena sudah merasa saling cocok dan "memang dialah jodohku". Maka dari itu, untuk... untuk info lebih lengkapnya, silakan simak hingga akhir ya!

Lagu Asmalibrasi rilis pada tanggal 21 Juli tahun 2019 di kanal Youtube pribadinya. Walaupun sudah cukup lama, namun baru-baru ini lagu Asmalibrasi menjadi viral lantaran menjadi fyp di Tiktok, karena dijadikan back sound oleh banyak masyarakat Tiktok. Selain itu, pendengar di Youtube juga ikut meningkat sehingga kembali ke up lagi di jajaran lagu terpopuler 2022.

Mungkin kamu sudah sangat penasaran dan segera ingin tau lagu Soegi Bornean yang berjudul Asmalibrasi ini sebenarnya menceritakan tentang apa? Tak perlu risau, karena pada kesempatan kali ini anaksenja.com akan menemanimu membedah makna di balik lirik lagu Asmalibrasi. Tanpa berlama-lama lagi, mari kita mulai pembahasannya dari bait pertama!


Analisis Lirik Lagu Asmalibrasi dari Soegi Bornean

Pertama-tama mimin mendengar judul lagu ini terasa aneh sih. Asmalibrasi, seperti bahasa asing namun tak ada juga di dalam KBBI maupun kamus yang lainnya. Usut punya usut, ternyata arti kata Asmalibrasi adalah singkatan dari Asmara Terkalibrasi, yang pada intinya menceritakan tentang sebuah hubungan percintaan (sepasang kekasih) yang hendak melanjutkan hubungan ke jenjang yang lebih serius.

Asmara telah terkalibrasi frekuensi yang sama
Saatnya tuk mengikat janji merangkum indahnya

Pada bagian awal lagu Asmalibrasi ini menceritakan tentang sepasang kekasih yang merasa sudah saling cocok, atau bisa dibilang “sefrekuensi”, apa-apa nyambung, sehingga berpikiran “tunggu apa lagi? Kita sudah sama-sama merasa nyaman, mari kita menuju ke jenjang yang lebih serius!”.

Pernikahan adalah sebuah titik di mana banyak orang yang mempercayainya sebagai sebuah pengikat janji setia sehidup semati antara dua insan yang saling mencintai. Pernikahan inilah yang dimaksud sebagai “jenjang yang lebih serius”, agar bisa lebih leluasa dalam mencintai dan mengeksplor kehidupan bersama dengan seseorang yang paling dicintai.


Laras rasa nihil ragu 
Biar biarlah merayu di ruang biru
Bias kita jadi taksu gairah kalbu mendayu
Sabda diramu

Sudah tak ada keraguan lagi jika memang sudah mantap kepadanya (seseorang yang terkasih), sehingga ingin segera menuju ke jenjang yang lebih serius (pernikahan). Kemantapan itu mampu melahirkan berbagai puja puji, seperti memuji sang kekasih karena saking mencintai dirinya.

Sebenarnya ada beberapa kosakata unik yang terdapat di dalam bait ini, dan mungkin sangat asing karena sangat jarang digunakan di lingkungan umum. Sepertihalnya kata taksu, arti dari kata taksu adalah kekuatan ghoib yang memberi kecerdasan, keindahan, mukjizat dan sebagainya.

Jika diartikan dengan asal-asalan bisa menjadi salah arti, malah-malah bisa sampai nyambung ke hal klenik. Hehe...


Jadikan hanya aku satu-satunya
Sang garwa pambage sang pelipur lara
Nyanyikan ku kidung setia

Pada bagian reff lagu Asmalibrasi ini berisikan sebuah permintaan agar bisa dijadikan satu-satunya pasangan (kekasih), yang dapat melipurkan segala lara maupun menjadi tempat penampung cerita di sepanjang hayat.

Lantas ingin mendengarkan sebuah janji setia (atau bisa disebut dengan akad pernikahan) yang terucap oleh sang kekasih. Lantunan (janji) tersebut dianggap sangat indah hingga diibaratkan seperti sebuah nyanyian (kidung) yang sangat merdu.

Kini saatnya merangkai binar asmara
Melebur tuk satukan ego dalam indahnya

Jika sudah merasa sangat cocok, memang sebaiknya segera menyegerakan pernikahan agar hubungan menjadi resmi dan dapat segera melakukan segala hal bersama-sama tanpa adanya sekat. Menyatukan keinginan (ego) untuk berbahagia bersama di dalam satu ikatan cinta (pernikahan).


