Gunakan fitur Bookmark untuk menyimpan bacaanmu di lain waktu Info!

Makna Sebenarnya di Balik Lagu Asmalibrasi dari Soegi Bornean

Artikel ini mengungkap arti dan makna asli yang tersembunyi di dalam lirik lagu Asmalibrasi dari Soegi Bornean, simak artikel lengkapnya.
Makna Sebenarnya di Balik Lagu Asmalibrasi dari Soegi Bornean

anaksenja.com - Asmalibrasi adalah lagu yang menceritakan tentang sebuah hubungan percintaan sepasang kekasih yang hendak menuju ke jenjang yang lebih serius, karena sudah saling cocok dan merasa "memang dialah jodohku". Maka dari itu, untuk... untuk info lengkap mengenai makna lagu Asmalibrasi, silakan simak hingga akhir!

Lagu Asmalibrasi rilis pada tanggal 21 Juli tahun 2019 di kanal Youtube pribadinya. Walaupun sudah cukup lama, namun baru-baru ini lagu Asmalibrasi menjadi fyp lantaran viral di Tiktok. Selain itu, pendengar di Youtube juga ikut meningkat sehingga kembali ke up lagi di jajaran lagu terpopuler 2022.

Mungkin kamu sudah sangat penasaran tentang lagu Asmalibrasi artinya apa? Tak perlu galau, karena pada kesempatan kali ini anaksenja.com akan menemanimu mencari tahu maksud lagu Asmalibrasi dari Soegi Bornean. Tanpa berlama-lama lagi, mari kita mulai pembahasannya!

Arti Makna Lirik Lagu Asmalibrasi dari Soegi Bornean

Pertama-tama mimin mendengar judul lagu ini terasa aneh sih. Asmalibrasi, seperti bahasa asing namun tak ada juga di dalam KBBI maupun kamus yang lainnya. Usut punya usut, ternyata arti kata Asmalibrasi adalah singkatan dari Asmara Terkalibrasi, yang pada intinya menceritakan tentang sebuah hubungan percintaan (sepasang kekasih) yang hendak melanjutkan hubungan ke jenjang yang lebih serius.

Asmara telah terkalibrasi frekuensi yang sama
Saatnya tuk mengikat janji merangkum indahnya

Pada bagian awal lagu Asmalibrasi bercerita tentang sepasang kekasih yang merasa sudah saling cocok, atau bisa dibilang “sefrekuensi”, apa-apa nyambung, sehingga berpikiran “tunggu apa lagi? Kita sudah sama-sama merasa nyaman, mari kita menuju ke jenjang yang lebih serius!”.

Pernikahan adalah sebuah titik di mana banyak orang yang mempercayainya sebagai sebuah pengikat janji setia sehidup semati antara dua insan yang saling mencintai. Pernikahan inilah yang dimaksud sebagai “jenjang yang lebih serius”, agar bisa lebih leluasa dalam mencintai dan mengeksplor kehidupan bersama dengan seseorang yang paling dicintai.

Baca Juga: Makna Sebenarnya di Balik Lagu Kala dari Soegi Bornean
Laras rasa nihil ragu 
Biar biarlah merayu di ruang biru
Bias kita jadi taksu gairah kalbu mendayu
Sabda diramu

Sudah tak ada keraguan lagi jika memang sudah mantap kepadanya (seseorang yang terkasih), sehingga ingin segera menuju ke jenjang yang lebih serius (pernikahan). Kemantapan itu mampu melahirkan berbagai puja puji, seperti memuji sang kekasih karena saking mencintai dirinya.

Sebenarnya ada beberapa kosakata unik yang terdapat di dalam bait ini, dan mungkin sangat asing karena sangat jarang digunakan di lingkungan umum. Sepertihalnya kata taksu, arti dari kata taksu adalah kekuatan ghoib yang memberi kecerdasan, keindahan, mukjizat dan sebagainya.

Jika diartikan dengan asal-asalan bisa menjadi salah arti, malah-malah bisa sampai nyambung ke hal klenik. Hehe...

Jadikan hanya aku satu-satunya
Sang garwa pambage sang pelipur lara
Nyanyikan ku kidung setia

Pada bagian reff lagu Asmalibrasi ini berisikan sebuah permintaan agar bisa dijadikan satu-satunya pasangan (kekasih), yang dapat melipurkan segala lara maupun menjadi tempat penampung cerita di sepanjang hayat.

Lantas ingin mendengarkan sebuah janji setia (atau bisa disebut dengan akad pernikahan) yang terucap oleh sang kekasih. Lantunan (janji) tersebut dianggap sangat indah hingga diibaratkan seperti sebuah nyanyian (kidung) yang sangat merdu.

Kini saatnya merangkai binar asmara
Melebur tuk satukan ego dalam indahnya

Jika sudah merasa sangat cocok, memang sebaiknya segera menyegerakan pernikahan agar hubungan menjadi resmi dan dapat segera melakukan segala hal bersama-sama tanpa adanya sekat. Menyatukan keinginan (ego) untuk berbahagia bersama di dalam satu ikatan cinta (pernikahan).

