Makna Sebenarnya di Balik Lagu Hanya Singgah - Prinsa Mandagie


Arti Lagu Prinsa Hanya Singgah - ini menceritakan tentang emosi seseorang yang sedang diselingkuhi. Ia menyesal sesesal-sesalnya, dan tak terima karena memang begitu menyakitkan dan mengecewakan. Setelah sadar bahwa kekasihnya memang menyimpang, ya tak ada pilihan lagi, selain memilih untuk mundur (pergi) agar tak merasa kecewa lagi untuk yang kesekian kalinya.

Lagu Prinsa Mandagie - Hanya Singgah ini rilis pada tanggal 28 Januari 2022 di kanal Youtube Prinsa Mandagie. Selain sudah mendapatkan ratusan ribu viewers dalam kurun waktu beberapa hari saja, lagu ini juga masuk ke tangga lagu teratas di beberapa pemutar musik digital, seperti Spotify.

Mungkin kamu sudah sangat penasaran dan segera ingin tau lagu Prinsa Mandagie yang berjudul Hanya Singgah ini sebenarnya menceritakan tentang apa? Tak perlu gelisah, karena pada kesempatan kali ini anaksenja.com akan menemanimu mengulik makna di balik lirik lagunya. Tanpa berlama-lama lagi, mari kita mulai pembahasannya dari bait pertama!


Analisis Lirik Lagu Hanya Singgah dari Prinsa Mandagie

Kukira kau rumah
Ternyata kamu hanya singgah
Kukira kamu perhentian
Ternyata kau menghilang

Ada kalimat kukira kau rumah di awal lagu ini, seperti judul dari lagu Amigdala, yang pada dasarnya kedua lagu ini berisi tentang hal yang serupa. Rumah adalah sebuah tempat yang mampu membuat kita merasa aman dan nyaman. Jika tidak mampu membuat aman dan nyaman, berarti bukanlah rumah.

Seperti seseorang yang rasa-rasanya dapat membuat nyaman, namun nyatanya hanya berpura-pura karena ada sesuatu yang disembunyikan. Seperti selingkuhan, yang disembunyikan di depan pasangan agar bebas bercinta dengan siapapun.

Hal semacam ini biasa kita kenal dengan istilah selingkuh. Bagi seseorang yang diselingkuhi, pasti akan emosi dan sakit hati, karena seseorang yang sangat dipercaya dan dicintai malah memadu cinta dengan orang lain di belakangnya.

Sedangkan bagi seseorang yang menjadi objek selingkuhan, jika belum mengetahui sebelumnya pasti akan merasa sangat sebal dan emosional. Bagaimana tidak emosi, saat ditipu dan direndahkan harga dirinya karena hanya dijadikan objek perselingkuhan. Hal-hal semacam ini mungkin tampak biasa saja (karena sering dijumpai di sekitar kita), namun sebenarnya hal ini adalah tabu dan tak pantas untuk dilakukan oleh siapapun.

Kukira akulah yang satu satunya
Ternyata kamu dengan lain orang
Ku kira kau mau berjuang
Ternyata ku hanyalah cadangan

Siapapun yang merasa dibohongi pasti karena pernah mempercayai. Ya, percaya kepada seseorang yang tak pantas untuk dipercaya. Ketika tau bahwa dia (kekasih) ternyata berselingkuh, pasti akan muncul sebuah kesadaran. “Pantas saja, akhir-akhir ini dia berubah. Tak lagi memperlakukanku seperti dulu. Tak lagi seindah dulu, ternyata karena ada yang lain.”

Mungkin memang pernah berjanji dan bertekat, untuk berjuang bersama-sama demi mempertahankan cinta. Namun setelah tau bahwa dia (kekasih) adalah seorang penghianat, pasti akan menyesal dan muncul statement seperti ini, "sialan, ternyata aku cuma dijadikan cadangan doang! Tau gini gak akan ku terima saat dulu memohon-mohon cinta!".


Harusnya ku tahu semua akalmu
Bukan hanya aku yang kau bilang sayang
Kau terlatih duakan cinta
Lebih baik aku mundur saja

Penyesalan memang selalu hadir di belakang. Makannya, ketika menyesal pasti muncul sebuah harapan, “andai saja aku tau semua ini bakal seperti ini, pasti akan aku cegah dan aku hindari agar tidak kecewa,”. Namun, kenyataannya tak semudah itu. Karena kekecewaan tak memiliki sopan santun.