Berdansa dalam bahtera mahligai rasa 
Merajut ketulusan jiwa 
Mengabdi dalam indahnya kalbu
Mengukir ruang renjana selamanya

Berdansa di sini diibaratkan dengan meluapkan rasa bahagia, karena merasa sangat bahagia telah dipertemukan dengan seseorang yang dirasa sangat sempurna. Perasaan seperti ini sangatlah wajar bagi seseorang yang sedang merasa jatuh cinta, apalagi bagi hubungan yang selalu merasakan cinta disetiap saat walau hubungan yang dijalaninya sudah memakan waktu lama.

Asmara telah terkalibrasi
Jadikanku kidung setia

Gila sih, bahasanya sangat apik banget! Mimin sendiri masih sangat terkagum-kagum ketika menganalisis dan mendengarkan lagunya secara berulang-ulang. Suara vokalisnya sangatlah merdu, ditambah lirik lagu yang aduhai indah dan romantis. Tak heran jika lagu ini sempat trending cukup lama dan menjadi fyp di TikTok beberapa waktu lalu.

Sebenarnya, jika dikaji perkata lagu ini memiliki pembahasan yang sangatlah panjang, karena setiap baitnya memiliki kosakata unik dan tentunya mengandung makna yang dapat menjalar ke mana-mana jika tidak difokuskan ke satu arah. Mungkin kamu juga memiliki sudut pandang lain mengenai makna dari lagu Asmalibrasi ini? Tulis di kolom komentar ya!

Semoga kajian makna lagu Soegi Bornean berjudul Asmalibrasi ini dapat bermanfaat untukmu. Buat kamu yang ingin menyimak lirik lagunya, tenang saja, karena anaksenja.com sudah menyediakan lirik lagu lengkapnya. Tak lupa juga beserta vidio klipnya. Selamat menyimak!


Lirik Lagu Soegi Bornean - Asmalibrasi

Asmara telah terkalibrasi frekuensi yang sama
Saatnya tuk mengikat janji merangkum indahnya

Laras rasa nihil ragu 
Biar biarlah merayu di ruang biru
Bias kita jadi taksu gairah kalbu mendayu
Sabda diramu

Jadikan hanya aku satu-satunya
Sang garwa pambage sang pelipur lara
Nyanyikan ku kidung setia
Nyanyikan ku kidung setia

Kini saatnya merangkai binar asmara
Melebur tuk satukan ego dalam indahnya

Berdansa dalam bahtera mahligai rasa 
Merajut ketulusan jiwa 
Mengabdi dalam indahnya kalbu
Mengukir ruang renjana selamanya

Jadikan hanya aku satu-satunya
Sang garwa pambage sang pelipur lara
Nyanyikan ku kidung setia
Nyanyikan ku kidung setia

Asmara telah terkalibrasi
Jadikanku kidung setia


Musik dan Vidio Klip Soegi Bornean - Asmalibrasi


Untuk link download lagu Soegi Bornean - Asmalibrasi, tidak perlu ya? Karena lagunya sudah bisa dinikmati secara gratis di mana-mana, seperti Youtube, Spotify, Resso, dan pemutar media online lainnya.

Mungkin kamu tidak setuju dengan apa yang sudah anaksenja.com jabarkan, karena mimin percaya pendapat serta pengetahuan setiap orang itu berbeda-beda. Maka dari itu, mimin persilakan kamu untuk megungkapkan pendapatmu di kolom komentar. Mungkin saja interpretasimu mengenai lagu Asmalibrasi ini jauh lebih baik dan dapat bermanfaat bagi yang lainnya. Mari kita bahas bersama-sama hingga menemukan makna sebenar-benarnya yang tersembunyi di balik lirik lagu Asmalibrasi dari Soegi Bornean!

8 komentar

  1. penjelasan yg lebih masuk akal daripada artikel lain

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih kak, jangan sungkan-sungkan yak untuk berkunjung kembali di pembahasan lainnya :)

      Hapus
  2. Wahh akhirnya aku tau juga mengenai makna lagu tersebut dan sekarang jadi paham setelah membaca artikel ini, terimakasih atas penjelasan nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama kak. Jangan sungkan untuk berkunjung lagi ya :)

      Hapus
  3. Penjelasan yg lengkap, padat, jelas dan mudah dipahami. Good job bro lanjutkan!

    BalasHapus


EmoticonEmoticon