Gunakan fitur Bookmark untuk menyimpan bacaanmu di lain waktu Info!

Menelisik Arti dan Makna Lagu Mendarah dari Nadin Amizah

Artikel ini mengungkap arti dan makna asli yang tersembunyi di dalam lirik lagu Mendarah dari Nadin Amizah, simak artikel lengkapnya.
Makna Sebenarnya di Balik Lagu Mendarah dari Nadin Amizah

Arti Lagu Mendarah - Secara singkat, lagu Mendarah menceritakan tentang rasa kesepian akibat jauh atau ditinggalkan seseorang yang tersayang. Hal ini membuat hidup terasa hampa (kosong) dan tersiksa akibat dilanda kerinduan yang sangat mendalam. Maka dari itu, untuk... untuk info lengkap mengenai makna lirik lagu Mendarah, silakan simak hingga akhir!

Lagu ini merupakan salah satu judul track dari 10 lagu di album perdana Nadin, “Selamat Ulang Tahun", yang rilis pada tanggal 28 Mei 2020. Dalam album pertamanya ini banyak lagu yang juga hits, seperti Bertaut, Cermin, dan masih banyak lagi.


Kata Mendarah diambil Nadin dari frasa mendarah daging, yang memiliki makna sangat meresap ke dalam hati sanubari, atau bisa disebut dengan "sudah menjadi kebiasaan". Lirik lagu Mendarah ini Nadin tulis untuk seseorang yang jauh dari raihannya, namun selalu disertakan dalam doa. "Ada di jarak yang jauh dalam ruang dan waktu," ungkap Nadin di salah satu interview.

"Tak banyak memoriku tentangmu, maka kubiarkan hitam semua layarnya. Bukan dalam rangka dendam, tapi sebagai pernyataan bahwa yang kosong ini harus di isi ingatan cantik kedepannya. Untuk yang sudah berlalu, aku sudah memaafkanmu. Walau tak terucap, namamu akan selalu kubawa mendarah."

—Nadin, 2020

Mungkin kamu sudah sangat penasaran tentang lagu Mendarah artinya apa? Tak perlu resah, karena pada kesempatan kali ini anaksenja.com akan menemanimu mencari tahu maksud lagu Mendarah dari Nadin Amizah sedetail-detailnya. Tanpa berlama-lama lagi, mari kita mulai pembahasannya dari bait pertama!



Analisis Lirik Lagu Mendarah milik Nadin Amizah


Bagaikan jiwa yang terpisah
Mati enggan hidup pun susah
Jiwanya telah lama direnggut waktu

Pada bait pertama ini menceritakan tentang rasa kesepian yang teramat dalam. Sampai-sampai merasa bahwa diri sudah tak berarti apa-apa. Serasa tak berguna, sehingga malas untuk melakukan apapun. Bisa dibilang tak ada semangat atau alasan untuk menjalankan hidup lagi.

Katanya "hatiku telah lama terbelah,
Bagai cangkang kosong terpisah."
Ragaku ada di sini tapi hatiku bersamamu

Ada banyak jenis cangkang di dunia ini, seperti cangkang telur, siput, kura-kura, ataupun kerang. Pada bagian ini ada kata "terpisah" di baris kedua. Jika terpisah, berarti pernah menyatu dan tidak menjadi satu lagi. Seperti halnya saat kita makan kerang.


Cara memakannya adalah dengan membuka cangkang tersebut (entah itu dicongkel atau didongkrak karena terkadang susah banget) dan mengambil daging di dalamnya sehingga menyisakan cangkang kosong yang menganga setelahnya.

Seperti itulah gambaran suatu hubungan jarak jauh, atau yang biasa disebut dengan LDR (Long distance relationship). Terkadang LDR menciptakan komunikasi di suatu hubungan menjadi berjarak, entah karena kesibukan dari masing-masing pihak atau alasan apapun itu.

