Gunakan fitur Bookmark untuk menyimpan bacaanmu di lain waktu Info!

Arti Makna Lagu Lir-ilir yang Sebenarnya

Artikel ini mengungkap arti dan makna asli yang tersembunyi di dalam lirik lagu Lir ilir dari Sunan Kalijaga, simak artikel lengkapnya.
Makna Sebenarnya di Balik Lagu Lir ilir dari Sunan Kalijaga

Arti Lagu Lir ilir - Apakah kamu sudah sangat penasaran tentang lagu Lir ilir artinya apa? Tak perlu resah, karena pada kesempatan kali ini anaksenja.com akan menemanimu mencari tahu maksud lagu Lir ilir dari Sunan Kalijaga sedetail-detailnya. Tanpa berlama-lama lagi, mari kita mulai pembahasannya dari bait pertama!

Analisis Makna Lirik Lagu Lir Ilir dari Sunan Kalijaga

Lir ilir, lir ilir
Bangun, bangunlah
Tandure wis sumilir
Tanaman sudah bersemi
Tak ijo royo-royo tak senggo temanten anyar
Telah menghijau seperti pengantin baru

Coba kita ibaratkan bahwa diri manusia itu adalah tanaman atau tumbuhan, yang sedang subur-suburnya hingga memiliki daun lebat berwarna hijau. Ketika bermalas-malasan, tidak merawat diri, pastinya yang namanya tumbuhan akan layu dan (bisa saja) mati.

Maka dari itu, sebagai tumbuhan yang baik kita harusnya jangan bermalas-malasan (tidur-tiduran) terus. Mari bangun dan berkarya!

Toh kita juga yang merasakan dampaknya ketika menjadi orang yang "baik". Saat mampu mencapai tahap tersebut (menguasai dan menakhlukkan diri sendiri), kita bisa bisa membawa dampak yang baik bagi lingkungan kita. Sepertihalnya cah angon, yang mampu menggiring atau membawa orang lain ke jalan yang benar.

Cah angon-cah angon
Anak gembala-anak gembala
Penekno blimbing kuwi
Panjatlah pohon belimbing itu
Lunyu-lunyu penekno
Walaupun licin, tetaplah panjat
Kanggo mbasuh dodotiro
Untuk membasuh pakaianmu

Apakah kamu bertanya-tanya tentang mengapa cah angon dalam lagu Lir Ilir diminta untuk memanjat pohon belimbing? Apa makna memanjat pohon belimbing?

Coba deh googeling, "bagaimanakah bentuk buah belimbing?". Nanti pasti bakal terlihat bahwa buah belimbing memiliki bentuk yang ketika dibelah akan membentuk sebuah bintang, yang mana bintang tersebut memiliki ujung yang berjumlah 5.

Mungkin kamu penasaran, "lalu apa maksudnya?". Tenang... tenang... 5 adalah jumlah dari rukun Islam. Walaupun memanjat pohon belimbing itu licin dan (mungkin) susah, namun sebagai umat muslim kita haruslah berusaha memenuhinya (melakukannya) untuk meraih kelima rukun Islam tersebut.

Dodotiro-dodotiro
Pakaian-pakaianmu
Kumitir bedhah ing pinggir
Terkoyak pada bagian pinggir
Dondomono jlumatono kanggo sebo mengko sore
Jahitlah dan benahilah untuk nanti sore
Mumpung padhang rembulane
Selagi bulan masih bersinar terang
Mumpung jembar kalangane
Selagi masih banyak waktu luang
Yo surako, Surak iyo
Ayo bersoraklah, sorakan iya

Lantas, apa arti dari “Dodotiro-dodotiro, kumitir bedhah ing pinggir”? Yakni kita (sebagai manusia) harus selalu memperbaiki diri dan keimanan agar siap dipanggil kapan saja olehNya. Jangan sampai tak memiliki bekal apa-apa, karena pasti akan sangat mengerikan. Naudzubillah...

Pada bagian akhir, “Mumpung padhang rembulane, mumpung jembar kalangane” menggambarkan tentang proses memperbaiki iman dalam diri kita seharusnya dilakukan selagi "bulan masih bersinar terang", atau selagi kita masih memiliki waktu untuk hidup di dunia.

Jadi, secara keseluruhan lagu Lir-ilir menceritakan tentang sebuah pesan kepada umat muslim agar selalu memperbaiki iman di dalam dirinya selagi masih memiliki kesempatan, agar tak menyesal di kemudian hari.

Sejarah Lagu Lir Ilir 

Lagu Lir-ilir diciptakan oleh Sunan Kalijaga, atau Raden Mas Said, yang merupakan salah satu Wali Songo yang memiliki peran penting dalam penyebaran agama Islam di Jawa pada abad ke-15 silam. Lagu yang sangat populer di Jawa Tengah ini sering dianggap sebagai salah satu lagu tradisional yang cukup penting bagi budaya Jawa, yang sering dinyanyikan dalam acara-acara resmi maupun non resmi.

