Makna Sebenarnya di Balik Lagu Tolong - Budi Doremi


Arti Lagu Budi Doremi Tolong - Lagu ini menceritakan tentang seseorang yang jatuh cinta namun kebingungan untuk mengungkapkan perasaannya, hingga meminta tolong kepada siapapun untuk mengatakan bahwa "ia mencintainya". Ia tak mengerti bagaimana cara mengungkapkan cinta yang benar, sehingga takut berbuat kesalahan yang berakibat fatal.

Lagu Tolong rilis pada tanggal 31 Oktober 2018 di kanal Youtube Budi Doremi, yang hingga saat ini sudah mendapatkan 80-jutaan viewers lebih. Hal ini menandakan bahwa lagu ini masih hits hingga sekarang. Pendapat mimin sih memang lagunya enak banget, karena di antara 80 juta viewers itu ada mimin yang telah memutar lagunya berulang-ulang kali.

Lagu ini juga terdapat versi covernya, dari channel abal-abal (yang terlihat asal-asalan) hingga channel profesional (yang terlihat digarap dengan serius). Selain itu, lagu ini juga sempat menjadi fyp di Tiktok beberapa saat lalu. Mungkin kamu juga sempat menemuinya atau malah menggunakan lagunya untuk konten-kontenmu? Tulis pengalamanmu di kolom komentar yak!

Mungkin kamu penasaran tentang lagu Tolong ini sebenarnya menceritakan tentang apa? Tak perlu risau, karena pada kesempatan kali ini anaksenja.com akan menemanimu mengulik makna di balik lirik lagunya. Tanpa berlama-lama lagi, mari kita mulai pembahasannya dari bait pertama!


Analisis Lirik Lagu Tolong dari Budi Doremi

Kurasa ku sedang jatuh cinta
Karena rasanya ini berbeda
Oh, apakah ini memang cinta?
Selalu berbeda saat menatapnya

Cinta memang sesuatu hal yang tak terlihat, yang terkadang dapat membingungkan seseorang untuk menyadari bahwa yang sedang dirasakan tersebut benar-benar cinta atau bukan. Maka dari itu setiap orang pasti akan menebak-nebak ketika muncul perasaan aneh tat kala bertemu dengannya (seseorang yang menarik perhatian).

Bahkan, tak hanya menanap, saat membayangkannya (seseorang yang ditaksir) pun bisa membuat diri menjadi malu, deg-degan, bahkan keringetan. Cinta memang misterius, mampu membuat seseorang yang lemah menjadi kuat, dan mampu membuat seseorang yang kuat menjadi terlihat lemah. Maka dari itu, berhati-hatilah dalam urusan cinta, karena kalau sampai salah pilih bisa fatal akibatnya. Hihihi...

Mengapa aku begini?
Hilang berani dekat denganmu
Ingin ku memilikimu
Tapi aku tak tahu
Bagaimana caranya?

Perasaan aneh (yang disebut cinta) itu terkadang membuat seseorang menjadi malu-malu, salah tingkah, atau parahnya lagi menjadi pingsan (karena terlalu takut). Keberanian seakan-akan pudar, menjelma menjadi rasa tidak PD (percaya diri). Menatap kearahnya pun merasa malu, apalagi dekat-dekat dengannya. 

Padahal di dalam hati sudah menggebu-gebu, ingin segera mengungkapkan cinta karena ingin memilikinya (sebagai kekasih). Namun seakan hilang akal, tak tau bagaimana cara terbaik untuk mendekati dan mengungkapkan perasaan kepadanya. Hal ini terjadi karena takut bertindak salah, dan malah membuatnya (yang ditaksir) menjadi sebal dan pergi.

Peristiwa semacam ini juga pernah mimin alamin. Alhasil hanya bisa senyum-senyum gak jelas, bingung mau ngomong apa, dan malah membuatnya ilfil. Wkwk...

Di sini aku berdiri
Menanti waktu yang tepat
Hingga akhirnya kumampu
Katakan padamu

Pada bagian ini posisinya sama seperti bagian yang sudah dibahas sebelum ini, yakni berfungsi sebagai pengantar ke bagian reff. Mimin urutkan seperti ini supaya runtut pembahasannya, hehe...

Untuk mengungkapkan perasaan memang tak bisa asal-asalan, harus tau momen (waktu) yang tepat agar perasaan bisa tersampaikan dengan baik. Namun ya itu, untuk "kapannya" terkadang membingungkan. Apalagi teruntuk orang yang memang pribadinya malu-malu (tanpa -in), pasti akan sulit untuk menentukan waktu yang pas. 


