Makna di Balik Lagu Pulang - Float


Makna Lagu Pulang dari Float - Kali ini, anaksenja.com akan mengajakmu untuk mencari arti dalam lirik lagu lagi. Objek yang akan dibahas adalah salah satu lagu dari Float, yang berjudul Pulang. Akhir-akhir ini mimin sering banget dengerin lagunya. Sangat enak, dan membuat penasaran. Sebenarnya apa sih arti dan makna yang terkandung di dalam lirik lagu Pulang milik Float ini?

Sebenarnya lagu Pulang ini sudah rilis sejak lama, sekitar tahun 2005-an di dalam album No-Dream Land. Walaupun sudah lama, namun entah kenapa lagu ini masih enak banget di dengar di tahun 2020-an ini. Bisa dibilang sudah cukup jadul dari segi waktu, namun sangat bisa dibilang layak dari segi kualitas. Apakah kamu juga sering mendengarkannya akhir-akhir ini? Dan bingung tentang maksud sebenarnya dari lirik lagu Pulang ini menceritakan apa? Mari langsung saja kita ungkap habis-habisan! Kalau ada yang sekiranya kurang cocok, mohon koreksinya ya di kolom komentar. Hihihi.

Analisis Lirik Lagu Pulang - Float

Dan lalu...
Rasa itu tak mungkin lagi kini
Tersimpan di hati
Bawa aku pulang, rindu!
Bersamamu!

Lalu adalah sesuatu yang sudah berjalan atau terlewati. Bisa juga bermakna sudah habis atau selesai. Pada bait awalan ini menceritakan tentang suatu rasa (yang pernah ada) sudah terlewati dan tidak mungkin bisa kembali seperti dulu lagi. Namun, masih tersimpan harapan untuk ingin kembali lagi seperti dulu. Hal ini terdapat di bagian bawa aku pulang, rindu, bersamamu. Ingin pulang, kembali ke tempat asal, yang merupakan gambaran tentang masa lalu yang membuat nyaman.

Rindu berarti sangat ingin dan berharap benar terhadap sesuatu. Pada bait ini rindunya menceritakan bahwa ia memaksa agar diajak pulang, pulang ke keadaan semula, bersamanya. Pengalaman yang sangat indah memang sulit untuk dilupakan. Salah satunya, pengalaman yang pernah dialami dengan mantan kekasih mungkin?

Dan lalu...
Air mata tak mungkin lagi kini
Bicara tentang rasa
Bawa aku pulang, rindu!
Segera!

Pada bait ini menceritakan tentang keadaan di mana tangisan atau penyesalan mungkin sudah tak berarti lagi. Karena masa lalu sudah berlalu, dan dirasa tak bisa kembali lagi seperti dulu. Namun, masih saja berharap ingin kembali lagi seperti dulu. Yah, mau bagaimana lagi? Terkadang kita menyesal, lalu ingin mengulanginya, dan menyesal lagi, dan mengulanginya lagi, dan begitu seterusnya. Maklum saja, namanya juga manusia, yang memiliki sifat labil atau bimbang.

Jelajahi waktu
Ke tempat berteduh hati kala biru

Menjelajahi waktu? Apakah menggunakan mesin waktu seperti di film animasi Doraemon? Ya tentu saja gak lah! Menjelajah waktu itu bisa dilakukan dengan cara mengingat-ingat. Membayangkan bahwa dulu pernah dimana aja, ngapain aja, dengan siapa aja, dan lain sebagainya.

Mengingat-ingat ke tempat berteduh? Ya, mengingat-ingat ke tempat paling aman. Seperti saat hujan, kita selalu mencari tampat berteduh untuk aman dari air hujan. Saat kita berada di tempat yang dirasa aman, maka pada akhirnya kita akan menemukan sebuah kenyamanan.

Mengingat-ingat tentang kenyamanan saat hati biru? Biru merupakan sebuah warna yang memiliki banyak arti. Salah satu maknanya adalah cerah, seperti langit saat berwarna biru. Jadi, pada bait ini menceritakan tentang seseorang yang sedang mengingat-ingat tentang seseorang yang membuat hati terasa nyaman.

Dan lalu...
Sekitarku tak mungkin lagi kini
Meringankan lara
Bawa aku pulang, rindu!
Segera!

Kembali lagi, masih sulit move on. Masih saja terbebani oleh ingatan yang sangat berat untuk terlupakan. Hal ini terjadi karena lingkungan tidak mendukung. Mungkin masih tersimpan kenangan, seperti foto, atau barang-barang kenangan, dan lain sebagainya. Bisa juga karena masih selalu sering bertemu. Bisa saja karena tetanggaan, masih di satu sekolah atau di lingkungan kerja yang sama. Memaksa diri untuk kembali lagi ke masa-masa indah yang pernah berlalu, dulu.

Dan lalu...
Langkahku tak lagi jauh kini
Memudar biruku

Sampai pada akhirnya, harapan itu pudar karena merasa putus asa. Terlihat di kalimat langkahku tak lagi jauh, seperti sudah lelah sehingga memperlambat atau memberhentikan langkah kakinya yang semulanya masih semangat untuk berjalan untuk menuju ke tujuan. Lalu dipertegas di kalimat memudar biruku, seperti langit yang sudah tak biru (cerah) lagi, tertutup mendung dan akan segera hujan. Sedih kali, pingin nangis nih. Huhuhu...

Jangan lagi pulang!
Jangan lagi datang!
Jangan lagi pulang, rindu!
Pergi jauh!
Dan lalu...

Pada bait terakhir ini berisi tentang sebuah ketegasan. Mengusir jauh-jauh. Mengusir sosok dia (kekasihnya) yang selalu hadir di ingatan. Ingin segera move on, bangkit untuk menerima kenyataan dan memulai lembaran baru, karena semua itu hanya masa lalu. Sekarang adalah masa baru yang harus dimulai dengan memandang lurus ke depan, tak lagi ke belakang.

Tak selamanya lagu ini menceritakan tentang mantan "kekasih" yang pergi dengan orang lain atau pergi ke suatu tempat karena alasan tertentu loh. Bisa saja menceritakan tentang kehilangan seseorang yang paling disayang (selain kekasih). Ia sudah tiada, meninggalkan dunia ini untuk menuju ke dunia selanjutnya.

Intinya, lagu ini menceritakan tentang sebuah kerinduan yang amat sangat mendalam kepada sesuatu (bisa kepada seseorang atau apapun itu). Sulit untuk melupakan karena mungkin pernah melakukan, meninggalkan, atau menemani di saat-saat yang sangat berharga. Dan pada akhirnya, sadar bahwa harus bangkit dan tidak galau secara terus-terusan.

Apakah analisis kali ini sudah cukup menjelaskan tentang makna di balik lirik lagu Pergi milik Float ini? Apakah masih ada yang kurang dan kamu memiliki makna yang lainnya? Jangan sungkan untuk berbagi ide kawan, silakan tulis di kolom komentar tentang pendapatmu mengenai lagu ini.

Setiap orang memiliki pengalaman yang berbeda-beda. Maka dari itu, pasti setiap orang juga memiliki tafsir yang berbeda-beda pula saat mengartikan sebuah karya. Jika ingin request lagu lain untuk di analisis, silakan tulis saja di kolom komentar. Lain kali jika ada kesempatan pasti akan mimin coba untuk membuat analisisnya. Semoga analisis tentang makna dari lirik lagu berjudul Pergi milik Float ini bermanfaat buat kamu. Sampai jumpa!

0 Comments

Posting Komentar