Gunakan fitur Bookmark untuk menyimpan bacaanmu di lain waktu Info!

Makna Sebenarnya di Balik Lagu Andaikan Kau Datang Kembali - Koes Plus (Andmesh)


Arti Lagu Andaikan Kau Datang Kembali - Secara garis besar, lagu Andaikan Kau Datang Kembali menceritakan tentang siklus hidup seseorang, baik itu di dunia maupun di akhirat. Maka dari itu, untuk... untuk info lebih lengkapnya, silakan simak hingga akhir ya!

Lagu Andaikan Kau Datang Kembali dirilis pertama kali oleh Koes Plus pada tahun 1970-an, dan sempat kembali hits ditahun 2000-an setelah digarap ulang oleh Noah Peterpan dan Yuni Shara, diva Ruth Sahayana, dan terakhir di tahun 2022 oleh Andmesh Kamaleng, yang juga dijadikan soundtrack di film Miracle In Cell No.7.


Pencipta lagu Andaikan Kau Datang Kembali adalah Yon Koeswoyo, seorang pemain gitar ritme di Koes Plus yang kemudian berpindah ke bass gitar sekaligus pendukung vokal. Beliau merupakan anak keenam dari sembilan bersaudara, anak dari pasangan Raden Koeswoyo dan Rr. Atmini asal Tuban Jawa Timur.

Mungkin kamu sudah sangat penasaran dan segera ingin tau lagu Koes Plus (Andmesh) yang berjudul Andaikan Kau Datang Kembali ini sebenarnya menceritakan tentang apa? Tak perlu risau, karena pada kesempatan kali ini anaksenja.com akan menemanimu membedah makna di balik lirik lagu Andaikan Kau Datang Kembali. Tanpa berlama-lama lagi, mari kita mulai pembahasannya dari bait pertama!


Analisis Lirik Lagu Andaikan Kau Datang Kembali - Koes Plus (Andmesh Kamaleng)

Terlalu indah dilupakan
Terlalu sedih dikenangkan
Setelah aku jauh berjalan
Dan kau kutinggalkan

Pada bagian awal lagu Andaikan Kau Datang Kembali ini menceritakan tentang sebuah keadaan di mana ada seseorang yang sedang terbuai dengan keindahan dan godaan duniawi sehingga bisa melupakan sang pencipta (Tuhan).

Seperti yang kita ketahui bahwa godaan dunia ini sangatlah beragam, dari yang tampak cantik, enak, merdu, dan lain sebagainya. Hal itulah yang sebenarnya Tuhan berikan sebagai ujian di dunia dan akan dipertanggungjawabkan di hari akhir (akhirat) nanti.


Betapa hatiku bersedih
Mengenang kasih dan sayangmu
Setulus pesanmu kepadaku
Engkau 'kan menunggu

Ketika seseorang benar-benar merenung, pasti akan bersedih karena sadar telah menyia-nyiakan banyak nikmat yang telah Tuhan berikan. Salah satu contoh realnya adalah udara atau oksigen, yang selalu kita hirup setiap saat dengan gratis.

Apakah kita pernah menghitung berapa banyak udara yang yang pernah kita hirup? Jangankan menghitung, sadar akan nikmat udara itu sendiri pun terkadang kita sering lupa. Padahal salah satu hal terpenting untuk manusia hidup itu adalah udara.


Andaikan kau datang kemari
Jawaban apa yang 'kan kuberi?
Adakah jalan yang kautemui
Untuk kita kembali lagi?

Pada bagian reff lagu Andaikan Kau Datang Kembali ini mengkisahkan tentang seseorang yang ketakutan ketika ajal menjemput. Bagi umat beragama, khususnya Islam, pasti akan percaya bahwa masih ada kehidupan setelah fase kematian. Ada waktu di mana malaikat akan menanyakan berbagai pertanyaan yang intinya menyangkut tentang pertanggungjawaban ketika semasa hidup di dunia.

Dan, teruntuk orang yang selalu bermaksiat dan kekurangan amal pasti akan kesulitan ketika menjawab pertanyaan malaikat. Ketika ruh ditunjukkan semua dosa yang pernah diperbuat semasa hidup pasti akan menangis dan berharap bisa kembali lagi ke dunia untuk memperbaiki semuanya. Hal ini ditunjukkan di bagian “adakah jalan yang kau temui untuk kita kembali lagi?”.


Bersinarlah bulan purnama
Seindah serta tulus cintanya
Bersinarlah terus sampai nanti
Lagu ini kuakhiri

Ada yang bilang jika sinar di sini diibaratkan dengan Nabi Muhammad, yang tercipta dari cahaya. Seperti yang kita ketahui (bagi umat islam), cara manusia (hamba Allah) bisa masuk surga adalah dengan mendapat syafaat dari Nabi Muhammad. Maka dari itu banyak orang yang cinta bershalawat karena mencintainya (nabi Muhammad) dan mengharapkan syafaat (pertolongan) darinya di akhirat nanti.

