Makna Sebenarnya di Balik Lagu Rantau - Feby Putri


Arti Lagu Feby Putri Rantau - Lagu ini menceritakan tentang seseorang yang sedang perpikir positif ketika berada di lingkunga baru, lebih tepatnya dilingkungan baru tempatnya merantau, di kota, entah itu untuk mengenyam bangku pendidikan ataupun untuk bekerja.

Dalam KBBI, kata rantau memiliki arti daerah di luar daerah sendiri, atau daerah di luar kampung halaman. Walaupun kata dasarnya memang rantau, namun yang mungkin familiar di telinga kita adalah ketika kata tersebut mendapatkan imbuhan me-, yakni menjadi merantau, yang memiliki makna pergi ke negeri (daerah lain) lain untuk mencari penghidupan, ilmu dan sebagainya.

Lagu Feby Putri - Rantau ini rilis pada tanggal 21 Januari 2022, beserta sembilan lagu lainnya di album Riuh. Selain lagu dengan lantunan suara lembut Feby Putri ini cukup enak didengar, mungkin kamu penasaran tentang lagu Feby Putri - Rantau ini sebenarnya menceritakan tentang apa? Tak perlu risau, karena anaksenja.com akan menemanimu mengulik makna lagu Rantau dari Feby Putri ini. Yuk langsung saja kita mulai pembahasannya dari bait pertama!

Analisis Lirik Lagu Rantau dari Feby Putri


Beranjak tuk melihat apa kabarnya dunia
Memulai lembaran baru
Amat jauh berbedanya dari nyaman yang slalu ku banggakan

Seperti yang sering terjadi di film-film, yakni seseorang yang berasal dari kampung halaman pergi ke kota-kota besar atau ke sebrang negeri dengan harap bisa memperbaiki taraf hidupnya, entah untuk mengenyam pendidikan atau bekerja.

Beberapa orang yang mungkin belum benar-benar mengerti tentang hidup di kota itu sebenarnya seperti apa, mungkin pernah memiliki bayangan bahwa hidup di kota itu menyenangkan. Banyak hiburan dan fasilitas keren, orangnya gaul-gaul, dan hal-hal yang dianggap menyenangkan lainnya. 

Namun pada kenyataannya, ternyata hidup di kota itu tidak semudah yang dibayangkan. Macet dimana-mana, lapangan pekerjaan sedikit, orangnya terlalu gaul sampai banyak yang pikirannya hanya ingin menggauli, dan keseraman-keseraman lain yang tidak sesuai dengan ekspetasi. Kewaspadaan harus ditingkatkan karena suasana berbeda jauh dengan suasana di kampung halaman.

Berjejak di kota yang ramai jua slama ini
Beberapa tlah kupahami
Masih ada turut serta kesemogaan dari yang berarti

Namun lama-lama pasti akan belajar, tentang sebuah kenyataan bahwa hidup di kota ya seperti itu. Paham tentang keadaan memang sangat penting agar bisa bertahan dan hidup di kota dengan tentram.

Sebelum berangkat merantau pasti memiliki rencana terlebih dahulu. Seperti berangan-angan jika di kota nanti akan ngapain aja, lalu rencana terbesar mau jadi apa, intinya semua kesemogaan (mpian) itu akan selalu ada (menjadi tekad) karena memang itulah tujuan awal tentang mengapa dia ada di kota.

Bernyanyilah, Seirama
Syalalalala lalalala
Syalalalala lalalala

Pada bagian ini mengibaratkan seperti “santai saja, semua pasti akan baik-baik saja”. Walau sudah disadari bahwa hidup di kota itu tidaklah mudah, namun ia ingin menenangkan dirinya dengan cara bernyanyi. Hal ini dilakukan supaya bisa rileks dan tetap tenang menghadapi kenyataan.


Berpadu
Banyak jiwa yang awal tak saling tahu
Memulai cerita baru
Kerap kali hilang risau
Dalam lingkup yang menurutku utuh

Pastinya saat di tempat baru (kota tempat merantau) akan menghadapi suasana baru, seperti beradaptasi dengan lingkungan baru atau bertemu dengan orang baru yang belum dikenal. Semua hal baru tersebut akan menciptakan cerita baru di dalam hidup. Walau terkadang banyak cobaan, namun jika ingin dipahami dan disadari secara dalam seharusnya semua itu wajar-wajar saja. Namanya juga hidup, pasti ada senang dan susah, dan semua itu menjadi sebuah keutuhan dari “perjalanan hidup”.

Bernyanyilah, Menarilah
Syalalalala lalalala
Syalalalala lalalala

Daripada pusing dan stres, mending dibikin asik saja. Seperti dengan menyanyi dan menari, yang bisa membuat diri menjadi tenang dan tentram.

Yap! Teruntuk kamu, para perantau, tetap semangat ya! Jika masih berlum menemui hasil, semoga Tuhan segera menunjukkan jalan agar segala impian bisa segera terwujud. Tak lupa juga, semoga juga selain impiannya terwujud juga diiringi dengan lingkungan yang nyaman, dengan selalu dikelilingi orang-orang baik, dan selalu diberikan kesehatan serta perlindungan. Semoga yang disemogakan segera terwujud. Aamiin...

Demikian kajian arti dan makna yang tersembunyi di balik lirik lagu Feby Putri - Rantau dari anaksenja.com. Apabila kamu memiliki tafsir yang berbeda, jangan ragu untuk menungkapkannya di kolom komentar ya? Mungkin saja pendapatmu jauh lebih benar dan interpretasimu bisa bermanfaat untuk yang lainnya. Terimakasih, sampai jumpa di kajian karya sastra selanjutnya!

0 Comments

Posting Komentar