Gunakan fitur Bookmark untuk menyimpan bacaanmu di lain waktu Info!

Makna Sebenarnya di Balik Lagu November Rain dari Guns N Roses dengan Terjemahan


Arti Lagu November Rain - Secara garis besar, lagu November Rain menceritakan tentang seseorang yang cintanya tidak terbalaskan, sehingga membuat... membuat penasaran bukan? Untuk info lengkapnya, silakan simak hingga akhir ya!

Pencipta lagu November Rain adalah Axl Rose, yang juga vokalis di band Guns N’ Roses. Lagu November Rain rilis atau dipublikasikan pertama kali pada tahun 1991-an. Lagu ini juga dinobatkan sebagai lagu sedih terbaik sepanjang masa. Tentunya kamu juga setuju tentang hal ini kan?

Mungkin kamu sudah sangat penasaran dan segera ingin tau lagu Guns N’ Roses yang berjudul November Rain ini sebenarnya menceritakan tentang apa? Tak perlu risau, karena pada kesempatan kali ini anaksenja.com akan menemanimu membedah makna di balik lirik lagu November Rain. Tanpa berlama-lama lagi, mari kita mulai pembahasannya dari bait pertama!


Analisis Lirik Lagu November Rain dari Guns N' Roses dengan Terjemahan Bahasa Indonesia


Sebelum kita mulai, kita bayangkan terlebih dahulu ada sepasang kekasih yang sedang mengalami suatu masalah hingga terjadi sebuah perceraian (perpisahan). Walaupun begitu, ia (tokoh utama di dalam lagu ini) masih sangat mencintai pasangannya. Mari kita mulai pembahasannya!

When I look into your eyes
(Ketika kutatap matamu) 
I can see a love restrained
(Aku melihat cinta yang tertahan) 
But darlin' when I hold you
(Tapi sayang, saat aku memelukmu) 
Don't you know I feel the same
(Tahukah kau bahwa aku merasakan hal yang sama)
'Cause nothin' lasts forever
(Karena tidak ada yang bertahan selamanya) 
And we both know hearts can change
(Dan kita berdua tahu bahwa hati bisa berubah) 
And it's hard to hold a candle
(Dan sulit menjaga lilin agar tetap menyala) 
In the cold November rain
(Dalam dinginnya hujan di bulan November)

Pada bagian awal lagu November Rain menceritakan tentang dua orang yang sedang saling menyembunyikan perasaan cinta satu sama lain. Ia (tokoh utama dalam lagu ini) merasa bahwa seseorang yang dicintainya sebenarnya juga merasakan hal yang sama. Namun entah ada tembok apa yang membuatnya (seseorang yang dicintai) menjadi ragu.

Padahal waktu terus berjalan, kesempatan yang telah terlalui tak mungkin bisa diulangi lagi dengan momentum yang sama. Hati juga bisa berubah setiap waktu. Jika seseorang yang paling dicintai tidak bisa selalu menemani (di sisinya), pasti akan menimbulkan penyesalan dan rasa sedih yang berkepanjangan.

Hal ini seperti sulitnya menjaga lilin tetap menyala di dalam dinginnya hujan di bulan November. Pengibaratan November Rain artinya sebuah keadaan di mana hujan akan muncul setiap hari, membasahi bumi dan mendinginkan diri. Seperti seseorang yang cintanya tidak terbalaskan, pasti akan merasa sedih dan menangis, seperti hujan di bulan November. 


We've been through this such a long long time
(Kita telah melalui semua ini cukup lama)
Just tryin' to kill the pain
(Dengan berusaha membunuh rasa sakit)

Padahal mereka sudah menjalani hubungan cukup lama. Senang dan sedih, tawa dan tangis, hingga tidak memiliki rasa hingga saling cinta. Semua sudah dilalui bersama-sama, namun sepertinya takdir berkata lain.

But lovers always come and lovers always go
(Tapi kekasih selalu datang dan pergi)
And no one's really sure who's lettin' go today
(Dan tak seorang pun tau, siapa yang akan pergi hari ini)
Walking away
(Berjalan pergi)

Perlu diketahui, bahwa cinta bisa datang dan pergi sewaktu-waktu. Tak ada yang tahu kapan cinta itu lahir dan kapan cinta itu mati (berakhir). Maka dari itu, sangat disayangkan jika selalu menyia-nyiakan kesempatan, apa lagi kesempatan untuk melakukan yang terbaik kepada seseorang yang paling dicintai.

If we could take the time
(Andai kita bisa meluangkan waktu)
To lay it on the line
(Untuk berkata apa adanya)
I could rest my head
(Aku bisa mengistirahatkan kepalaku)
Just knowin' that you were mine
(Karna tahu bahwa kau adalah milikku)
All mine
(Benar-benar milikku)
So if you want to love me
(Jadi jika kau ingin mencintaiku)
Then darlin' don't refrain
(Maka Sayang, jangan menahan diri)
Or I'll just end up walkin'
(Atau aku akan berlalu)
In the cold November rain
(Dalam dinginnya hujan di bulan November)

Lantas ia berandai-andai, “andai saja dari dulu kita selalu jujur dan terbuka, mungkin sekarang aku bisa merasa tenang karena kamu masih menjadi memilikku, sayangku”. Ia pun memiliki keinginan untuk bisa kembali ke masa lalu, agar bisa memperbaiki semuanya dan selalu bisa hidup berbahagia bersama seseorang yang paling dicinta.

