Gunakan fitur Bookmark untuk menyimpan bacaanmu di lain waktu Info!

Makna Sebenarnya di Balik Lagu Kampuang Nan Jauh di Mato dari Daerah Sumatera Barat


Arti Lagu Kampuang Nan Jauh di Mato - Secara garis besar, lagu Kampuang Nan Jauh di Mato menceritakan tentang kerinduan akan kampung halaman yang jauh, di mana keluarga, sahabat, dan sanak saudara berkumpul menjadi satu.

Lagu Kampuang Nan Jauh di Mato berasal dari daerah Sumatera Barat. Pencipta lagu Kampuang Nan Jauh di Mato adalah Oslan Husein, yang berasal dari Padang dan lahir pada tanggal 8 April tahun 2021. Lagu Kampuang Nan Jauh di Mato merupakan salah satu lagu Minang terbaik sepanjang masa.

Mungkin kamu sudah sangat penasaran dan segera ingin tau lagu daerah yang berjudul Kampuang Nan Jauh di Mato ini sebenarnya menceritakan tentang apa? Tak perlu risau, karena pada kesempatan kali ini anaksenja.com akan menemanimu membedah makna di balik lirik lagu Kampuang Nan Jauh di Mato. Tanpa berlama-lama lagi, mari kita mulai pembahasannya dari bait pertama!


Analisis Lirik Lagu Kampuang Nan Jauh di Mato dengan Terjemahan Bahasa Indonesia


Kampuang nan jauh di mato
(Kampung halaman yang jauh di mata)
Gunuang Sansai Baku Liliang
(Gunung banyak sekelilingnya)
Takana Jo Kawan, Kawan Nan Lamo
(Terkenang pada kawan-kawan lama)
Sangkek Basu Liang Suliang
(Ketika aku bermain seruling)

Pada bagian awal lagu Kampuang Nan Jauh di Mato menceritakan tentang seseorang yang sedang merindukan kampung halamannya, yang sudah tak bisa terlihat oleh mata karena jaraknya sangat jauh. Melihat dari tradisinya, beberapa orang Minang akan merantau ke daerah seberang dan meninggalkan tanah kelahiran.

Panduduknya nan elok nan
(Penduduknya yang baik)
Suko Bagotong Royong
(suka bergotong royong)
Kok susah samo samo diraso
(kalau susah sama-sama dirasa)
Den Takana Jo Kampuang
(Aku teringat pada kampung)

Diceritakan bahwa suasana di kampung halaman sangatlah mengesankan, di mana banyak penduduk yang baik, suka bergotong royong, senang susah tetap bersama-sama, dan berbagai hal yang sangat istimewa. Jika teringat akan semua hal tersebut, pasti akan menciptakan kerinduan dan ingin segera pulang.


Takana Jo Kampuang
(Terkenang pada kampung halaman)
Induk Ayah Adik Sadonyo
(Ibu ayah adik semuanya)
Raso Mangimbau Ngimbau Den Pulang
(Serasa memanggil aku pulang)
Den Takana Jo Kampuang
(Aku teringat pada kampung)

Tak lupa juga ada keluarga, seperti ayah, ibu, adik, kakak, dan semua sanak saudara yang selau dirindukan. Intinya, mengingat kampung halaman pasti akan menciptakan kerinduan yang sangat mendalam.

Sepertinya tak hanya untuk penduduk Sumatera Barat saja, namun semua orang yang merantau (pergi dari kampung halaman) pasti akan merindukan tanah kelahiran ketika sudah lama tak jumpa atau pulang kampung.

Semoga kajian makna dari lagu daerah SumBar berjudul Kampuang Nan Jauh di Mato ini dapat bermanfaat untukmu. Buat kamu yang ingin menyimak lirik lagunya, tenang saja, karena anaksenja.com sudah menyediakan lirik lagu lengkapnya. Tak lupa juga beserta vidio klipnya. Selamat menyimak!


Lirik Lagu Daerah Sumatera Barat Kampuang Nan Jauh di Mato


Kampuang nan jauh di mato
Gunuang Sansai Baku Liliang
Takana Jo Kawan, Kawan Nan Lamo
Sangkek Basu Liang Suliang

Panduduknya nan elok nan
Suko Bagotong Royong
Kok susah samo samo diraso
Den Takana Jo Kampuang

Takana Jo Kampuang
Induk Ayah Adik Sadonyo
Raso Mangimbau Ngimbau Den Pulang
Den Takana Jo Kampuang


Musik dan Vidio Lagu Kampuang Nan Jauh di Mato



Untuk link download lagu anak Kampuang Nan Jauh di Mato mp3, tidak perlu ya? Karena lagunya sudah bisa dinikmati secara gratis di mana-mana, seperti Youtube, Spotify, Resso, dan pemutar media online lainnya.

Mungkin kamu tidak setuju dengan apa yang sudah anaksenja.com jabarkan, karena mimin percaya pendapat serta pengetahuan setiap orang itu berbeda-beda. Maka dari itu, mimin persilakan kamu untuk megungkapkan pendapatmu di kolom komentar. Mungkin saja interpretasimu mengenai lagu Kampuang Nan Jauh di Mato ini jauh lebih baik dan dapat bermanfaat bagi yang lainnya. Mari kita bahas bersama-sama hingga menemukan makna sebenar-benarnya yang tersembunyi di balik lirik lagu Kampuang Nan Jauh di Mato!

Posting Komentar

Silakan berkomentar dengan sopan. Centang Beri Tahu Saya untuk mendapatkan notifikasi dari komentarmu. :)
Oops!
Sepertinya ada yang salah dengan koneksi internetmu. Harap sambungkan ke internet dan mulai menjelajah lagi.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.