Hal yang paling ditakutkan dalam LDR adalah perselingkuhan. Yah, walau bagaimana pun kalau udah cinta pasti akan setia dan percaya, walau sering terserang rasa curiga dan rindu yang teramat lara.

Bukan maaf yang kuminta
Tapi peluk yang kulupa

Biasanya, setelah adanya jarak akan muncul kata "maaf". Padahal, sebenarnya kata itu tak berarti apapun untuk pihak yang ditinggal, karena yang paling dibutuhkan hanya pertemuan untuk melepas semua rindu yang selama ini terpisahkan oleh jarak dan waktu.


Setidaknya ada cerita
Di mana ada
Kamu dalamnya

Komunikasi adalah salah satu pondasi yang mendasari suatu hubungan. Tanpa adanya komunikasi yang baik, dapat dipastikan hubungan itu akan terancam tidak harmonis, kecuali memang antar pasangan bisa benar-benar teguh dalam komitmen yang pernah dibangun bersama. Tapi yang namanya rindu pasti akan sulit untuk ditahan. Ingin rasanya berbincang walau hanya sebentar, walau hanya sekadar bertanya kabar.

Ini cerita tentang rumah yang berbeda
Dan berjarak

Sekarang kita menuju ke bagian reff pada lagu Mendarah ini. Frasa "rumah yang berbeda" di sini berartikan tempat berpijak, bisa bermakna lokasi atau dunia yang tak sama.

Jika diibaratkan dengan dunia yang berbeda, kita tak harus mengkaji ulang dari awal kok. Cukup mengganti objek pacaran jarak jauh (LDR) dengan ditinggal pergi orang terkasih selama-lamanya (meninggal). Kekasih di sini juga bisa berartikan banyak hal, bisa jadi pacar, sahabat, ataupun orang yang paling dekat, seperti saudara, ayah, atau ibu. Hmm, menurutmu siapa guys yang lebih tepat?

Jauh hanya tersentuh dalam jarak doa
Ada hati yang kujaga

Jauhnya jarak dengan orang yang disayang membuat diri hanya bisa berharap agar dia (yang disayang) baik-baik saja dan selalu terjaga olehNya. Rasa kesetiaan yang tinggi kepada yang terkasih mampu membuat diri menjadi terus menjaga hatinya agar tak berpaling kepada orang lain. Siapa coba yang kuat menjaga hati saat si doi pergi beberapa tahun tanpa ada kabar apapun? Aku rasa kamu gak akan mampu, hihihi...


Namamu jadi rahasia
Dalam diam kan kubawa mendarah

Tak peduli saat semua orang menilai diri (sendiri) ini (mungkin dengan sebutan) gila karena gak bisa move on dari orang yang dicintai. Diri ini tetap setia mengenangnya dan berharap dipertemukan lagi dengannya dengan kesempatan yang sangat istimewa, entah sampai kapan pun itu (mungkin di akhirat sana?).

Hal itu terjadi karena sudah menjadi kebiasaan, terbiasa mencintai satu orang dengan sangat tekun dan setia, dan terus setia sampai kapan pun juga karena sudah bertekat dengan sangat kuat. Gila bener dahhh... lagunya keren beud!

Semoga kajian arti lirik lagu Nadin Amizah - Mendarah dapat bermanfaat untukmu. Buat kamu yang ingin bernyanyi, tenang saja, karena anaksenja.com sudah menyediakan Nadin Amizah - Mendarah lirik lengkapnya. Tak lupa juga beserta musik dan vidio klipnya. Selamat menyimak!