Mungkin tak hanya sekali, seseorang bisa berselingkuh berkali-kali tanpa diketahui (apabila memang mahir dan terlatih duakan cinta). Jika sudah tau kenyataannya seperti itu, daripada semakin kecewa dan terluka, pilihan terbaik hanyalah “mundur saja”.

Ku kira bawa bahagia
Ternyata buat kecewa

Yap. Ungkapan ini ditujukan kepada seseorang yang mengecewakan. Sebuah ungkapan sebal yang dibalut dengan emosi.

Aku mundur saja
Karena aku hanyalah cadangan

Sakit banget sih ini, saat mengetahui bahwa diri sendiri bukanlah yang utama, melainkan hanya cadangan. Pemain cadangan di dunia sepak bola pun terkadang bisa bersedih jika hanya selalu dicadangkan, apalagi pasangan?

Diam tak selalu benar, begitu juga marah, tak selalu salah. Terkadang seseorang membutuhkan marah untuk mempertahankan harga diri, agar tak semakin diinjak-injak oleh seseorang yang tak bertanggung jawab. Terkadang dengan membenci, seseorang bisa lebih cepat untuk move on. Namun ya jauh lebih baik mengikhlaskannya daripada membenci, karena jika dilandasi dengan ikhlas pasti akan plong dan tak ada beban.


Tentang Lagu Prinsa Mandagie - Hanya Singgah

Setelah sukses dengan lagu Sahabat Dulu OST Serial Layangan Putus yang Tayang di We TV dan masuk dijajaran playlist terbaik di aplikasi musik streaming (DSP), Prinsa Mandagie kembali hadir dengan single terbarunya berjudul "Hanya Singgah".

Lagu Hanya Singgah ini menjadi lagu kedua pada konsep Trilogy diciptakan oleh Raguel Lewi dan di Aransemen oleh Music by Seek (Marco Stefiano, Kitut, Jesse) Mixed by Ano Stefiano, Mastered dan Enginered by Dimas Pradipta dan Barsena Bestandhi sebagai Vocal Director.

Lagu ini berasal dari kisah nyata dan benar-benar diambil dari pengalaman pribadi Prinsa Mandagie. Sempat manager Prinsa bertanya, "ini kamu serius mau kamu angkat? Nanti Dia (mantan) Gimana? kamu ngga malu kalo kamu cadangan?" dengan tegas Prinsa menjawab "I am only human leave or to be leaved is a life. Soal dia, It's true kok" (dikutip dari diskripsi vidio klip Hanya Singgah di Youtube).


Lirik Lagu Prinsa Mandagie - Hanya Singgah

Kukira kau rumah
Ternyata kamu hanya singgah
Kukira kamu perhentian
Ternyata kau menghilang

Kukira akulah yang satu satunya
Oh ternyata kamu dengan lain orang
Ku kira kau mau berjuang
Ternyata ku hanyalah cadangan

Kukira kau rumah
Ternyata kamu hanya singgah
Kukira kamu perhentian
Ternyata kau menghilang

Kukira akulah yang satu satunya
Oh ternyata kamu dengan lain orang
Ku kira kau mau berjuang
Ternyata ku hanyalah cadangan

Harusnya ku tahu semua akalmu
Bukan hanya aku yang kau bilang sayang
Kau terlatih duakan cinta
Lebih baik aku mundur saja

Ku kira bawa bahagia
Ternyata buat kecewa

Harusnya ku tahu semua akalmu
Bukan hanya aku yang kau bilang sayang
Kau terlatih duakan cinta
Lebih baik aku mundur saja

Hoooo...
Bukan hanya aku yang kau bilang sayang
Kau terlatih duakan cinta
Lebih baik aku mundur saja

Aku mundur saja
Karena aku hanyalah cadangan


Musik dan Vidio Hanya Singgah dari Prinsa Mandagie


Mungkin kamu tak setuju dengan apa yang anaksenja.com utarakan, karena mimin percaya pendapat serta pengetahuan setiap orang itu berbeda-beda. Maka dari itu, mimin persilakan kamu untuk megungkapkan pendapatmu di kolom komentar. Mungkin saja interpretasimu mengenai lagu Hanya Singgah ini jauh lebih baik dan dapat bermanfaat bagi yang lainnya. Mari kita bahas bersama-sama hingga menemukan makna sebenar-benarnya yang tersembunyi di balik lirik lagu Hanya Singgah dari Prinsa Mandagie!

0 Comments

Posting Komentar