Ia pun berpikir bahwa "jika benar-benar cinta, tak perlu lagi menahan diri. Jangan pernah ada kebohongan maupun dusta, dan selalu berikan kejujuran dan kebaikan di sepanjang waktu, sebelum semuanya berlalu bersama dinginnya hujan di bulan November”


Do you need some time... on your own
(Apakah kau butuh waktu... sendiri?)
Do you need some time... all alone
(Apakah kau butuh waktu... benar-benar sendiri?)
Everybody needs some time... on their own
(Semua orang butuh waktu... sendirian)
Don't you know you need some time... all alone
(Tidakkah kau tahu bahwa kau butuh waktu... sendirian?)

Semua orang membutuhkan kesendirian untuk berpikir, merenungi apa yang akan menjadi pilihannya supaya menjadi yakin dan tidak menyesal di kemudian hari. Jadi, berpikir dan merenung itu adalah tindakan yang baik, agar keputusan yang paling matang bisa terlahir dan tidak menciptakan penyesalan di kemudian hari.

I know it's hard to keep an open heart
(Aku tahu, betapa sulitnya menjaga hati agar tetap terbuka)
When even friends seem out to harm you
(Saat teman-temanmu terlihat ingin menyakitimu)
But if you could heal a broken heart
(Tapi jika kau bisa menyembuhkan patah hati)
Wouldn't time be out to charm you
(Tidak akan ada waktu untuk memikatmu)

Menjaga hati agar selalu terbuka memang tidak mudah, karena bisa saja berjumpa dengan orang-orang yang gemar melukai hati. Dan apabila mampu menyembuhkan hati sendiri ketika sering disakiti, tandanya ia memiliki hati yang kuat, dan hati yang kuat akan sulit untuk dirayu maupun didapatkan (dimiliki).

Ia pun berpikir bahwa "mungkin akan sulit memilikinya lagi ketika dia sudah menemukan obat hati (orang baru yang sudah mencuri hatinya)."

Sometimes I need some time... on my own
(Terkadang aku butuh waktu... sendiri)
Sometimes I need some time... all alone
(Terkadang aku butuh waktu... benar-benar sendiri)
Everybody needs some time... on their own
(Setiap orang perlu waktu... sendirian)
Don't you know you need some time... all alone
(Tidakkah kau tahu bahwa kau butuh waktu... sendirian?)

Selain seseorang yang dicintai, ia (tokoh utama) pun juga membutuhkan kesendirian, untuk  merenungkan semuanya agar tak salah pilihan. Tentu saja, harapannya adalah bisa hidup berbahagia bersama seseorang yang dicintai dan mencintainya.


And when your fears subside
(Dan saat rasa takutmu mereda)
And shadows still remain
(Dan bayangan masih tetap ada)
I know that you can love me
(Aku tahu kau bisa mencintaiku)

Ia percaya bahwa cinta mampu menakhlukkan semuanya, seperti rasa takut maupun trauma dari kegagalan cinta yang pernah dialami. Yang terpenting adalah memiliki sifat “percaya”, agar semua bisa dilalui bersama-sama tanpa adanya berat hati maupun penyesalan.

When there's no one left to blame
(Ketika tak ada lagi yang bisa disalahkan)
So never mind the darkness
(Jadi jangan takut dengan kegelapan)
We still can find a way
(Kita masih bisa menemukan jalan)
'Cause nothin' lasts forever
(Karena tidak ada yang bertahan selamanya) 
Even cold November rain
(Seperti dinginnya hujan di bulan November)

Jika sudah memiliki keyakinan, maka yang namanya ketakutan tidak akan berharga lagi. “Berani” adalah langkah yang tepat untuk untuk diambil setelah merasa yakin kembali. Nanti pasti akan bisa melewati semuanya bersama-sama (setelah menjadi pasangan lagi).

Jangan malah menunda-nunda lagi, karena semua yang ada di dunia ini tidak ada yang abadi. Seperti halnya seseorang yang sedang menanti (cinta), tak mungkin selama-lamanya akan betah di dalam penantian. Maka dari itu, diharapkan untuk menyia-nyiakan kesempatan selagi masih memiliki kesempatan.


Don't ya think that you need somebody
(Tidakkah kau berpikir bahwa membutuhkan seseorang?)
Don't ya think that you need someone
(Tidakkah menurutmu kau butuh seseorang?)
Everybody needs somebody
(Semua orang membutuhkan seseorang)
You're not the only one
(Kau bukanlah satu-satunya)
You're not the only one
(Kau bukanlah satu-satunya)

Seseorang yang sudah nyaman dengan kesendirian (karena sudah terlanjur terpuruk) pasti akan berpikir panjang sebelum menjalin hubungan kembali dengan orang yang sama. Namun perlu diingat, bahwa Tuhan menciptakan manusia dengan berpasang-pasangan, tidak lain dan tidak bukan adalah untuk beribadah kepadaNya dan mampu menciptakan penerus (manusia) selanjutnya (berkembang biak).

