Makna Sebenarnya di Balik Lagu Sementara dari Float


Arti Lagu Float Sementara - Setelah diresapi, lagu Sementara menceritakan tentang sebuah perjuangan seseorang untuk menahan pasangannya agar tidak pergi meninggalkannya. Bisa diibaratkan dengan seorang wanita yang sedang kecewa akibat pasangan lelakinya melakukan hal-hal yang tak senonoh, seperti halnya selingkuh.

Kemudian si wanita itu hendak pergi, karena merasa terluka dan dihianati. Singkat cerita, si lelaki pun merasa bersalah. Dikarenakan masih memiliki rasa cinta, kemudian si lelaki ini ingin bertaubat, dengan mengakui dan meminta maaf tentang segala kesalahan yang pernah diperbuat dan memohon dia (sang wanitanya) agar tetap di sisi, tidak pergi meninggalkannya.


Cukup naif sih, atau mungkin malah sebaliknya. Si wanita yang malah selingkuh dengan lelaki lain dan ingin segera meninggalkan kekasihnya karena ingin fokus ke lelaki barunya. Kemudian karena si lelaki(kekasih)nya ini masih sangat cinta, ia kemudian melakukan segala cara untuk menahan pasangannya agar tetap bersama dan tidak pergi meninggalkannya.

Sebenarnya masih banyak cerita / kisah yang bisa menggambarkan tentang suasana di lagu ini, karena kemungkinan-kemungkinan lain masih bisa terjadi. Supaya lebih terarah dan tidak absurd, lebih baik kita mulai saja kajian maknanya. Nanti kamu bisa simpulkan sendiri, kisah mana yang cocok untuk menggambarkan keadaan lagu Sementara dari Float ini.


Analisis Lirik Lagu Sementara dari Float

Sementara teduhlah hatiku
Tidak lagi jauh
Belum saatnya kau jatuh

Kata 'sementara' merupakan sebuah kata yang memiliki arti 'tidak untuk selama-selamanya', berarti bisa disebut juga dengan 'sesaat'. Sedangkan 'teduh', memiliki arti 'tenang / aman'. Jadi, pada bagian ini menceritakan tentang seseorang yang ingin merasakan tenang walau hanya sebentar dengan seseorang yang dicintainya. Ingin dekat dengannya karena merasa belum saatnya dia (pasangannya) pergi meninggalkannya.

Sementara ingat lagi mimpi
Juga janji janji
Jangan kau ingkari lagi

Mengajak dia (pasangannya) untuk mengingat lagi semua mimpi yang penah di rancang bersama-sama. Tak hanya itu, melainkan janji-janji yang pernah dibuatnya bersama pasangannya. Janji yang umum digunakan di dalam sebuah hubungan percintaan, mungkin diantaranya adalah 'akan setia', 'akan tetap mencintai selamanya', dan 'harus saling menjaga perasaan dan hubungan agar tidak pisah'. Mungkin kamu memiliki janji yang unik dengan si Doi? Tulis di kolom komentar yak!


Percayalah hati lebih dari ini
Pernah kita lalui
Jangan henti di sini

Ini adalah bagian reff pertama, yang menceritakan tentang seseorang yang sedang meyakinkan pasangannya bahwa sebenarnya hati (cinta) itu tidak hanya sesempit ini (menunjuk ke suatu masalah). Mengajak  untuk mengingat tentang segalanya, seperti tertawa bersama, jalan-jalan, belajar bersama, ibadah bersama, mapun hal-hal lain yang sekitanya membuat munculnya kebahagiaan bersama-sama.

Selain bahagia, tak lupa juga kesedihan-kesedihan yang pernah dilalui bersama. Setelah melewati halangan dan rintangan secara bersama-sama, masak mau pergi gitu aja? Ya kalau bisa dipikir-pikir dulu lah, jangan berpikiran pendek hanya karena satu godaan saja. Lah, mimin ngomong ama siapa?! Sudahlah, kita lanjut ke bagian selanjutnya!


Sementara lupakanlah rindu
Sadarlah hatiku hanya ada kau dan aku

Rindu merupakan sebuah rasa yang muncul akibat rasa ingin yang berlebihan, seperti rasa ingin bertemu maupun rasa ingin memilikinya (seseorang tercinta). Hal ini tak ingin dibahas dulu, lupakan sejenak dan fokus ke tokoh 'aku' dan 'kau' dalam lagu ini.

