Gunakan fitur Bookmark untuk menyimpan bacaanmu di lain waktu Info!

Makna Sebenarnya di Balik Lagu Desaku


Arti Lagu Desaku - Lagu desaku berisikan sebuah pesan yang ditujukan agar seseorang bisa meningkatkan rasa cinta kepada tanah air, dengan selalu mengingat dan bangga kepada tanah kelahiran atau ibu pertiwi.

Pencipta lagu Desaku adalah L. Manik atau Liberty Manik, seorang pria yang berasal dari Sidikalang, yang semasa hidupnya juga dikenal sebagai pengajar seni musik di ISI (Institut Seni Indonesia) Yogyakarta. Lagu ini kerap dinyanyikan maupun digunakan sebagai bahan ajar lagu anak di berbagai jenjang sekolah.

Mungkin kamu sudah sangat penasaran dan segera ingin tau lagu anak yang berjudul Desaku ini sebenarnya menceritakan tentang apa? Tak perlu risau, karena pada kesempatan kali ini anaksenja.com akan menemanimu membedah makna di balik lirik lagu Desaku. Tanpa berlama-lama lagi, mari kita mulai pembahasannya dari bait pertama!


Analisis Lirik Lagu Desaku


Desaku yang kucinta
Pujaan hatiku
Tempat ayah dan bunda
Dan handai taulanku

Pada awal lagu desaku menceritakan tentang sebuah desa sebagai tempat asal atau bisa juga disebut dengan kampung halaman. Sebuah desa yang menjadi tanah kelahiran, begitu juga sebagai tempat tinggal orang tua (ayah, ibu, dan kerabat yang lainnya).

Ada satu baris yang mungkin menjadi tempat banyak orang bertanya-tanya karena ada kosa kata yang lumayan asing, yakni “dan handai taulanku”. Dalam KBBI, kata Handai Tolanku artinya adalah teman-temanku, yang jika dikartikan dengan konteks di dalam lagu ini adalah “ada banyak teman-teman ku di desa tempat asalku”.


Tak mudah kulupakan
Tak mudah bercerai
Selalu kurindukan
Desaku yang permai

Memang, yang namanya kampung halaman akan sangat sulit untuk dilupakan, karena banyak menyimpan cerita dan pengalaman yang tak terlupakan. Yang dimaksud dengan “tak mudah bercerai” di dalam lagu Desaku ini adalah tidak mudah hilang dalam ingatan, selalu menyatu dan menjadi arti di dalam hidup.

Sedangkan kata “permai” dalam lagu Desaku artinya indah. Desa tempat kelahiran memang terkesan sangat indah, karena di sanalah seseorang tumbuh dan berkembang dalam pendewasaan. Selain itu, dipenuhi dengan orang-orang yang menyenangkan dan hal-hal baik.

Pada intinya, makna lagu Desaku adalah sebagai pengingat kepada siapa pun agar tidak melupakan tanah kelahiran, ibu pertiwi, maupun tempat kelahiran di mana ia dilahirkan dan tumbuh berkembang. Selain itu, juga supaya bisa meningkarkan rasa cinta tanah air.

Semoga kajian makna dari lagu anak berjudul Desaku ini dapat bermanfaat untukmu. Buat kamu yang ingin menyimak lirik lagunya, tenang saja, karena anaksenja.com sudah menyediakan lirik lagu lengkapnya. Tak lupa juga beserta vidio klipnya. Selamat menyimak!


Lirik Lagu Desaku

ciptaan L. Manik

Desaku yang kucinta
Pujaan hatiku
Tempat ayah dan bunda
Dan handai taulanku

Tak mudah kulupakan
Tak mudah bercerai
Selalu kurindukan
Desaku yang permai

Desaku yang kucinta
Pujaan hatiku
Tempat ayah dan bunda
Dan handai taulanku

Tak mudah kulupakan
Tak mudah bercerai
Selalu kurindukan
Desaku yang permai

Tak mudah kulupakan
Tak mudah bercerai
Selalu kurindukan
Desaku yang permai
Selalu kurindukan
Desaku yang permai


Musik dan Vidio Lagu Desaku




Untuk link download lagu anak Desaku mp3, tidak perlu ya? Karena lagunya sudah bisa dinikmati secara gratis di mana-mana, seperti Youtube, Spotify, Resso, dan pemutar media online lainnya.

Mungkin kamu tidak setuju dengan apa yang sudah anaksenja.com jabarkan, karena mimin percaya pendapat serta pengetahuan setiap orang itu berbeda-beda. Maka dari itu, mimin persilakan kamu untuk megungkapkan pendapatmu di kolom komentar. Mungkin saja interpretasimu mengenai lagu Desaku ini jauh lebih baik dan dapat bermanfaat bagi yang lainnya. Mari kita bahas bersama-sama hingga menemukan makna sebenar-benarnya yang tersembunyi di balik lirik lagu Desaku dari L. Manik!

Posting Komentar

Silakan berkomentar dengan sopan. Centang Beri Tahu Saya untuk mendapatkan notifikasi dari komentarmu. :)
Oops!
Sepertinya ada yang salah dengan koneksi internetmu. Harap sambungkan ke internet dan mulai menjelajah lagi.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.