Lirik Lagu Nadin Amizah - Mendarah

Bagaikan jiwa yang terpisah
Mati enggan hidup pun susah
Jiwanya tlah lama di renggut waktu

Katanya "hatiku tlah lama terbelah,
Bagai cangkang kosong terpisah."
Ragaku ada disini tapi hati ku bersamamu

Bukan maaf yang ku minta
Tapi peluk yang ku lupa

Ini cerita tentang rumah yang berbeda
Dan berjarak
Jauh hanya tersentuh dalam jarak doa
Ada hati yang ku jaga
Namamu jadi rahasia
Dalam diam kan ku bawa mendarah

Setidaknya ada cerita
Dimana ada
Kamu dalamnya

Ini cerita tentang rumah yang berbeda
Dan berjarak
Jauh hanya tersentuh dalam jarak doa
Ada hati yang ku jaga
Namamu jadi rahasia
Dalam diam kan ku bawa
Dalam diam kan ku bawa
Dalam diam kan ku bawa mendarah


Musik dan Vidio Klip Nadin Amizah - Mendarah


Tentang Lagu Mendarah

Artis: Nadin Amizah
Judul: Mendarah
Album: Selamat Ulang Tahun
Dirilis: 2020
Producer: Sorai


Komentar Netizen Terhadap Lagu Mendarah

Ada beberapa komentar netizen di kolom vidio klipnya yang cukup menyita perhatian. Mungkin komentar ini bisa menambah referensi kita semua untuk lebih memahami makna lirik Mendarah milik Nadin Amizah. Berikut ini beberapa kutipan yang menjadi sorotan mimin.

@nengdinofficial6679
"Nadin, di balik pintu kamarku terdengar dua orang yang sedang beradu mulut. Rasanya hatiku meringis. Nadin, tolong sampaikan pada mereka, aku tak minta dilahirkan untuk dijadikan sebuah beban. Entah mengapa semakin bertumbuh dewasa, rasanya dunia semakin kejam. Rumah tak lagi terasa menenangkan :')"

@fooddailytraditionalsnack6360
"Setiap episode-Nya yang ingin ku 'skip', langsung ke bagian selanjutnya. Namun tak bisa. Sebentar ku mampir ke sini. Mungkin saja menemukan lagu yang pas buat menemani nestapa yang sementara ini. Aksara kadang lebih hidup daripada hidup. Menampar-nampar jiwa yang lekat di badan. Bisa jadi episodeku ini sama dengan episode yang tersirat dalam tulisan ini. Lumayanlah. Aku nestapa tidak sendiri. Semoga sembuh segera menepi, memberi sehat pada hati di kandung badan. Aamiin."

@adillyafauziyah5806
"Mungkin sosok ayah bagi anak perempuan lain adalah cinta pertamanya. Namun berbeda denganku, karena bagiku ayah adalah patah hati pertamaku."

@bielu2648
"Kata mereka aku kuat, aku selalu ceria. Memang, mereka tak melihat bantalku yang selalu basah di sepanjang malam. Bercerita? Pernah, tapi percuma, mereka tak pernah mengerti bahwa luka itu tak pernah bisa disembuhkan. Lagipula aku tak mau menjadi manusia yang menjual cerita iba demi mendapat sebuah mahkota, karena aku benci dikasihani. Jadi, lebih baik menjadi pembohong, kan? Sudahlah, aku lelah."


@inggridfatma491
"Tentang rumah yang tak seindah dulu (entah siapa yang mengubahnya). Tentang arti pulang yang tak pernah ada arti lagi. Tentang kehidupan di luar rumah yang mampu menciptakan kenyamanan. Tentang kesendirian yang menjadi pilihan hidup. Tentang satu persatu orang yang kucinta mulai jatuh dan menjauh. Tentang doa yang tetap menganung menembus langit."

@dianysinta4060
"Bapak, bagaimana kabarnya? Semoga baik ya.

Pak, benar kata Nadin, aku butuh peluk, bukan kata maaf. Pak, aku gadis kecilmu yang selalu berusaha bertahan dari keras lembutnya perjalanan yang bernama hidup.

Pak, kita berdua terlampau jauh, terlalu dingin untuk menjadi hangat. Semua rekaman memori masa lalu tersimpan rapi di suatu ruangan dalam hatiku. Pak, aku punya ragamu, tapi tidak dengan sosok dan hadirmu.

