Makna Sebenarnya di Balik Lagu Istirahat - Nosstress


Arti Lagu Nosstress Istirahat - Lagu ini menceritakan tentang kepedulian lingkungan, tentang bumi yang terlihat semakin rusak dan parah akibat ulah dari penghuninya, yakni manusia itu sendiri. Semakin hari manusia semakin senonoh saja dengan tempat tinggalnya. Entah itu dari hal-hal simpel yang tak sengaja atau hal-hal ngawur yang emang disengaja demi keuntungannya sendiri.

Pada kesempatan kali ini anaksenja.com akan menemanimu mengulik makna lagu lagi dari Nosstress, yang berjudul Istirahat. Lagu ini rilis sekitaran bulan Juli 2021, yang sudah memiliki pendengar yang cukup banyak di kanal Spotifynya. Tanpa panjang lebar, mari langsung saja kita kupas makna di dalam lirik lagunya dari bait pertama!

Analisis Lirik Lagu Istirahat dari Nosstress

Aku bisa habiskan selamanya
Tuk kagumi bintang
Andai aku punya selamanya

Pada bagian awal ini menunjukkan bahwa alam sangat begitu indah, sehingga tak cukup waktu untuk mengaguminya. Selain indah, objeknya juga sangatlah banyak, salah satunya adalah keindahan bintang di langit saat malam hari. Namun, bintang malam juga punya batas waktu, yakni sampai sebelum fajar datang, karena perannya akan digantikan oleh bintang baru yang bernama matahari, dan matahari akan berganti lagi setelah tenggelam menjadi bintang malam, dan seterusnya berganti seperti itu.

Lama sudah ku nanti
Hari tuk istirahatkan bumi
Andai ini tak hanya sehari

Biasanya, waktu beristirahat untuk kebanyakan orang adalah di waktu malam hari. Yakni semua kegiatan berkurang drastis, seperti pengguna jalan, beberapa pekerjaan pabrik, dsb, yang biasanya menciptakan polusi yang mampu mengganggu ekosistem bumi. Maka dari itu, malam pun juga menjadi waktu istirahat untuk bumi.

Wahai bintang jatuh
Ku tau kau lelah
Begitu banyak harap terbeban padamu

Seperti manusia, jika kelelahan pasti akan mengeluh atau terjatuh. Bintang jatuh di sini menggambarkan tentang alam yang kelelahan. Cuma istilah saja lho ya. Kemudian dia (pelaku utama dari lagu ini) seolah-olah sangat mengerti keadaan bumi yang begitu sangat kelelahan karena tak pernah berhenti bekerja memberikan yang terbaik untuk seluruh penghuninya. Banyak yang menginginkan “bumi” menjadi sehat dan bai-baik saja, tapi banyak juga yang tanpa sadar atau dengan sadar malas untuk sadar, bahwa mereka malah sering melakukan kegiatan-kegiatan yang membuat bumi menjadi ngos-ngosan dan semakin lelah (parah).

Terangnya angkasa membuatku terpaku
Semoga harap berisi banyak doa dan cinta untukmu

Siapa yang gak berdoa untuk kebaikan tempat tinggal?  Ya seharusnya selain berharap maupun berdoa juga harus berusaha kan? Maka dari itu, penulis lagu mengajak kita untuk sadar bahwa jika memang peduli dengan alam, ya ayo bertindak.

Hai kawanku manusia
Istirahatlah sebentar saja
Untuk ia dan bumi manusia

Seperti yang sudah dibahas di sebelumnya, penulis lagu ini mengajak pendengarnya untuk beristirahat sebentar saja, memberi waktu kepada bumi yang udah kelelahan ini untuk bernapas. Tak perlu banyak gaya-gayaan kata atau uploadan status di media sosial, langsung bertindak saja. Misal dengan menanam pohon kek, membuang sampah pada tempatnya, menguragi polusi udara, dan hal-hal lain yang sekiranya bisa bermanfaat untuk kelangsungan hidup bumi yang kita tinggali ini.

Selain enak di dengar, lagu ini memiliki makna yang dalam. Lagu Istirahat ini merupakan salahsatu dari bentuk kepedulian lingkungan dari Nosstress. Sebenarya masih ada lagu lain dari Nosstress yang bertemakan kepedulian alam, seperti lagu yang berjudul “Kantong Sampah”, yang mungkin akan anaksenja.com bahas di lain kesempatan.

Demikianlah kajian lagu yang berjudul Istirahat dari Nosstress, yang intinya adalah demi keselamatan dan kesehatan kita, dan untuk kita. Jika kamu memiliki makna atau arti lain dari lagu ini, jangan ragu untuk menuliskannya di kolom komentar di bawah ini. Mari kita ungkap makna sebenarnya di balik lirik lagu Nosstress yang berjudul Istirahat!

0 Comments

Posting Komentar