Dan sementara akan kukarang cerita
Tentang mimpi jadi nyata
Untuk asa kita berdua

Dan setelah melupakan 'rindu' senejak, kemudian mengajaknya untuk berimajinasi, membayangkan segala hal-hal indah yang pernah diimpikan bersama saat dulu kala. Hal ini dilakukan untuk memunculkan asa (semangat) agar dia (sang kekasih) tidak pergi dan tetap berada di sisi untuk meraih mimpi secara nyata bersama-sama.


Percayalah hati lebih dari ini
Pernah kita lalui
Takkan lagi kita mesti jauh melangkah
Nikmatilah lara

Kembali lagi memintanya untuk percaya, bahwa sebenarnya hati (cinta) tak sesempit ini. Sudah banyak hal-hal yang dilakukan, dikorbankan maupun diikhlaskan demi merawat hubungan selama ini. Mengajaknya untuk lebih jenak dalam menikmati sebuah kekecewaan (lara) daripada memilih untuk sebuah perpisahan.

Untuk sementara saja
Untuk sementara saja

Dengan kata lain, "ayo dong, untuk kali ini saja? Aku janji, aku akan memperbaiki diri agar hubungan ini dapat pulih kembali seperti dulu,".

Yah, seperti rayuan sih. Namun jika memang benar-benar serius ingin berubah, apa salahnya? Bukannya kesempatan kedua itu sebenarnya selalu ada? Tapi kalau sudah mencapai ke kesempatan keseratus cuma gitu-gitu aja sih memang perlu tidakan tegas.

Baiklah, demikian pembahasan makna atau arti lagu dari Float yang berjudul Sementara. Sebenarnya lagu ini sudah cukup lama rilisnya, sekitar tahun 2007-an. Walaupun demikian, mimin anaksenja.com rasa lagu ini bisa menjadi salah satu lagu yang bakal abadi karena walau di dengar setelah berbelas-belas tahun lamanya masih saja enak di dengar dan menyentuh hati. Kalau kamu, apakah masih senang juga mendengarkan lagu ini di tahun ini?


Musik dan Vidio Klip Float - Sementara


Untuk link download lagu Float - Sementara mp3, tidak perlu ya? Karena lagunya sudah bisa dinikmati secara gratis di mana-mana, seperti Youtube, Spotify, Resso, dan pemutar media online lainnya.

Mungkin kamu tidak setuju dengan apa yang sudah anaksenja.com jabarkan, karena mimin percaya pendapat serta pengetahuan setiap orang itu berbeda-beda. Maka dari itu, mimin persilakan kamu untuk megungkapkan pendapatmu di kolom komentar. Mungkin saja interpretasimu mengenai lagu Sementara ini jauh lebih baik dan dapat bermanfaat bagi yang lainnya. Mari kita bahas bersama-sama hingga menemukan makna sebenar-benarnya yang tersembunyi di balik lirik lagu Sementara dari Float!

6 komentar

  1. Udah 3 tahun dengerin lagu ini , baru tau maknanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga bermanfaat kak. Dan jangan sungkan untuk mampir lagi di pembahasan lagu lainnya yak! :)

      Hapus
  2. sepertinya bukan begitu maknanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lantas bagaimana ya kak? Mungkin saja penginterpretasianmu lebih benar. Jadi, jangan ragu untuk mengutarakan pendapatmu ya kak :)

      Hapus
  3. Kalau aku, memaknainya sebagai lagu perjuangan untuk diri sendiri. Jadi ini adalah percakapan antara aku dan hatiku. Dengan segala ups and down, dan ini lagi galau-galaunya, lagi jatuh-jatuhnya. Jadi kayak, menenangkan diri sendiri dulu. Bahwa ini pasti berlalu, toh kita pernah ngelewatin yang lebih dari ini, jadi jangan menyerah. Sementara (se.entara sekarang lagi down) coba aku karang dulu deh cerita indah, alias coba positif thinking biar kita semangat lagi.

    Jadi lebih ke menguatkan diri dan hati sendiri.

    Tapi intepretasi lagu memang beda2 sih, gak ada bener atau salah juga :')

    BalasHapus
    Balasan
    1. Respect! Keren banget interpretasinya! Aku malah gak kepikiran sama sekali. Dan itu sangatlah masuk akal, seperti sedang memotivasi diri agar tidak berlarut-larut di dalam keterpurkan dan segera bangkit untuk masa depan yang lebih baik. Terimakasih atas sudut pandangnya kak, jadi makin demen deh dengan lagu ini :)

      Hapus


EmoticonEmoticon