Pengertian Cerpen Lengkap Menurut Beberapa Ahli dan Sumbernya


Pengertian cerpen, cerpen adalah singkatan dari cerita pendek. Cerpen merupakan sebuah karya sastra yang berbentuk prosa, disusun sedemikian rupa untuk menyajikan alur cerita sehingga enak untuk dibaca. Selain itu, di dalam cerpen juga terkandung suatu makna. Cara menyampaikan makna di dalam cerpen biasanya dengan tersirat, sehingga pembaca harus menemukan sendiri tentang makna apa yang terkandung di dalamnya.

Pada umumnya, cerpen hanya fokus menceritakan satu kisah yang dialami oleh tokoh utama. Jumlah kata dalam cerpen pun bisa dikatakan sedikit, yaitu dibawah 10.000 kata. Berbeda dengan Novel, karena cerpen berisi cerita yang langsung menuju ke intinya, tak berbelit-belit, sehingga dapat  selesai dibaca dalam sekali duduk.

Isi dari cerpen dapat diangkat dari pengalaman nyata ataupun khayalan. Entah itu pengalaman sendiri, pengalaman orang lain, ataupun tokoh-tokoh atau setting-setiing khayalan semuanya bisa sah menjadi cerpen.

Cerpen berasal dari tradisi lama, yaitu penceritaan lisan. Contoh cerita yang sering beredar di masa lampau adalah cerita rakyat berbentuk legenda, menceritakan tentang terjadinya suatu tempat seperti cerita Tangkuban Perahu, Situ Bagendit, dan masih banyak yang lainnya. Selain legenda, cerita rakyat juga dapat berupa pepatah, takhayul, sejarah lisan, lelucon atau candaan, dongeng, dan kebiasaan yang telah menjadi tradisi di dalam suatu budaya, subkultur, atau kelompok.

Adapun pengertiuan cerpen dari beberapa ahli, diantaranya adalah sebagai berikut.

Pengertian Cerpen Menurut Para Ahli 


1. Dalam Purba (2010:48), H. B. Jassin

Dalam bukunya yang berjudul Tifa Penyair dan Daerahnya, H. B. Jassin mengatakan bahwa cerpen adalah cerita yang pendek (1977:69). Cerita yang sampai beratus-ratus halamannya sudah pasti bukan cerpen, karena tidak ada cerita pendek yang sangat panjang. Jika belasan halaman mungkin masih bisa disebut sebagai cerpen, namun juga ada cerpen yang hanya terdiri dari satu halaman saja.

2. Menurut Sumardjo dan Saini

Dalam bukunya yang berjudul Apresiasi Kesusatraan, Sumardjo dan Saini mengatakan bahwa pengertian cerpen adalah cerita yang pendek. Tetapi jika hanya dengan melihat fisiknya yang pendek, orang belum dapat menetapkan bahwa itu merupakan cerpen atau bukan (1986:36).

3. Menurut Sumardjo (1983: 69)

Cerita yang membatasi diri dalam membahas salah satu unsur fiksi dalam aspeknya yang terkecil merupakan pengertian cerpen menurt Sumardjo. Bukan karena pendeknya bentuk cerpen, tetapi karena masalah di dalamnya yang sangat dibatasi.


4. Menurut A. Bakar Hamid

Ia mengatakan bahwa cerpen atau cerita pendek seharusnya dilihat dari segi jumlahnya, yaitu kuantitas kata yang digunakan antara 500 sampai 20.000 kata adanya satu karakter, plot, dan kesan.

5. Menurut Nugroho Notosusanto dalam Tarigan

Nugroho Notosusanto mengatakan bahwa cerpen adalah cerita yang panjangnya berkisar 5000 kata, atau kisaran 17 halaman kuarto dengan spasi rangkap dan terpusat pada dirinya sendiri.

Begitulah pengertian cerpen lengkap bersama pendapat para ahli. Untuk contoh cerpen sendiri bisa kamu temukan di dalam web Anak Senja ini. Ada banyak pilihan genre yang bisa kamu nikmati atau analisis. Semoga bermanfaat!

0 Comments

Post a Comment