Makna Sebenarnya di Balik Lagu Cobalah Mengerti - Noah (Peterpan)


Arti Lagu Noah Cobalah Mengerti - Lagu ini menceritakan tentang seseorang yang cinta mati kepada pujaannya (seseorang yang dicinta). Ia berkenan untuk melakukan apapun demi mendapatkan perhatian (hati) serta cinta dari pujaannya tersebut. Bisa disebut dengan "cinta mati", walaupun yang dicintai belum memberikan perhatian maupun cintanya.

Lagu Noah (Peterpan) - Cobalah Mengerti ini rilis pada tanggal 25 Juni 2008 di kanal Youtube Musica Studios, yang saat ini sudah diremake ulang oleh Noah di tahun 2022. Tahun 2022 ini bisa dibilang tahun di mana Noah mengcover besar-besaran lagunya sendiri yang telah rilis ketika mereka masih menggunakan Peterpan untuk nama bandnya.

Momo Geisha juga pernah merilis lagu ini di tahun 2012an, di mana tercatat sudah lebih dari 25 juta viewers hingga saat ini. Mimin merasa bahwa versi Momo ini salah satu cover terbaik yang pernah singgah di telinga mimin. Mungkin kamu juga sependapat?

Selain dari kekerenan lagunya, mungkin kamu juga penasaran tentang lagu Noah (Peterpan) yang berjudul Cobalah Mengerti ini sebenarnya menceritakan tentang apa? Tak perlu risau, karena pada kesempatan kali ini anaksenja.com akan menemanimu mengulik makna di balik lirik lagunya. Tanpa berlama-lama lagi, mari kita mulai pembahasannya dari bait pertama!

Analisis Lirik Lagu Cobalah Mengerti dari Noah


Aku tak kan pernah berhenti
Akan terus memahami
Masih terus berfikir
Bila harus memaksa
Atau berdarah untukmu
Apapun itu asalkan mencoba menerimaku

Pada bagian awal lagu Cobalah Mengerti ini berisi tentang sebuah rasa optimis perihal mencintai seseorang. Ia (tokoh utama dalam lagu ini) mengatakan bahwa tak akan pernah berhenti untuk terus berusaha menjadi yang terbaik untuknya (seseorang yang tercinta). Apapun itu akan di lakukan asal dia (yang dicintai) mau menerima cintanya.

Dan kamu hanya perlu terima
Dan tak harus memahami
Dan tak harus berfikir
Hanya perlu mengerti
Aku bernafas untukmu
Jadi tetaplah di sini
Dan mulai menerimaku

Lantas mengatakan, bahwa dia (yang dicintai) tak perlu membalas dengan usaha atau perjuangan yang serupa. Hanya cukup mau menerima saja sudah baik, tak perlu repot-repot untuk memahami maupun berpikir yang aneh-aneh. Selain itu, memintanya (seseorang yang dicinta) untuk dapat mengerti bahwa “hidupku hanya untuknya”.

Jadi, tak perlu ke mana-mana (berpaling). Tetaplah di sini untuk bersama-sama merawat cinta selama-lamanya. Tak perlu berpikir yang tidak-tidak, karena memang tak ada yang lain (yang dicintai), cukup bisa menerima (cinta) saja sudah baik.


Cobalah mengerti
Semua ini mencari arti
Selamanya takkan berhenti

Pada bagian reff lagu Noah - Cobalah Mengerti ini berisi sebuah penegasan dari bagian-bagian sebelumnya, bahwa aku (tokoh utama di dalam lagu ini) meminta kepada sang kekasih untuk mencoba mengerti atau memahami bahwa aku ini sangat mencintaimu (kekasih). Aku selalu berusaha mengupayakan yang terbaik, apapun itu akan dilakukan demi kebahagiaanmu (kekasih).

Inginkan rasakan
Rindu ini menjadi satu
Biar waktu memisahkan

Mungkin karena di dalam hubungannya serasa seperti “bertepuk sebelah tangan”, di mana aku merasa bahwa dia (kekasih) seperti sering mengabaikan, menyepelekan, membenci, bahkan sampai memaki karena tak merasa puas dengan cinta yang telah dipersembahkan (ditunjukkan).

Munculah harapan, bahwa ingin rinduku dan rindunya menjadi satu (seperti pasangan cinta sejati yang saling mencintai), dan hanya waktu (dunia) yang dapat memisahkan. Bukan pisah karena keadaan, namun berpisah karena memang sudah digariskan oleh Tuhan (meninggal dunia).


Lagu ini mungkin sangat cocok untuk kamu yang sedang sayang-sayangnya atau bahkan selalu sayang (mencintai) seseorang, namun dianya malah seperti acuh dan tak peduli. Ingin sekali rasanya dia untuk bisa mengerti bahwa diri ini sangat mencintainya, dan berharap juga untuk dicintainya agar menjadi pasangan yang benar-benar menyenangkan.

Namun, jika kamu memang benar berada di posisi itu ya mimin hanya bisa kasih soport saja. Teruslah semangat untuk memperjuangkan cintamu! Namun jangan keterlaluan dan menjadi bodoh, sehingga buta dan memasabodohkan hidupmu sendiri serta orang-orang yang benar peduli denganmu. Tetaplah pintar dalam urusan cinta. Semoga kita semua selalu ditakdirkan untuk mencintai seseorang yang tepat. Aamiin...

Mungkin kamu tak setuju dengan apa yang mimin utarakan, karena mimin percaya pendapat serta pengetahuan setiap orang itu berbeda-beda. Maka dari itu, mimin persilakan kamu untuk megungkapkan pendapatmu di kolom komentar. Mungkin saja interpretasimu mengenai lagu Cobalah Mengerti ini jauh lebih baik dan dapat bermanfaat bagi yang lainnya. Mari kita bahas bersama-sama hingga menemukan makna sebenarnya yang tersembunyi di balik lirik lagu Cobalah Mengerti dari Noah!

6 komentar

  1. Keren... Terbukti aq cinta mati

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cinta mati kepada siapa nih? hihi

      Hapus
    2. Kepada seseorang yang sangat acuh dan tak peduli sama diriku yang hina ini...

      Hapus
    3. Semangat kak! Jangan terlalu merendahkan diri sendiri dan ayok bangkit menjadi pribadi yang lebih percaya diri untuk kehidupan yang lebih baik! :)

      Hapus
  2. Ya acuh dan tak peduli sm diriku yg hina ini bgt sakitny cinta ini bertepuk sbelah kanan dan sebegitu benci dia

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sabar ya kak, semoga segera dipertemukan dengan jodoh yang terbaik 🙏

      Hapus


EmoticonEmoticon