Makna Sebenarnya di Balik Lagu Kusut - Fourtwnty


Arti Lagu Fourtwnty Kusut - Lagu ini menceritakan tentang ketidakikhlasannya seseorang saat dihadapkan dengan kenyataan bahwa dia harus merelakan hubungan cintanya yang sudah dibangun sejak lama. Seseorang itu berusaha mati-matian untuk bisa rela walau sebenarnya perasaan dan pikirannya sangat kusut.

Pada kesempatan kali ini, anaksenja.com akan kembali menemanimu mengulik makna dibalik lirik lagu dari Fourtwnty lagi. Kali ini yang akan dibahas adalah lirik lagu Kusut, yang merupakan salah satu andalan di album Ego & Fungsi Otak.

Analisis Lirik Lagu Kusut dari Fourtwnty

Tolong jauhkan nafsuku
Dari pesona hawamu
Aku terjangkit dan sakit
Terjebak di ruang sempit

Nafsu adalah sebuah keinginan, di mana terkadang hal ini sangat menyusahkan karena memaksa diri untuk melakukan seuatu dengan segala cara demi hasil yang dicitakan. Seperti nafsu untuk memiliki seseorang yang dicintai. Hal ini wajar, namun terkadang kita lupa jika hal ini dapat menyusahkan. Apabila memang tak berjodoh, mau apa lagi? Jika masih nafsu mengejarnya, ya yang ada hanya kecewa dan terluka, karena sejatinya kita tak bisa memaksakan apa yang tidak dikehendakiNya.

Mungkin bukanlah wujudmu
Ranjang ternyaman bagiku
Henti bergumam hati
Cabutlah biar tak kusut

Kemudian sadar diri, bahwa memang dia (yang dicintai) bukanlah rumah (tempat ternyaman) untuk kembali. Sadar diri ini penting sebagai kontrol hati supaya tidak terluka terus-terusan. Pilihan terbaik adalah mencabut (menghapus) dia dari daftar cita-cita, supaya tak kusut.

Dalam KBBI, kusut berarti tersimpul jalin-menjalin tidak karuan hingga sukar untuk diuraikan, seperti rambut atau benang yang ruwet. Jadi, kusut di sini menjadi sebuah pengibaratan dari sebuah masalah, yang terlahir dari ketidaksingkronnya harapan dengan kenyataan, perihal pasangan impian atau jodoh.

Mari kita lanjut ke bagian reff!

Membiru indraku
Susah payahku melepasmu

Seperti bekas pukulan, memar, yang menyisakan warna biru lebam di permukaan kulit. Indra yang dimaksud dalam bait pertama reff ini adalah indra perasaan, atau yang sering familiarnya adalah hati. Masih tersisa luka di dalam hatinya karena terpukul kenyataan yang sangat memilukan. Hal ini dikarenakan sebenarnya tak rela / ikhlas akibat sudah terlalu cinta, pasti akan sulit jika harus merelakannya untuk orang lain. Yaampun, sedih banget :(

Terlihat ku palsu

Ya, sudah pasti akan terlihat palsu. Bagaimana tidak, hati masih mencinta tapi kenyataan mengharuskan untuk berpisah. Saat bilang “selamat tinggal, Sayang”, pasti akan menggunakan senyuman palsu dan berakhir nangis setelah berbalik badan.

Tanpa rasamu menjamahku
Tanpa ragamu disampingku
Tanpa eratmu menggenggamku
Tanpa arahmu lagi
Menuntunku lagi

Saat berpisah, semua kebiasaan akan hilang. Dari yang biasanya selalu bersama-sama, akan menjadi sendiri-sendiri. Dari yang biasanya selalu bergandengan tangan, akan menjadi hampa karena tangannya sudah menggandeng orang lain. Dari yang biasanya selalu memberi saran, motivasi, semangat, akan menjadi sepi karena sosok yang meneladani kebiasaan itu sudah pergi dan tak kembali.

Bagi sebagian orang yang sudah menjalani cinta selama bertahun-tahun dan akhirnya kandas karena adanya orang ketiga atau masalah internal, memanglah sangat mengecewakan dan menyakitkan. Kehilangan sosok yang biasanya menjadi kebiasaan di setiap saat, seperti sebagai teman curhat, teman bercanda, maupun teman dari segala acara, pasti akan merasakan kehilangan yang sangat dalam.

Semoga kita tak mengalaminya. Namun jika kamu mengalaminya, semoga segera dipertemukan dengan yang terbaik, dan semoga dapat menjadi obat dari segala kesakitan di hati, jiwa maupun ragamu.

Jika kamu memiliki pendapat lain mengenai lagu ini, silakan tulis dikolom komentar. Kita akan diskusikan lagu ini sampai kita benar-benar menemukan makna tersembunyi di balik lirik lagu Kusut milik Fourtwnty ini. Semoga bermanfaat :) 

0 Comments

Posting Komentar