Makna Sebenarnya di Balik Lagu 2DSD (Tetap Berdiri) - Peterpan (Noah)


Arti Lagu Noah 2DSD - Lagu ini menceritakan tetang seseorang yang tetap berdiri (semangat) setelah mengalami fase keterpurukan. Ada yang bilang kalau arti judul 2DSD dari Noah (Peterpan) adalah singkatan dari Dua Dalam Satu Dunia. Namun Ariel sendiri, sebagai punggawa dari band Noah pernah mengatakan bahwa sebenarnya judul lagu ini berawal dari lagu yang belum dinamai, yakni 2 dsd.

Mungkin kamu bisa browsing bahwa format file.dsd memanglah ada, dan itu memanglah format dari sebuah file audio. Jadi, masuk akal juga jika memang berawal dari lagu yang belum dinamai, mungkin karena lagu ini merupakan lagu yang selesai direkam pada urutan nomor dua, dan lagunya sudah jadi sebelum judulnya ditentukan. Namun, untuk sekarang (tahun 2022) lagu ini sudah memiliki judul, bisa kita temui di Spotifynya Noah, yakni dengan judul Tetap Berdiri (2DSD).

Sebenarnya lirik pada lagu Noah - Tetap Berdiri (2DSD) ini hanya beberapa baris saja. Namun reffnya diulang-ulang dan uniknya tidak merusak fill dari lagu ini. Selain keindahan lagunya, mungkin kamu juga penasaran tentang lagu Noah - Tetap Berdiri (2DSD) ini sebenarnya menceritakan tentang apa? Tanpa basa-basi lagi, mari kita eksekusi dari bait pertama!

Lirik Lagu 2DSD (Tetap Berdiri) dari Noah (Peterpan)


Ku menatap langit yang tenang
Dan takkan menangisi malam
Tuk tetap berdiri ku melawan hari
Ku akan berarti ku takkan mati

Apakah kamu pernah merasakan kecewa? Entah itu dikarenakan orang lain atau dirimu sendiri. Seseorang yang merasa gagal (kecewa) biasanya akan frustasi atau stres, kehilangan rasa semangat untuk berjuang, dan hal-hal negatif lainnya sebagai dampak dari kekecewaan. Namun, ada juga orang yang tetap optimis walau sudah dikecewakan.

Sepertihalnya di dalam urusan percintaan. Setelah mengalami kegagalan tidak menunduk (menyerah), namun tetap menatap langit (semangat) untuk menerima kenyataan dan memulai semuanya lagi tanpa harus menangisi yang sudah berlalu.

Walau kenyataanya memang berat, namun jika kehilangan semangat ya tidak akan merubah apapun. Satu-satunya tindakan yang bisa dilakukan untuk mendapatkan perubahan dari keadaan buruk (terpuruk) untuk menuju ke keadaan yang lebih baik ya hanya dengan tidak menyerah dan tetap semangat menjalani hidup. Percaya bahwa Tuhan tidak pernah tidur, selalu mengerti apa yang dibutuhkan dan kapan waktu yang pas untuk diterima hambaNya. 


Mungkin masaku tlah berlalu
Mungkin hatiku tak berbentuk lagi
Rasa ini takkan terobati
Tetapi mati takkan mengobati

Setelah mencintai seseorang dengan sungguh-sungguh namun dikecewakan, entah itu ditinggalkan karena adanya orang ketiga atau alasan lain, pasti hatinya akan hancur (tak berbentuk lagi). Hingga tak ada obat yang mujarab untuk menyembuhkan rasa sakit itu, bahkan sampai mati pun tidak mengobati. Lantas bagaimana jika apapun itu tidak bisa menyembuhkan? Ya hanya dengan ikhlas atau menerima keadaan, beserta tetap semangat untuk membuka lembaran baru dan hidup baru.

Sepertinya judul baru yang dipilih Noah untuk menggantikan 2DSD menjadi Tetap Berdiri ini cukup masuk, di mana memang disebutkan di dalam liriknya dan mewakili perasaan “tetap semangat” walau mengalami masa suram. Tapi, menurut mimin pribadi sih tetap bagus 2DSD, karena cukup unik dan sudah melekat di ingatan mimin sejak tahun 2000-an ketika album Bintang di Surga rilis. Kalau menurutmu bagaimana? Tetap dengan nama lama atau berganti dengan judul baru? Tulis di kolom komentar ya!

Demikian kajikan makna yang tersembunyi di balik lirik lagu Noah (Peterpan) - Tetap Berdiri ( 2DSD ). Apabila kamu memiliki tafsir yang tak sama, jangan ragu untuk mengungkapkannya di komentar yuk! Mungkin saja pendapatmu jauh lebih benar dan yang terpenting bisa bermanfaat bagi orang lain. Terimakasih :)

2 komentar


EmoticonEmoticon