Berdansa dalam bahtera mahligai rasa 
Merajut ketulusan jiwa 
Mengabdi dalam indahnya kalbu
Mengukir ruang renjana selamanya

Berdansa di sini diibaratkan dengan meluapkan rasa bahagia, karena merasa sangat bahagia telah dipertemukan dengan seseorang yang dirasa sangat sempurna. Perasaan seperti ini sangatlah wajar bagi seseorang yang sedang merasa jatuh cinta, apalagi bagi hubungan yang selalu merasakan cinta disetiap saat walau hubungan yang dijalaninya sudah memakan waktu lama.

Asmara telah terkalibrasi
Jadikanku kidung setia

Gila sih, bahasanya sangat apik banget! Mimin sendiri masih sangat terkagum-kagum ketika menganalisis dan mendengarkan lagunya secara berulang-ulang. Suara vokalisnya sangatlah merdu, ditambah lirik lagu yang aduhai indah dan romantis. Tak heran jika lagu ini sempat trending cukup lama dan menjadi fyp di TikTok beberapa waktu lalu.

Sebenarnya, jika dikaji perkata lagu ini memiliki pembahasan yang sangatlah panjang, karena setiap baitnya memiliki kosakata unik dan tentunya mengandung makna yang dapat menjalar ke mana-mana jika tidak difokuskan ke satu arah. Mungkin kamu juga memiliki sudut pandang lain mengenai makna dari lagu Asmalibrasi ini? Tulis di kolom komentar ya!

Semoga kajian arti dari lagu Asmalibrasi - Soegi Bornean dapat bermanfaat untukmu. Buat kamu yang ingin bernyanyi, tenang saja, karena anaksenja.com sudah menyediakan Asmalibrasi lirik lengkapnya. Tak lupa juga beserta vidio klip Asmalibrasi yang akan memanjakan mata dan telingmu. Selamat menyimak!

Lirik Lagu Soegi Bornean - Asmalibrasi

Asmara telah terkalibrasi frekuensi yang sama
Saatnya tuk mengikat janji merangkum indahnya

Laras rasa nihil ragu 
Biar biarlah merayu di ruang biru
Bias kita jadi taksu gairah kalbu mendayu
Sabda diramu

Jadikan hanya aku satu-satunya
Sang garwa pambage sang pelipur lara
Nyanyikan ku kidung setia
Nyanyikan ku kidung setia

Kini saatnya merangkai binar asmara
Melebur tuk satukan ego dalam indahnya

Berdansa dalam bahtera mahligai rasa 
Merajut ketulusan jiwa 
Mengabdi dalam indahnya kalbu
Mengukir ruang renjana selamanya

Jadikan hanya aku satu-satunya
Sang garwa pambage sang pelipur lara
Nyanyikan ku kidung setia
Nyanyikan ku kidung setia

Asmara telah terkalibrasi
Jadikanku kidung setia

Musik dan Vidio Klip Soegi Bornean - Asmalibrasi

Informasi Lagu Asmalibrasi

ArtisSoegi Bornean
Dirilis26 Juli 2019
AlbumAtma EP (2020)
GenrePop, Indie
Lisensi-
DitulisFanny Soegi

Komentar Netizen Terhadap Lagu Asmalibrasi

Ada beberapa komentar netizen di kolom vidio klipnya yang cukup menyita perhatian. Mungkin komentar ini bisa menambah referensi kita semua untuk lebih memahami makna lirik Asmalibrasi milik Soegi Bornean. Berikut ini beberapa kutipan yang menjadi sorotan mimin.

@giestivest3237

"Saya sangat salut dengan musik yang menggabungkan beragam budaya seperti ini, menggambarkan indonesia itu kaya akan keindahannya. Saat pertama mendengarkan. musiknya terasa simple tapi perpindahannya konstan, dua tipe scale nada dari borneo ke jawa sangatlah mulus, itu semua gak mudah loh!"

@youtubevancedpro

"Soegi" artinya "Sugih" (Jawa / mengatakan kekayaan budaya Jawa)
"Bornean" artinya "Borneo" (Kalimantan / mengatakan keindahan budaya Kalimantan)
Personil Soegi Bornean yang laki-laki asli Jawa dan yang perempuan keturunan Kalimantan
Band mereka dari Semarang, Jawa Tengah
Lagu-lagu mereka sebagian memakai lirik Bahasa Sansekerta / Jawa Halus dan musiknya bernuansa Kalimantan.

