Makna di Balik Lagu Mendarah - Nadin Amizah


Arti Lagu Nadin Amizah Mendarah - Secara singkat, lagu ini menceritakan tentang perasaan kesepian akibat jauh atau ditinggalkan oleh seseorang yang tersayang. Mengakibatkan hidup terasa hampa (kosong) dan dilanda kerinduan yang sangat mendalam.

Lagu Mendarah ini merupakan salah satu judul track dari 10 lagu di album perdananya yang rilis pada tanggal 28 Mei 2020 dengan tajuk “Selamat Ulang Tahun". Dalam album pertamanya ini banyak lagu yang juga hits, seperti Bertaut, Cermin, dan masih banyak lagi.

Kata Mendarah dari judul lagu ini diambil Nadin dari frasa mendarah daging, yang memiliki makna sangat meresap ke dalam hati sanubari, atau bisa disebut dengan sudah menjadi kebiasaan. Lirik lagu Mendarah ini Nadin tulis untuk seseorang yang jauh dari raihannya, namun selalu disertakan dalam doa. "Ada di jarak yang jauh dalam ruang dan waktu," kata Nadin di salah satu interview.

Pertama kali dengerin lagunya, mimin cukup merinding dan menjadi sangat penasaran. Sebenarnya lagu Mendarah ciptaan Nadin ini menceritakan tentang apa sih? Arti yang tersembunyi di balik lirik lagu Mendarah ini apa sih? Apa kamu juga penasaran dengan makna atau arti lagunya? Mari langsung saja kita kaji bersama-sama tentang arti lagu Mendarah dari Nadin Amizah!

Analisis Lirik Lagu Mendarah - Nadin Amizah

Bagaikan jiwa yang terpisah
Mati enggan hidup pun susah
Jiwanya telah lama direnggut waktu

Pada bait pertama ini menceritakan tentang rasa kesepian yang teramat dalam. Sampai-sampai merasa bahwa diri sudah tak berarti apa-apa. Serasa tak berguna, sehingga malas untuk melakukan apapun. Bisa dibilang tak ada semangat atau alasan untuk menjalankan hidup lagi.

Katanya "hatiku telah lama terbelah,
Bagai cangkang kosong terpisah."
Ragaku ada di sini tapi hatiku bersamamu

Ada banyak jenis cangkang di dunia ini, seperti cangkang telur, siput, kura-kura, ataupun kerang. Pada bagian ini ada kata "terpisah" di baris kedua. Jika terpisah, berarti pernah menyatu dan tidak menjadi satu lagi. Seperti halnya saat kita makan kerang. Cara memakannya adalah dengan membuka cangkang tersebut (entah itu dicongkel atau didongkrak karena terkadang susah banget) dan mengambil daging di dalamnya sehingga menyisakan cangkang kosong yang menganga setelahnya.

Seperti itulah gambaran suatu hubungan jarak jauh, atau yang biasa disebut dengan LDR (Long distance relationship). Terkadang LDR menciptakan komunikasi di suatu hubungan menjadi berjarak, entah karena kesibukan dari masing-masing pihak atau alasan apapun itu. Hal yang paling ditakutkan dalam LDR adalah perselingkuhan. Yah, walau bagaimana pun kalau udah cinta pasti akan setia dan percaya, walau sering terserang rasa curiga dan rindu yang teramat lara.

Bukan maaf yang kuminta
Tapi peluk yang kulupa

Biasanya, setelah adanya jarak akan muncul kata "maaf". Padahal, sebenarnya kata itu tak berarti apapun untuk pihak yang ditinggal, karena yang paling dibutuhkan hanya pertemuan untuk melepas semua rindu yang selama ini terpisahkan oleh jarak dan waktu.

Setidaknya ada cerita
Di mana ada
Kamu dalamnya

Komunikasi adalah salah satu pondasi yang mendasari suatu hubungan. Tanpa adanya komunikasi yang baik, dapat dipastikan hubungan itu akan terancam tidak harmonis, kecuali memang antar pasangan bisa benar-benar teguh dalam komitmen yang pernah dibangun bersama. Tapi yang namanya rindu pasti akan sulit untuk ditahan. Ingin rasanya berbincang walau hanya sebentar, walau hanya sekadar bertanya kabar.

Ini cerita tentang rumah yang berbeda
Dan berjarak

Sekarang kita menuju ke bagian reff pada lagu Mendarah ini. Frasa "rumah yang berbeda" di sini berartikan tempat berinjak, bisa bermakna lokasi atau dunia yang tak sama. Jika diibaratkan dengan dunia yang berbeda, kita tak harus mengkaji ulang dari awal. Cukup mengganti objek pacaran jarak jauh (LDR) dengan ditinggal pergi orang terkasih selama-lamanya (meninggal). Kekasih di sini juga bisa berartikan banyak hal, bisa jadi pacar, sahabat, ataupun orang yang paling dekat, seperti saudara, ayah, atau ibu. Hmm, menurutmu siapa guys yang lebih tepat?

Jauh hanya tersentuh dalam jarak doa
Ada hati yang kujaga

Jauhnya jarak dengan orang yang disayang membuat diri hanya bisa berharap agar dia (yang disayang) baik-baik saja dan selalu terjaga olehNya. Rasa kesetiaan yang tinggi kepada yang terkasih mampu membuat diri menjadi terus menjaga hatinya agar tak berpaling kepada orang lain. Siapa coba yang kuat menjaga hati saat si doi pergi beberapa tahun tanpa kabar? Aku rasa kamu gak akan mampu, hihihi...

Namamu jadi rahasia
Dalam diam kan kubawa mendarah

Tak peduli saat semua orang menilai diri (sendiri) ini (mungkin dengan sebutan) gila karena gak bisa move on dari orang yang dicintai. Diri ini tetap setia mengenangnya dan berharap dipertemukan lagi dengannya dengan kesempatan yang istimewa, eantah kapan pun itu. Hal itu terjadi karena sudah menjadi kebiasaan, terbiasa mencintai satu orang dengan sangat tekun dan setia, dan terus setia sampai kapanpun juga karena sudah bertekat dengan sangat kuat.

Gila bener dahhh... Pertama denger lagunya sih mimin masih bingung, namun setelah mencoba nganalisis ternyata baru ngerti kalau "Oalah... gitu to." Tapi, tidak menutup kemungkinan bahwa masih ada makna lain dibalik lirik lagu Nadin yang berjudul Mendarah ini. Apakah kamu memiliki arti atau makna lain dari sebagian atau keseluruhan lagu ini? Silakan tulis di kolom komentar, mari kita ungkap sedalam-dalamnya untuk mengetahui makna yang sebenarnya!

0 Comments

Post a Comment