Jika mendengarnya dengan sekilas, seakan-akan lagu ini menceritakan tentang kisah cinta-cintaan seperti umumnya lagu cinta. Ternyata jika direnungkan dan dihayati, banyak sisipan nilai religius di dalam lagu Andaikan Kau Datang Kembali ini.


Sebagai pencipta lagu Andaikan Kau Datang Kembali, Yon Koeswoyo berharap manusia (yang mendengarkan lagu Andaikan Kau Datang Kembali ini) bisa terus beristikhomah kepada Allah SWT.

Walau sebenarnya kita bisa juga mengartikan lagu Andaikan Kau Datang Kembali dengan sudut pandang "cinta", yang mengharapkan seseorang yang tersayang (entah pacar, isrti, suami, orang tua, anak, sahabat, dsb.) bisa kembali ke pelukan lagi. Yang penting jangan diartikan secara negatif aja, hehe...

Semoga kajian makna lagu Koes Plus (Andmesh) berjudul Andaikan Kau Datang Kembali ini dapat bermanfaat untukmu. Buat kamu yang ingin menyimak lirik lagunya, tenang saja, karena anaksenja.com sudah menyediakan lirik lagu lengkapnya. Tak lupa juga beserta vidio klipnya. Selamat menyimak!


Lirik Lagu Koes Plus - Andaikan Kau Datang Kembali

Terlalu indah dilupakan
Terlalu sedih dikenangkan
Setelah aku jauh berjalan
Dan kau kutinggalkan

Betapa hatiku bersedih
Mengenang kasih dan sayangmu
Setulus pesanmu kepadaku
Engkau 'kan menunggu

Andaikan kau datang kemari
Jawaban apa yang 'kan kuberi?
Adakah jalan yang kautemui
Untuk kita kembali lagi?

Bersinarlah bulan purnama
Seindah serta tulus cintanya
Bersinarlah terus sampai nanti
Lagu ini kuakhiri


Betapa hatiku bersedih
Mengenang kasih dan sayangmu
Setulus pesanmu kepadaku
Engkau 'kan menunggu

Andaikan kau datang kemari
Jawaban apa yang 'kan kuberi?
Adakah jalan yang kautemui
Untuk kita kembali lagi?

Bersinarlah bulan purnama
Seindah serta tulus cintanya
Bersinarlah terus sampai nanti
Lagu ini kuakhiri

Bersinarlah bulan purnama
Seindah serta tulus cintanya


Musik dan Vidio Klip Andmesh Kamaleng - Andaikan Kau Datang Kembali (Ost. Miracle In Cell No.7)


Untuk link download lagu Koes Plus (Andmesh) - Andaikan Kau Datang Kembali mp3, tidak perlu ya? Karena lagunya sudah bisa dinikmati secara gratis di mana-mana, seperti Youtube, Spotify, Resso, dan pemutar media online lainnya.

Mungkin kamu tidak setuju dengan apa yang sudah anaksenja.com jabarkan, karena mimin percaya pendapat serta pengetahuan setiap orang itu berbeda-beda. Maka dari itu, mimin persilakan kamu untuk megungkapkan pendapatmu di kolom komentar. Mungkin saja interpretasimu mengenai lagu Andaikan Kau Datang Kembali ini jauh lebih baik dan dapat bermanfaat bagi yang lainnya. Mari kita bahas bersama-sama hingga menemukan makna sebenar-benarnya yang tersembunyi di balik lirik lagu Andaikan Kau Datang Kembali dari Koes Plus (Andmesh)!

2 komentar

  1. Salah. Lagu ini tentang penulis yg mualaf dari Kristen. “Andaikan kau datang kembali” itu tentang Yesus datang kedua kalinya, apa yg akan terjadi kalau dia sudah keluar dari Kristen dan ternyata Yesus benar datang kembali.
    1. Wah, malah belum kepikiran untuk mengkaji dari berbagai sudut pandang agama. Maaf ya kak jika mungkin ada kesalahan, tapi Pak Yon Koeswoyo memang benar seorang mualaf. Dan untuk makna asli dari lagu Andaikan Kau Datang Kembali ini mimin kembalikan ke masing-masing deh, ingin memaknainya seperti apa, yang penting jangan dimaknai negatif. :)
Silakan berkomentar dengan sopan. Centang Beri Tahu Saya untuk mendapatkan notifikasi dari komentarmu. :)
Oops!
Sepertinya ada yang salah dengan koneksi internetmu. Harap sambungkan ke internet dan mulai menjelajah lagi.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.