Makna Sebenarnya di Balik Lagu Celengan Rindu - Fiersa Besari


Arti Lagu Fiersa Besari Celengan Rindu - Lagu ini menceritakan tentang cinta jarak jauh (LDR), sehingga menciptakan perasaan rindu yang tak terhingga, sehingga memaksa diri untuk menciptakan sebuah pertemuan. Hal ini dikarenakan perasaan rindu yang ada di dalam hati (diibaratkan celengan) sudah penuh dan tak tertahankan.

Pada kesempatan kali ini anaksenja.com akan kembali menemanimu mengulik makna tersembunyi di balik lirik lagu Fiersa Besari, yang berjudul Celengan Rindu. Tentu saja kalian tak asing dengan lagu ini bukan? Lagu ini sering dijadikan lagu andalan di beberapa cafe, tempat makan, radio, playlist spotify, maupun di ajang perlombaan tarik suara. Tanpa berlama-lama, mari kita langsung saja bahas mulai dari bait pertama!

Analisis Lirik Lagu Celengan Rindu dari Fiersa Besari

Aku kesal dengan jarak
Yang sering memisahkan kita
Hingga aku hanya bisa
Berbincang denganmu di whatsapp

Mungkin kamu juga tau bagaimana rasanya LDR? Ya, cinta-cintaan secara jarak jauh. Kenapa bisa jarak jauh? Ya mungkin karena masih bocil jadi belum boleh tinggal serumah, selain itu juga karena belum halal. Atau mungkin karena memang sedari awal kenalnya lewat online, tau-tau ternyata rumahnya diluar kota, atau bahkan di luar negeri. Mungkin juga karena pekerjaan, yang mengharuskan pindah di kuar kota sehingga menciptakan jarak diantaranya.

Walaupun begitu, di era modern ini dunia percintaan lumayan dimanjakan dengan adanya teknologi. Salah satunya adalah dengan adanya whatsapp, yang memudahkan siapapun untuk berkomunikasi walaupun sebenarnya berjarak sangat jauh. Rindu ingin bertemu langsung dengan orang yang dicinta memang terkadang hadir di setiap waktu. Apalagi saat merasa sedih dan butuh teman curhat, satu-satunya orang yang dapat dipercaya hanya pasangan yang ada di jauh sana. Pasti rasanya nyesek banget deh. Walau ada juga pasangan yang bisa menikmati jarak.

Aku kesal dengan waktu
Yang tak pernah berhenti bergerak
Barang sejenak agar ku bisa
Menikmati tawamu

Banyak orang yang merasa kekurangan waktu karena adanya banyak hal yang ingin dilakukan bersama pasangan. Maka dari itu, untuk sebagian orang pasti menginginkan “andai waktu dapat berhenti sejenak”, supaya bisa menikmati waktu tanpa kehabisan waktu.

Ingin ku berdiri di sebelahmu
Menggenggam erat jari-jarimu
Mendengarkan lagu sheila on 7
Seperti waktu itu saat kau di sisiku

Lagu SO7 memang penuh dengan kenangan. Lagu-lagu yang sangat enak didengar dan mewakili banyak perasaan orang-orang perihal cinta, mampu menciptakan suasana romantis di dalam suatu pertemuan. Hal seperti inilah yang diharapkan oleh si pencipta lagu, suasana-suasana romantis yang ingin selalu dirasakan bersama dengan orang yang tersayang.

Jangan matikan hapemu
Kau tahu aku benci khawatir
Saat kau tak mengabari
Aku tak suka bertanya tanya

Untuk sebagian orang yang posesif, selalu ingin dikabari setiap waktu, pasti akan sangat merasa sebal saat pasangannya malah hilang tak ada kabar. Walaupun terkadang mematikan ponsel hanya untuk mengisi daya (ngecas), namun akan terasa sangat menyebalkan karena akan tak ada kabar walau hanya selama satu jam. Intinya ingin selalu berkabar di setiap waktu deh, ya karena alasan rindu yang menggebu itu.

Ingin ku bakar dia yang sering
Mention mentionan denganmu di twitter
Namun kau selalu menyakinkanku
Ku tumbukan rasa percaya
Bukan rasa curiga

Saat mengecek twitter si pasangan, terkadang ada hal-hal yang cukup  menyebalkan. Yakni saat pasangan kita di mention/ditag oleh orang lain, apa lagi kalau yang mention itu lebih cakep daripada kita. Rawa khawatir dan cemburu pasti akan datang, entah karena takut jika dia selingkuh atau takut jika dia dianeh-anehin oleh orang lain. Dan, akhirnya si pasangan selalu bisa meredakan emosi maupun rasa cemburu dengan kata-katanya yang menyejukkan sehingga mampu menumbuhkan rasa percaya dan mengenyampingkan rasa curiga.

Dan tunggulah ku di sana
Memecahkan celengan rinduku
Berboncengan denganmu mengelilingi kota
Menikmati surya perlahan menghilang

Celengan adalah sebuah wadah yang digunakan seseorang untuk menyimpan uang. Lama kelamaan celengan itu akan penuh jika terus diisi setiap hari. Seperti rindu, yang selalu ditabung (dikumpulkan) di dalam hati karena terpisah oleh jarak. Rasanya ingin segera memecah celengan (perasaan rindu) itu dengan bertemu dan menghabiskan waktu bersama-sama dengan orang yang tercinta.

Hingga kejamnya waktu
Menarik paksa kau dari pelukku
Lalu kita kembali menabung rasa rindu
Saling mengirim doa sampai nanti sayangku

Dan, waktu terasa sangat cepat berlalu, membuat diri merasa sebal karena waktu bersama-sama sudah habis dan akan kembali ke keadaan yang biasanya, yakni berLDRan lagi. Batasan waktu seperti hari libur, cuti, dsb, terkadang hanyalah sementara saja karena memang waktu tersebut lebih sedikit dibandingkan dengan waktu menuntut ilmu atau bekerja. Dan, saat semuanya kembali di dalam jarak, akhirnya kembali menabung rindu dan berharap secepatnya bisa bertemu kembali tuk bersenang-senang bersama lagi.

Paparapa paparapa paparapaparapapa
Paparapa pararararararara hingga kita bertemu

Sampai pertemuan selanjutnya datang kembali.

Demikian kajian lirik lagu Celelngan RIndu milik Fiersa Besari. Apakah kamu sependapat dengan apa yang anaksenja.com paparkan? Atau kamu malah punya tafsir lain tentang lagu ini? Jangan sungkan untuk menuliskan pendapatmu di kolom komentar yak! Mari kita temukan makna tersembunyi di balik lirik lagu Fiersa Besari yang berjudul Celengan Rindu.

0 Comments

Posting Komentar