Tolong katakan pada dirinya
Lagu ini kutuliskan untuknya
Namanya selalu kusebut dalam doa
Sampai aku mampu
Ucap maukah denganku

Pada bagian reff lagu Budi Dormemi - Tolong ini menceritakan tentang seseorang yang meminta tolong kepada siapapun, yang bisa membantu untuk mewakilkan dirinya perihal mengungkapkan cinta. Ia terlalu takut dan tidak PD, sehingga baru bisa mengagumi dan berdoa saja. Ia berharap segera diberi kekuatan dan keberanian untuk mengungkapkan semua isi hatinya sendirian.

Tolong katakan pada dirinya
Lagu ini kutuliskan untuknya
Namanya selalu kusebut dalam doa
Mungkinkah dia tahu
Cinta yang kumau

Ia juga bertanya-tanya, "apakah sebenarnya dia tau ya kalau aku mencintainya?". Pertanyaan tersebut malah menambah kerisauan di dalam hati, karena hanya berbentuk dugaan-dugaan saja tanpa adanya kepastian.

Jawaban yang terbaik memang harus keluar dari mulut dan tindakannya (seseorang yang dicintai). Ya mau nggak mau harus mengungkapkan perasaan, apalagi untuk cowok, sudah sejatinya mengungkapkan perasaan terlebih dahulu.

Jangan biarkan seorang wanita menurunkan derajatnya dengan mengungkapkan isi hatinya terlebih dahulu. Walau sebenarnya nggak ada masalah juga sih, namun afdolnya ya harus cowok duluan yang mengungkapkan. 

Mau kah kau dengan aku

Inilah yang menjadi inti dari takutnya mengungkapkan cinta, yakni dia (yang ditembak) mau menerima cinta atau tidak. Hal yang paling ditakuti adalah ketika cintanya tidak diterima. Dan jika hanya itu (ditolak) yang dipikirkan, selamanya perasaan tersebut akan terus terpendam dan tak akan mendapat jawaban.

Sebenarnya perihal ditolak ataupun diterima bukanlah masalah, karena yang menjadi masalah adalah mau mengungkapkan atau tidak. Jika tidak mengungkapkan, sampai kapanpun juga tak akan mendapatkan jawaban (kepastian). Beda halnya jika mengungkapkan namun ditolak, itu sudah pasti diberi kepastian dan bisa menjadi semangat untuk berkoreksi diri atau beralih ke orang lain (yang lebih tepat).

Untuk kamu yang mungkin ingin bernyanyi atau mengetahui struktur lagunya, anaksenja.com sudah menyediakan lirik lengkapnya nih. Berikut mimin tampilkan lirik lagu Budi Doremi - Tolong.


Lirik Lagu Budi Doremi - Tolong

Kurasa ku sedang jatuh cinta
Karena rasanya ini berbeda
Oh apakah ini memang cinta
Selalu berbeda saat menatapnya

Mengapa aku begini
Hilang berani dekat denganmu
Inginku memilikimu
Tapi aku tak tahu
Bagaimana caranya

Tolong katakan pada dirinya
Lagu ini kutuliskan untuknya
Namanya selalu kusebut dalam doa
Sampai aku mampu
Ucap Maukah denganku

Kurasa ku sedang jatuh cinta
Karena rasanya ini berbeda
Oh apakah ini memang cinta
Selalu berbeda saat menatapnya

Disini aku berdiri
Menanti waktu yang tepat hingga
Akhirnya ku mampu katakan padamu

Tolong katakan pada dirinya
Lagu ini kutuliskan untuknya
Namanya selalu kusebut dalam doa
Sampai aku mampu
Ucap Maukah denganku

Tolong katakan pada dirinya
Lagu ini kutuliskan untuknya
Namanya selalu kusebut dalam doa
Mungkinkah dia tahu
Cinta yang kumau

Tolong katakan pada dirinya
Lagu ini kutuliskan untuknya
Namanya selalu kusebut dalam doa
Sampai aku mampu
Ucap, Maukah denganku
Maukah kau dengan aku


Mungkin kamu tak setuju dengan apa yang anaksenja.com utarakan, karena mimin percaya pendapat serta pengetahuan setiap orang itu berbeda-beda. Maka dari itu, mimin persilakan kamu untuk megungkapkan pendapatmu di kolom komentar. Mungkin saja interpretasimu mengenai lagu Tolong ini jauh lebih baik dan dapat bermanfaat bagi yang lainnya. Mari kita bahas bersama-sama hingga menemukan makna sebenar-benarnya yang tersembunyi di balik lirik lagu Tolong dari Budi Doremi!

0 Comments

Posting Komentar