Semoga surat terbang bernama doa-doa yang ku rapalkan untukmu dapat sampai dengan hangat ya, pak. Semoga Tuhan segera memperbaiki kita yang telah patah untuk kembali merekah. 

Salam sayang, anakmu"

@arliserlina2952
"Apakah di sini ada yang sepertiku ? Selalu iri dengan anak perempuan yang mengatakan "aku akan mencari calon suami seperti papaku!", karna semua itu tidak berlaku untukku. :')"

Pepatah jepang pernah mengatakan bahwa "membaca kolom komentar adalah jalan ninjaku". Terimakasih yang sudah berkomentar di kolom vidio klipnya, dan mohon untuk kesediaannya mimin kutip dan sedikit edit. Semoga dari beberapa komentar di atas bisa bermanfaat untuk kita semua. :)


Penutup

Untuk link download lagu Nadin Amizah - Mendarah mp3, tidak perlu ya? Karena lagunya sudah bisa dinikmati secara gratis di mana-mana, seperti Youtube, Spotify, Resso, Joox, SoundCloud, Deezer, iTunes, Apple Music dan pemutar media online lainnya. Begitu juga untuk kunci gitar Mendarah chord, kamu bisa menemukannya dengan mudah di web sebelah.

Perlu diketahui bahwa lirik lagu Mendarah yang mimin sediakan sepenuhnya menjadi hak cipta atau hak milik dari penulis, artis, band dan label musik yang bersangkutan. Semua materi yang dipaparkan hanya bertujuan untuk informasi dan edukasi.

Mungkin kamu tidak setuju dengan apa yang sudah anaksenja.com jabarkan, karena mimin percaya pendapat serta pengetahuan setiap orang itu berbeda-beda. Maka dari itu, mimin persilakan kamu untuk megungkapkan pendapatmu di kolom komentar. Mungkin saja interpretasi lagu Mendarah darimu jauh lebih baik dan dapat bermanfaat bagi yang lainnya. Mari kita bahas bersama-sama hingga menemukan makna sebenarnya yang tersembunyi di balik lirik lagu Mendarah milik Nadin Amizah!

6 komentar

  1. Kereenn✨
    1. Terimakasih, jangan sungkan untuk berkunjung kembali ya kak :)
  2. Jodoh

    Apa kabar ? sedang apa ? , aku berharap kamu selalu baik baik saja , jalani hari harimu dengan rasa percaya diri ya ! , hati hati dan baik baik selalu dimana pun kamu berada , selalu beribadah dan berdo'a ya

    ada hati yang ku jaga , namamu jadi rahasia dalam hati kan ku bawa .
    1. Semoga dapat segera dipertemukan dan disatukan dengan jodoh yang terbaik ya kak 🙏
  3. kalau boleh berpendapat, makna "rumah yang berbeda" disini itu cowok lain. maka dari itu "namamu jadi rahasia".

    "jauh hanya tersentuh dalam jarak doa" bisa jadi orang yang sudah tiada, bisa juga orang yang sebenarnya dekat namun tidak memungkinkan untuk bercengkrama karna terdapat ketidakpastian dalam hubungan.
    1. Masuk akal kak! liriknya Nadin emang jadi luas banget jika dilihat dari sudut pandang yang berbeda. Terimakasih sudah berbagi sudut pandang kak, semoga bisa bermanfaat untuk yang lainnya 🙏
Silakan berkomentar dengan sopan. Centang Beri Tahu Saya untuk mendapatkan notifikasi dari komentarmu. :)
Oops!
Sepertinya ada yang salah dengan koneksi internetmu. Harap sambungkan ke internet dan mulai menjelajah lagi.
AdBlock Detected!
Kamu menggunakan plugin "AdBlock" ya? Yuk matikan dulu fitur Ad-Blocknya dan masukkan anaksenja.com ke dalam whitelist plugin pemblokiran iklanmu!
⋯⋯⋯
Pendapatan yang kami peroleh dari iklan digunakan untuk mengelola situs web ini. Terimakasih sudah berkunjung. :)
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.