Makna Sebenarnya di Balik Lagu Doa untuk Kamu - Aviwkila : Tuhan Dia Sedang Berjuang...


Arti Lagu Aviwkila Doa untuk Kamu - Lagu ini menceritakan tentang seseorang yang sedang berdoa kepada Tuhan agar seseorang yang sedang berjuang di luar rumah (seperti ayah yang sedang bekerja mencari nafkah untuk keluarganya) diberikan perlindungan serta kelancaran di dalam segala perjuangannya.

Aviwkila sendiri dalam keterangan di video klipnya menerangkan bahwa lagu Doa Untuk Kamu ini dipersembahkan kepada siapapun yang masih harus berjuang diluar rumah, dan yang sedang berharap yang terbaik dari Tuhan.

Lagu Aviwkila - Doa untuk Kamu ini rilis pada tanggal 30 Maret 2020 di kanal Youtube Aviwkila, yang bebarengan dengan awal munculnya pandemi Covid 19 di Indonesia. Lagu ini mensuport banyak orang yang harus berjuang di tengah pandemi Covid19, karena memang tak mudah melakukan aktivitas apapun (termasuk bekerja mencari nafkah) di situasi seperti ini.

Mungkin kamu penasaran tentang lagu Aviwkila yang berjudul Doa untuk Kamu ini sebenarnya menceritakan tentang apa? Tak perlu gelisah, karena pada kesempatan kali ini anaksenja.com akan menemanimu mengulik makna di balik lirik lagunya secara lengkap. Tanpa berlama-lama lagi, mari kita mulai pembahasannya dari bait pertama!

Analisis Lirik Lagu Doa Untuk Kamu dari Aviwkila


Ada resah dalam hati
Takut yang tak terkendali
Dunia kita sedang tak baik-baik saja

Bagi keluarga yang tinggal di rumah, pasti akan mencemaskan (ayah, ibu, atau anak) yang sedang bekerja di luar rumah. Melihat kondisi saat ini yang tampak tidak baik-baik saja, dengan maraknya penjahat yang semakin liar dalam mencari mangsa, maupun bencana alam yang tak bisa diprediksi kapan dan di mananya.

Ada beberapa orang yang berpikir bahwa dunia yang sedang kita tinggali ini semakin hari tidak semakin baik, namun malah semakin buruk. Entah itu dilihat dari jumlah populasi manusia yang semakin meningkat tajam namun tidak diimbangi dengan keseimbangan sandang, pangan maupun papan, maupun dari keadaan bumi dengan pemanasan globalnya atau berbagai bencana alam yang sering terjadi. Hal ini menandakan bahwa “dunia kita sedang tak baik-baik saja”.

Ini memang tidak mudah
Namun kau tetap berjalan
Aku menunggumu untuk segera pulang

Lantas memahami jika semua ini memang bukanlah hal mudah, karena banyak yang harus dikorbankan untuk bisa mencapai sebuah tujuan. Namun, hakekatnya manusia memanglah bekerja, untuk mendapatkan upah demi kelangsungan hidupnya, keluarga, maupun orang-orang yang dicintainya.

Jadi, ya mau bagaimana lagi, memang seperti itulah dunia ini berjalan. Ada yang harus kerja demi mencari nafkah, dan ada yang dinafkahi karena memang sudah kodratnya seperti itu. Namun perlu diketahui, bahwa akan selalu ada yang menanti bagi mereka yang sedang berjuang demi yang ditinggalkannya (di rumah).

Jaga diri, kuatkan hati
Tetap tersenyum

Pihak yang menunggu di rumah hanya bisa memberi semangat, agar yang sedang berjuang di luar rumah tetap semangat dan bahagia di dalam perjuangannya. Begitu juga tetap sehat, agar tetap kuat ketika berjuang.

Aku berdoa, terus berdoa
Untuk dirimu

Yap, selain semangat juga mendoakan agar yang sedang berjuang terus mendapatkan kelancaran dan perlindungan dari Tuhan. Tak hanya menunggu hasil saja, namun juga tetap menyuport dengan segala usaha yang bisa diusahakan.


Tuhan dia sedang berjuang
Jaga dia, lindungi dia
Karena ada yang menunggunya
Untuk pulang

Pada bagian reff lagu Aviwkila - Doa untuk Kamu ini kembali berisikan sebuah doa yang ditujukan kepada Tuhan agar dia (seseorang yang sedang berjuang di luar rumah) tetap terjaga dan diberikan kelancaran atas segala yang sedang dikerjakannya, karena ada yang menunggunya untuk pulang dan kembali berkumpul bersama-sama.

Hal yang mungkin paling dekat (di sekitar kita) untuk menggambarkan keadaan ini adalah para pejuang medis yang sedang berjuang di tengah pandemi Covid19. Mereka berjuang mati-matian, bahkan sampai ada yang tidak pulang selama berbulan-bulan hanya karena ingin menjaga keluarganya agar tetap aman dari virus yang mengerikan.

Namun, lagu ini sebenarnya juga bisa kita kaitkan dengan berbagai macam profesi. Seperti tentara, yang sedang dinas (ditempatkan) di luar kota maupun pulau demi menjaga NKRI yang mempertaruhkan nyawanya demi Indonesia, dan pekerjaan-pekerjaan lainnya, karena setiap pekerjaan pasti memiliki resikonya masing-masing.

Intinya, apapun pekerjaannya dan siapapun itu, akan selalu ada yang mendoakannya dan menantikannya untuk pulang. Walau mungkin ada sebagian orang yang memang sebatang kara dan berjuang untuk hidupnya sendiri. Tetaplah semangat, dan tetaplah berdoa agar Tuhan selalu memberikan jalan yang terbaik.


Kita memang sedang berduka
Bukan berarti kita menyerah
Kita harus saling menjaga
Dan menguatkan
Hingga Tuhan menolong kita

Pandemi memang membawa duka yang teramat dalam. Ada banyak orang yang kehilangan seseorang tercintanya, entah karena tuntutan kerja maupun diserang virus mematikan. Tangis dan kesedihan melanda banyak orang di sekitar kita.

Walau demikian, bukan berarti kita harus menyerah. Kita harus tetap berjuang demi orang yang kita cintai (keluarga), yang selalu mensuport di berbagai situasi dan kondisi. Memang penting untuk saling menjaga, agar tetap terlindungi dan aman sentosa. Yang terpenting adalah harus saling menguatkan, baik itu dalam bentuk kalimat penyemangat maupun tindakan-tindakan hebat hingga Tuhan menolong kita semua.

Selain pandemi Covid19, lagu ini juga dapat ditujukan kepada warga yang sedang dilanda bencana alam, seperti longsor, letusan gunung berapi, gempa bumi, dsb. Lagu ini sempat dinobatkan oleh beberapa netizen sebagai lagu pengantar bencana alam. Semoga lagu ini bisa menjadi semangat bagi para korban dan yang ditinggalkan.


Percayalah, Tuhan selalu tau yang terbaik untuk hambaNya. Tetap semangat dan tetaplah berdoa, semoga kita dan orang-orang yang kita sayangi selalu diberikan pertolongan dan perlindungan dariNya. Aamiin...

Demikian kajian makna yang tersembunyi di balik lirik lagu Aviwkila - Doa untuk Kamu dari anaksenja.com. Apabila kamu memiliki tafsir yang berbeda, jangan ragu untuk mengungkapkannya di kolom komentar ya? Mungkin saja pendapatmu mengenai lagu Doa untuk Kamu jauh lebih tepat dan dapat bermanfaat bagi yang lainnya. Terimakasih :)

0 Comments

Posting Komentar