Makna Sebenarnya di Balik Lagu Cinta Sampai Mati - Raffa Affar


Arti Lagu Raffa Affar Cinta Sampai Mati - Lagu ini menceritakan tentang seseorang yang bersungguh-sungguh dalam memperjuangkan cintanya. Tak hanya meminta atau berdoa saja kepada Tuhan, namun ia juga membuktikan ketulusannya dengan memberikan segalanya untuk seseorang yang dicintainya tersebut.

Walau biasanya sering mengcover lagu dari orang atau band lain, namu pada kali ini Raffa Affar hadir dengan single terbarunya. Lagu Raffa Affar ini berjudul Cinta Sampai Mati, yang rilis pada tanggal 18 Januari 2022. Kurang dari satu bulan, lagu ini sudah mendapatkan 2 juta viewers lebih di kanal youtube RAFFA BADRI29. Tak heran, karena lagu Cinta Sampai Mati ini juga menjadi fyp di Tiktok. Sungguh mengesankan!

Mungkin kamu penasaran tentang lagu Raffa Affar - Cinta Sampai Mati ini sebenarnya menceritakan tentang apa? Tak perlu gelisah, karena pada kesempatan kali ini anaksenja.com akan menemanimu mengulik makna di balik lirik lagunya. Tanpa berlama-lama lagi, mari kita mulai pembahasannya dari bait pertama!

Analisis Lirik Lagu Cinta Sampai Mati dari Raffa Affar


Duhai engkau sang belahan jiwa
Namamu terukir dalam pusara
Di setiap langkah ku selalu berdoa
Semoga kita bersama

Pada bagian awal dari lagu Cinta Sampai Mati ini terdapat kosakata yang mungkin asing di telinga kita, yakni "pusara". Secara bahasa, arti  kata pusara dalam KBBI adalah kubur atau perkuburan. Seperti yang kita ketahui, sesuatu yang dikubur pasti berada di dalam, seperti cinta yang dikubur di dalam hati.

Sedangkan batu nisan atau kijing pasti selalu ada di atas kuburan, yang fungsinya adalah untuk menamai siapa yang dikubur di dalamnya. Kita coba ibaratkan batu nisan adalah otak manusia. Di dalam otak, kita bisa menuliskan nama seseorang yang sangat dicintai.

Maka dari itu, nama tersebut akan selalu ada dan muncul di sepanjang waktu. Sering kali nama tersebut akan muncul di kepala dan menjadi doa (harapan), agar selalu didekatkan (dijodohkan) dan bahagia bersamanya (seseorang yang dicintai tersebut).

Duhai engkau tambatan hatiku
Labuhkanlah cintamu di hidupku
Kuingin kau tahu betapa merindu
Hiduplah engkau denganku

Setelah memohon kepada Tuhan, maka langkah berikutnya adalah berusaha semaksimal mungkin untuk mendapatkan hatinya (seseorang yang dicintai). Pada bagian ini menceritakan seseorang yang sedang mengutarakan isi hatinya (mengungkapkan cinta) atau melamar kepada seseorang yang dicintainya.

“Aku sangat berharap kamu mau untuk menerima cintaku, dan mencintaiku juga dengan sungguh-sungguh. Aku berjanji akan selalu mencintaimu dan setia hingga akhir hidupku. Sungguh, aku benar-benar mencintaimu,” mungkin seperti ini jika diucapkan. Atau seperti apa ya? Mungkin kamu memiliki perumpamaan kata-kata yang enak diucapkan ketika mengungkapkan cinta? Yuk tulis di kolom komentar, ajari mimin. Hihihi...


Dengarkanlah 
Di sepanjang malam aku berdoa
Bersujud dan lalu aku meminta
Semoga kita bersama

Pada bagian reff lagu Raffa Affar - Cinta Sampai Mati ini menceritakan tentang seseorang yang serius dalam mencintai. Ia sampai selalu berdoa di sepanjang malam, bersujud (sholat tahajud) kepada Allah agar diberikan kelancaran untuk mendampinginya. Semua itu dilakukan agar dijodohkan oleh Allah bersama seseorang yang tercinta.

Dengarkanlah 
Di sepanjang malam aku berdoa
Cintaku untukmu selalu terjaga
Dan aku pasti setia

Lantas meminta kembali kepada Allah agar cintanya bisa terjaga untuk seseorang yang dicintainya tersebut. Mungkin ini yang dinamakan “cinta mati”, jika tidak dengannya (seseorang yang dicintai) ya tidak mau, harus dia dan hanya dia. Hehew...

Bucin banget enggak sih? Bisa iya bisa enggak. Semua ini tergantung kondisi dan situasinya. Jika dilakukan dengan penuh emosi ya bisa dibilang bucin, jika dilakukan dengan ikhlas dan sabat ya berarti memang tulus. Kalau kamu termasuk yang mana? Hihihi...

Untuk kita semua, tak terkecuali, semoga kita dijodohkan bersama seseorang yang benar-benar mencintai kita. Dijauhkan dari segala hal-hal buruk, seperti jatuh cinta sendirian, diselingkuhi, atau hal-hal mengerikan lain karena salah mencintai orang. Semoga Tuhan selalu melindungi hati kita. Aamiin...

Sebagai penutup, interpretasi ini berasal dari asumsi mimin sendiri. Jika kamu memiliki tafsir yang berbeda, jangan ragu untuk mengatakannya di kolom komentar ya? Karena mungkin saja pendapatmu jauh lebih baik dan dapat bermanfaat untuk yang lainnya. Mari kita bersama-sama menemukan makna sebenarnya yang tersembunyi di balik lirik lagu Raffa Affar yang berjudul Cinta Sampai Mati ini!

6 komentar


EmoticonEmoticon