Makna Sebenarnya di Balik Lagu Dinda - Masdo


Arti Lagu Masdo Dinda - Lagu ini menceritakan tentang hubungan jarak jauh, atau LDR, yang kemudian menyampaikan pesan bahwa sang kekasih tak usah risau karena kesetiaan pasti akan selalu ada untuknya. Sudah pada umumnya jika kerinduan pasti akan tercipta di dalam sebuauh hubungan yang terpisah jarak, maka dari itu perlu kejelasan tentang sebuah keseriusan berupa kesetiaan dari si pasangan.

Lagu yang terdengar sangat klasik ini memang sedang cukup ramai diperdengarkan di berbagai sosial media, salah satunya adalah TikTok, yakni lagu yang berjudul Dinda dari Masdo. Lagu ini sebenarnya rilis di tahun 2019, namun sampai sekarang ternyata masih banyak yang mendengarkan sehingga memancing rasa penasaran dari anaksenja.com untuk mengkaji lagunya dari sudut pandang lain, yakni dari arah pembedahan maknanya.

Daripada berlama-lama, mending kita langsung saja mulai pembahasannya dari bait pertama!

Analisis Lirik Lagu Dinda dari Masdo

Apa kabar Dinda?
Lama tak jumpa
Rasanya hampir dua purnama
Rindu di dada tak siapa yang tahu

Dinda merupakan kata panggilan yang berasal dari kata Adinda, yang berartikan sebuah kata sapaan yang ditunjukkan kepada adik. Biasanya, di dalam suatu hubungan seorang wanita akan dipanggil dengan sebutan "dik" dan yang wanita akan memanggil si pria dengan sebutan "mas". Ya, jadi Dinda di sini hanyalah sebuah kata panggilan saja ya, panggilan kepada ceweknya (pasangannya), yang sedang menjalani LDR karena terpisah jarak sehingga tak bisa berjumpa yang pada akhirnya melahirkan sebuah kerinduan.

Dinda jauh di sana
jauh di mata
Namun di hati sentiasa ada
Menemani dikala gundah gulana

Ya, jika benar-benar mencintai pasti si pasangan akan selalu ada di hati. Entah terpisah jarak, atau mengalami kendala apapun itu, yang namanya cinta pasti akan bisa menentramkan hati saat menghadapi berbagai cobaan. Saat menginga-ingat dia (yang tercinta) pasti akan menciptakan rasa syukur, sehingga secara otomatis akan menciptakan rasa tentram dan tidak akan tergoda dengan manusia-manusia baru yang hadir di kehidupannya.

Dinda kanda pergi hanya seketika cuma
Inikan semua demi masa depan kita

Mengingatkan si cewek adalah hal yang sangat penting, karena biasanya wanita akan memiliki rasa khawatir dan gelisah saat jauh dari pasangannya. Selalu mengingatkan dengan tujuan asli, bahwa pergi hanya untuk sementara demi mencari rejeki (merantau), semua itu semata-mata hanya untuk membahagiakannya (pasangannya), entah untuk modal nikah atau memang untuk kebutuhan setelah menikah. Tujuan terbesar dari sebuah hubungan percintaan memang pernikahan, kan?

Dinda jangan marah-marah
Takut nanti lekas tua
Kanda setia orangnya
Takkan pernah mendua

Pada bagian reff ini berisikan sebuah rayuan atau guyonan, yang mengatakan bahwa "jangan marah, nanti lekas tua lho kalau marah-marah". Wanita memang biasanya sangat rewel jika berurusan dengan yang namanya "rindu", walau tak semuanya, namun ya biasanya kerinduan itu diungkapkan dengan emosi yang berlebihan, berbentuk marah-marah gak jelas.

Dari jutaan bintang
Dinda paling gemerlapan
Dari segenap wanita
Dindalah yang paling menawan

Kembali lagi berisikan rayuan, yang pada intinya berisikan sebuah kesimpulan bahwa "hanya kamu seorang, tak ada yang lain". Hal ini terkadang dapat sedikit menentramkan perasaan pasangan, dan yang terpenting adalah penerapannya, untuk merealisasikan kesetiaannya hingga ke titik akir nanti.

Ya, demikianlah kajian makna mengenai lagu Dinda milik Masdo. Apa kamu memiliki tafsir lain? Yuk, tulis saja di kolom komentar, agar kita bisa membahas lebih jauh dan menemukan makna sebenarnya yang tersembunyi di balik lagu Masdo berjudul Dinda ini bersama-sama!

0 Comments

Posting Komentar