Makna Sebenarnya di Balik Lagu Kudu Nangis - Ndarboy Genk feat Dewa Budjana dan Terjemahannya


Arti Lagu Kudu Nangis - Lagu ini menceritakan tentang seseroang yang sangat menderita akibat berbagai kelakuan negatif sang kekasih, sehingga membuatnya ingin menangis (karena merasa tidak kuat) dan beranjak pergi meninggalkan sang kekasih. Maka dari itu, untuk... untuk info lebih lengkapnya, silakan simak hingga akhir ya!

Lagu Kudu Nangis rilis pada tanggal 24 Agustus tahun 2022 di kanal Youtube Ndarboy Genk, yang langsung trending dan mendapatkan ratusan ribu viewers di hari pertama upload. Lagu ini mengingatkan mimin kepada lagu yang sebelumnya hits, yaitu Ojo Nangis, yang rasa-rasanya nadanya cukup mirip, hihihi... Tapi keren deh, selalu suport musik lokal pokoknya!

Mungkin kamu sudah sangat penasaran dan segera ingin tau lagu Ndarboy Genk feat Dewa Budjana yang berjudul Kudu Nangis ini sebenarnya menceritakan tentang apa? Tak perlu risau, karena pada kesempatan kali ini anaksenja.com akan menemanimu membedah makna di balik lirik lagu Kudu Nangis. Tanpa berlama-lama lagi, mari kita mulai pembahasannya dari bait pertama!


Analisis Lirik Lagu Kudu Nangis - Ndarboy Genk feat Dewa Budjana dengan Terjemahan Bahasa Indonesia

Ra kuat aku, nglakoni tresno tekan semene
(Tidak kuat aku, melakukan cinta sampai sekarang)
Yen kudu takdire, pisah karo kowe
(Jika harus takdirnya, berpisah denganmu)
Kulo ikhlas lahir batin e
(Saya Ikhlas lahir batin)

Pada bagian awal lagu Kudu Nangis ini berisi tentang ungkapan hati seseorang yang sudah tidak kuat menjalani cintanya akibat sering dikecewakan dan merasakan sakit hati. Ia (tokoh utama di dalam lagu ini) merasa sangat ikhlas dan yakin bahwa dengan meninggalkannya (kekasih) adalah keputusan yang terbaik.


Wes tak maafke
(Sudah aku maafkan)
Bola bali mung mbok sepelekke
(Berulang kali hanya kamu remehkan)
Aku wes raiso, neruske cerita
(Aku sudah tak bisa, meneruskan cerita)
Pol mentok aku tak lungo
(Sudah keputusan, aku akan pergi)

Walaupun sering kali diremehkan, ia sudah memaafkan kesalahan sang kekasih karena ingin segera mendapatkan ketenangan batin (karena dendam hanya akan menambah beban). Ia benar-benar sudah tidak kuat untuk menjalani hubungan, sehingga dengan yakin memutuskan untuk segera pergi meninggalkan sang kekasih.


Ngadepi sikap mu, aku klera kleru
(Menghadapi sikapu, aku selalu salah)
Sakkarep karep mu timbang poda padu
(Sesuka hatimu daripada ribut melulu)
Sing uwis yo uwis, sing ilang ben ilang
(Yang sudah ya sudah, yang hilang biar hilang)
wes ra kuat tenan
(Sudah tak kuat beneran)

Tiada hari tanpa bertengkar, membuat siapapun itu pasti akan merasa tidak nyaman dan tidak betah. Apalagi jika saling menyalahkan, pihak sini merasa pihak sana yang salah, begitu juga sebaliknya, pasti akan selalu bertikai dan membuat suasana menjadi tidak harmonis. Ikhlas memang pilihan terbaik, “yang sudah ya sudah, tak perlu dipersusah,”.

Kudu nangis, hawane kudu nangis
(Harus menangis, rasanya harus menangis)
Ati koyo di iris iris
(Hari seperti diiris-iris)
Karo janji mu sing lamis
(Dengan janji palsumu)

Pada bagian reff lagu Kudu Nangis ini menceritakan tentang seseorang yang merasa “nangis itu tidak apa-apa”, sehingga sangat yakin untuk menangis karena keadaan sangatlah mendukung. Ia sangat tersiksa akan kisah cintanya, yang membuat hatinya terasa teriris-iris karena sang kekasih selalu mengingkari janjinya.


Aku nangis, aku kowe mending uwes
(Aku menangis, kamu mending sudahan)
Snajan kadang sih sok ngalamun
(Walaupun terkadang masih sering melamun)
Bayangke aku, kowe iso rukun
(Membayangkan aku dan kamu bisa rukun)

Walaupun sebenarnya masih cinta, terbukti dengan masih sering membayangkan bisa hidup rukun bersama sang kekasih, namun kenyataannya adalah “sulit” karena keadaannya memang sangat terlihat tidak memungkinkan. Menurutnya, pisah adalah jalan terbaik untuk bisa lepas dari jerat kesakitan yang selalu dirasakan di setiap harinya.

Semoga kajian makna lagu Ndarboy Genk feat Dewa Budjana berjudul Kudu Nangis ini dapat bermanfaat untukmu. Buat kamu yang ingin menyimak lirik lagunya, tenang saja, karena anaksenja.com sudah menyediakan lirik lagu lengkapnya. Tak lupa juga beserta vidio klipnya. Selamat menyimak!


Lirik Lagu Ndarboy Genk feat Dewa Budjana - Kudu Nangis

verse 1:
Ra kuat aku, nglakoni tresno tekan semene
Yen kudu takdire, pisah karo kowe
Kulo ikhlas lahir batin e

verse 2:
Wes tak maafke
Bola bali mung mbok sepelekke
Aku wes raiso, neruske cerita
Pol mentok aku tak lungo

bridge:
Ngadepi sikap mu, aku klera kleru
Sakkarep karep mu timbang Poda padu
Sing uwis yo uwis, sing ilang ben ilang
wes ra kuat tenan

reff:
Kudu nangis, hawane kudu nangis
Ati koyo di iris iris
Karo janji mu sing lamis

Aku nangis, aku kowe mending uwes
Snajan kadang sih sok ngalamun
Bayangke aku, kowe iso rukun


Musik dan Vidio Klip Ndarboy Genk feat Dewa Budjana - Kudu Nangis


Untuk link download lagu Ndarboy Genk feat Dewa Budjana - Kudu Nangis, tidak perlu ya? Karena lagunya sudah bisa dinikmati secara gratis di mana-mana, seperti Youtube, Spotify, Resso, dan pemutar media online lainnya.

Mungkin kamu tidak setuju dengan apa yang sudah anaksenja.com jabarkan, karena mimin percaya pendapat serta pengetahuan setiap orang itu berbeda-beda. Maka dari itu, mimin persilakan kamu untuk megungkapkan pendapatmu di kolom komentar. Mungkin saja interpretasimu mengenai lagu Kudu Nangis ini jauh lebih baik dan dapat bermanfaat bagi yang lainnya. Mari kita bahas bersama-sama hingga menemukan makna sebenar-benarnya yang tersembunyi di balik lirik lagu Kudu Nangis dari Ndarboy Genk feat Dewa Budjana!

0 Comments

Posting Komentar