Pada bagian akhir lagu November Rain ini, bukan hanya seseorang yang dicintai (yang telah pergi), ia (tokoh utama) pun juga membutuhkan seseorang untuk menyelamatkannya di dalam kehancuran. Ia sangat hancur karena kehilangan seseorang yang paling dicintainya, dan berharap bisa segera mendapatkan pertolongan agar bisa kembali menciptakan senyum yang tulus di wajahnya.

Intinya, jangan ragu dan jangan takut untuk memulai cinta, namun jangan juga bodoh untuk menjalani cinta. Semoga kita selalu bersama orang-orang yang kita cintai dan mencintai kita dengan setulus hati. Aamiin...


Arti Lagu November Rain menurut Axl Rose


Dalam vidio Guns N’ Roses: Makin’ F@*!ing Vidios Part II - November Rain, Axl Rose atau vokalis band Guns N’ Roses menjelaskan arti lagu November Rain tersebut. Katanya, lagu “November Rain" menceritakan tentang seseorang yang sedang berada di situasi sulit, di mana ia belim bisa menerima kenyataan bahwa cintanya bertepuk sebelah tangan (cinta yang tidak terbalaskan).

Demikian kajian makna lagu Guns N' Roses berjudul November Rain, semoga dapat bermanfaat. Buat kamu yang ingin menyimak lirik lagunya, tenang saja, karena anaksenja.com sudah menyediakan lirik lagu lengkapnya. Tak lupa juga beserta vidio klipnya. Selamat menyimak!

Lirik Lagu Guns N' Roses - November Rain


When I look into your eyes
I can see a love restrained
But, darlin', when I hold you
Don't you know I feel the same? Yeah

'Cause nothing lasts forever
And we both know hearts can change
And it's hard to hold a candle
In the cold November rain

We've been through this such a long, long time
Just tryna kill the pain, ooh yeah
But lovers always come and lovers always go
And no one's really sure who's lettin' go today, walkin' away
If we could take the time to lay it on the line
I could rest my head, just knowin' that you were mine, all mine

So, if you want to love me
Then, darlin', don't refrain
Or I'll just end up walkin'
In the cold November rain

Do you need some time on your own?
Do you need some time all alone?
Ooh, everybody needs some time on their own
Ooh, don't you know you need some time all alone?

I know it's hard to keep an open heart
When even friends seem out to harm you
But if you could heal a broken heart
Wouldn't time be out to charm you, whoa-whoa


Sometimes, I need some time on my own
Sometimes, I need some time all alone
Ooh, everybody needs some time on their own
Ooh, don't you know you need some time all alone?

And when your fears subside
And shadows still remain, ooh yeah
I know that you can love me
When there's no one left to blame

So, never mind the darkness
We still can find a way
'Cause nothin' lasts forever
Even cold November rain

Don't ya think that you need somebody?
Don't ya think that you need someone?
Everybody needs somebody
You're not the only one, you're not the only one
Don't ya think that you need somebody?
Don't ya think that you need someone?
Everybody needs somebody
You're not the only one, you're not the only one
Don't ya think that you need somebody?
Don't ya think that you need someone?
Everybody needs somebody
You're not the only one, you're not the only one
Don't ya think that you need somebody?
Don't ya think that you need someone?
Everybody needs somebody


Musik dan Vidio Klip Guns N' Roses - November Rain



Info Lagu Guns N' Roses - November Rain


Artis: Guns N' Roses
Album: Use Your Illusion I
Dirilis: 1991
Penghargaan: MTV Video Music Award untuk Sinematografi Terbaik
Genre: Metal, Alternatif/Indie, Rock
Nominasi: MTV Video Music Award untuk Sinematografi Terbaik, MTV Video Music Award untuk Best Art Direction
___

Untuk link download lagu Guns N Roses - November Rain mp3, tidak perlu ya? Karena lagunya sudah bisa dinikmati secara gratis di mana-mana, seperti Youtube, Spotify, Resso, dan pemutar media online lainnya.

Mungkin kamu tidak setuju dengan apa yang sudah anaksenja.com jabarkan, karena mimin percaya pendapat serta pengetahuan setiap orang itu berbeda-beda. Maka dari itu, mimin persilakan kamu untuk megungkapkan pendapatmu di kolom komentar. Mungkin saja interpretasimu mengenai lagu November Rain ini jauh lebih baik dan dapat bermanfaat bagi yang lainnya. Mari kita bahas bersama-sama hingga menemukan makna sebenar-benarnya yang tersembunyi di balik lirik lagu November Rain dari Guns N Roses!

Posting Komentar

Silakan berkomentar dengan sopan. Centang Beri Tahu Saya untuk mendapatkan notifikasi dari komentarmu. :)
Oops!
Sepertinya ada yang salah dengan koneksi internetmu. Harap sambungkan ke internet dan mulai menjelajah lagi.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.