Asmara Kalibrasi artinya Cinta Ditentukan, Frekuensi artinya Getaran, Laras artinya Sama, Nihil artinya Tanpa, Sabda Diramu artinya Meracik Kata, Kalbu artinya Hati, Bias artinya Prasangka, Bahtera artinya Kehidupan, Ruang Biru artinya Tempat Nyaman, Merangkum artinya Merangkai, Sang Garwa Pambage artinya Sang Istri Kebahagiaan, Sang Pelipur Lara artinya Sang Penghapus Luka, Mendayu artinya Bersuara, Melebur artinya Meluluhkan, Mahligai artinya Ruang, Taksu artinya Kharisma, Merajut artinya Membuat, Binar artinya Sinar, Ruang Renjana artinya Tempat Bahagia, Kidung Setia artinya Lagu Setia"
 

@padmiyatipadmiyati5410

"Lagu ini selain enak didengar, juga sangat keren, Karena menurutku lagu ini seperti menyatukan adat-adat di Indonesia. Musik awal seperti musik Dayak khas Kalimantan, terus ada Balinya juga, dan gaya nyanyinya seperti sinden Jawa gitu. Suka banget! Gaya narinya seperti jaipongan Sunda... Parah sih, keren Banget! Terus semangat berkarya ya😊"

@adit9123

"Lagu ini memiliki makna tentang sepasang kekasih yang mencoba melanjutkan ke tahap yang lebih serius yaitu pernikahan. Awalnya pasangan kekasih itu memiliki keraguan karena banyak masalah yang muncul. Namun, hubungan asmara bisa dilanjutkan dengan menurunkan ego masing-masing❤️"

@Hamzahtambunan

"Saya melihat dan mengapresiasi karya musik ini dengan sudut pandang yang berbeda mungkin saya melihat bahwa sebener benernya keanggunan seorang wanita itu terpancar dari suaranya yang mampu meluluh lantahkan kehebatan hati seorang pria sejati"

Pepatah jepang pernah mengatakan bahwa "membaca kolom komentar adalah jalan ninjaku". Terimakasih yang sudah berkomentar di kolom vidio klipnya, dan mohon untuk kesediaannya mimin kutip dan sedikit edit. Semoga dari beberapa komentar di atas bisa bermanfaat untuk kita semua. :)

Penutup

Untuk link download lagu Soegi Bornean - Asmalibrasi mp3, tidak perlu ya? Karena lagunya sudah bisa dinikmati secara gratis di mana-mana, seperti Youtube, Spotify, Resso, Joox, SoundCloud, Deezer, iTunes, Apple Music dan pemutar media online lainnya. Begitu juga untuk kunci gitar Asmalibrasi chord, kamu bisa menemukannya dengan mudah di web sebelah.

Perlu diketahui bahwa lirik lagu Asmalibrasi yang mimin sediakan sepenuhnya menjadi hak cipta atau hak milik dari penulis, artis, band dan label musik yang bersangkutan. Semua materi yang dipaparkan hanya bertujuan untuk informasi dan edukasi.

Mungkin kamu tidak setuju dengan apa yang sudah anaksenja.com jabarkan, karena mimin percaya pendapat serta pengetahuan setiap orang itu berbeda-beda. Maka dari itu, mimin persilakan kamu untuk megungkapkan pendapatmu di kolom komentar. Mungkin saja interpretasi lagu Asmalibrasi darimu jauh lebih baik dan dapat bermanfaat bagi yang lainnya. Mari kita bahas bersama-sama hingga menemukan makna sebenarnya yang tersembunyi di balik lirik lagu Asmalibrasi dari Soegi Bornean!

10 komentar

  1. penjelasan yg lebih masuk akal daripada artikel lain
    1. Terimakasih kak, jangan sungkan-sungkan yak untuk berkunjung kembali di pembahasan lainnya :)
  2. Wahh akhirnya aku tau juga mengenai makna lagu tersebut dan sekarang jadi paham setelah membaca artikel ini, terimakasih atas penjelasan nya
    1. Sama-sama kak. Jangan sungkan untuk berkunjung lagi ya :)
  3. Penjelasan yg lengkap, padat, jelas dan mudah dipahami. Good job bro lanjutkan!
    1. Terimakasih kak :)
  4. Keren bangett
    1. Lagunya emang keren banget kak!
  5. Request makna lagu KALA - SOEGI BORNEAN dong bro 🙏
    1. siap kak, saya masukkan ke dalam list dulu. Selalu cek web Anak Senja untuk update terbarunya ya :)
Silakan berkomentar dengan sopan. Centang Beri Tahu Saya untuk mendapatkan notifikasi dari komentarmu. :)
Oops!
Sepertinya ada yang salah dengan koneksi internetmu. Harap sambungkan ke internet dan mulai menjelajah lagi.
AdBlock Detected!
Kamu menggunakan plugin "AdBlock" ya? Yuk matikan dulu fitur Ad-Blocknya dan masukkan anaksenja.com ke dalam whitelist plugin pemblokiran iklanmu!
⋯⋯⋯
Pendapatan yang kami peroleh dari iklan digunakan untuk mengelola situs web ini. Terimakasih sudah berkunjung. :)
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.