Tips Cepat Menulis Cerpen yang Baik dan Mudah untuk Pemula (Bagian 1)


Tips Cepat Menulis Cerpen untuk Pemula - Seperti yang sudah kita ketahui bersama, cerpen adalah singkatan dari cerita pendek. Cerita yang bisa berasal dari mana saja. Pengalaman nyata ataupun kisah khayalan, apapun itu bisa dituangkan ke dalam cerpen. Apakah kamu tertarik untuk mengabadikan kisahmu melalui tulisan?

Jika sebelumnya kamu belum pernah menulis cerpen, janganlah merasa sedih. Semua pasti juga berawal dari sana. Untuk bisa menulis cerpen dengan baik dan benar, Anak Senja akan membagikan beberapa tips yang bisa bermanfaat untuk kamu. Pada tips menulis cerpen untuk pemula bagian pertama ini, adalah tips yang benar-benar untuk seorang pemula lho ya! Tapi jika kamu sudah berpengalaman dalam hal tulis menulis cerpen, tidak ada salahnya juga kok untuk membaca artikel ini. Kali aja ada hal yang bermanfaat dan bisa menambah skilmu dalam menulis cerpen.

Tips-Tips Cara Menulis Cerpen yang Mudah untuk Pemula


1. Membaca Cerpen

Sebelum menulis cerpen, alangkah baiknya kamu membaca sebuah cerpen terlebih dahulu. Dengan membaca, kita bisa menambah wawasan. Cara penulisan, penggunaan tanda baca, cara menentukan alur, dan segala hal bisa kamu dapatkan setelah membaca sebuah cerpen dengan saksama. Jika masih dirasa kurang, kamu bisa tambahkan beberapa judul cerpen lagi sebagau bahan untuk dibaca. Nikmati saja, jangan terlalu mengamati struktur cerpen terlalu detail, karena itu dapat merusak nikmatnya sebuah cerpen. Teruslah membaca sampai muncul sebuah perasaan ingin segera menciptakan sebuah karya!

2. Mulai Menulis Cerpen

Jangan sia-siakan kesempatan ketika rasa semangat untuk menulis datang. Langsung saja ambil kertas dan pena, laptop, atau alat tulis lainnya yang bisa digunakan untukmu menulis. Tuangkan saja apa yang ada dipikiranmu, apapun itu. Saat kamu mencoba untuk membatasi idemu, pasti rasa malas akan muncul. Maka dari itu, teruslah menulis dan jangan ragu!

3. Selesaikan Cerpen Pertamamu

Ketika menulis, baik itu baru akan mulai atau sampai tengah-tengah cerita, jangan berpikir bahwa ceritamu jelek, tidak ada yang mau baca, ataupun kemungkinan lain yang bisa membuatmu berhenti untuk menulis. Percayalah bahwa itu karyamu, buah dari pikiranmu, dan itu keren. Teruslah menulis sampai kamu merasa cerpenmu sudah berakhir!

4. Jangan Langsung Baca Cerpenmu

Setelah selesai menulis ending di dalam cerpenmu, janganlah langsung kamu baca. Beristirahatlah sejenak, tenangkan pikiran, bisa dengan ngopi ataupun main kerumah teman. Buatlah kamu lupa kalau kamu baru saja menyelesaikan cerpen pertamamu. Kenapa tidak langsung dibaca? Pertanyaan yang bagus. Disarankan tidak langsung membaca karya pertamamu agar pikiranmu fresh terlebih dahulu. Setelah beristirahat dan cukup rileks, barulah kamu coba untuk membaca cerpen pertamamu tersebut. Nilai cerpenmu sendiri, apakah sudah cukup baik? Jika dirasa ada kata-kata ataupun tanda baca yang kurang pas, kamu bisa perbaiki terlebih dahulu sampai kamu merasa bahwa cerpenmu sudah layak untuk dibaca oleh orang lain.

5. Publikasikan Cerpenmu

Untuk mempublikasikan sebuah cerpen, tidaklah harus menggunakan media masa ataupun menguploadnya ke internet. Langkah pertama yang cukup simpel dan terbaik menurut mimin adalah dengan cara meminta orang terdekat (orang tua, kakak, adik, teman, sahabat, atau pacar mungkin?) untuk membaca cerpen pertamamu. Mintalah pendapat mereka secara jujur, dan catat semua masukan dari mereka. Walaupun terkadang jujur itu menyakitkan, namun itu sangatlah berguna untuk perkembangan menulismu. Cermati dan renungkan tentang segala kritik dari pembaca cerpen pertamamu. Jangan marah jika ada yang tidak suka dengan cerpen buatanmu. Gunakan saran dan kritik tersebut untuk memperbaiki cerpenmu.

6. Terus Lakukan Berulang-ulang

Lakukan kegiatan dari nomor 1 sampai 6 di atas secara beberapa kali. Jangan malu dan jangan ragu, teruslah lakukan sampai kamu terbiasa. Mimin percaya, jika kamu terus melakukannya, kamu pasti akan menjadi salah satu penulis cerpen terbaik yang dimiliki Indonesia, bahkan dunia!


Demikianlah tips-tips cepat agar bisa menulis cerpen yang baik bagi pemula. Mungkin kamu merasa bahwa semua tips ini membutuhkan waktu yang tidak cepat. Tapi perlu kamu ketahui, bahwa cara ini jauh lebih cepat daripada kamu harus sekolah ataupun kuliah selama beberapa tahun terlebih dahulu.

Praktek langsung adalah pelajaran yang sangat mahal, karena resiko kegagalannya juga sangat besar. Namun, merasakan sebuah kegagalan itu jauh lebih berharga, karena bisa menjadi tempat koreksi untuk lebih baik lagi dan terus lebih baik lagi.

Semoga tips cara cepat menulis cerpen yang baik dan mudah untuk pemula di bagian pertama ini bisa bermanfaat untukmu. Jika kamu memiliki tips lain, silahkan bagikan di kolom komentar di bawah ini. Sampai jumpa di bagian keduanya ya? Salam literasi!

0 Comments

Posting Komentar