Makna di Balik Lagu Kereta Ini Melaju Terlalu Cepat - Nadin Amizah


Makna Lagu Nadin Amizah Kereta Ini Melaju Terlalu Cepat - Apa yang terlintas di benakmu ketika mendengar judul lagu "Kereta Ini Melaju Terlalu Cepat"? Apakah lagu tentang alat transportasi? Atau malah lagu tentang cerita sebuah perjalanan? Hmm ... bisa jadi benar, bisa jadi salah. Arti lagu Kereta Ini Melaju Terlalu Cepat bisa saja mengejutkanmu loh!

Nadin merupakan salah satu anak muda yang pandai merangkai kata, yang terkadang menjadi sebuah tanya untuk setiap pendengarnya. Metafora yang selalu ia sisipkan ke dalam karyanya menjadi daya tarik tersendiri. Buktinya, kamu bisa temukan banyak analisis tentang karya Nadin di anaksenja.com. Baiklah, tak perlu banyak kata, mari kita mulai bahas lagunya!

Analisis Lirik Lagu Kereta Ini Melaju Terlalu Cepat - Nadin Amizah

Malam, kota lamaku
Aku di sini untuk sebentar
Saksi yang telah berlalu
Lalu tertinggal terpaku ruang

Frasa kota lamaku di bagian awal lagu ini merupakan perumpamaan dari tempat tinggal masa lalu. Seperti mantan, yang merupakan bekas tempat bersemayamnya hati (perasaan). Jadi, pada bagian awal ini menceritakan seseorang yang flashback kepada seseorang terkasih (bisa jadi mantan) yang telah terpisahkan jarak dan waktu.

Semuanya bepergian
Berlalu lalang tak karuan
Sebentar perlahan sebentar
Tak kunjung percaya waktu telah berubah

Jika dikatakan semuanya, berarti maksudnya adalah semua orang yang pernah mengisi hati namun sudah pergi tak bersama lagi. Walaupun bisa jadi hanya satu orang saja sih, tapi yang teramat sangat mengenang, mungkin cinta pertama? Entahlah.

Namun, mereka semua atau "dia" yang sudah pergi masih sangat terasa dekat. "Sepertinya baru kemarin deh kenal dia, tapi kok udah pisah aja ya?" begitulah perumpamaannya.

Tawa yang telah pudar dan tua
Digantikan dengan takut dan gundah

Tawa mengandung arti bahagia. Namun, pada bagian ini tidaklah menceritakan kebahagiaan yang sesuai dengan hakikatnya. Melainkan tentang kebahagiaan yang mulai menghilang dimakan usia (waktu), digantingan dengan segala kesedihan dan penyesalan yang berlarut-larut.

Bergegas terlalu cepat
Masih takut untuk dicinta
Masih takut untuk saling menerima

Pada bagian reff ini menceritakan tentang sebuah perasaan yang tak siap menerima kenyataan yang datang secara tiba-tiba. Misalnya, kamu sedang sayang-sayangnya dengan Dia namun tiba-tiba kamu memergoki Dia sedang selingkuh dengan pacar barunya. Pasti akan muncul rasa kecewa yang menciptakan rasa trauma.

Bergegas terlalu cepat
Pelan dalam menghapus nama
Pelan dalam semua tentang melupakan

Saat kejadian menyakitkan itu datang dengan tiba-tiba, pasti muncul keinginan diri untuk segera melupakan dan beranjak bangkit (move on). Tapi apa daya, perasaan masih tersimpan dan ikhlas masih belum di dapatkan. Pasti akan butuh waktu lama untuk bangkit dan melupakan semuanya tentangnya. 

Jumpa aku di sana
Entah di mana yang aku maksud
Kereta ini tak gentar
Terus melaju, aku takut

Pada bagian akhir lagu ini masih berisikan tentang diri yang belum bisa menerima sesuatu yang telah terjadi. Merasa gila, dengan berlagak tak tau apa-apa. "Tau dah!", "Entah lah!", "Asss mbuhh lah!", ya mungkin begitulah pengekspresiannya. Waktu terus berlalu, tapi diri masih saja trauma tentang masa lalu.

Jadi, kereta yang di maksud dalam lagu ini adalah sebuah perumpamaan dari "waktu". Tentang waktu yang dirasa terlalu cepat berlalu tanpa mau mengerti keadaan diri yang sedang dilanda pilu.

Entah kenapa, mimin tak pernah bosan menyimak lagu dari Nadin ini. Entah instrumennya, warna suaranya, keindahan gaya bahasanya, semuanya lah pokoknya! Apa kamu juga demikian? Jika iya, berarti kita sedang menaiki gerbong kereta yang sama.

Tak menutup kemungkinan jika masih ada arti lain dari lagu Kereta Ini Melaju Terlalu Cepat milik Nadin Amizah ini. Silakan tulis di kolom komentar ya tentang pendapatmu mengenai lagu ini! Sampai jumpa di kajian makna selanjutnya!

0 Comments

Posting Komentar