Makna Sebenarnya di Balik Lagu Kukatakan Dengan Indah - Peterpan (Noah)


Arti Lagu Peterpan Kukatakan dengan Indah - Lagu ini menceritakan tentang seseorang yang salah paham kepada yang dicintainya, merasa bahwa dia (yang dicintai) menaruh hati kepadanya, padahal kenyataannya tidak. Dia hanya memberikan perhatian dan pengertian sebatas "karena teman". Dan kekecewaan pasti akan terjadi setelah mengetahui kenyataan tentang perasaan dia yang sebenarnya, yang tidak memiliki perasaan cinta.

Lagu Kukatakan Dengan Indah milik Peterpan ini sebenarnya masuk ke kategori lagu cukup jadul ya, karena tahun perilisannya sendiri diangka 2000-an. Namun, kepopulerannya tak kunjung padam hingga saat ini. Mimin sendiri juga masih senang mendengarkan dan menyanyikannya.

Selain menikmati lagunya, pada kesempatan kali ini anaksenja.com akan menemanimu mengulik makna yang tersembunyi di balik lirik lagu Kukatakan dengan Indah milik Peterpan atau Noah (Ariel Uki Lukman Reza David) ini. Yuk langsung saja kita mulai pembahasannya dari bait pertama! 

Lirik Lagu Kukatakan Dengan Indah dari Peterpan

Kukatakan dengan indah
Dengan terluka, hatiku hampa
Sepertinya luka menghampirinya

Mungkin kamu mengerti istilah PHP (Pemberi Harapan Palsu)? Sebuah istilah untuk menggambarkan seseorang yang seolah-olah mengerti, memahami, peduli, mencintai, dsb. Namun kenyataan adalah enggak, hanya kitanya saja yang berlebihan menanggapinya. Hal inilah yang menjadi landasan anaksenja.com untuk menyimpulkan lagu ini menceritakan tentang apa. 

Saat mengatakan "aku mencintaimu" kepada seseorang yang dirasa peduli dengan sepenuh hati dan pada akhirnya malah ditolak, rasanya pasti sakit banget, membuat perasaan menjadi terluka. Apalagi jika ditambah dia (yang dicintai) mengaku kalau tidak ada perasaan dan sudah mencintai orang lain. Aih... Pasti rasanya sangatlah sakit. Prok, bertepuk sebelah tangan.

Kau beri rasa yang berbeda
Mungkin ku salah
Mengartikannya yang kurasa cinta

Tingkah seseorang memang terkadang menjebak. Seakan-akan peduli, seakan-akan memberi hati, namun saat ditembak (diungkapi cinta) malah menolak. Entah dengan alasan seribu maaf atau "aku lebih nyaman jika kita menjadi teman", atau juga "kamu salah paham, aku begini karena kasihan kepadamu".

Kau hancurkan hatiku, hancurkan lagi
Kau hancurkan hatiku tuk melihatmu

Mendapat tolakan setelah mengungkapkan perasaan pastilah akan menghancurkan hati. Hatinya hancur karena tak dapat melihatnya (seseorang yang dicintai) menjadi seseorang yang tidak hanya dicintai, namun juga yang mencintainya sepenuh hati. 

Tetapi hatiku selalu menginginkanmu
Terlalu meninggikanmu, selalu meninggikanmu

Walaupun begitu, yang namanya hati seakan-akan memiliki otak sendiri. Ia tak bisa dipaksa, walau sudah merasakan luka tapi teto saya masih ngeyel untuk mencintainya. Ia, yang dicintai, akan selalu ada diposisi tertinggi dan tak akan terganti. Namanya juga cinta mati.

Membuatku terjatuh dan terjatuh lagi
Membuatku merasakan yang telah terjadi
Semua yang terbaik dan yang terlewati
Semua yang terhenti, tanpa kuakhiri

Pada bagian reff lagu Kukatakan Dengan Indah yang dibawakan Ariel Noah ini berisikan puncak dari segala perasaan yang sudah diungkapkan atau dirasakan pada bagian-bagian sebelumnya, di mana kesadaran muncul bahwa sudah terjatuh dan saking sakitnya seakan-akan menjadi mati rasa. Semua yang pernah menjadi harapan indah akhirnya sirna sudah, setelah ia yang penuh dengan pengharapan memberikan kesimpulan bahwa tidak memiliki perasaan cinta.

Mungkin kamu pernah mengalaminya? Atau malah sekarang ini sedang mengalaminya? Mencintai kepada seseorang yang salah? Eh, bukan, tapi mencintai kepada seseorang yang tidak mencintaimu? Tenang saja, mungkin dia sedang membutuhkan penyesuaian, tunggu saja, sembari terus mengungkapkan cinta lewat tindakan-tindakan yang positif. Teruslah berusaha sampai dia bisa mencintaimu. Tapi, jika semua usaha dan upaya sudah dikerahkan semaksimal mungkin dan dia tetap sama saja, saran mimin sih relakan saja. Perasaan tidak bisa dipaksa, begitu juga takdir, biarlah mengalir sampai menemukan pilihan dari Tuhan.

Yap, demikianlah kajian makna yang tersembunyi di balik lirik lagu Ku Katakan Dengan Indah milik Peterpan atau yang sekarang sudah berganti nama menjadi Noah. Apabila kamu memiliki tafsir yang berbeda mengenai lagu Kukatakan Dengan Indah ini, jangan ragu untuk mengutarakannya di kolom komentar yak! Interpretasi setiap orang itu berbeda-beda, maka dari itu marilah kita bersama-sama menemukan makna yang sebenarnya di balik lirik lagu Kukatakan Dengan Indah ini. :)

0 Comments

Posting Komentar