Secara umum, lagu Lir Ilir mengajak para pendengarnya untuk selalu berusaha melangkah ke arah kebaikan dan meninggalkan keburukan. Lir Ilir memiliki makna yang religius, yaitu mengajak pendengarnya untuk selalu taat kepada Tuhan dan menjauhi segala laranganNya (kemaksiatan). Lagu ini juga berisi ajakan untuk selalu berbuat baik kepada sesama, hidup sederhana dan bersyukur atas apa saja yang sudah diberikan Tuhan kepada kita.

Tak hanya itu, lagu Lir Ilir juga berisi seruan untuk berpikir dan berkarya demi kemajuan bangsa. Lagu ini mengandung pesan tentang pentingnya pembangunan nasional, persatuan di antara rakyat, serta rasa hormat yang tulus terhadap kerajaan (di masa itu). Lirik lagu ini juga menegaskan bahwa setiap orang (warga negara) harus bekerja keras untuk mendukung kemajuan bangsa dan negara.

Semoga kajian arti lagu Sunan Kalijaga - Lir ilir dapat bermanfaat untukmu. Buat kamu yang ingin bernyanyi, tenang saja, karena anaksenja.com sudah menyediakan Sunan Kalijaga - Lir ilir lirik lengkap dengan terjemahan bahasa Indonesianya. Selamat menyimak!

Lirik Lagu Lir-Ilir dengan Terjemahan Bahasa Indonesia

Lir ilir, lir ilir
Bangun, bangunlah
Tandure wis sumilir
Tanaman sudah bersemi
Tak ijo royo-royo tak senggo temanten anyar
Telah menghijau seperti pengantin baru

Cah angon-cah angon
Anak gembala-anak gembala
Penekno blimbing kuwi
Panjatlah pohon belimbing itu
Lunyu-lunyu penekno
Walaupun licin, tetaplah panjat
Kanggo mbasuh dodotiro
Untuk membasuh pakaianmu

Dodotiro-dodotiro
Pakaian-pakaianmu
Kumitir bedhah ing pinggir
Terkoyak pada bagian pinggir
Dondomono jlumatono kanggo sebo mengko sore
Jahitlah dan benahilah untuk nanti sore
Mumpung padhang rembulane
Selagi bulan masih bersinar terang
Mumpung jembar kalangane
Selagi masih banyak waktu luang
Yo surako, Surak iyo
Ayo bersoraklah, sorakan iya

Musik dan Vidio Lir ilir

Tentang Lagu Lir ilir

Genre: Classic Country
Komposer: Sunan Kalijaga
Penghargaan: AMI Award untuk Karya Produksi Lagu Berbahasa Daerah Terbaik
Nominasi: AMI Award untuk Karya Produksi Lagu Berbahasa Daerah Terbaik

Penutup

Untuk link download lagu Lir ilir mp3, tidak perlu ya? Karena lagunya sudah bisa dinikmati secara gratis di mana-mana, seperti Youtube, Spotify, Resso, Joox, SoundCloud, Deezer, iTunes, Apple Music dan pemutar media online lainnya. Begitu juga untuk kunci gitar Lir ilir chord, kamu bisa menemukannya dengan mudah di web sebelah.

Perlu diketahui bahwa lirik lagu Lir ilir yang mimin sediakan sepenuhnya menjadi hak cipta atau hak milik dari penulis, artis, band dan label musik yang bersangkutan. Semua materi yang dipaparkan hanya bertujuan untuk informasi dan edukasi.

Mungkin kamu tidak setuju dengan apa yang sudah anaksenja.com jabarkan, karena mimin percaya pendapat serta pengetahuan setiap orang itu berbeda-beda. Maka dari itu, mimin persilakan kamu untuk megungkapkan pendapatmu di kolom komentar. Mungkin saja interpretasi lagu Lir ilir darimu jauh lebih baik dan dapat bermanfaat bagi yang lainnya. Mari kita bahas bersama-sama hingga menemukan makna sebenarnya yang tersembunyi di balik lirik lagu Lir ilir dari Sunan Kalijaga!

Posting Komentar

Silakan berkomentar dengan sopan. Centang Beri Tahu Saya untuk mendapatkan notifikasi dari komentarmu. :)
Oops!
Sepertinya ada yang salah dengan koneksi internetmu. Harap sambungkan ke internet dan mulai menjelajah lagi.
AdBlock Detected!
Kamu menggunakan plugin "AdBlock" ya? Yuk matikan dulu fitur Ad-Blocknya dan masukkan anaksenja.com ke dalam whitelist plugin pemblokiran iklanmu!
⋯⋯⋯
Pendapatan yang kami peroleh dari iklan digunakan untuk mengelola situs web ini. Terimakasih sudah berkunjung. :)
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.